istilah ini berupa gabungan “Bauen” (to build) dan “Haus” (house)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Seni rupa & desain Indonesia dalam industri kreatif Pertemuan 13
Advertisements

PROFESI ARSITEK DI INDONESIA
Oleh Dra. Salmah Lilik, M.Psi
(Penjelasan bahasa rupa & semiotika)
PERMASALAHAN PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH MENENGAH
PERKEMBANGAN HURUF (TIPOGRAFI)
Dr. H. Pudjo Sumedi AS., SE., M.Ed.
PROPOSAL.
modern&postmo - joice cs
ILMU, TEKNOLOGI DAN SENI DALAM ARSITEKTUR
Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4
SENI ABAD 20 KONSTRUKTIVISME , DE STIJL Pertemuan 7
PERIODE ABAD 20 : AWAL MODERN Pertemuan 10
PERIODE NASIONALISME KELOMPOK 11 ARLIAN FACHRUL SYAPUTRA MARTINA MARDAN RAHMAT R.
SEJARAH & TEORI ARSITEKTUR II
PENGETAHUAN HAKI prodi desain komunikasi visual
Latar Belakang Manajemen Pendidikan
Perkembangan Desain Modern
Singgih Susilo Kartono
ARSITEKTUR LINGKUNGAN
Sejarah layout Desain dan layout yang kita lihat dimasa kini sebenarnya Adalah hasil perjalanan dari proses eksplorasi kreatif manusia yang tiada henti.
Matakuliah : U0072|Sejarah Seni Rupa Barat Tahun : 2005 Versi : 1
Sejarah layout Desain dan layout yang kita lihat dimasa kini sebenarnya Adalah hasil perjalanan dari proses eksplorasi kreatif manusia yang tiada henti.
BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA
Perkembangan desain grafis sejalan dengan berkembangnya tulisan.
Dimulai di Berlin sebagai pusat komersial.
WORK DESIGN NUR FACHMI BUDI SETYAWAN, M.PSI
MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA
Produk Kerajinan Tekstil
PSIKOLOGI INDUSTRI.
STRATEGI PEMBELAJARAN
PERKEMBANGAN DKV Pertemuan ke-3.
Sistem Pers.
Pengembangan Kepemimpinan Saat Ini dan Masa Harapan
KONSEP PEMBELAJARAN “TEMATIK INTEGRATIF” PADA KURIKULUM 2013.
PENGELOLAAN SDM : DESAIN KERJA & ANALISIS JABATAN
PENGELOLAAN SDM : DESAIN KERJA & ANALISIS JABATAN
MK. TINJAUAN DESAIN Tujuan Instruksional Umum:
FENOMENA MENJELANG MODERNISME DESAIN 1.Ekspresionisme
PENGANTAR MANAJEMEN.
PROGRAM TEAM KERJA DAN AKTIVITAS USAHA
TINJAUAN DESAIN Oleh: Olih solihat Karso ISI Denpasar.
De Stijl (1917) Muncul di Belanda. Gerakan ini bertujuan memunculkan kaidah estetika bercitra baru pada kehidupan modern. Pencetus: Theo van Doesburg,
GAYA DESAIN by DANIAR WIKAN
GAYA DESAIN Pertemuan ke-4.
Pengembangan Muatan Lokal.
SEMINAR PROFOSAL PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 MAKASSAR Muh.Kasim NIM : PP
Aspek Sosiologis dalam Desain Komunikasi Visual
PERIODE ABAD 19 : ARTS & CRAFTS Pertemuan 8
PEMAHAMAN ICT SEBAGAI PEMBAHARUAN PEMBELAJARAN PERTEMUAN - 10
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
SMA HARAPAN 1 MEDAN Jl. Imam Bonjol No. 35 Medan.
RUMAH TINGGAL – KONSEP DESAIN
Pertemuan 9 Seni Baroque dan Rococo
PERIODE ABAD 20 : MODERN Pertemuan 11
DESAIN PENDIDIKAN DESAIN: JEMBATAN SENI DAN TEKNOLOGI
Bauhaus berasal dari kata Bauen (to build / mengembangkan atau membangun) dan Haus (rumah). Didirikan pada tahun 1919 di Weimar, Jerman oleh Walter Gropus,
Pengantar : Definisi dan 4 karakter dasar
PENGERTIAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
ANGGOTA KELOMPOK: MAHARANI LINTANG SIWI JENISIA PERMATA PUTRI14.A STEFI PRIMAGRAZIOSO14.A APRILIANA SURYANI14.A ADITYA PUTRA.
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
Bauhaus & The New Typography Pertemuan 5
PERTEMUAN 3 Huddiansyah. S.Sn.,M.A.,M.Ds. PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
KERUNTUHAN ARSITEKTUR MODERN
Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4 Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4 Subang University 1 Matakuliah: AR ARSITEKTUR MODERN Tahun:
project perancangan Problem desain dipecahkan melalui peralatan
OSKAR JUDIANTO SSn., MM., MDs. FAKULTAS DESAIN dan INDUSTRI KREATIF
METODE PENELITIAN PENDIDIKAN
FILSAFAT DAN PERKEMBANGAN ILMU KOMUNIKASI
Identifikasi Perilaku dan Karakteristik Awal Peserta Didik
Transcript presentasi:

istilah ini berupa gabungan “Bauen” (to build) dan “Haus” (house) istilah ini berupa gabungan “Bauen” (to build) dan “Haus” (house). Lembaga pendidikan desain (seni terapan) yang didirikan pada tahun 1919 di Weimar-Jerman oleh Walter Gropius dan kawan-kawannya. Secara historis diakui sebagai tonggak pembaharuan dalam aktivitas desain dan seni. Awalnya merupakan pengembangan pendidikan seni dan kerajinan yang dikelola oleh Henry van de Velde yang menekankan praktik ketrampilan dipelbagai industri. Hal ini sama seperti yang dilakukan Deutsche Werkburd dan Herman Muthesius dalam mendidik para pengrajin terampil. Perkembangan lanjut, Bauhaus di bawah Johannes Itten, para pengrajin itu diberi wawasan intelektual melalui kajian arsitektur, kesenirupaan, dan pengelolaan material. Beberapa pengajarnya a.l.: Paul Klee, Wassily Kandinsky, Lyonel Feininger, Laszlo Moholy-Nagy, Georg Muche dan Gerhard Marks. Pada tahun 1925, Bauhaus pindah ke Dessau dengan identitas yang lebih jelas sebagai Institute of Design dengan pengajarnya Josef Albers, Marcel Breuer dan Gunta Stolzl. Antara tahun 1928-30 dibawah pengelolaan Meyer, desain-desain yang dihasilkan Bauhaus meraih sukses secara komersial. Namun pada bulan April 1933, Bauhaus ditutup oleh pemerintah Nazi Jerman. Sebagian staf pengajar dan pengelolanya pindah ke Amerika dan pada tahun 1937, Moholy-Nagy membangun New-Bauhaus di Chicago, sedangkan Gropius menjadi guru besar arsitektur (1937-1952) di Universitas Harvard. Bauhaus (1919-1933)

Latar belakang kelahiran Di Eropa waktu itu sedang ramai-ramainya berkembang industri-industri besar maupun kecil yang mana hal ini kemudian menyebabkan diabaikannya faktor-faktor estetik bagi suatu produk hasil industri, yang pada umumnya hanya mengejar keuntungan (commercial demand) dari massa produksi industri itu. Untuk mengatasi hal-hal inilah kemudian tahun 1919 BAUHAUS (Staatliche Bauhaus) didirikan di kota Weimar Jerman. Tujuan & Konsep Sekolah ini dirancang dengan tujuan: Mengembangkan segala aspek desain dalam lingkungan industri. Berusaha mencapai penyatuan diantara nilai-nilai estetik dari desain dengan commersial demand dari massa produksi industri. Metode kreatif melalui exploitasi dari mesin. Artinya ialah menyatukan kembali antara craft dengan teknik dan seni dengan arsitektur, serta keduanya diterapkan kepada individu-individu siswanya melalui kerjasama dengan para desainer.

Tokoh-tokohnya: Walter Adolf Gropius (1883-1969) Mies von der Rohe (1886-1969) Perkembangannya Bauhaus tidak memberi suatu gaya atau corak yang khas/tertentu, maupun formula-formula estetik yang khusus, akan tetapi berpijak pada dasar pendekatan terhadap problem seni yang diterapkan ke dalam dunia industri. Sekolah ini mengutamakan craftsmanship yang unggul pada penggunaan material modern. Beberapa tokoh seni dan desain kontemporer berkerjasama dengan Bauhaus, seperti Paul Klee, Wasily Kandinsky, Lyonel Feininger, Laslo Moholy-Nagi, Marcel Breuer dalam pengembangannya.

“form follow function” Akibatnya konsep-konsep desain gaya Bauhaus paling banyak berpengaruh pada arsitektur sampai sekarang. Gaya arsitektur internasional dikaitkan dengan Gropius dan Miles von der Rohe yang mengutamakan fungsi alami dari suatu bangunan, sehingga merekalah yang memelopori bangunan dalam bentuk empat persegi panjng yang ditentukan dengan fungsi bangunan itu sendiri, dimana ini kemudian menjadi gaya arsitektur abad XX Banyak konsep-konsep yang berhubungan dengan desain bentuk-bentuk streamline dan bidang polos tak berhias diciptakan oleh Bauhaus, atau dengan kata lain Bauhaus memeloposi penggunaan konsep yang sampai sekarang masih dipakai: “form follow function”