METTI DWI NURLITA, 2102407153 Citra Perempuan Dalam Novel Cintrong Paju-Pat Karya Suparto Brata.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DEVI DWI ASTITI, Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata.
Advertisements

SUWARSIH, Kriminalitas dalam Novel Kembang Kantil Karya Senggono.
RATIH BUDI NURANI, Cerita Jaka Setya Lan Jaka Sedya Karangan Mas Arjasuwita Dalam Kajian Greimas.
MUHAMMAD FACHRUDIN, Analisis Yuridis Perubahan Status Sekretaris Desa Non Pegawai Negeri Sipil Menjadi Pegawai Negeri Sipil Daerah di Kabupaten.
OKTI ROSIANA, Struktur Dramatik Wayang Dalam Lakon Gathotkaca Wisuda oleh Ki Mantep Soedarsono.
HERI ROHMADANI, Heroisme Dalam Serat Menak Dewi Soja.
SITI ROKHANA, Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud pada Cerpen HANA Karya Akutagawa Ryunosuke.
ROHMAD KARTIKO, Analisis Kriminologi Terhadap Faktor-faktor yang Mendorong Kekerasan Terhadap Perempuan (Studi terhadap Kejahatan yang Disertai.
DEWI YUNITASARI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI DENGAN TEKNIK MEMBUAT KERANGKA TULISAN PADA SISWA KELAS VII.
C.SRI HENDARSIH RAHAYUNINGTYAS, PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SUB MATERI SENI MUSIK DI SMA KRISTEN YSKI SEMARANG.
SUWASTI RATRI ENI LESTARI, Semiotik Syair Lagu Karya Sujiwo Tejo Album Pada Suatu Ketika.
YULIA PUSPITASARI, Struktur Cerita dan Nilai Kepatuhan Masyarakat Desa Somawangi Kabupaten Banjarnegara Dalam Narasi Cerita Rakyat Raden Somawangi.
ZULNITA MUSFIANI, Intertekstual Wayang Gombal dalam Majalah Jaya Baya.
BEKTI LIYA SARI, NOVEL 5 CM KARYA DONNY DHIRAGANTORO SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA.
WAHYU HANDAYANI, Serat Warawurcita dalam Kajian Struktural.
SUBANDI, Kesalahan Pemilihan Leksikon oleh Santri Pondok Pesantren Al Ashror Ditinjau dari Unggah-ungguh Basa dalam Bertindak Tutur.
DHENY PURWINARTI, Citra Perempuan Jawa dalam Novel Sanja Sangu Trebela Karya Peni.
Identitas Mahasiswa - NAMA : DESI ARIYANTI - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa.
PUJIANIK, Novel Panglipur Wuyung Asmara Ing Bandjir Lusi Karya JA. Setia Kajian Stilistika.
LAILY HAYUNING TYAS, Analisis Kelayakan Penyajian Materi Kompetensi Berbicara Pada Buku Teks Basaku Basamu Basa Jawa dan Marsudi Basa lan Sastra.
MUHAMMAD HERU WIBAWA, WATAK DAN PERILAKU TOKOH UTAMA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA.
ANDIKA RAKA DIANJAYA, Skizofrenia sebagai Fenomena Psikologis dalam Cerpen Le Horla Karya Guy de Maupassant.
NOR HIDAYAH, CITRA DIRI WANITA CINA DALAM NOVEL PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA.
WAHIDAH NURHIDAYAH AMALATUN, Citra Perempuan Dalam Novel Anteping Tekad Karya AG Suharti.
TRIMIATI, Puitika Widodo Basuki Dalam Kumpulan Geguritan Layang Saka Paran.
YENNY NOOR AFIFA, KONFLIK BUDAYA TOKOH LELAKI DALAM NOVEL TIBA-TIBA MALAM KARYA PUTU WIJAYA.
JOKO WURYANTO, Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa.
DEWI INDAH LESTARI, Struktur Dramatik Lakon Wayang Karna Tandhing Oleh Ki Enthus Susmono.
TAWAR INDARWANTO, Tinjauan Tema, Amanat, Fungsi Ekspresif Referensial dan Puitik dalam Kumpulan Puisi Le feu de joie Karya Louis Aragon.
DWI TARYANTO, Genetika Gurit Banyumasan Nonton Ronggeng Karya Warto Tirta.
ROHANA PUDYASTUTI, Peningkatan Keterampilan Menyimak Crita Cekak Dengan Model Stratta dan Teknik Ganti Setting Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri.
IKA IRMAWATI, Perspektif Gender pada Pendidikan Anak dalam Keluarga Petani di Desa Jambu Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas (Analisis Gender)
FITRIA KUSUMA ASTUTI, Hegemoni Bendoro Jawa terhadap Perempuan dalam Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer.
CHARISAH MILATILLAH, Watak Tokoh-tokoh dalam Kumpulan Crita Cekak Ajur Karya Akhir Lusono.
AWAN KURNIAWAN, ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL BILA MALAM BERTAMBAH MALAM KARYA PUTU WIJAYA.
NOVIA FITRIANI, Kepahlawan Dalam Serat Pedhalangan Arjuna Wiwaha.
ENIK MURDIESTI, PENYIMPANGAN PERILAKU ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KUMPULAN CERPEN CERITA PENDEK TENTANG CERITA CINTA PENDEK KARYA DJENAR MAESA.
FRANSISCUS XAVERIUS HARDANTO, Penokohan dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya N.H. Dini dan Kemungkinannya sebagai Bahn Ajar di SMA/ MA.
B.WIDIA HAYU SAMAPTA, Novel Ombak Sandyakalaning dalam Kajian A.J. Greimas.
DIDIK KUSUMA SAPUTRA, Fakta Cerita dan Tema Novel Purasani Karya Yasawidagda.
FINNA DWI ESTIANINGRUM, Cerita Rakyat Ki Sondong Majeruk dan Ki Sondong Makerti Dalam Perspektif Greimas.
HENI PURWATI, Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono.
SULIYATI, Ajaran Serat Nitiprana Dalam Kajian Struktural Semiotik Todorov.
AULIA AHMAD RITAUDDINZ, SUDUT PANDANG DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA.
ANA REDIATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI TEKNIK SHOW NOT TELL DENGAN MEDIA TEKS DRAMA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MRANGGEN.
NAUFAL ALIN, Perempuan Dalam Novel Dawet Aju Karya Widi Widajat.
MUHAMMAD ZAENUDIN, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI STRATEGI ATM DENGAN MEDIA CONTOH CERPEN SISWA KELAS X-8 SMAN 2 BAE KUDUS.
NOVITA LAELLY, Sinden Dalam Cerbung Tembang Katresnan Karya Atas S. Danusubroto.
BEJO SETYO SLAMET, Jenis-Jenis Repetisi Pada Novel Kunarpa Tan Bisa Kandha Karya Suparto Brata.
HARUM MEINA WIDIYARINI, PENGARUH BAHASA IBU DALAM PEMAHAMAN CERPEN BERBAHASA JAWA DAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP 40 SEMARANG.
URIP PRIYATUN, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PENGUMUMAN DENGAN METODE THINK PAIR AND SHARE MELALUI PEMANFAATAN MEDIA MASSA CETAK PADA.
BAGUS PRASETYO ADILUHUNG, Sirwenda Danurwenda Dalam Kajian Strukturalisme Greimas.
SRI WAHYUNI, Motif Perubahan Perilaku Tokoh Utama dalam Novel Sumi (Jejak Cinta Perempuan Gila) Karya Maria Bo Niok.
DEWI MAFTUCHAH, Alur Novel Emprit Ambuntut Bedhug Karya Suparto Brata.
DIAN MUSTIKASARI, Serat Dharma Sasana Dalam Kajian Semiotik.
DEDDY DWI WIJAYA, Struktur Cerita Misteri Alaming Lelembut pada Majalah Jawa Panjebar Semangat Tahun 2010.
ENDANG MURDININGSIH, NALURI DAN REAKSI TOKOH UTAMA PADA NOVEL MUKJIZAT CINTA KARYA MOHAMMAD MASYKUR A.R.SAID.
ODA SHYANTICA HANINGTYAS, DEIKSIS DALAMROMANVENDREDI OU LAVIE SAUVAGE KARYA MICHEL TOURNIER.
DINA NURMALISA, Citra Wanita dalam Novel Jala Karya Titis Basino
MEILANI SARIPUTRI, FUNGSI MUSEUM BATIK PEKALONGAN SEBAGAI SARANA PEWARISAN BUDAYA KERAJINAN BATIK BAGI PELAJAR DI PEKALONGAN.
DESIANA DWI PRAMESTI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PESAN SINGKAT (MEMO) MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN BERBASIS MULTIMEDIA.
TITAH FURI HADIYANTI, Analisis Tindak Kekerasan dalam Dongeng Le Petit Poucet Karya Charles Perault.
Identitas Mahasiswa - NAMA : RANIN AGUNG KURNIAWAN - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS :
AMNAH FALESTINA, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Sugesti- Imajinasi Media Lagu Siswa Kelas X MA Salafiyah Karang Tengah.
YUNITA ENDARWATI, Struktur Crita Cekak (Cerkak) Majalah ''Jaya Baya'' pada Tahun 90-an.
NOVIA DWI TRANWATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ANGKA SISWA KELAS X SMA DIAN KARTIKA.
Identitas Mahasiswa - NAMA : SHOFATUN NASIKHAH - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra.
ASTERIA MURBANDARI, Novel Luruh Kuncup sebelum Berbunga Karya Mira W dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
Identitas Mahasiswa - NAMA : KUMAISAROH - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa)
DENGAN METODE PAKEM PADA SISWA SD SUWADUK 01 TAHUN AJARAN 2006/2007
Transcript presentasi:

METTI DWI NURLITA, Citra Perempuan Dalam Novel Cintrong Paju-Pat Karya Suparto Brata

Identitas Mahasiswa - NAMA : METTI DWI NURLITA - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa) - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - raneswari_21 pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Sukadaryanto, M.Hum. - PEMBIMBING 2 : Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum. - TGL UJIAN :

Judul Citra Perempuan Dalam Novel Cintrong Paju-Pat Karya Suparto Brata

Abstrak viii ABSTRAK Nurlita, Metti Dwi Citra Perempuan dalam Novel Cintrong Paju-Pat Karya Suparto Brata. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. Sukadaryanto, M. Hum dan Pembimbing II Dr. Teguh Supriyanto, M. Hum. Kata kuci: Citra Perempuan, Feminisme, Novel Cintrong Paju-Pat. Tokoh perempuan sangat dominan dimunculkan pada novel Cintrong Paju-Pat. Tokoh-tokoh perempuan dalam novel CPP memiliki citra pribadi yang berbeda-beda. Tokoh Lirih adalah seorang gadis desa yang cerdas, berkeinginan kuat bisa bekerja di gedung besar di Jakarta. Tokoh Abrit adalah seorang selebritis terkenal yang sangat cantik, sehingga disukai banyak laki-laki. Tokoh Langit adalah seorang pimpinan marketting disebuah perusahaan periklanan, sehingga penampilannya sangat tegas dan berwibawa. Tokoh Ibu Arum dan Ibu Kinyis adalah seorang ibu rumah tangga. Mereka terkadang ikut mencampuri urusan bisnis suaminya, perbuatan yang mereka lakukan malah membuat keadaan menjadi kacau. Tokoh Maniking, Madu dan Srinawang adalah tokoh tambahan yang dimunculkan sesekali saja dalam cerita. Tokoh Lirih Nagari memiliki karakter dan citra pribadi yang sangat mendukung ide-ide feminisme. Permasalahan yang di bahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana citra perempuan dalam novel Cintrong Paju-Pat? (2) Bagaimana pandangan feminisme pengarang tentang perempuan dalam novel Cintrong Paju-Pat karya Suparto Brata? Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui citra tokoh perempuan dalam novel Cintrong Paju-Pat karya Suparto Brata dan (2) mengetahui pandangan feminisme pengarang tentang perempuan dalam novel Cintrong Paju-pat karya Suparto Brata. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tokoh dan penokohan, toeri citra perempuan dan teori feminisme. Penelitian ini mengacu pada teori feminisme dari Tong dan menggunakan pendekatan feminis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis struktural. Sasaran penelitian ini adalah tokoh perempuan serta sikap tokoh perempuan dalam menjalani hidupnya sebagai perwujudan citra diri perempuan. Data yang digunakan adalah peristiwa-peristiwa yang dialami tokoh perempuan baik berupa dialog maupun deskripsi pengarang yang memperlihatkan citra diri perempuan dan pandangan feminisme pengarang. Sumber data yang digunakan adalah teks cerita novel Cintrong Paju-Pat karya Suparto Brata yang dicetak oleh Narasi pada tahun 2010 dengan tebal 311 halaman. Teknik pengumpulan data adalah teknik heuristik/ baca dan teknik catat. Teknis analisis data menggunakan teknik analisis struktural. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa citra pribadi perempuan dapat digambarkan melalui cita fisik yaitu gambaran perempuan berdasarkan penampilannya, citra perilaku yaitu penggambaran perempuan berdasarkan perilakunya, citra psikis yaitu penggambaran citra diri berdasarkan kejiwaannya dan citra sosialnya menunjukan gambaran perempuan dalam masyarakat. Melalui penggambaran citra pribadi tersebut, dapat diketahui kehidupan perempuan dalam kesehariannya. Melalui analisis citra pribadi tokoh perempuan, dapat diketahui tokoh tersebut termasuk tokoh protagonis atau antagonis. Citra fisik perempuan yang ditunjukan dalam novel CPP yaitu perempuan Jawa adalah perempuan cantik, wajahnya runcing, bersih, senyumnya manis, rambutnya tebal, lehernya panjang, tubuhnya proporsional, payudaranya montok, bokongnya seperti bokong skuter. Citra perilaku yang ditunjukan bahwa perempuan Jawa adalah perempuan yang sopan, suka menolong, tidak suka menyakiti orang lain dan selalu bekerja keras untuk mewujudkan cita-citanya, sedangkan perempuan Jawa yang menganggap dirinya priyayi perilakunya selalu merendahkan orang lain. Citra psikis perempuan Jawa adalah perempuan yang kuat dan berani sedangkan Perempuan Jawa yang menganggap dirinya dari golongan priyayi akan selalu ingin dihormati. Citra sosial perempuan Jawa adalah perempuan yang pekerja keras dan ulet dalam pekerjaannya. Tokoh-tokoh perempuan yang ada dalam novel CPP tidak semuanya mendukung feminisme. Tokoh Bu Arum dan Bu Kinyis termasuk tokoh perempuan yang tidak mendukung femisme. Mereka masih mengunggulkan derajatnya, atau orang Jawa menyebutnya priyayi. Tindakan yang dilakukannya malah merendahkan derajat perempuan. Pandangan feminisme yang dimunculkan pengarang adalah feminisme eksistensialis. Tokoh perempuan dalam novel CPP tidak merasa rendah dengan tubuh perempuan yang dimilikinya. Tubuh perempuan juga bisa dibanggakan, tapi tubuh bukan satu-satunya yang dapat digunakan perempuan untuk bereksistensi. Perempuan dalam novel CPP merupakan perempuan yang berpendidikan, sehingga dapat menentukan nasibnya sendiri. Tokoh Abrit sebagai perempuan dapat menjadi wanita karir yaitu menjadi selebritis dengan tubuh cantik yang dimilikinya. Semua orang sangat memujinya. Tokoh lirih dan Langit juga memiliki citra fisik yang cantik, tetapi ia lebih memilih menjadi perempuan yang pintar dengan mengandalkan akal dan pikirannya untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Setiap perempuan dapat menentukan nasibnya sendiri, dengan caranya sendiri. Para peneliti yang berminat dengan sastra, dapat mengkaji karya sastra yang lainnya untuk membahas lebih mendalam tentang citra perempuan. Peneliti selanjutnya juga dapat mengkaji karya sastra dari pengarang laki-laki yang bebeda untuk mengetahui malefeminis pengarang

Kata Kunci Citra Perempuan, Feminisme, Novel Cintrong Paju-Pat.

Referensi Amalatun, Wahidah Nurhidayah Citra Perempuan Dalam Novel Anteping Tekad Karya AG Suharti. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni: Universitas Negeri Semarang. Aminuddin Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Djajanegara, Soenarti Kritik Sastra Feminis: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Drygulski Wright, Barbara Kiprah Wanita Dalam Teknologi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Effendy, Chairil, Ahadi Sulissusiawan, Nanang Hariana, dan Deden Ramdani Citra Wanita Dalam Sastra Nusantara di Kalimantan Barat. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Endraswara, Suwardi Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Media Presindo. Fakih, Mansour Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Jabrohim Pasar Dalam Perspektif Greimas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Luxemburg, Jan Van, Mieke Bal dan Willem G. Weststeijin Pengantar Ilmu Sastra (diIndonesiakan oleh Dick Hartoko). Jakarta: Gramedia. Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Ratna, Nyoman Kutha Sastra dan Cultural Studies Representasi Fiksi dan Fakta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. _____, Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ratnawati, Sri. Perempuan Dalam Ajaran Perenialis Dalam Serat Wulang Putri. History. Htt://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/ pdf (25 April 2011) Realino, Lembaga Studi Citra Wanita dan Kekuasaan (Jawa). Yogyakarta: Kanisius. Sangidu Penelitian Sastra: Pendekataan, Teori, Metode, Teknik, dan Kiat. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. Sastroatmodjo, Suryanto Citra Diri Orang Jawa. Yogyakarta: Narasi. Septiana, Rina Gaya Bahasa dalam Cerbung Cintrong Traju Papat Karya Suparto Brata. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni: Universitas Negeri Semarang. Sudarsono, R.M dan Gatut Murniatmo Nilai Anak Dan Wanita Dalam Masyarakat. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara, Bagian Jawa. Sugihastuti dan Suharto Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sukadaryanto Sastra Perbandingan Teori, Metode, dan Implementasi. Semarang: Griya Jawi. Sulistyorini, Dwi Citra Wanita Dalam Kumpulan Cerpen Lakon Di Kota Kecil Karya Ratna Indraswari Ibrahim. Tesis. Universitas Diponegoro, Semarang. Tong, Rosemarie Putnam Feminist Tought Pengantar Paling Komprehensif Kepada Arus Utama Pemikiran Feminis. Yogyakarta: Jalasutra. Wellek, Rene dan Austin Warren Teori Kesusasteraan (diIndonesiakan oleh Melani Budianta). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Terima Kasih