MEDIA & BUDAYA POPULER
Berbagai teori tentang komunikasi massa, media, dan media massa George Gerbner: Komunikasi massa adalah proses ketika organisasi media memproduksi dan mentransmisi pesan kepada publik yang luas dan juga merupakan proses ketika pesan dicari, digunakan, dimengerti, dan dipengaruhi oleh khalayak.
Denis McQuail The term ‘mass media’ : means of communication that operate on a large scale, reaching and involving virtually everyone in a society to a greater or lesser degree. Merujuk pada koran, majalah, film, radio, tv, rekaman musik, internet dll.
Denis McQuail: Media adalah Windows memungkinkan kita melihat dunia sekitar Interpreters membantu kita memahami pengalaman Platforms atau carriers membawa informasi Interactive communication melingkupi umpan balik (feedback) dari publik
Denis McQuail: Signposts menyediakan petunjuk dan arah Filters menyaring bagian-bagian pengalaman dan memberi fokus pada pengalaman lain Mirrors merefleksikan diri kita sendiri Barriers memblokade kebenaran
McQuail: Media sebagai insitusi sosial Teori Marxist klasik: media dilihat sebagai instrumen yang dipakai oleh kelas dominan dan kapitalis untuk kepentingan dan keuntungan mereka Teori politik ekonomi media: kepemilikan media adalah penyebab berbagai masalah dalam masyarakat
McQuail: Media sebagai insitusi sosial Frankfurt school: media adalah alat pembentuk budaya Pendekatan cultural studies: melihat makna budaya dalam produk media
Westley & MacLean tentang Hubungan Media Massa & Masyarakat Media menyediakan informasi, gambar, kisah, dan kesan bagi publiknya. Contoh: iklan (propaganda, menyiarkan gambar dan mengirim informasi) Pengalaman tidak secara lengkap dan tidak selalu dimediasi oleh media massa
Teori hubungan media massa dan masyarakat (Westley & MacLean, 1957) unmediated contact with sources of society REALITY ‘SOCIETY’ MEDIA AUDIENCES/ PUBLIC Distant events sources & & social forces advocates communication & content flow & interaction audiences response direct personal experience of reality
Kekuatan media (McQuail) Menarik & mengarahkan perhatian publik Membujuk (opini & kepercayaan) Mempengaruhi sikap Membentuk pengertian realitas Memberi status & legitimasi Memberi informasi secara cepat & luas
Institusi media massa Berada di ‘public sphere’, terbuka bagi semua penerima (pesan) dan pengirim Media memiliki kebebasan dalam aktivitas ekonomi, politik, dan budayanya Partisipasi dalam institusi media bersifat sukarela. Ada hubungan yg erat antara media dan leisure time, bukan dengan pekerjaan atau tugas
Pengertian Budaya adalah tentang keberbedaan (distinctiveness) kelompok-kelompok sosial yang memberikan mereka identitas. (Burton, 2008:31) Massa merupakan kumpulan orang banyak yang mengabaikan keberadaan individualitas/kesadaran diri, tidak terorganisir, komposisi dan batas wilayah senantiasa berubah, heterogen, serta dapat dikooptasi untuk melakukan satu tindakan (Bungin, 2006)
High – Mass Culture Budaya massa adalah hasil budaya yang dibuat secara massif demi kepentingan pasar. Budaya massa lebih bersifat massal, terstandarisasi dalam sistem pasar yang anonim, praktis, heterogen, lebih mengabdi pada kepentingan pemuasan selera “dangkal”. Media memproduksi dan mendiseminasikan budaya massa melalui isi/content-nya. Berbeda dengan budaya massa, budaya tinggi mempunyai sistem nilai dan evaluasi yang berbeda. Budaya tinggi lebih dilihat sebagai hasil produksi elite, terkontrol, secara estetis ternilai dan mempunyai standar yang ketat - tidak tergantung pad konsumen produk mereka.
Ciri Budaya Populer (1) Tren, sebuah budaya yang menjadi trend dan diikuti atau disukai banyak orang berpotensi menjadi budaya populer; (2) Keseragaman bentuk, sebuah ciptaan manusia yang menjadi tren akhirnya diikuti oleh banyak copycat-penjiplak. Karya tersebut dapat menjadi pionir bagi karya-karya lain yang berciri sama, sebagai contoh genre musik pop (diambil dari kata popular) adalah genre musik yang notasi nada tidak terlalu kompleks, lirik lagunyasederhana dan mudah diingat; (3) Adaptabilitas, sebuah budaya populer mudah dinikmati dan diadopsi oleh khalayak, hal ini mengarah pada tren;
(4) Durabilitas, sebuah budaya populer akan dilihat berdasarkan durabilitas menghadapi waktu, pionir budaya populer yang dapat mempertahankan dirinya bila pesaing yang kemudian muncul tidak dapat menyaingi keunikan dirinya, akan bertahan-seperti merek Coca-cola yang sudah ada berpuluh-puluh tahun; (5) Profitabilitas, dari sisi ekonomi, budaya populer berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar bagi industri yang mendukungnya.
Dampak objektivasi; artinya, pemilik hanya menjadi objek, yaitu penderita yang tidak mempunyai peran apa-apa dalam pembentukan simbol budaya. Ia hanya menerima produk budaya sebagai barang jadi yang tidak boleh berperan dalam bentuk apapun. alienasi; artinya pemilik budaya massa akan terasing dari dan dalam kenyataan hidup. Dengan demikian ia juga kehilangan dirinya sendiri dan larut dalam kenyataan yang ditawarkan produk budaya. pembodohan, yang terjadi karena waktu terbuang tanpa mendapatkan pengalaman baru yang dapat dipetik sebagai pelajaran hidup yang berguna jika ia mengalami hal serupa.
Masyarakat Konsumen Featherstone (1991) Budaya konsumer di dasari pada premis ekspansi produksi komoditas kapitalis yang telah menyebabkan peningkatan akumulasi budaya material secara luas dalam bentuk barang-barang konsumsi dan tempat-tempat untuk pembelanjaan dan untuk konsumsi. Hal ini menyebabkan tumbuhnya aktivitas konsumsi serta menonjolnya pemanfaatan waktu luang (leisure) pada masyarakat kontemporer Barat. kepuasan seseorang yang diperoleh dari barang-barang yang dikonsumsi berkaitan dengan aksesnya yang terstruktur secara sosial. Fokus dari perspektif ini terletak pada berbagai cara orang memanfaatkan barang guna menciptakan ikatan sosial atau perbedaan sosial. kesenangan/kenikmatan emosional dari aktivitas konsumsi, impian dan hasrat yang menonjol dalam khayalan budaya konsumer, dan khususnya tempat-tempat kegiatan konsumsi yang secara beragam menimbulkan kegairahan dan kenikmatan estetis langsung terhadap tubuh.
Interdependensi Media massa berperan untuk membentuk keragaman budaya yang dihasilkan sebagai salah satu akibat pengaruh media terhadap sistem nilai, pikir dan tindakan manusia. Budaya dalam konteks masyarakat massa dengan didukung oleh media massa dilihat sebagai entitas cair dan mampu menghegemoni sebuah masyarakat (terlihat bagaimana media mampu membentuk selera masyarakat atau membentuk cara pandang tertentu terhadap sebuah realitas, dll). Budaya dalam konteks masyarakat harus dilihat sebagai entitas yang juga turut membentuk media massa. Hal-hal tersebut membuat kita harus memahami masyarakat massa, fungsi media massa dan budaya massa sebagai proses timbal balik.
Perubahan Sosial Proses sosial dimana tingkat kehidupan masyarakat dipengaruhi oleh unsur eksternal meninggalkan pola kehidupan yang lama kemudian menyesuaikan diri atau menggunakan pola yang baru. Perubahan mencakup pola pikir, perilaku, budaya
Masyarakat Komoditas masyarakat yang di dalamnya berlangsung produksi barang-barang, bukan terutama bagi pemuasan keinginan dan kebutuhan manusia, tetapi demi profit dan keuntungan. Kedua, kecenderungan umum ke arah konsentrasi kapital yang massif dan luar biasa yang memungkinkan penyelubungan operasi pasar bebas demi keuntungan produksi massa yang dimonopoli dari barang-barang yang distandarisasi. Kecenderungan ini akan benar-benar terjadi, terutama terhadap industri komunikasi. Ketiga, hal yang lebih sulit dihadapi oleh masyarakat kontemporer adalah meningkatnya tuntutan terus menerus, sebagai kecenderungan dari kelompok yang lebih kuat untuk memelihara, melalui semua sarana yang tersedia, kondisi-kondisi relasi kekuasaan dan kekayaan yang ada dalam menghadapi ancaman-ancaman yang sebenarnya mereka sebarkan sendiri. dalam masyarakat kita kekuatan-kekuatan produksi sudah sangat maju, dan pada saat yang sama, hubungan-hubungan produksi terus membelenggu kekuatan-kekuatan produksi yang ada, hal ini membuat masyarakat komoditas “sarat dengan antagonisme” (full of antagonism). Antagonisme ini tentu saja tidak terbatas pada “wilayah ekonomi” (economic sphere) tetapi juga ke “wilayah budaya” (cultural sphere).
Menurut Henri Lefebre (1968/1984), seorang Marxis, orang yang hidup pada masyarakat kapitalis, adalah hidup dalam situasi teror psikologis. Pada kehidupan kita keseharian, kita berada dalam “serangan” yang konstan (oleh periklanan cetak, program radio dan tv, yg dibawa oleh media massa), meskipun kita barangkali tidak mengenali serangan yang membuat kita terkepung atau tidak memungkinkan kita mengartikulasikan perasaan kita (Berger,2000a;hlm.51).
McD mengubah pola konsumsi masyarakat dari masyarakat yang makan karena lapar menjadi masyarakat yang makan karena hal itu keren.
TERIMA KASIH