OPERASI MASUKKAN-KELUARAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PROCEDURE Temu IX BANGHER.
Advertisements

FUNGSI / FUNCTION ALGPROG II
PERCABANGAN / SELEKSI.
PENGENALAN PASCAL STATEMENT TIPE DATA
CONDITION I (Tunggal – Ganda) IF - Then
Dasar Komputer & Pemrog 2 A minggu 5. PROCEDURE DAN FUNCTION Procedure dan Function adalah suatu program yang terpisah dalam blok sendiri Dan memiliki.
Minggu V Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 1.
PROCEDURE  PROCEDURE   Prosedur diawali dengan kata cadangan Procedure di dalam bagian deklarasi prosedur. Prosedur dipanggil dan digunakan di dalam blok.
Pertemuan 2 DASAR PEMROGRAMAN.
TIPE data Tipe data yang dikenal dalam bahasa pascal antara lain :
Input dan output Data Dalam bahasa Pascal untuk keperluan input (membaca input) digunakan identifier standar READ atau READLN. ReadLn digunakan untuk.
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN C
STRUKTUR KONTROL LANJUTAN
Dasar Komputer & Pemrog 2 A minggu 4
Array Dimensi Banyak Gerlan A. Manu, ST.,MKom
Pengenalan Bahasa Pemrograman Pascal
Tipe data dan algoritma dasar
Praktikum pemprograman terstruktur1
MATERI 11. TAS Tanggal 30 Nopember 2011 (RABU). Jam 7-9 TUTUP BUKU Materi : 1-11.
PEMROGRAMAN PASCAL Sejarah Pascal Pascal merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL 60, bahasa pemrograman untuk sains komputasi. Tahun 1960, beberapa ahli.
Struktur Dasar Algoritma
Input dan Output Memasukkan Data Device : Keyboard
VARIABEL DAN OPERATOR.
PENYELEKSIAN KONDISI PASCAL 7.0
PENYELEKSIAN KONDISI (PEMILIHAN)
Pengantar Algoritma.
Lecturer Note iV b OPERASI KELUARAN & MASUKAN
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
ARRAY Suatu array (larik) adalah tipe terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang mempunyai tipe yang sama. Komponen ini disebut dengan.
STRUKTUR PERULANGAN STRUKTUR PERULANGAN FOR
Selamat datang Di Prosedur dan Fungsi. Sub Program “Adl Program kecil yg dpt di panggil berulang-ulang sesuai dg kebutuhan”  Manfaatnya: 1.Memudahkan.
ARRAY Suatu array (larik) adalah tipe terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang mempunyai tipe yang sama. Komponen ini disebut dengan.
Procedure & Function Sub Program.
Logika & Algoritma -- Pertemuan II: Variabel dan Operator Logika & Algoritma --
Dasar Pemrograman MODUL 08 FUNGSI STANDAR & INPUT OUTPUT.
Pemprograman Terstruktur 1
Statement Input – Output
OSN KOMPUTER.
Lecturer Note VI Pencabangan/Pilihan (Kondisional) By :
Rismayuni Manipulasi String.
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
Pertemuan 2.
Contoh Aplikasi Untuk Pemrograman :
Struktur Program Pascal
Dasar-Dasar Pemrograman
M2. Input Output, Pengulangan, & Percabangan
Percabangan/Pemilihan (Branching/Selection)
Konsep Dasar Bahasa Pascal
LINGKUNGAN TURBO PASCAL
STATEMENT INPUT DAN OUTPUT
STRUKTUR KONTROL Pertemuan Ke-7.
Manipulasi String.
M4. Penyeleksian Kondisi Pascal
Tipe data & Variabel 1. Bahasa Pascal 2. Tipe data & Variabel
PERCABANGAN / SELEKSI.
Lecturer Note iVb OPERASI KELUARAN & MASUKAN
PENGENALAN PASCAL STATEMENT TIPE DATA
PERCABANGAN DAN PERULANGAN
Pertemuan 2 Rismayuni.
PENYELEKSIAN KONDISI.
Tipe data sederhana Hermansyah,S.Kom.
Dasar-Dasar Pemrograman
Algoritma & Pemrograman Struktur Keputusan
Tipe data & Variabel 1. Bahasa Pascal 2. Tipe data & Variabel.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
PERCABANGAN / PEMILIHAN
PERKEMBANGAN PASCAL Pascal adalah bahasa tingkat tinggi ( high level language) yang orientasinya pada segala tujuan Nama pascal diambil sebagai penghargaan.
PERNYATAAN IF THEN ELSE & CASE OF PERULANGAN FOR, WHILE DO, REPEAT UNTIL Fisika UNDANA, Senin 16 Oktober 2017.
CONDITION I (Tunggal – Ganda) IF - Then. Seleksi kondisi adalah proses penentuan langkah berikutnya berdasarkan proses yang terjadi sebelumnya. Bila kondisi.
Transcript presentasi:

OPERASI MASUKKAN-KELUARAN Pertemuan 3 OPERASI MASUKKAN-KELUARAN

MEMASUKAN DATA Cara yang paling banyak digunakan untuk memasukkan data adalah dengan cara mengetikkannya lewat keyboard. Turbo Pascal menyediakan prosedur untuk memasukan data dengan READ dan READLN.  Prosedur READLN digunakan untuk memasukkan data perbaris, artinya setelah anda menekan ENTER maka akan ganti baris, sedangkan prosedur READ tidak ganti baris masih dalam baris yang sama.

  MENAMPILKAN HASIL Untuk menampilkan hasil dengan bahasa Pascal digunakan prosedur WRITE atau WRITELN. Perbedaannya adalah WRITE menampilkan hasil tanpa ganti baris dan tampilan berikutnya akan disambung dalam baris yang sama, sedangkan WRITELN digunakan untuk menampilkan tampilan perbaris, akan ganti baris untuk tampilan berikutnya

Contoh : PROGRAM KONSTANTA; USES CRT; VAR C, F : REAL; BEGIN CLRSCR; WRITE('Masukkan derajat Celcius :'); READLN(C); F:=1.8*C+32; WRITE(C:8:1,' Derajat Celcius sama dengan ', F:8:1,' derajat Fahrenheit'); READLN; END.   Hasil : Masukkan derajat Celcius :100 100.0 Derajat Celcius sama dengan 212.0 derajat Fahrenheit

TAMPILAN TERFORMAT Parameter CH:N Digunakan untuk membentuk format tampilanCHAR selebar n karakter dengan blank dimuka sebanyak n-1 Parameter S:N Digunakan untuk membentuk format tampilan STRING dengan lebar n karakter Parameter I:N Digunakan untuk membentuk format tampilan INTEGER dengan lebar n digit Parameter R:N atau R:N:M Digunakan untuk membentuk format tampilan numerik REAL dengan lebar n digit rata sebelah kanan, dengan m digit angka dibelakang koma tidak dalam bentuk eksponensial Parameter B:N Digunakan untuk membentuk format tampilan BOOLEAN TRUE atau FALSE dengan lebar n karakter rata sebelah kanan 

Contoh : PROGRAM TAMPIL; USES CRT; VAR KARAKTER : CHAR; KATA : STRING; BULAT : INTEGER; PECAHAN : REAL; LOGIKA : BOOLEAN; BEGIN CLRSCR; KARAKTER:='Y'; KATA:='PASCAL'; BULAT:=12345; PECAHAN:=-123.45; LOGIKA:=TRUE; WRITELN('FORMAT CHAR : ', KARAKTER:5); WRITELN('FORMAT STRING : ', KATA:10); WRITELN('FORMAT INTEGER : ', BULAT:6); WRITELN('FORMAT REAL : ', PECAHAN:5:1); WRITELN('FORMAT BOOLEAN : ', LOGIKA:7); READLN; END.

Hasil : FORMAT CHAR : Y FORMAT STRING : PASCAL FORMAT INTEGER : 12345 FORMAT REAL : -123.4 FORMAT BOOLEAN : TRUE

PROSEDUR CLRSCR Digunakan untuk membersihkan layar dari tampilan-tampilan sebelumnya dan meletakkan kursor di posisi ujung kiri atas dari layar. Prosedur standar ini bila digunakan harus menyebutkan terlebih dahulu unit standar CRT.

PROSEDUR GOTOXY Digunakan untuk meletakkan kursor di posisi layar yang ditunjukkan oleh nilai XPOS dan YPOS. Nilai XPOS menunjukkan posisi kolom dengan nilai 1 sampai dengan 80 sedangkan nilai YPOS menunjukkan posisi baris dengan nilai 1 sampai dengan 25. Prosedur ini harus melibatkan unit standar CRT

PROSEDUR CLREOL Digunakan untuk menghapus semua karakter dalam satu baris disebelah kanan kursor tanpa merubah posisi dari kursor. Prosedur ini harus melibatkan unit standar CRT.

PROSEDUR DELLINE Digunakan untuk menghapus sebuah baris diposisi kursor dan menggeser naik tampilan baris di bawahnya. Prosedur ini harus melibatkan unit standar CRT.  Contoh : PROGRAM TAMPIL; USES CRT; VAR TOMBOL : CHAR; BEGIN CLRSCR; GOTOXY(5,7); WRITELN('SATU'); GOTOXY(5,8); WRITELN('DUA'); GOTOXY(5,9); WRITELN('TIGA'); GOTOXY(5,10); WRITE('Tekan sembarang tombol...!'); READ(TOMBOL); GOTOXY(5,10); CLREOL; GOTOXY(5,8); DELLINE; READLN; END.

PENGAMBILAN KEPUTUSAN Hampir setiap program yang komplek mengandung suatu penyelesaian kondisi untuk menentukan tindakan yang harus dikerjakan. Dalam Pascal, pengambilan keputusan dapat diimplementasikan dengan menggunakan pernyataan IF.

STATEMEN IF Bentuk penulisan : IF ungkapan THEN statemen; Ungkapan adalah kondisi yang akan diseleksi oleh oleh statemen if. Jika kondisi yang diseleksi terpenuhi, maka statemen yang mengikuti then akan diproses sedangkan bila kondisi tidak terpenuhi, maka yang akan diproses adalah statemen berikutnya. Contoh : PROGRAM KONDISI; USES CRT; VAR NILAI : REAL; KET : STRING[11]; BEGIN CLRSCR; KET := 'Tidak Lulus'; WRITE('Masukkan nilai ujian : '); READLN(NILAI); IF NILAI >=60 THEN KET :='Lulus'; WRITELN('Anda ', KET); READLN; END.   Hasil : Masukkan nilai ujian : 5 Anda Tidak Lulus

STRUKTUR IF THEN ELSE Bentuk penulisan : IF kondisi THEN Statemen1; Statemen1 dapat berupa blok statemen yang akan diproses bila kondisi yang diseleksi benar sedangkan statemen2 akan diproses bila kondisi yang diseleksi tidak terpenuhi. Bila terdapat lebih dari satu statemen maka statemen tersebut ditulis diantara blok BEGIN dan END;

Contoh : PROGRAM KONDISI; USES CRT; VAR NILAI : INTEGER; NAMA : STRING; BEGIN CLRSCR; WRITE('Masukkan nama siswa : '); READLN(NAMA); WRITE('Masukkan nilai ujian : '); READLN(NILAI); WRITELN; IF NILAI >=60 THEN WRITELN('Nama Siswa : ', NAMA); WRITELN('Nilai Ujian : ', NILAI); WRITELN('Anda Lulus...!'); END ELSE WRITELN('Anda Tidak Lulus...!'); END; READLN; END.

Hasil : Masukkan nama siswa : Aditya Masukkan nilai ujian : 60   Nama Siswa : Aditya Nilai Ujian : 60 Anda Lulus...!

STRUKTUR IF TERSARANG Bentuk penulisan : IF kondisi1 THEN Statemen1 ELSE Statemen2; Statemen3;

STATEMEN CASE Statemen CASE dapat berbentuk struktur CASE-OF atau CASE-OF-ELSE. Bentuk penulisan : CASE ungkapan OF Daftar case-label1 : statemen1; Daftar case-label2 : statemen2; Daftar case-labeln : statemenn; END;   Daftar case dapat berupa sebuah konstanta atau range dari konstanta yang bukan bertipe real. Contoh : 1 : nilai integer 1 1,2,3,4 : nilai integer 1,2,3,4 1..5 : nilai integer 1,2,3,4,5 ‘A’ : nilai karakter A ‘A’, ‘B’ : nilai karakter A dan B ‘A’..‘D’ : nilai karakter A, B, C dan D ‘*’ : nilai karakter *

STATEMEN CASE OF ELSE Bentuk ini merupakan pengembangan dari struktur case of dan juga merupakan pengembangan dari standar Pascal. Dalam struktur ini, bila tidak ada kondisi yang terpenuhi, maka statemen yang akan diproses adalah yang berada pada else.   Contoh : PROGRAM RESTORAN; USES CRT; VAR PILIH : BYTE; BEGIN CLRSCR; WRITELN('MENU RESTAURANT MC-YAI'); WRITELN('---------------------------'); WRITELN('1. Nasi Goreng Informatika'); WRITELN('2. Nasi Soto Ayam Internet'); WRITELN('3. Gado-gado Disket'); WRITELN('4. Bubur Ayam LAN'); WRITE('Masukkan pilihan Anda : [1-4] ? '); READLN(PILIH); CASE PILIH OF

1 : BEGIN WRITELN('Nasi Goreng Informatika Rp. 6.000'); END; 2 : BEGIN WRITELN('Nasi Soto Ayam Internet Rp. 5.000'); 3 : BEGIN WRITELN('Gado-gado Disket Rp. 4.000'); 4 : BEGIN WRITELN('Bubur Ayam LAN Rp. 3.000'); ELSE BEGIN WRITELN('Pilihan Hanya 1, 2, 3 dan 4'); WRITELN('Pilihan Menu Tidak Ada...!'); READLN; END.   Hasil : MENU RESTAURANT MC-YAI --------------------------- 1. Nasi Goreng Informatika 2. Nasi Soto Ayam Internet 3. Gado-gado Disket 4. Bubur Ayam LAN Masukkan pilihan Anda : [1-4] ? 3 Gado-gado Disket Rp. 4.000

LATIHAN Buat program dengan menggunakan if-else untuk proses berikut : ..:: M E N U P I L I H A N ::.. 1. Menghitung Luas Lingkaran 2. Menghitung Luas Segitiga 3. Menghitung Luas BujurSangkar 0. Selesai   Masukkan pilihan Anda : [0-3] ! 4 PILIHAN ANDA SALAH...!

The end