USABILITY DARI ISO 9241 (ALAN DIX ET ALL, 1993) 09/04/2017
PRINSIP USABILITY Learnability : kemudahan bahwa pengguna baru dapat menggunakan interaksi secara efektif dan memperoleh maximal kinerja. Flexibility : ragam cara user dan sistem dapat bertukar informasi Robustness : dukungan untuk user agar dapat mencapai tujuan dengan baik. 09/04/2017
LEARNABILITY Mendukung pengguna untuk mengetahui akibat suatu aksi yang akan dilakukan berdasarkan pengalaman menggunakan system dimasa lalu Mendukung pengguna untuk memperoleh akibat dari kegiatan masa lalu. Pengetahuan pengguna dibidang yang lain dapat digunakan waktu berinteraksi dengan sistem 09/04/2017
FLEXIBILITY Memungkinkan pengguna memberikan lebih dari satu perintah pada suatu waktu Memungkinkan pengguna mengubah tampilan layar dll 09/04/2017
Kemantapan sistem Pengguna dapat mengkoreksi “error” setelah “error’ tsb diketahui Pengguna merasa waktu tanggap sistem cukup baik Sistem dapat memenuhi pelayanan yang diharapkan pengguna. dll 09/04/2017
Atribut Usability (ISO, 1998) Efektifitas: ketelitian dan kelengkapan di mana user mencapai tujuan Efisiensi:sumber daya pembelajaran dalam hubungannya dengan ketelitian dan kelengkapan untuk user Kepuasan: bebas dari ketidaknyamanan dan sikap positif dalam menggunakan produk 09/04/2017
Ukuran daya guna suatu produk Learnability Efisiensi Kemampuan mengingat (memorability) kadar kesalahan(errors) Kepuasan (satisfaction) Presentasi Susunan layar(screen layout) Istilah & perintah yg digunakan sistem System capability (kemampuan sistem) 09/04/2017
Metode pengukuran rekayasa usability Waktu untuk menyelesaikan tugas Berapa persen tugas bisa diselesaikan Berapa persen tugas diselesaikan per unit waktu Rasio keberhasilan dan kegagalan Berapa waktu terjadi kesalahan Berapa persen jumlah kesalahan 09/04/2017
Metode pengukuran rekayasa usability …..lanjutan Berapa jumlah kompetitor dari produk yang sama Jumlah perintah yang digunakan Frekuensi help dan dokumentasi yang digunakan Jumlah komentar dari user, yang baik maupun tidak 09/04/2017
Jumlah perulangan perintah yang error Jumlah run yang berhasil dan eror Berapa jumlah interface yang menyesatkan Jumlah fitur yang baik dan yang jelek yang digunakan Jumlah perintah yang tidak pernah digunakan Jumlah kelakuan sistem yang tidak diperlukan 09/04/2017
Jumlah user yang menyukai sistem yang dibuat Jumlah waktu yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah Jumlah waktu yang tidak efektif dalam menyelesaikan masalah Berapa user yang kehilangan kontrol thd sistem Jumlah user yang puas dan tidak puas thd sistem yg dibuat 09/04/2017