Modul 7A INDUSTRI KREATIF

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bab 1 Pemasaran Mengatur Hubungan Pelanggan yang Menguntungkan
Advertisements

Bisnis Kecil dan Kewirausahaan
Seni rupa & desain Indonesia dalam industri kreatif Pertemuan 13
VISI KEWIRAUSAHAAN KREATIVITAS & PELUANG USAHA BUSINESS PLAN
Fakultas Seni Rupa dan Desain Tahun Akademik 2007/2008
Peran Balai Diklat Industri
MENEMUKAN/MENCIPTAKAN Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
BAB II WIRASWASTA DAN WIRAUSAHA
Kiat sukses menjadi wirausaha
Kewirausahaan Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda melalui pemikiran kreatif dan tindakan innovatif demi terciptanya peluang.
Bab 9 Pengembangan Produk Baru dan Strategi Siklus Hidup Produk
PERTEMUAN II RUANG LINGKUP OBJEK STUDI KEWIRAUSAHAAN.
ERA EKONOMI KREATIF DEWASA INI
TANTANGAN PENERAPAN ETIKA BISNIS TEKNOLOGI INFORMATIKA & INDUSTRI KREATIF PETEMUAN 12.
Pertemuan 7 : Pemasaran E-commerce
Oleh: Prof. Ir. Urip Santoso, S.IKom., M.Sc., Ph.D
Frida Chairunisa. Konsep Pemasaran Konsep Manajemen.
SETYANINGSIH SLAWI, 12 JULI Pendidikan Kedwibahasaa dalam Pembangunan Katakter Generasi Muda Keadaan kebahasaan di Indonesia  Bahasa daerah (746)
Copy Right 2005Bab 2 Hal 1 Sistem Informasi Manajemen Bab 2 Teknologi Informasi Dalam Perdagangan Jaringan Elektronik (E-Commerce)
ETIKA PEMASARAN DAN PRODUKSI
Sistem Multimedia.
Marketing Management E - Commerce M-12 1 Tony Soebijono Copyright 2009 Pearson Education Inc.
Pengelolaan Usaha dan Strategi Kewirausahaan
Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup pada Sektor Industri Oleh : Hermien Roosita Asisten Deputi Urusan Manufaktur, Prasarana dan.
IMPLEMENTASIKURIKULUM 2013
Corporate Information System pertemuan 1
Pekan I ‘’Ekonomi Media’’
Karakteristik & Tantangan WIRAUSAHA
Muhammad Neil El Himam Badan Ekonomi Kreatif
EKONOMI KREATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL: SOLUSI DALAM ERA MEA
BAB IX DASAR-DASAR PEMBENTUKAN INKUBATOR BISNIS
Dahulu kewirausahaan merupakan bakat bawaan sejak lahir dan diasah melalui pengalaman langsung di lapangan, Kini kewirausahaan telah menjadi suatu disiplin.
TINGKATAN STRATEGI.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Departemen Perdagangan
SISTEM ELECTRONIC BUSINESS.
PERKEBUNAN DAN MASALAHNYA
SISTEM ELECTRONIC BUSINESS.
Pekan III ‘’Ekonomi Media’’
GLOBALISASI DAN LINGKUNGAN TEKNOLOGI
PROGRAM TEAM KERJA DAN AKTIVITAS USAHA
PRODUK DAN PENETAPAN HARGA
PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK UKM BERBASIS MULTIMEDIA
SISTEM ELECTRONIC BUSINESS.
KEWIRASWASTAAN DAN PERUSAHAAN KECIL
KERJASAMA BILATERAL INDONESIA DAN AMERIKA DI BIDANG EKONOMI
MARKETING MANAGEMENT Pemasaran adalah demikian mendasar sehingga tidak dapat dianggap sebagai suatu fungsi yang terpisah Peter F Drucker
OSKAR JUDIANTO SSn., MM., MDs. FAKULTAS DESAIN dan INDUSTRI KREATIF
Creative Industry dalam Komunikasi Pariwisata
MANAJEMEN DAN PEMASARAN
E-Business & E-Commerce
SELAMAT DATANG DI PERKULIAHAN KEWIRAUSAHAAN
EKONOMI KREATIF KELOMPOK 12.
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
PARINKRAF-UMT FAKULTAS PARIWISATA DAN INDUSTRI KREATIF
Wirausaha review.
SELAMAT DATANG DI PERKULIAHAN KEWIRAUSAHAAN
PERIKLANAN MELLY MAULIN P..
POTENSI EKONOMI KREATIF INDONESIA PADA SEKTOR KULINER
Karakteristik & Tantangan WIRAUSAHA
KEWIRASWASTAAN DAN PERUSAHAAN KECIL
Karakteristik & Tantangan WIRAUSAHA
Karakteristik & Tantangan WIRAUSAHA
SISTEM ELECTRONIC BUSINESS.
Komunikasi Publik dan Komunikasi Massa
Kebijakan penumbuhan iklim & pengembangan usaha PERTEMUAN – 12 Mata Kuliah: Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Toman Sony Tambunan, S.E, M.Si NIP
Teori konvergensi new media
Membicarakan Pekerja di era Revolusi Industri 4.0
Pengolahan makanan khas daerah KELAS XI SEMESTER GENAP MATERI 1 Firqih Eka Iswara,S.Pd.
Sentra KI - Universitas Muhammadiyah Malang
Transcript presentasi:

Modul 7A INDUSTRI KREATIF Oleh : Rosad Ma’ali El Hadi

UMUM KHUSUS TUJUAN INSTRUKSIONAL Setelah mengikuti mata pelajaran ini, diharapkan para peserta dapat mengetahui pengertian industri kreatif, lingkup, metode dan sistem kerja industri kreatif serta pengembangan budaya jejaring kerjasama menuju industri kreatif. Setelah mengikuti mata pelajaran ini, peserta pelatihan dapat memahami : 1. Mengenai industri kreatif 2. Bidang, ciri dan sektor industri kreatif 3. Lingkup, arah, tujuan dan komponen industri kreatif 4. Komponen-komponen pembentuk produk 5. Multiplier effect industri kreatif 6. Pentingnya industri kreatif 7. Metode dan sistem kerja industri kreatif 8. Pengembangan budaya jejaring kerjasama menuju industri kreatif

PENDAHULUAN PERTUMBUHAN EKONOMI MENURUN KRISIS DI INDONESIA PERKEMBANGAN IPTEK PERTUMBUHAN EKONOMI MENURUN KEMAMPUAN DAN KEMAUAN SDM KRISIS DI INDONESIA MENGEMBANGKAN POTENSI BANGSA PENGGERAK UTAMA PERTUMBUHAN EKONOMI & KEMAJUAN KEHIDUPAN MASYARAKAT MENGHASILKAN HAL-HAL YANG BARU DENGAN LAJU YANG PESAT BAIK BERUPA BARANG & JASA ATAU LAYANAN KOMUNIKASI BARU MODAL PENGGERAK UTAMA 1. DANA PENGUASAAN TEKNOLOGI SDM YANG HANDAL PRODUKTIF EFISIEN EFEKTIF PERSAINGAN KOMPARATIF KEKAYAAN SDA SDM YANG BERLIMPAH TIDAK MENJADI ANDALAN KETERAMPILAN KREATIFITAS SDM KEMAMPUAN TEKNOLOGI KEMAMPUAN MANAJEMEN MEMENANGKAN PERSAINGAN

BEKERJA SAMA; SALING PERCAYA, SALING MENGHARGAI,SINERGI. DUA PARADIGMA BEKERJA SAMA; SALING PERCAYA, SALING MENGHARGAI,SINERGI. 2. MEMBENTUK JEJARING KERJA PENDEKATAN “WIN AND WIN” p. hp

“KIAT MEMBENTUK POTENSI KREATIFITAS” NIAT KOMITMEN KEBERANIAN PERHITUNGAN IMPLEMENTASI IDE KREATIFITAS KERJASAMA JEJARING

KONSEP PEMIKIRAN TTG INDUSTRI KREATIF 1. PERUBAHAN SECARA BERTAHAP 2. ETOS KERJA BARU 3. SIKAP KERJASAMA 4. PENGAMBILAN KEPUTUSAN 5. SUATU METODE DAN ALAT

PENGERTIAN INDUSTRI KREATIF Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut (Studi Industri Kreatif Indonesia, 2007); Industri kreatif adalah industri yang bersumber dari kreativitas, keahlian dan talenta individu yang berpeluang meningkatkan lapangan kerja melalui penciptaan dan komersialisasi kekayaan intelektual. Industri kreatif dapat berkaitan langsung dengan pelanggan, melalui penyediaan produk, kreatif atau secara tidak langsung melalui kegiatan kreatif dalam proses penciptaan nilai tambah pada sektor lain (Simatupang, 2007); Industri kreatif adalah aktofitas produksi dan distribusi barang dan jasa yang terkait dengan teks image, simbol narasi, situasi lokalitas, skill, kreativitas dan daya inovasi (Iskandar, 2007). Modal utama kreativitas bersumber dari individu-individu manusianya. Aspek sumberdaya manusia merupakan penentu dalam pengembangan dan kemajuan industri kreatif. Industri desain dapat dipandang sebagai komponen inti dari suatu industri kreatif, yang implementasinya dapat terjadi pada beberapa sektor industri lainnya, seperti periklanan, clothing/fashion, makanan, alas kaki, arsitektur dll; Industri desain akan menjadi Pilot Project karena industri ini merupakan inti atau kekuatan dari industri kreatif.

BIDANG INDUSTRI KREATIF Industri kreatif sebagai industri tersendiri yang dengan kreativitasnya menghasilkan desain-desain kreatif sebagai produk atau jasa utamanya; Industri kreatif merupakan kumpulan dari sektor-sektor industri yang mengandalkan kreativitas sebagai modal utama dalam menghasilkan produk/jasa; Industri kreatif dikembangkan untuk mendukung meningkatkan nilai tambah produk dalam pengembangan klaster-klaster lainnya. CIRI INDUSTRI KREATIF Industri yang unsur utamanya adalah kreativitas, keahlian dan talenta yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan melalui penawaran kreasi intelektuan; Industri kreatif terdiri dari penyediaan produk kreatif langsung kepada pelanggan dan pendukung menciptakan nilai kreatif pada sektor lain yang secara tidak langsung berhubungan dengan pelanggan; Produk kreatif mempunyai ciri-ciri : Siklus hidup yang singkat, margin yang tinggi, keanekaragaman tinggi, persaingan tinggi dan mudah ditiru.

SEKTOR INDUSTRI KREATIF Periklanan. Berkaitan dengan kreasi dan produksi iklan, antara lain : riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak dan elektronik; Arsitektur. Berkaitan dengan bangunan dan informasi produksi antara lain : Arsitektur taman, perencanaan kota, perencanaan biaya konstruksi, konservasi bangunan tua, dokumentasi lelang, dll; Pasar Seni dan Barang Antik. Berkaitan dengan kreasi dan perdagangan, pekerjaan, produk antik dan hiasan, galeri, toko, swalayan dan internet; Kerajinan. Berkaitan dengan kreasi dan distribusi produk kerajinan, antara lain : barang kerajinan yang terbuat dari batu berharga, aksesoris, pengrajin emas, perak, kayu, kaca, kain, porselin, marmer, kapur, besi dii; Desain. Berkaitan dengan kreasi desain grafis, interior, produk, industri, pengemasan dan konsultasi identitas perusahaan;

6. Desain Fesyen. Berkaitan dengan kreasi pakaian, alas kaki, aksesoris, produksi pakaian mode, konsultasi lini produk dan distribusi produk; 7. Video, Film dan Fotografi. Berkaitan dengan kreasi produk video, film dan jasa forografi serta distribusi rekaman vidio dan film, termasuk diantaranya penulisan skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron dan eksibisi film; 8. Permainan Interaktif. Berkaitan dengan kreasi produksi dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan dan edukasi; 9. Musik. Berkaitan dengan kreasi, produksi, distribusi dan ritel rekaman suara, hak cipta rekaman, promosi musik, penulis lirik, pencipta lagu atau musik, pertunjukan musik, penyanyi dan komposisi musik; 10 Seni Pertunjukan. Berkaitan dengan kreasi, pengembangan konten, produksi pertunjukan, pertunjukan balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama musik tradisional, musik teater, opera, termasuk tur musik etnik, desain dan pembuatan busana pertunjukan, tata panggung dan tata pencahayaan;

11 Penerbit dan Percetakan 11 Penerbit dan Percetakan. Berkaitan dengan penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah tabloid dan konten digital dan kegiatan kantor berita; 12 Layanan Komputer dan Piranti Lunak. Berkaitan dengan pengembangan teknologi informasi termasuk jasa layanan komputer, pengembangan piranti lunak, integrasi sistem, desain dan analisis sistem, desain arsitektur piranti lunak, desain prasarana piranti lunak dan piranti keras serta desain pirtal; 13 televisi dan Radio. Berkaitan dengan usaha kreasi, produksi dan pengemasan, penyiaran dan transmisi televisi dan radio; 14 Riset dan Pengembangan. Berkaitan dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut untuk perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar; 15 Kuliner. Berkaitan dengan kreasi, penataan tata ruang termasuk interior, menu makanan dan nuansa.

LINGKUP INDUSTRI KREATIF Pengetahuan Tradisional Seni kerajinan, festifal, budaya dll. Seni Visual Seni cat dan fotografi dll. Musik Konser, rekaman CD, kaset dll. INDUSTRI KREATIF Sastra dan Penerbitan Buku, koran, majalah dll. Seni Pertunjukan Teater, tarian, opera, sirkus dll. Audio-Visual Rekaman, film, televisi, radio dll. Desain Arsitektur, interior, fesyen dll. Animasi Digital dan Multi-Media Piranti lunak, vediogame, iklan dll.

Jasa Kreatif ke Industri PRODUK DENGAN UNSUR KREATIF ARAH INDUSTRI KREATIF INDUSTRI KREATIF Produk Kreatif Film, musik, permainan, media cetak & elektronik, pertunjukan, buku iptek dll. PELANGGAN Jasa Kreatif ke Industri Desain, periklanan, arsitektur, kemasan dll. PRODUK DENGAN UNSUR KREATIF

Tjuan INDUSTRI KREATIF 4. Kesejahteraan Bersama 3. Raih Prestasi INDUSTRI KREATIF 1. Visi bersama 2. Komitmen bersama

PENTINGNYA INDUSTRI KREATIF Inovasi dan Kreativitas Kontribusi Ekonomi Lapagan kerja, kemakmuran, pendapatan, nilai tukar Rp, dll. Identitas Warisan budaya, membangun budaya, menjaga nilai-nilai kebermaknaan, dll. Bisnis Menciptakan pasar bagi usaha lain, mendukung sektor lain, dll. MENGAPA INDUSTRI KREATIF PENTING ? Citra Pemasaran, ikon nasional & internasional dll. Dampak Sosial Membangun manusia, kualitas hidup, dll. Inovasi dan Kreativitas Penciptaan nilai, pemecahan masalah, kreativitas, dll. Komunikasi Ide dan gagasan, forum diskusi, forum kreativitas, dll.

KOMPONEN INDUSTRI KREATIF TEKNOLOGI INDUSTRI KREATIF Modal Intelektual BISNIS SENI BUDAYA

TIGA SERANGKAI dalam PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF PEMERINTAH : Regulasi, Layanan & Koordinasi Mengarahkan perusahaan untuk mengutamakan kesejahteraan bersama, bukan sistem kapitalis yang individualistis Memberdayakan masyarakat semakin kreatif dan produktif Sinergi, kemajuan, Dan keberlanjutan PERUSAHAAN : Laba, SDM & Investasi MASYARAKAT : Partisipasi, pemberdayaan & kepemilikan Keberlanjutan investasi melalui keterlibatan masyarakat, pendekatan kemitraan, pola aaptasi terhadap masyarakat lokal dan mengembangkan kepemilikan dan kemandirian masyarakat lokal

METODE KERJA INDUSTRI KREATIF PROSES KEMITRAAN VISI STRATEGIK BUDAYA PRO SES BISNIS / ORANG ISI, STRUKTUR & SISTEM HASIL-HASIL HUB BUNG AN KER JA SA MA RE POR TASI PELANGGAN MEMIMPIN/ MENGELOLA METODE KERJA INDUSTRI KREATIF

SISTEM KERJA INDUSTRI KREATIF TECHNOLOGY DEVELOPMENT Skill Needs Applied Tech R & D IInformation TRANSFORMATION Mediation MARKET DEVELOPMENT COOPERATIVE Informatin DEPERINDAG Market Demand MACHINE ASSEMBLING R&D MARKETING Mediation BUSINESS COMMUNICATION BANK Technology Need Information Money Product Machine Market Demand Proposal Promotion Market demand Product Creative INDUSTRIAL SOCIETY Market demand Consultant Creative Mediation Promotion Market demand Product Money Product Market demand Money MARKET STAKEHOLDER

Bentuk Layanan Lain yang Relevan KOMPONEN-KOMPONEN PEMBENTUK PRODUK Komponen Pendukung Deliveri Komponen Pembungkus Harga Instalasi Jaminan Suku cadang Perbaikan & Perawatan Bentuk Layanan Lain yang Relevan Kemasan Kualitas Segi Desain Nama Dagang Style Komponen Inti Bentuk Fisik Produk Segi FungsionaL

MULTIPLIER EFFECT INDUSTRI KREATIF Tukang Jahit Desainer Tukang Sablon Industri Tekstik Retailer FASHION MEDIA Radio Industri rekaman Koran/Majalah Penulis Musisi MUSIK Event Organizer TV Alat Musik Desainer Vdeo klip Film DESAIN & PRODUKSI Software & Hardware Pengemasan Transportasi Telekomunikasi

MENUJU INDUSTRI KREATIF PENGEMBANGAN BUDAYA JEJARING KERJA SAMA MENUJU INDUSTRI KREATIF INDUSTRI & PRODUK KREATIF HOW ! HOW ! ORGZNL NEETWORKING 2. Memelihara Perasaan bahwa Organisasi Bertumbuh Lebih Besar 1. Mengubah Pengetahuan Menjadi JJK Efektif 1. COLLETIVE INDIVIDUALISM 2. STAFF NETWORKING 3. PROJECT WORKING 3. Menerapkan Penyebaran Tim Kerja 5. HARDWARE NEETWORKING 4. SHARING KNOW-HOW 4. Memaksimumkan Pengembalian Aset 5. Menyadari Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Komputer

RANTAI PENAWARAN RANTAI PERMINTAAN GAGASAN KREASI DISTRIBUSI PEMASARAN PRODUKSI UNIT USAHA PEMASARAN GAGASAN KREASI

BEBERAPA TIP UNTUK MEMPERKUAT QOLBU JADIKAN KRITIKAN UNTUK MENGOREKSI DAN INSTROPEKSI DIRI SEBAGAI PEMICU UNTUK BERBUAT LEBIH BAIK, SEMAKIN TINGGI POHON SEMAKIN KENCANG ANGINNYA 3. UNTUK KEBAIKAN SEMUA PIHAK JANGAN TAKUT MENGAMBIL KEPUTUSAN DIJALAN ALLAH SWT

Terima kasih atas perhatiannya