Berasal dari Kerajaan Pajajaran/Bogor.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia
Advertisements

Pola Keruangan Desa - Kota Nama : Acep M Nawawi Kelas : XII ips 3
KAWASAN ASIA TENGGARA.
Pramoedya Ananta Toer Angkatan ‘45
Suku Asmat: Sosok Budaya Indonesia di Papua
KEBIJAKAN PENYUSUNAN PERDA TANAH ULAYAT
NAMA : DESSY APRIANI HENI WEKASARI
DAN DEWAN PENASEHAT FKUB DALAM PEMELIHARAAN KERUKUNAN DI DAERAH
Nama : Angga Restu Pambudi Irfan Juliansyah Auliya Sarah Bachtiar
PENGHAKIMAN ATAS BABEL
Profil potensi daerah istimewa Yogyakarta
Analisis Data Kualitatif Dr. Oos M. Anwas Hasil Penelitian: 1. Pendahuluan (10%) 2. Kajian Pustaka (15%) 3. Metodologi (10%) 4. Hasil & Pembahasan (50%)
KONDISI FISIK  Luas dataran total ± 150 KM² pada ketinggian M (DPL)  Kemiringan tanah rata-rata 0-5º ke arah Barat  Ketinggian tanah berkisar.
Budaya Kalimantan.
Matakuliah : R0772 – Arsitektur Tradisional
TUGAS SOSIOLOGI SUKU TENGGER SMA NEGERI 1 WARU 2011.
AGROFOREST ATAU SISTEM AGROFORESTRI KOMPLEKS
KOTA MAKASSAR Terletak dekat garis khatulistiwa
Sejarah Peradaban Lembah Sungai Kuning (Hoang Ho)
PROFIL POTENSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Suku Baduy Kelompok 2.
2. Ginting terdiri dari Suka dan Munte.
Kegiatan ekonomi masyarakat
PELAKSANAAN POKJANAL POSYANDU DAN SIP DI KOTA TANGERANG
POTENSI WISATA KOTA SERANG…. OLEH : RISZKY TRI OCTAFIANI ( )
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Asal Usul Bengkayang Topografi dan Sungai
PROFIL POTENSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
MENGENAL SUKU BADUY DARI BANTEN
Kampung Budi Sulistyo (.
Destine L0fianti Hanny Andriani Marchelle Vannia Rudy Franky
DIFERENSIASI SOSIAL.
A.    SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA.
Kelompok 13 Pangki azis t. (25) Paul lonika (26)
SEJARAH INDONESIA.
WISATA KOTA CILACAP BERCAHAYA
Dampak Penguatasaan Bidang-Bidang Strategis Terhadap Masyarakat Adat
LAPORAN KEGIATAN SP3T BANTEN TAHUN2013
KEARIFAN LOKAL SUKU ASMAT
SANITASI PEMUKIMAN (3 SKS) PENANGGUNG JAWAB : SUPRAPTO, SKM, MKES
Worldview: Cultural Explanations
POLA KERUANGAN DESA AMALUDIN, S.IP, MM.
KEGIATAN EKONOMI PENDUDUK BERDASARKAN PENGGUNAAN LAHAN
SUKU DI KALIMANTAN.
SEJARAH PERADABAN ISLAM 2
NURHASANA KARUNIA Kepulauan Riau.
Introducing ZAMAN NEOLITHIKUM
GERAKAN MILLENARIAN DI ASIA TENGGARA ( THAILAND )
Keragaman Suku Bangsa di Indonesia
BUDAYA TIDUR MASYARAKAT MADURA
Era Neolitikum Pertemuan 2
Profil Potensi Daerah Istimewa Yogyakarta
Tugas ICT INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) MATARAM
Pekabaran Injil di Sumatra Utara Tokoh-tokoh PI: Tokoh-tokoh PI: H. Neubronner van der Tuuk Ludwig Ingwer Nommensen ( ) G. Van Asselt.
Perkembangan Islam di Asia Tenggara
KALIMANTAN BARAT. VISIT KALIMANTAN BARAT Ivan Yulio O( ) tugas aplikom Universitas Mercubuana Yogyakarta 2015.
Kelompok 3 (timur) Kebudayaan suku asmat XI-IPS.
Kerajaan Pajajaran.
KELOMPOK 3: OTONOMI DAERAH.
Kabupaten Alor.
Perlawanan Terhadap Kolonialisme sebelum Lahirnya Kesadaran Nasional
SISTEM KEKERABATAN Dasar kekerabatan masyarakat Asmat adalah keluarga inti monogami, atau kadang-kadang poligini, yang tinggal bersama- sama dalam rumah.
Kami dari kelompok 4 , yang beranggotakan : Ignatia Erika Putri (14)
SULTAN AGUNG DARI MATRAMAN
KULIAH KERJA NYATA PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (KKN PPM) UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT 2018 PERENCANAAN KONSEP MINI PLAN GUDANG PRODUKSI CHIPS PORANG.
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI KONSETRASI JURNALISTIK
STUDIO PERENCANAAN WILAYAH. “ 2 1.Struktur Organisasi 2.Pembagian Kerja 3.Timeline Kerja 4.Latar Belakang 5.Isu Kab Lebak 6. Isu BWP 3 7. Tujuan Sasaran.
PENATAAN RUANG 14/01/ :10.
KEBUDAYAAN KLATEN Deka Erestio MAKANAN KHAS  Gudangan makanan yang terdiri dari aneka sayuran yang direbus dan disajikan dengan sambal kelapa.
Achmad Rozi El Eroy.  Sebagai provinsi yang dekat dengan Jakarta dan memiliki 4 kabupaten dan 4 kotamadya, Banten memiliki potensi besar dengan luas.
Transcript presentasi:

Berasal dari Kerajaan Pajajaran/Bogor. Suku Baduy Provinsi Banten memiliki masyarakat tradisional yang masih memegang teguh adat tradisi yaitu Suku Baduy. Suku Baduy mendiami kawasan Pegunungan Keundeng, tepatnya di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Masyarakat Baduy memiliki tanah adat kurang lebih sekitar 5.108 hektar yang terletak di Pegunungan Keundeng. Mereka memiliki prinsip hidup cinta damai, tidak mau berkonflik dan taat pada tradisi lama serta hukum adat. Suku Baduy bukan merupakan suku terasing melainkan suatu suku yang mengasingkan diri dengan pola kehidupannya patuh terhadap hukum adat, hidup mandiri dengan tidak mengharapkan yang sifatnya bantuan dari orang lain/orang luar, menutup diri dari pengaruh budaya yang akan masuk dari luar. Suku Baduy berasal dari 3 tempat, sehingga baik dari cara berpakaian, penampilan, serta sifatnya pun sangat berbeda: Berasal dari Kerajaan Pajajaran/Bogor. Berasal dari Banten Girang/Serang. Berasal dari Suku Pengawinan (campuran). Kadang kala suku Baduy juga menyebut dirinya sebagai orang Kanekes, karena berada di Desa Kanekes. Mereka berada di wilayah Kecamatan Leuwidamar. Perkampungan mereka berada di sekitar aliran sungai Ciujung dan Cikanekes di Pegunungan Keundeng. Atau sekitar 172 km sebelah barat ibukota Jakarta dan 65 km sebelah selatan ibu kota Serang. Masyarakat suku Baduy sendiri terbagi dalam dua kelompok. Kelompok terbesar disebut dengan Baduy Luar atau Urang Panamping yang tinggal di sebelah utara Kanekes. Mereka berjumlah sekitar 7 ribuan yang menempati 28 kampung dan 8 anak kampung. Sementara di bagian selatannya dihuni masyarakat Baduy Dalam atau Urang Tangtu. Diperkirakan mereka berjumlah 800-an orang yang tersebar di Kampung Cikeusik, Cibeo, dan Cikartawana. Kedua kelompok ini memang memiliki ciri yang beda. Bila Baduy Dalam menyebut Baduy Luar dengan sebutan Urang Kaluaran, sebaliknya Baduy Luar menyebut Baduy Dalam dengan panggilan Urang Girang atau Urang Kejeroan. Ciri lainnya, pakaian yang biasa dikenakan Baduy Dalam lebih didominasi berwarna putih-putih. Sedangkan, Baduy Luar lebih banyak mengenakan pakaian hitam dengan ikat kepala bercorak batik warna biru. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, masyarakat yang memiliki konsep inti kesederhanaan ini belum pernah mengharapkan bantuan dari luar. Mereka secara mandiri dengan cara bercocok tanam dan berladang. Selain itu mereka menjual hasil kerajinan seperti Koja dan Jarog (tas yang terbuat dari kulit kayu), tenunan berupa selendang, baju, celana, ikat kepala, sarung, golok, parang, dan berburu. Masyarakat Baduy sangat taat pada pimpinan yang tertinggi yang disebut Puun. Puun ini bertugas sebagai pengendali hukum adat dan tatanan kehidupan masyarakat yang menganut ajaran Sunda Wiwitan peninggalan nenek moyangnya. Setiap kampung di Baduy Dalam dipimpin oleh seorang Puun, yang tidak boleh meninggalkan kampungnya. Pucuk pimpinan adat dipimpin oleh Puun Tri Tunggal, yaitu Puun Sadi di Kampung Cikeusik, Puun Janteu di Kampung Cibeo, dan Puun Kiteu di Cikartawana. Sedangkan wakilnya pimpinan adat ini disebut Jaro Tangtu yang berfungsi sebagai juru bicara dengan pemerintahan desa, pemerintah daerah atau pemerintah pusat. Di Baduy Luar sendiri mengenal sistem pemerintahan kepala desa yang disebut Jaro Pamerentah yang dibantu Jaro Tanggungan, Tanggungan dan Baris Kokolot. Keberadaan masyarakat Baduy sendiri sering dikaitkan dengan Kerajaan Sunda (Pajajaran) di abad 15 dan 16. Saat itu, kerajaan Pajajaran yang berlokasi di Bogor memiliki pelabuhan dagang besar di Banten, termasuk alamnya perlu diamankan. Nah, tugas pengamanan ini dilakukan oleh pasukan khusus untuk mengelola kawasan berhutan lebat dan berbukit di wilayah Gunung Kendeng tersebut. Keberadaan pasukan ini yang diyakini sebagai cikal bakal suku Baduy. Ada pula yang mempercayai awal keberadaan suku Baduy, merupakan sisa-sisa pasukan Pajajaran yang setia pada Prabu Siliwangi. Mereka melarikan diri dari kejaran pasukan Sultan Banten dan Cirebon. Namun pada akhirnya, mereka dilindungi Kesultanan Banten dan diberi otonomi khusus. Dalam kehidupan suku Baduy mengenal adanya kekuatan alam yang dapat memberikan pengaruh kuat dan dapat membentuk suatu Watak dan Tabiat yang menurut mereka tergantung pada lingkungannya. Menurut falsafah suku Baduy pergantian musim akan mendatangkan dan meninggalkan kesejahteraan manusia, hidup rukun saling memberi dan menerima dalam hal yang saling membutuhkan merupakan pelengkap untuk menimbulkan rasa kedamaian karena jika saling menciderai dan membinasakan akan mendatangkan bencana dan perpecahan. Amanat leluhur yang menjelma jadi hukum adat mampu mengatur tatanan kehidupan untuk kesejahteraan dan tatanan yang senapas dengan lingkungannya sehingga warna hidup dan kehidupannya mempunyai keseragaman kata dan perbuatannya. Sampai saat ini di Baduy, cara membuat rumah masih dikerjakan dengan cara bergotongroyong dan syarat mendirikan rumah harus mengahadap Utara atau Selatan dengan tanpa merubah bentuk tanah. Ini sesuai dengan palsafah mereka ” Jodo, Pati, Bagia, Cilaka manusa mah teu ngaboga-boga” Artinya: jodo, mati, kebahagiaan, dan celaka itu bukan kemauan manusia. kalau di artikannya adalah manusia hanya berencana dan berusaha adapun keputusan hasil di tangan Tuhan. Tentang pengobatan apabila ada yang sakit, suku Baduy masih menggunakan ramuan-ramuan tradisional. Kini sebutan bagi suku Baduy terdiri dari: Suku Baduy Dalam yang artinya suku Baduy yang berdomisili di Tiga Tangtu (Kepuunan) yakni Cibeo, Cikeusik, dan Cikertawana. Suku Baduy Panamping artinya suku Baduy yang berdomisili di luar Tangtu yang menempati di 27 kampung di Desa Kanekes yang masih terikat oleh hukum adat di bawah pimpinan Puuun (kepala adat). Suku Baduy Muslim yaitu suku Baduy yang telah dimukimkan dan telah mengikuti ajaran agama Islam dan prilakunya telah mulai mengikuti masyarakat luar serta sudah tidak mengikuti hukum adat.