TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO www.msuyanto.com
RAHASIA MENULIS SKENARIO SMART IN SATU KATA MENULIS SATU-DUA LOGLINE ADA TUJUH PERTANYAAN POKOK RAHASIA SKENARIO TAHAP-TAHAP CERITA SECARA RINGKAS INSYA ALLAH
PADA AKHIRNYA SEMUA FILM MENGERUCUT PADA SATU KONSEP : SATU KATA PADA AKHIRNYA SEMUA FILM MENGERUCUT PADA SATU KONSEP : SATU KATA NOVEL YANG ANDA ADAPTASI MUNGKIN BERHUBUNGAN DENGAN BANYAK TEMA DAN PERISTIWA, TETAPI SKENARIO YANG ANDA TULIS DARI NOVEL TERSEBUT HARUS DITELITI KEMBALI DAN DIREDUKSI MENJADI SATU KATA.
MENULIS LOGLINE LOGLINE : PLOT YANG DITUANGKAN DALAM SEDIKIT MUNGKIN KATA-KATA PLOT (ALUR CERITA): SESUATU YANG LEBIH TINGGI DAN KOMPLEKS DARIPADA CERITA, MENGANDUNG UNSUR MISTERI, UNTUK MEMAHAMINYA MENUNTUK ADANYA UNSUR INTELGENSIA DAN KEJELASAN ANTAR PERISTIWA YANG DIKISAHKANNYA SERTA TIDAK SEKEDAR URUTAN TEMPORAL SAJA. CERITA : SEBUAH NARASI BERBAGAI PERISTIWA YANG SENGAJA DISUSUN BERDASARKAN WAKTU, MISALNYA PERISTIWA MENGANTUK KEMUDIAN TIDUR, MELIHAT WANITA CANTIK KEMUDIAN LANGSUNG JATUH CINTA TEMA : MAKNA YANG DIKANDUNG OLEH SEBUAH CERITA
CARA MUDAH MENULIS LOGLINE SANGAT SERING SEBUAH CERITA DIMULAI DENGAN DUA KATA ”BAGAIMANA JIKA?” UNTUK MEMBANGUN CERITA DITAMBAHKAN DUA KATA LAGI ”DAN KEMUDIAN?”, MISALNYA: BAGAMANA JIKA SEORANG ANAK KECIL DITINGGAL BERJUANG BAPAKNYA DAN KEMUDIAN IKUT BERJUANG MELAWAN BELANDA
CONTOH LOGLINE Spirited Away : BAGAIMANA JIKA anak kecil tersesat di kota yang penuh misteri yang kedua orang tuanya berubah menjadi babi DAN KEMUDIAN anak tersebut berjuang untuk mengembalikan orang tuanya The Incredible : Selamatkan dunia
ADA TUJUH PERTANYAAN SIAPAKAH TOKOH UTAMANYA? APA YANG DIINGINKAN/DIDAMBAKAN TOKOH UTAMA ? (APA MASALAH UTAMA YNG DIHADAPI TOKOH UTAMA) SIAPA/APA YANG MENGHALANGI TOKOH UTAMA UNTUK MENDAPATKAN YANG DIINGINKAN? (SIAPA/APA YANG TERLIHAT ANTAGONIS) BAGAIMANA PADA AKHIRNYA TOKOH UTAMA BERHASIL MENCAPAI APA YANG DICITA-CITAKAN DENGAN CARA YANG LUAR BIASA, MENARIK DAN UNIK? APA YANG INGIN ANDA SAMPAIKAN DENGAN MENGAKHIRI CERITA SEPERTI INI? (TEMA CERITA, UNSUR-UNSUR PEMADU FILM) BAGAIMANA ANDA MENGISAHKAN CERITA ANDA? (SIAPA YANG HARUS MENGISAHKAN CERITA ITU) BAGAIMANA TOKOH UTAMA DAN TOKOH-TOKOH PENDUKUNG LAIN MENGALAMI PERUBAHAN DALAM CERITA INI?
PETUALANGAN ABDAN SIAPAKAH TOKOH UTAMANYA? ABDAN APA YANG DIINGINKAN/DIDAMBAKAN TOKOH UTAMA ? ABDAN INGIN BERHASIL, MEMBAHAGIAKAN NENEKNYA SERTA HIDUP NORMAL SEPERTI ORANG-ORANG BIASA DAN INGIN MENGETAHUI MENGAPA IBU DAN AYAHNYA MENINGGALKANNYA SIAPA/APA YANG MENGHALANGI TOKOH UTAMA UNTUK MENDAPATKAN YANG DIINGINKAN? DONO, DITINGGAL KEDUA ORANG TUA, KELUARGA YANG MISKIN DAN HIDUP DI DESA (WAKTU DAN KESULITAN HIDUP) BAGAIMANA PADA AKHIRNYA TOKOH UTAMA BERHASIL MENCAPAI APA YANG DICITA-CITAKAN DENGAN CARA YANG LUAR BIASA, MENARIK DAN UNIK? BELAJAR DARI KEJADIAN ALAM, NASEHAT NENEKNYA, BERUSAHA KERAS DAN BERDOA APA YANG INGIN ANDA SAMPAIKAN DENGAN MENGAKHIRI CERITA SEPERTI INI? OPTIMISME, BERPIKIR POSITIF, BELAJAR DARI ALAM, SAYANG TERHADAP SESAMA, HORMAT KEPADA ORANG TUA, KESABARAN DAN DOA ADALAH KUNCI KESUKSESAN BAGAIMANA ANDA MENGISAHKAN CERITA ANDA? DENGAN SUDUT PANDANG ORANG KETIGA, BEBERAPA FLASHBACK, DENGAN MUSIK YANG DIGUNAKAN UNTUK MENEKANKAN TEMA, ADEGAN DAN POLA BAGAIMANA TOKOH UTAMA DAN TOKOH-TOKOH PENDUKUNG LAIN MENGALAMI PERUBAHAN DALAM CERITA INI? ABDAN MENYADARI BAHWA USAHA DAN DOA SENJATA UNTUK MENGHADAPI MASALAH, JONO DAN MISKAN MENYADARI BAHWA BERTEMAN ITU DAPAT MENGATASI SEGALA RINTANGAN DAN DONO MENYADARI BAHWA MESKIPUN KAYA TIDAK DAPAT HIDUP TANPA TEMAN
Unsur-unsur Pemadu film DIAGRAM SCENE Latar belakang Judul dan Pengarang Unsur-unsur Pemadu film Judul Babak I Judul Babak II Judul Babak III Awal Cerita Tema Titik balik Titik Tengah Titik Balik Klimaks
Petualangan Abdan : Pahlawan Kecil DIAGRAM SCENARIO Abdan ditinggal kedua Orang tuanya, tinggal Bersama neneknya Petualangan Abdan : Pahlawan Kecil karya M.Suyanto Alam semesta, suasana Perang, musik memberikan tekanan Judul Babak I Judul Babak II Judul Babak III Belajar Di Sekolah Pahlawan Kecil Pahlawan Nasional Usulan Pelajaran Dari siswa Kuis Pendek Pak Guru Perang Di desa Banjaran Utusan Mencari bantuan Kimung Mengantar surat Letnan Joko Mengatur serangan Pak Guru Menyim Pulkan ceritanya Pak Guru Memeriksa PR Suasana di Sekolah Bekerjasama dapat mengalahkan segalanya Pak Guru Bercerita Di luar sekolah, di bawah pohon Munculnya Pahlawan Cilik Para Pahlawan Dapat mengusir Tentara Belanda Kimung Menyelamatkan Para Pahlawan
SASARAN BABAK I MILIKI SEBUAH PREMIS YANG MENARIK, MEMILIKI KEKUATAN DAN SEGAR, ORANG YANG MENJUAL FILM HARUS MEMAKAI KALIMAT TUNGGAL DALAM MEMPROMOSIKANNYA PASTIKAN PEMBACA MEMIHAK TOKOH UTAMA DAN TOKOH PENDUKUNGNYA,SEBALIKNYA MEMBENCI MUSUH TOKOH UTAMA. ANDA ADALAH PERAJUT MIMPI JANGAN BANYAK MEMPERKENALKAN TOKOH BARU DALAM WAKTU YANG TERLALU CEPAT, MULAI CERITA DARI TOKOH UTAMA, IKUTI DIA DAN AKHIRI CERITA DENGAN DIA HARUS ADA SATU HAL YANG AMAT PENTING YANG DIPERTARUHKAN, ADA RESIKO BESAR PANCING PENONTON DENGAN MASALAH POKOK DALAM CERITA ANDA MASUKKAN KEJADIAN YANG MERANGSANG EMOSI PENONTON PERJELAS SASARAN TOKOH UTAMA, PERJELAN APA YANG MENYEBABKAN TOKOH UTAMA UNTUK MERAIHNYA CARILAH MOMEN YANG MENARIK YANG MEMBELOKKAN CERITA KE ARAH BARU, YANG MENGUBAH KEHIDUPAN TOKOH UTAMA DAN MENGANTARKAN KITA KE BABAK II GENRE FILM HARUS JELAS, TIDAK ADA RUANG UNTUK FILM KOMEDI HISTORIS SEKALIGUS ROMANTIS UNTUK REMAJA, DALAM SEBUAH FILM KOMEDI TIDAK BOLEH ADA BANYAK KEMATIAN, KECUALI KEMATIAN ITU LUCU.
SASARAN BABAK II BANGUN CERITA ANDA, AMBIL RESIKO DI BABAK I DAN TINGKATKAN, KONFLIK HARUS BERKEMBANG LEBIH KUAT DAN TAJAM. BALIKKAN HARAPAN-HARAPAN, HARUS MEMAKSA TOKOH UTAMA UNTUK MENGAMBIL RESIKO LEBIH BESAR BERIKAN RINTANGAN DAN KESULITAN YANG LEBIH TINGGI DAN MENANTANG YANG MENGHALANGI TOKOH UTAMA UNTUK MENDAPATKAN APA YANG IA INGINKAN. JANGAN MEMBOSANAKAN, JANGAN TERLALU BANYAK BICARA GUNAKAN KALIMAT RINGKAS BERMAKNA, UNGKAP KEDALAMAN JIWA TOKOH UTAMA MASALAH POKOK DALAM BABAK INI HARUS MENCERMINKAN SESUATU YANG DAHSYAT. JAGALAH SENANTIASA NUANSA PENUH BAHAYA, ANCAMAN DAN KETEGANGAN JANGAN MENULIS DIALOG SECARA BERLEBIHAN SANG TOKOH UTAMA HARUS MENDAPATI DIRINYA BERADA DALAM SITUASI LEBIH BURUK PADA AKHIR BABAK. DIA HARUS BERADA DI TITIK KRITIS TOKOH UTAMA ANDA HARUS MEMPUNYAI AGENDA YANG JELAS DAN JUGA TOKOH ANTAGONIS ANDA, SEHINGGA MEMPUNYAI SIMPANGAN (AMPLITUDO) YANG BESAR.
SASARAN BABAK III BABAK INI HARUS TERASA SEPERTI SUATU DESAKAN YANG MENGALIR BEGITU CEPAT MENUJU AKHIR CERITA, JANGAN SAMPAI TERJADI KESALAHAN JADIKAN MOMEN TERBESAR DALAM FILM ANDA SEBAGAI TITIK KLIMAKS, ANDA HARUS MENGETAHUI KLIMAKSNYA SEBELUM MENULIS SEKENARIO, MENULIS DARI BAGIAN AKHIR DAN KEMBALI KE BAGIAN AWAL (RAHASIA MENULIS SKENARIO) ANDA PERLU MEMILIKI KESADARAN DAN PENYELESAIAN, HAL YANG TAK MEMILIKI TUJUAN HARUS DIBUANG. PENYELESAIAN YANG JELAS ADALAH HASIL KEPUTUSAN POSITIF ATAS KRISIS YANG DIHADAPI DAN KEPUTUSAN TERSEBUT MEMBERI KEKUATAN PADA TOKOH UTAMA UNTUK MENGGAPAI SUKSES PADA KLIMAKS FILM. PASTIKAN ANDA MENDEFINISIKAN DENGAN JELAS ATURAN-ATURAN DUNIA ANDA, ADEGAN-ADEGAN DARI AWAL HINGGA AKHIR KONSISTEN JAGALAH SENANTIASA NUANSA PENUH BAHAYA, ANCAMAN DAN KETEGANGAN
TAHAP-TAHAP CERITA SECARA RINGKAS MISAL TAHAP-TAHAP CERITA SECARA RINGKAS ADA 50 ADEGAN POKOK, MAKA : BABAK I : 15 ADEGAN BABAK II : 25 ADEGAN BABAK III : 10 ADEGAN
SYNOPSIS BREAKDOWN SCRIPT STORYBOARD DRAWING BACKGROUND COLORING CHARACTER SPECIAL FX DUBBING, MUSIC & SOUND FX
Petualangan Abdan : Pahlawan Kecil DIAGRAM SCENARIO Abdan ditinggal kedua Orang tuanya, tinggal Bersama neneknya Petualangan Abdan : Pahlawan Kecil karya M.Suyanto Alam semesta, suasana Perang, musik memberikan tekanan Judul Babak I Judul Babak II Judul Babak III Belajar Di Sekolah Pahlawan Kecil Pahlawan Nasional Usulan Pelajaran Dari siswa Kuis Pendek Pak Guru Perang Di desa Banjaran Utusan Mencari bantuan Kimung Mengantar surat Letnan Joko Mengatur serangan Pak Guru Menyim Pulkan ceritanya Pak Guru Memeriksa PR Suasana di Sekolah Bekerjasama dapat mengalahkan segalanya Pak Guru Bercerita Di luar sekolah, di bawah pohon Munculnya Pahlawan Cilik Para Pahlawan Dapat mengusir Tentara Belanda Kimung Menyelamatkan Para Pahlawan
Sinopsis, Outline dan Script Adalah isi keseluruhan cerita, jadi berawal darimana dan berakhir sampai mana, konflik dalam cerita, percintaan, misi yang ingin disampaikan dsb. Contoh Sinopsis: Sinopsis JATAYU #8 Akhirnya siang itu di gudang rusak, JATAYU (JAROT) bertempur melawan NAGA HITAM (BHARATA) untuk membebaskan orang tuanya. Sinopsis ABDAN #1 Ketika neneknya mengatakan bahwa orang tuanya telah pergi maka Abdan dengan tidak percaya segera berlari mencari orang tuanya ke seluruh ruangan.
SINOPSIS PAHLAWAN KECIL Suasana belajar di SDN Banjarsari di pagi hari SINOPSIS PAHLAWAN KECIL Suasana belajar di SDN Banjarsari di pagi hari. Pak Hadi di depan kelas, seperti biasanya menanyakan kepada siswa pelajaran apa yang harus diajarkan pada hari ini. Usulan pelajaran dari siswa itulah yang menjadikan belajar-mengajar di SD Banjarsari tersebut menyenangkan. Abdan salah seorang siswa yang mengusulkan pelajaran bahasa Indonesia “mendongeng”. Pak Hadi menanyakan dongeng apa yang akan dibawakannya. Siswa-siswa menjawab dengan jawaban masing-masing yang menggelikan. Itulah cirikhas suasana belajar di SD tersebut. Pak Hadi mengajak anak-anak untuk siswa-siwa kelua ruang kelas. Di bawah pohon asam yang rindang, siswa-siswa melingkari Pak Hadi sambil mendengarkan dongeng Pak Hadi tentang Pahlawan Kecil yang pemberani dengan senjata ketapel (plintengan) ikut berjuang di masa kemerdekaan. Kerjasama,strategi, semangat juang dan doa mampu mengusir penjajah yang mempunyai senjata lebih lengkap. Cerita yang di bawakan Pak Hadi sebagai salah satu cara mengajar bahasa Indonesia yang unik sekaligus mengajarkan semangat juang Para Pahlawan dengan menyenangkan. Meskipun demikian tetap masih ada siswa yang belum mengenal secara lengkap Para Pahlawan. Suasana belajar yang menyenangkan membuat mereka melewati pelajaran dengan bergairah dan bersemangat serta menjadikan mereka merasa ingin tetap masuk sekolah.
b. Outline Adalah alur cerita dalam setiap adegan para tokohnya dalam secara kasar dan belum ada dialog. Contoh Outline : S 1 C 1 (JATAYU) Int. Gudang Rusak – siang NAGA HITAM mendesak JATAYU dengan pukulan bertubi-tubi ke kepala JATAYU. S 1 C 1 (ABDAN) Int. Rumah Abdan – siang ABDAN sambil menangis berlari menuju pintu untuk mencari orang tuanya.
c. Script. Adalah sebuah cerita yang dapat dibuat ke dalam media audio visual. Jadi kalau outline sudah disetujui baru bisa kita buat scriptnya. Contoh : Script JATAYU S 1 C 1 Int. Gudang Rusak – siang ON NAGA HITAM dan JATAYU, NAGA HITAM memukul Wajah JATAYU dengan pukulan kiri menyamping dan kemudian memukul wajah JATAYU dengan hook kanan dan membuat JATAYU kesakitan. Waktu : 1/2 dtk. Script ABDAN S 1 C 1 Int. Rumah Abdan – siang ON ABDAN menangis dan berbalik dari neneknya dan berlari ke pintu depan. Waktu : 1 dtk.
INSYA ALLAH HANYA DENGAN IJIN ALLAH, KITA AKAN SUKSES MEMBUAT SCENARIO, KARENA SEGALA KEKUATAN HANYA MILIK ALLAH SEMATA.
SELAMAT MENJADI SMART SCRIPTWRITER