IKI10230 Pengantar Organisasi Komputer Solusi UTS

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Nama kelmpok : maskar nurlailah. r
Advertisements

Pertemuan 6 (Organisasi Input/Output)
Sistem Bus Oleh : PUTRA PRIMA NAUFAL, S.ST
Basic I/O Operations and Processing Unit
Pertemuan 10 BUS Author: Linda Norhan,ST.
Kelompok Sistem Komputer.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI (A)
1 IKI10230 Pengantar Organisasi Komputer Pembahasan PR #3, #4, #5 4 Juni 2003 Bobby Nazief Qonita Shahab bahan.
Struktur Sistem Komputer
Simple as Posible Computer - 1
1 IKI20210 Pengantar Organisasi Komputer Kuliah No. 18: I/O, Interupsi 15 November 2002 Bobby Nazief Johny Moningka
Mikrokontroller Berbasiskan RISC 8 bits
1 IKI10230 Pengantar Organisasi Komputer Kuliah no. 12: Tugas No. 4 Sumber: 1. Paul Carter, PC Assembly Language 2. Hamacher. Computer Organization, ed-5.
1 IKI10230 Pengantar Organisasi Komputer Kuliah no. A4: Bahasa Rakitan AVR Conditional & Branch Instructions 21 Maret 2003 Bobby Nazief
Tipe-Tipe Instruksi MCS-51 (Arithmatika)
Bus Sistem Apakah BUS? Jalur komunikasi yang menghubungkan beberapa device Biasanya menggunakan cara broadcast Seringkali dikelompokkan * Satu bus berisi.
Arsitektur Komputer “Mode Pengalamatan”
Arsitektur Komputer “Instruksi Set Arsitektur”
Mode Pengalamatan.
Organisasi Komputer Pertemuan 11 TATA SUMITRA M.KOM HP
Kode MK : TI Revisi Terakhir : Sesi 8 Tim Jurusan Mode Pengalamatan dan Set Instruksi.
MODUL KULIAH ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER I TANGGALREVISI TANGGAL BERLAKU KODE DOKUMEN :::::: Maret 2005 Pertemuan ke-4 / 1Edisi: 01 Rev:
SISTEM OPERASI Pertemuan II.
© 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan Utara Jakarta Selatan Website:
Organisasi dan Arsitektur Komputer
Struktur Data Universitas PGRI Ronggolawe
1 IKI10230 Pengantar Organisasi Komputer Kuliah no. A1: AVR Assembler & Studio 28 Februari 2003 Bobby Nazief Qonita Shahab
BAB III RAM Internal pada MCS-51
IKI20210 Pengantar Organisasi Komputer Kuliah Minggu ke-5a: Prosesor
::. MATA KULIAH MIKROPROSESSOR.:: 09/04/101 :: MEMORI :: TEORI, IMPLEMENTASI & APLIKASI []
IKI10230 Pengantar Organisasi Komputer Kuliah no
Mode Pengalamatan Mengatasi keterbatasan format instruksi
Organisasi dan Arsitektur Komputer
ADDRESSING MODES Penjelasan dan program lihat pada Pemograman Bahasa Assembly (Ilmu Komputer)
NILAI OPERAND: Address vs. Data
Erna Kumalasari Nurnawati
ORGANISASI KOMPUTER Mode Pengalamatan 10-Apr-17.
1 IKI10230 Pengantar Organisasi Komputer Kuliah no. A5: Bahasa Rakitan AVR Stacks & SubRoutine Calls 28 Maret 2003 Bobby Nazief Qonita.
Central Processing Unit
Proses Oleh : Wahyu Andhyka Kusuma
ARSITEKTUR SET INSTRUKSI
Processing Unit Operations 2
11. Set Intruksi : Teknik Pengalamatan
Processing Unit Operations 1
TEORI, IMPLEMENTASI & APLIKASI
SET INSTRUKSI.
LOKASI DAN OPERASI MEMORI
1 IKI10230 Pengantar Organisasi Komputer Kuliah no. A3: Bahasa Rakitan AVR Arithmetic & Logic Instructions 14 Maret 2003 Bobby Nazief
1 Pertemuan 4 Mode Pengalamatan Matakuliah: T0483 / Bahasa Rakitan Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Pertemuan 4 (Set Instruksi ARM)
MANAJEMEN DEVICE.
Central Processing Unit
Sistem Operasi UPN Veteran Surabaya 2012.
Struktur Sistem Komputer
SISTEM PENGOLAHAN DATA KOMPUTER
Mode Pengalamatan Mengatasi keterbatasan format instruksi
DATA PATH fetch and execute cycle
MODE PENGALAMATAN DAN SET INSTRUKSI
IKI10230 Pengantar Organisasi Komputer Kuliah no
SISTEM MIKROPROSESOR PERTEMUAN 4.
REGISTER.
SISTEM BUS.
ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER 2 SET INSTRUKSI IBP WIDJA, MT
SISTEM PENGOLAHAN DATA KOMPUTER
Struktur interkoneksi bus
Pertemuan IV Struktur dan Fungsi CPU (III)
ARSITEKTUR & ORGANISASI KOMPUTER
Copyright © Wondershare Software -m.erdda habiby.SST Central Processing Unit.
Set Instruksi.
BUS INTERFACING.
Transcript presentasi:

IKI10230 Pengantar Organisasi Komputer Solusi UTS 23 April 2003 Bobby Nazief (nazief@cs.ui.ac.id) Qonita Shahab (niet@cs.ui.ac.id) bahan kuliah: http://www.cs.ui.ac.id/kuliah/iki10230/

1 Gambarkan 4 tingkat abstraksi organisasi komputer mulai dari perangkat lunak aplikasi sebagai tingkat tertinggi! Perangkat lunak Aplikasi  Perangkat lunak Sistem  Set Instruksi  Perangkat Keras [2] Apa manfaat dari pemilahan abstraksi organisasi komputer dalam beberapa tingkat seperti yang digambarkan di atas? Membantu pengguna memahami “komputer” sesuai keperluannya (end-user melihat komputer dari aplikasi yang dipakainya; pengembang aplikasi melihat komputer dari perangkat lunak sistem yang digunakan untuk mengembangkan aplikasinya) [2] Apakah seorang pengguna aplikasi MS Word harus mengetahui perbedaan sistem operasi Windows dan MacOS ... Tidak perlu. Dia cukup mengetahui fungsi-fungsi yang disediakan oleh MS Word untuk mengolah dokumennya. [2] Apakah seorang pengembang perangkat lunak aplikasi harus mengetahui perbedaan arsitektur Intel x86 dengan MIPS jika ... Tidak perlu. Dia cukup mengetahui fungsi-fungsi yang disediakan oleh sistem operasi Linux (dalam bentuk pustaka perangkat lunak) yang diperlukan oleh aplikasinya untuk mengakses sumber daya komputasi. [2]

2 Bagaimana prosesor dapat mengetahui isi lokasi memori mana yang merupakan instruksi/data? Prosesor tidak dapat membedakan lokasi memori yang berisi instruksi/data [3] Jika instruksi berada di lokasi 1 – 3, berapa isi lokasi memori 4 – 7 setelah ketiga instruksi tersebut selesai dieksekusi? 37 = 0x25 = 0010 0101  Add 4,5 ; M[4] = 10 + 15 = 25 55 = 0x37 = 0011 0111  Add 6,7 ; M[6] = 12 + 13 = 25 102 = 0x66 = 0110 0110  Sub 4,6 ; M4] = 25 – 25 = 0 M[4] = 0, M[5] = 15, M[6] = 25, M[7] = 13 [4]

3 Sebutkan jenis-jenis Modus Pengalamatan yang digunakan beserta Alamat Efektif-nya 1. Move #AVEC,R1 Immediate, tidak ada alamat efektif [2] 3. Load N,R3 Memory-direct, AE = harga N [2] 6. Load (R1)+,R4 Register-indirect Auto-incr., AE = harga R1 [2] 11. Branch>0 LOOP PC-relative, AE = PC + LOOP [2] 13. Store R0,4(R1) Index, AE = harga R1 + 4 [2]

4: Program I/O MOV #LOC,R0 1 KEYIN: In SREG,R1 2 TestBit #1,R1 2 Branch=0 KEYIN 2 In DREG,R1 2 Call ASCIITOBINARY ; Char. is passed in R1 2 Move R1,(R0)+ ; Result is passed in R1 1 Jump KEYIN 1 ASCIITOBINARY: Sub R1,#48 1 Return 1

5 Tuliskan kembali instruksi-instruksi pada baris 6, 7, 8 dengan tanpa menggunakan modus pengalamat- an INDEKS 6. LOOP Add #4,R0 Add (R0),R1 [4] 7. Add #4,R0 Add (R0),R2 [3] 8. Add #4,R0 Add (R0),R3 [3]

Jelaskan 3 perbedaan utama kedua arsitektur (MIPS vs. Intel x86) MIPS  3 address, Intel x86  2 address: MIPS: ADD R4,R4,R5 Intel: ADD EAX,EDX [3] MIPS  instruksi yang mengakses memori: Load & Store, Intel x86  instruksi lainnya pun dapat mengakses memori: MIPS: LW R5,0(R1) SW low(DOTPROD)(R6),R4 Intel: IMUL EDX,[EBX+EDI*4] [3] MIPS  ukuran instruksi konstan (32 bit), Intel x86  ukuran instruksi bervariasi; sebagai akibat program MIPS (15 baris) > program Intel x86 (11 baris) [4]

7 Hitung besaran rmaks yang menggambarkan kondisi dimana cara interupsi akan menghasilkan kinerja yang sama dengan cara Polling (waktu total yang dibutuhkan untuk polling sama dengan waktu yang dihabiskan untuk melayani interupsi). r*100*25*(1000+250) = 100*25*1000 r*(1250) = 1000 r = 1000/1250 = 4/5 = 0,8 [7] Jika masing-masing terminal memiliki 1 jalur interupsi langsung ke komputer (secara keseluruhan ada 25 jalur interupsi), hitung besaran rmaks yang baru! r*100*25*(250) = 100*25*1000 r*(250) = 1000 r = 1000/250 = 4  r > 1: kinerja cara Interupsi selalu lebih baik dibanding cara Polling [8]

8 Dengan merujuk pada diagram (a) dan (b), tunjukkan perbedaan utama antara bus sinkron dan bus asinkron! bus sinkron menggunakan CLOCK, sedangkan bus asinkron menggunakan handshaking (REQ & ACK) untuk setiap transaksi data [3] Jelaskan mengapa bus sinkron mampu beroperasi lebih cepat dibandingkan bus asinkron! karena pertukaran data dilakukan tanpa saling tunggu antara master dan slave, cukup dengan mengikuti irama CLOCK [1] Jelaskan mengapa bus asinkron mempunyai jangkauan lebih luas dibandingkan bus sinkron! karena pertukaran data dilakukan dengan mengandalkan pada handshaking antara master dan slave yang tidak akan terpengaruh oleh adanya CLOCK’S SKEW walaupun jarak di antara keduanya cukup besar [1]

9 main: ldi R16,low(RAMEND) out SPL,R16 ldi R16,high(RAMEND) out SPH,R16 PUSH TEMP (1) GETNUM DATA_A,TEMP MOV HASIL,TEMP (2) GETNUM DATA_B,TEMP (3) ADD HASIL,TEMP (4) LSL HASIL (5) GETNUM DATA_C,TEMP (6) ADD HASIL,TEMP (7) LSR HASIL (8) POP TEMP (9) ADD HASIL,TEMP (10) rjmp finish

Tulis ulang program di atas dengan menggunakan perintah BREQ 10 Tulis ulang program di atas dengan menggunakan perintah BREQ loop: DEC counter CPI counter,0 BREQ test RJMP loop test: