Dialog berbasis text dan pengisian borang

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ragam Dialog.
Advertisements

(DISK OPERATING SISTEM)
RAGAM DIALOG ADISTI DEWI N (0610U0 ) AJENG (0611U019)
Administrasi System Windows XP 2
INTERAKSI Pertemuan ketiga – Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer
Gaya Interaksi.
Interaksi Manusia dan Komputer “Interaksi”
RAGAM DIALOG.
KONSEP PEMROGRAMAN Pembagian Kode Program. Dasar Pembagian Kode Program Kode program dibagi ke dalam beberapa bagian, dengan tujuan untuk menyederhanakan.
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Interaksi Manusia dan Komputer
Ragam Dialog.
Perancangan Tampilan.
Ragam Dialog Interaksi
Merancang User Interface
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
DIALOG IMK-M6.
Ir. Essy Malays Sari Sakti M.MSI
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Media Belajar SMK NEGERI 1 BUNGURAN TIMUR
Bina Sarana Informatika
PERINTAH INTERNAL DOS.
Interaksi Manusia dengan Komputer
Aspek Ergonomi dalam IMK
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Dialog Teks dan Pengisian Borang
Pert 4 Interaksi.
Interaksi Pertemuan 5.
komponen antarmuka pengguna
Ragam Dialog 1.
Perintah Bantuan Dokumentasi
KONSEP USER INTERFACE.
Ragam Dialog|pertemuan VI
Ragam Dialog|.
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
Interface Metaphors dan Model Konseptual
KONSEP INTERFACE
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PERINTAH INTERNAL DOS Bag. I
Interaksi Manusia & Komputer
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
Interaksi manusia komputer
Perancangan Tampilan.
DIALOG.
Ragam Dialog.
Ikan Sepat Ikan Gabus.
Ragam Dialog.
Perancangan Tampilan.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Ragam Dialog.
RAGAM DIALOG.
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
Perancangan Tampilan.
Ragam Dialog.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Perancangan Tampilan.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Perancangan Tampilan.
Ragam Dialog|pertemuan VI
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER HUMAN COMPUTER INTERACTION.
Perancangan Tampilan.
Ragam Dialog.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Dialogue Notation & Design Part-2
Transcript presentasi:

Dialog berbasis text dan pengisian borang OLEH EKO ALAN BUDI KUSUMA (12100136) M.RIZAL SOBRI (12100113) MUHAMMAD FAJAR (12100137) ROBIN KURNIAWAN (12100134)

DIALOG BERBASIS PERINTAH TUNGGAL Dialog ini merupakan ragam yang paling konvensional. Perintah perintah tunggal yang dapat dioperasikan biasanya tergantung dari sistem komputer yang dipakai, dan berada dalam suatu domain yang disebut bahasa perintah (command language) Contoh sederhana yang sering kita lihat adalah perintah-perintah pada DOS dan LINUX misal: dir, copy, format, deltree, vi, ls, who, passwd, lpr

DOS Perintah DOS dibagi 2 : 1. Internal Command (tidak memerlukan berkas .EXE dan .COM) CONTOH : C : \>DIR  menampilkan nama berkas yang terdapat pada hardisk. C : \>COPY *.DOC A: \NASKAH  perintah membuat salinan semua berkas berpengenal .DOC dari hardisk C ke disket pada pemutar A dan ditempatkan dalam direktori NASKAH.

2. External Command (memerlukan berkas. EXE dan 2. External Command (memerlukan berkas .EXE dan .COM) CONTOH : C : \DOS>FORMAT A: /S  perintah untuk memformat disket pada pemutar A sekaligus menyalin sistem ke dalam disket tsb. Perintah ini memerlukan berkas FORMAT.COM C : \DOS>DELTREE C : \NASKAH\SOAL  perintah yang digunakan untuk menghapus direktori SOAL yang berada di dalam direktori NASKAH di dalam hardisk C Perintah ini memerlukan berkas DELTREE.EXE

Contoh

CONTOH PERINTAH UNIX PERINTAH UNIX FUNGSI Ls Who Vi Perintah untuk mulai menulis atau membaca suatu berkas Ls Perintah untuk menampilkan nama-nama berkas yang anda miliki dalam rekening anda pada sistem UNIX yang bersangkutan Who Perintah untuk menampilkan daftar pengguna yang sedang bekerja pada sistem UNIX Lpr Perintah untuk mencetak suatu berkas ke printer Password Perintah untuk mengubah kata kunci pada rekening anda.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN PENGGUNAAN DIALOG BERBASIS PERINTAH TUNGGAL cepat akurat efisien ringkas luwes inisiatif oleh pengguna memerlukan pelatihan yang lama membutuhkan penggunaan yang teratur beban ingatan yang tinggi Jelek dalam menangani kesalahan

Pilihlah kata kunci yang mudah diingat Beberapa saran perlu dipertimbangkan u/ meminimalkan beban ingatan dan kesalahan pengetikan, antara lain adalah : Pilihlah kata kunci yang mudah diingat Gunakan format perintah yang konsisten Gunakan untaian kata yang pendek Tambahkan fasilitas (help) Gunakan nilai-nilai default untuk mengurangi kesalahan ketik Sediakan pesan-pesan yang jelas, dan jika masih banyak kesalahan yang muncul Gunakan ragam inisiatif oleh komputer

Cetak daftar semua mahasiswa yang DIALOG BERBASIS TEXT Pada dialog berbasis bahasa alami pengguna menggunakan instruksi-instruksi dalam bahasa alami yang lebih umum sifatnya, pengguna dapat secara bebas memberikan instruksinya dengan kalimat- kalimat yang lebih “manusiawi”. Contoh instruksi bahasa alami : Cetak daftar semua mahasiswa yang mempunyai IP semester lebih besar dari 3,0

Bahasa diatas kemudian diterjemahkan ke dalam instruksi yang ekuivalen dengan dbase atau foxpro, sebagai : DISPLAY ALL FOR IPSEM > 3.0 Atau dalam dialek Turbo Pascal while not eof (T) do begin readln(T,S) ; if S.IpSem > 3.0 then writeln(S.NamaMahasiswa); end;

Keuntungan dan kerugian penggunaan antarmuka berbasis bahasa alami tidak memerlukan sintaksis khusus luwes dan powerful alamiah merupakan inisiatif campuran mempunyai dualisme bertele-tele opaque (tidak jelas) perancangan perangkat lunak yang rumit tidak efisien

DIALOG BERBASIS PENGISIAN BORANG Teknik dialog berbasis pengisian borang (form filling dialogue) merupakan suatu penerapan langsung dari aktifitas pengisian borang dalam kehidupan sehari-hari dimana pengguna akan dihadapkan suatu bentuk borang yang ada di layar komputer yang mereka gunakan. Kualitas antarmuka berbasis pengisian borang tergantung pada tiga aspek: Tampilan pada layar monitor yang mencerminkan struktur data masukan yang diperlukan oleh sistem. Kejelasan perancangan dan penyajiannya secara visual pada layar monitor. Derajat kebenaran dan kehandalan penerimaan data masukan oleh program lewat berbagai fasilitas pemasukan data yang ada di dalam borang tersebut.

Contoh tampilan berbasis pengisian borang

Hal yg perlu diperhatikan dalam perancangan tampilan Proteksi tampilan, pembatasan tampilan yg tidak dapat diakses pengguna. Batasan medan tampilan, penentuan panjang yang tetap atau berubah, menggunakan format bebas atau tertentu. Isi medan, petunjuk pengisian tampilan. Medan opsional, dinyatakan secara tekstual atau menggunakan aturan tertentu, seperti penggunaan warna berintensitas rendah, warna tampilan yang berbeda, dan lain-lain.

Hal yg perlu diperhatikan (cont..) Default. tentukan tempatnya, apakah pada bagian yang tidak dapat diakses pengguna ataukah pada bagian pemasukan data. Bantuan, bantuan (help) cara pengisian borang. Medan penghentian. Masukan data dapat diakhiri dengan menekan tombol Enter atau Return atau mengisi karakter terakhir dengan karakter tertentu atau dengan cara berpindah ke medan lain. Navigasi. menggunakan tombol Tab untuk urutan yang tetap, atau dapat pula digerakkan secara bebas menggunakan mouse.

Hal yg perlu diperhatikan (cont..) Pembetulan kesalahan. menggunakan tombol BackSpace dengan menindihi (overwrite) isian lama, dengan jalan membersihkan dan mengisi kembali medan tersebut, dan lain-lain. Penyelesaian. memberitahu pengguna bahwa seluruh proses pengisian telah selesai.

Keuntungan dan kerugian Dialog Berbasis Pengisian Borang pengguna sudah terbiasa dengan pengisian borang isian data yang disederhanakan diperlukan sedikit pelatihan beban memori rendah strukturnya jelas perancangan mudah tersedia berbagai piranti bantu perancangan tampilan seringkali lambat memakan ruang layar (khususnya untuk menu datar) tidak cocok untuk pemilihan perintah/instruksi memerlukan pengontrol kursor mekanisme navigasinya tidak terlihat secara eksplisit memerlukan suatu bentuk pelatihan

TERIMA KASIH..!!!!!