Programming: First Time Teknik Elektro STT Adisutjipto 2013 Yenni Astuti, S.T., M.Eng.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Percabangan Teknik Elektro STT Adisutjipto 2013 Yenni Astuti, S.T., M.Eng.
Advertisements

POINTER.
Pemrograman Berorientasi Objek (2)
PEMROGRAMAN SISTEM PERNYATAAN DASAR PERULANGAN Pertemuan V
PERTEMUAN IV POINTER Pointer adalah suatu variabel penunjuk yang menunjuk pada suatu alamat memori komputer Pointer merupakan.
ARRAY ??.
SL-1201 Pengantar Pemrograman
PEMROGRAMAN SISTEM POINTER Pertemuan X. ALAMAT & POINTER Pointer sesungguhnya berisi alamat memory yang menyimpan data. Pointer sesungguhnya berisi alamat.
Selection (pemilihan) As’ad Djamalilleil
STRUKTUR PERULANGAN (LOOPING)
Teknik Informatika Universitas Pembangunan Jaya
Pemrograman Terstruktur
PERULANGAN Teknik Elektro STT Adisutjipto 2013 Yenni Astuti, S.T., M.Eng.
Struktur.
3 Variabel, Konstanta Tipe Data dan dalam Bahasa C/C++ Java dan Bab
Pemrograman Terstruktur
Perintah Input-OutPut
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Person 10Person Variabel Lokal dan Global Suatu variabel lokal dideklarasikan di dalam fungsi ‘a’, dan tidak dapat diakses di luar fungsi (a)
STATEMENT PENGENDALIAN (PEMILIHAN)
Struktur Dasar Java Percabangan & Perulangan
Nested If = if bersarang = if bertingkat Operator logika
Operasi String.
Algoritma Pemrograman By: NILA FEBY PUSPITASARI
IV. Array.
Pertemuan 3 KELUARAN dan MASUKAN (INPUT & OUTPUT) Dasar Pemrograman.
POINTER (VAR.PENUNJUK)
P O I N T E R. Merupakan sebuah variabel yang berisi alamat dari variabel lain. Suatu pointer dimaksudkan untu menunjukan ke suatu alamat memori sehingga.
Dasar Komputer & Pemrograman 2A (BAHASA C)
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
L/O/G/O Array (larik) Pertemuan 5 Tenia Wahyuningrum ST3 Telkom Purwokerto Algoritma pemrograman.
Operasi Dasar Input/Output
1 Pertemuan 5 STREAM INPUT/OUPUT Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
OPERATOR.
Bab 05 Tipe Data dan Mengisi Variabel
Operator Teknik Elektro STT Adisutjipto 2013 Yenni Astuti, S.T., M.Eng.
STRUKTUR DATA (2) searching array
Variabel Teknik Elektro STT Adisutjipto 2013 Yenni Astuti, S.T., M.Eng.
Deklarasi dan Assignment Variable
Teknik Pemrog. Terstruktur 2
Tenia Wahyuningrum pointers Tenia Wahyuningrum
Array, POINTER dan FUNGSI
Pointer (Part 1).
Array, POINTER dan FUNGSI
Fungsi, Array dan String
Pemrogramman Terstruktur
Elemen Dasar C++ Norma Amalia, ST.,M.Eng.
I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom
Pemrograman Terstruktur
S1 FLOW CHART Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro
Tipe, Nama, dan Nilai Anifuddin azis.
Teknik Pemrograman oleh: Yohanes Sugiarto.
ARRAY (Array Dua Dimensi) Pertemuan 16 Dasar Pemrograman
Pengenalan dan Struktur Java (Deklarasi dan Inisialisasi Variabel)
PERTEMUAN 7 STATEMENT PEMILIHAN
Pointer FARID WAJDI YUSUF.
ARRAY 1d MERISKA DEFRIANI, S.KOMP ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN II
As’ad Djamalilleil Array (Larik) As’ad Djamalilleil
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
STATEMENT PENGENDALIAN (PEMILIHAN)
Pemrograman Terstruktur
Algoritma Struktur Data
Algoritma dan struktur data
Variabel Berindeks / Variabel Array
Algoritma Struktur Data
Pemantapan Buat program yang dapat membaca 2 integer & tampilkan informasi apakah bilangan yang pertama dimasukkan merupakan kelipatan dari bilangan yang.
Operator.
S1 FLOW CHART Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro
ARRAY 2d (matriks) MERISKA DEFRIANI, S.KOMP
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer Bani Saleh
Transcript presentasi:

Programming: First Time Teknik Elektro STT Adisutjipto 2013 Yenni Astuti, S.T., M.Eng.

Put a Program Together Sebelumnya: Inisialisasi bahasa pemrograman Nama variabel, manipulasi variabel Pertemuan ini: Cara membuat bahasa pemrograman dengan C++

Deklarasi, Assign, Manipulasi Ketika mendeklarasikan nama variabel  tipe data variabel harus disebutkan! Contoh: int untuk mendeklarasikan tipe data integer: int nilai1; int nilai2;

Deklarasi, Assign, Manipulasi Setelah pendeklarasian tipe variabel: Memberi nilai variabel (assign) Contoh: nilai1=25; nilai2=2*nilai1;

Output Statement Setelah nilai1 diberikan nilai: kita dapat menampilkan hasil dari nilai2, yakni perkalian antara bilangan 2 dengan nilai1. Output statement : statement pada program yang menampilkan data yang tersimpan pada variabel Pesan pengguna pada layar monitor.

Output Statement Output statement pada C++ memiliki tiga bagian penting : Nama output stream, Insertion operator Variabel atau pesan.

Nama Output Nama output stream adalah nama yang digunakan untuk membawa data yang akan ditampilkan pada layar monitor.

Insertion Operator Insertion operator adalah operator yang memasukkan data ke nama output stream.

Variabel atau Pesan Nilai dari variabel atau isi pesan, akan ditampilkan pada layar monitor.

COUT cout (diucapkan: ‘‘see-out’’) : nama output stream pada C++. Ketika statement cout digunakan : data dikirimkan melalui kanal cout. Penulisan cout diikuti dengan insertion operator, yakni simbol (<<) yang mengindikasikan sesuatu dikirimkan pada output.

COUT Contoh : cout << nilai1; cout << “haloo…."; maka output pada layar : 25 haloo….

COUT cout<<“Ini adalah isi nilai1: ”<<nilai1; Output:

COUT cout<<nilai1<<nilai2; Output:

COUT string pesanku; pesanku = “Selamat belajar C++.”; cout<<pesanku; Output:

Eksekusi Ganti Baris: endl endl (dibaca: ‘‘end line’’): perintah pada C++ untuk menampilkan output pada baris berikutnya. Perhatikan contoh pada slide berikutnya yang menggunakan perintah endl dan tanpa perintah endl.

Eksekusi Ganti Baris: endl Tanpa endl: cout<<nilai1; cout<<“Goodbye.”; Output:

Eksekusi Ganti Baris: endl Dengan endl: cout<<nilai1<<endl; cout<<“Goodbye.”; Output:

Komentar Pemberian komentar pada program berfungsi untuk memberikan keterangan pada program. Disimbolkan dengan // Contoh: Nilai1=25; //nilai ini adl.angka pertama

Komentar Jika komentar akan ditulis lebih dari 1 baris, dibuat satu blok komentar. Simbol awal komentar adalah (/*) Simbol akhir komentar adalah (*/) Contoh: /* Semua yang tertulis pada blok komentar ini tidak akan dieksekusi karena ini hanya penjelas program. */

Compiler Directives Compiler berguna untuk menerjemahkan kode bahasa tingkat tinggi ke kode bahasa tingkat rendah. Sehingga mesin dapat mengenal dan memahami perintah yang ditulis pada bahasa tingkat tinggi.

The Include Directive Ada beberapa file yang dapat digunakan untuk membangun program menggunakan bahasa C++. File biasanya memiliki ekstensi.h, yeng merupakan definisi dari file header.

Header File

iostream.h : memungkinkan penggunaan cout (untuk menampilkan sesuatu pada layar) dan cin (untuk meminta input stream) Contoh: #include Tanda (#) mengindikasikan penggunaan directive pada compiler

Main Section pada Program Main section: body suatu program Main merupakan fungsi Main section berisi: Heading Diikuti dua kurung kurawal

Main Section pada Program Contoh int main() //bagian heading main section { //kurung kurawal buka // ****statement program ditulis disini*** return 0; // return statement } //kurung kurawal tutup

Building a Program Outline Tampilan outline program: penggunaan include, deklarasi main, deklarasi variabel, dan menutup program. #include int main() { int nilai1, nilai2 //bagian deklarasi variabel return 0; }

Building a Program Outline Setelah dideklarasikan, diberikan assignment nilai variabel #include int main() { int nilai1, nilai2 //bagian deklarasi variabel nilai1 =25; //assign nilai variabel bernama nilai1 Nilai2= return 0; }

Building a Program Outline Contoh ini menggunakan output statement. #include int main() { int nilai1, nilai2 //deklarasi variabel nilai 1=25 //assignment variabel nilai1 nilai2=2*nilai1 //nilai2 diassign dari hasil perkalian cout<<nilai2<<endl; //mencetak nilai2 return 0; //eksekusi bagian fungsi main berakhir }

Struktur Dasar Program 1.Deklarasi variabel 2.Assignment variabel 3.Manipulasi variabel 4.Cetak nilai variabel

Contoh Program Sederhana Kasus: Program untuk menghitung rata-rata dari tiga angka. Deskripsi: Pertama, perlu dideklarasikan tiga variabel yang akan menyimpan angka (diassign oleh programmer). Selanjutnya kita akan menghitung rata-rata dari ketiga variabel dan menampilkannya pada layar. Untuk memprosesnya diperlukan operator + dan /.

Review Elemen program Deklarasi, assign, manipulasi, cetak pada layar Statement cout dan operator insertion (<<) Fungsi main()