Computer-Supported Cooperative Work Pertemuan 11 Matakuliah: T0593 / Interaksi Manusia dan Komputer Tahun: 2009 Computer-Supported Cooperative Work Interaksi.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TURUNAN/ DIFERENSIAL.
Advertisements

EIH/Pengantar Sistem Informasi
Interaksi Manusia dan Komputer TI1143
EIH/Pengantar Sistem Informasi 1 Aplikasi Web Eka Ismantohadi.
Manajemen Sumber Daya Data
Computer-Supported Cooperative Work
Interaksi Manusia & Komputer SUPPORTED COOPERATIVE WORK XIII / 1 XIII I. II. Tujuan Instruksional khusus Mahasiswa dapat mengerti dan memahami system pendukung.
Konsep e-Learning Oleh Dwi Susanto 1 1.
E-Learning. 2 E-learning • Definisi : – setiap kegiatan menggunakan aplikasi berteknologi Web dengan tujuan mendidik masyarakat – misalnya mengajar siswa,
Memahami Etimologi Multimedia
Menunjukkan berbagai peralatan TIK melalui gambar
Menempatkan Pointer Q 6.3 & 7.3 NESTED LOOP.
1suhardjono waktu 1Keterkatian PKB dengan Karya Inovatif, Macam dan Angka Kredit Karya Inovatif (buku 4 halaman ) 3 Jp 3Menilai Karya Inovatif.
Nama: AGUS PRAYOGA INSTALASI WINDOWS XP Kelas : X_TKJ_1.
Sistem Informasi PendukungKolaborasi dalam Perusahaan
RUMAH BELAJAR Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi.
SIM SKPM Sistem informasi manajemen (SIM, dalam bahasa Inggris MIS/Management Information System) merupakan penerapan teknologi informasi untuk menunjang.
Tutorial e-Learning. ITSC-Project Konfigurasi Web Browser Sebaiknya anda gunakan Web Browser Firefox dengan konfigurasi Proxy sebagai berikut atau no.
Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates Page 2 Mohamad Mujab Fahmi Andri
: : Sisa Waktu.
Luas Daerah ( Integral ).
SOSIALISASI e-LEARNING DI PERGURUAN TINGGI
Collaborative Computing Technologies: Group Support Systems (GSS)
Computer-Supported Cooperative Work
Algoritma Branch and Bound
Pondok Pesantren Daar El-Qolam adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang didirikan pada 20 Januari Semakin meningkatnya teknologi yang ada saat.
McGraw-Hill/Irwin Copyright © 2008, The McGraw-Hill Companies, Inc. All rights reserved.McGraw-Hill/Irwin Copyright © 2008 The McGraw-Hill Companies, Inc.
B L O G Joshua Joviando 1. Bagian 2 Membuat Blog di 2.
WISNU HENDRO MARTONO,M.Sc
Telekomunikasi & Jaringan
Distributed Group DSS.
Computer Supported Cooperative Work
Computer Supported Cooperative Work
Computer-Supported Cooperative Work Pertemuan 11 Matakuliah: T0593 / Interaksi Manusia dan Komputer Tahun: 2009.
Teknologi Informasi untuk Rumah Sakit
WELCOME Loading ….
Sistem Informasi PendukungKolaborasi dalam Perusahaan
Pertemuan 13 Khairul Anwar Hafizd
Computer-Supported Cooperative Work
Computer Supported Cooperative Work
File retrieval protocols
Computer-Supported Cooperative Work
Komponen E-Learning
MINGGU 14 Groupware Suzan Agustri.
Media Pembelajaran Perbasis TIK Section 3
Computer-Supported Cooperative Work
Computer-Supported Cooperative Work
– Fitri Febriani – Delia Annisa Putri
Blended Learning Versus E-Learning
Media Pembelajaran Perbasis TIK Section 3
JANIS – JENIS PEMBELAJARAN BERBASIS IT
RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN PERBASIS TIK
Media Pembelajaran Perbasis IT
Media Pembelajaran Perbasis TIK Section 2
Computer-Supported Cooperative Work
Media Pembelajaran Perbasis TIK Section 2
Teknologi Komputasi Kolaboratif
COOPERATIVE WORK by dwights.
Computer-Supported Cooperative Work
Media Pembelajaran Perbasis TIK Section 3
SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET
Computer-Supported Cooperative Work
Computer-Supported Cooperative Work
Computer-Supported Cooperative Work
Computer-Supported Cooperative Work
Media Pembelajaran Perbasis TIK Section 3
CSCW (Computer Supported Cooperative Work)
Computer Supported Cooperative Work
Computer-Supported Cooperative Work
Computer-Supported Cooperative Work
Transcript presentasi:

Computer-Supported Cooperative Work Pertemuan 11 Matakuliah: T0593 / Interaksi Manusia dan Komputer Tahun: 2009 Computer-Supported Cooperative Work Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan 10 a

Learning Outcomes Mahasiswa dapat menunjukkan berbagai bentuk kerjasama kelompok berbantukan komputer dilihat dari sudut pandang IMK.

Topik Bahasan Definisi Tujuan Kerja Sama Asinkron Tersebar: Tempat dan Waktu Berbeda Sinkron Tersebar: Tempat Berbeda, Waktu Sama Tatap Muka: Tempat dan Waktu Sama Penerapan CSCW pada Pendidikan 3

Definisi Computer-Supported Cooperative Work (CSCW) adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung proses sosial kerja, sering di antara mitra yang berjauhan. Hasil CSCW biasanya disebut Groupware. Groupware adalah jenis software yang membantu kelompok kerja (workgroup) yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka. 4

Tujuan Kerja Sama Kemitraan terfokus: kerja sama antara dua pemakai yang saling membutuhkan untuk menyelesaikan tugas. Kuliah atau demo. Seseorang membagikan informasi kepada banyak pemakai di tempat lain. Waktunya dijadualkan. Konferensi. Komunikasi kelompok dengan tempat dan waktu yang berbeda. Proses kerja terstruktur. Orang yang peranannya berbeda bekerja sama dalam tugas yang berhubungan. 5

Tujuan Kerja Sama (Lanj.) AT&T Teaching Theater, Office of Information Technology at The University of Maryland 6

Tujuan Kerja Sama (Lanj.) Electronic commerce. Kerja sama jangka pendek untuk mencari informasi dan memesan produk, dan jangka panjang untuk perjanjian atau kontrak bisnis. Rapat dan dukungan keputusan. Rapat tatap muka menggunakan komputer dengan membuat kontribusi simultan. Teledemokrasi. Pemerintah melakukan rapat jarak jauh, menampilkan komentar dewan, mencari konsensus melalui konferensi, debat, dan pemungutan suara online. 7

Pengelompokan Sistem Kerja Sama Matriks waktu-ruang untuk mengelom-pokkan sistem kerja sama (Ellis et al. 1991): 8

CSCW Matrix Source: Wikipedia. Johansen, 1988 in Baecker, R.M.; Others, (1995). Readings in human-computer interaction: toward the year Morgan Kaufmann Publishers. 9

Asinkron Tersebar: Tempat dan Waktu Berbeda Newsgroups dan komunitas jaringan Collaborative Authoring Wiki Blogs 10

(Electronic Mail) Sifat: struktur terlalu bebas, terlalu membuat kewalahan, dan transien. Tools: – Filtering (Message rules pada Microsoft Outlook Express). – Archiving (menyimpan pesan lalu). – Forwarding (meneruskan pesan). – Mailing lists. 11

(Lanj.) Dapat mengandung gambar, suara, animasi, attachments berupa file dsb. – Dampak negatif: virus. Membuat menjadi universal membutuhkan (Anderson et al., 1995): – Peningkatan penyederhanaan. – Peningkatan pelatihan. – Pemfilteran yang lebih mudah. – Hardware berbiaya murah. – Jasa jaringan 12

Newsgroups dan Komunitas Jaringan Diskusi elektronik terfokus oleh kelompok. USENET newsgroups – Pemakai membaca catatan sebelumnya dan menanggapi. – Terbuka bagi umum. – Dapat di-search melalui web. Mailing list services – Pemakai harus berlangganan. – Menggunakan . – Bisa ditengahi moderator. 13

Newsgroups dan Komunitas Jaringan (Lanj.) Online conferences – Mempunyai alat bantu untuk voting, direktori online pemakai dan dokumen. Web discussion board Online newsletters Komunitas jaringan bisa kontroversial: hacker, teroris, kegiatan rasis. 14

Collaborative Authoring Wiki – Situs web yang memungkinkan pengunjung dengan mudah menambah, menghapus, atau mengedit isi, sering kali tanpa registrasi terlebih dahulu. – Wikipedia : ensiklopedia – Wiktionary : kamus dan thesaurus – Wikibooks : textbook dan manual – Wikinews : berita 15

Collaborative Authoring (lanj.) Karakteristik wiki – Artikel bisa di edit kapanpun oleh siapapun (dengan pembatasan tertentu utk protected articles) – Artikel bisa diedit menggunakan web browser. – Artikel dilengkapi akses ke history/versioning – Artikel dilengkapi akses ke halaman diskusi tentang artikel tersebut – Penambahan atau modifikasi terbaru bisa dimonitor 16

Wikipedia : ensiklopedia 17

Wikibooks : textbook dan manual 18

Example: growth of different time / different place Wikipedia growth Source: Wikipedia. Wikipedia 19

Sinkron Tersebar: Tempat Berbeda, Waktu Sama Group editor: mengedit dokumen bersama. Contoh: GROVE. Shared workspace: menulis atau menggambar bersama (whiteboard), desain bersama, membuat dokumen bersama, mendukung kerja sama tim yang fleksibel. Contoh: TeamRooms, SEPIA. Shared screen: Melihat layar dan mengoperasikan sistem yang sama. Contoh: Timbuktu, PC Anywhere, Windows XP Remote Assistance. 20

Sinkron Tersebar (Lanj.) TeamWare Workplace (versi komersial TeamRooms dari University of Calgary) SEPIA (Structured Elicitation and Processing of Ideas for Authoring) untuk produksi dokumen hypermedia bersama 21

Sinkron Tersebar (Lanj.) Interactive game networks: Bermain game yang sama melalui jaringan. Contoh: StarCraft, WarCraft, Counter Strike. Chat: Diskusi melalui antarmuka teks. Contoh: IRC, ICQ. Video conferencing & teleconferencing: Konferensi real-time dengan kemampuan audio dan video. Contoh: NetMeeting, CU-SeeMe, Polycom DTVC products (dulu PictureTel). 22

Sinkron Tersebar (Lanj.) WarCraft III dari Blizzard 23

Sinkron Tersebar (Lanj.) Polycom Live 200p 24

Source: Wikipedia. Skype 1.0 Skype 25

Synchronous distributed interfaces: Different place, same time (cont.) Audio and video conferencing – videoconferencing slow response times for entering and leaving session distracting background audio difficulty in determining who is speaking inadequate lighting difficulty in making eye contact changed social status small image size potential invasion of privacy need for convenient turn taking need for document sharing Pearson Addison-Wesley. All rights reserved.

Tatap Muka: Tempat dan Waktu Sama Tampilan bersama dari komputer dosen: penggunaan proyektor untuk menayangkan presentasi. Audience response units. Menjawab pertanyaan pilihan ganda dengan piranti khusus pada meja peserta. Text-submission workstations. Bercakap-cakap menggunakan keyboard dan software sederhana. Brainstorming, voting, and ranking. Digunakan pada electronic classroom atau meeting room. Mis. GroupSystems. 27

Tatap Muka (Lanj.) GDSS Lab, Lappeenranta University of Technology, Finlandia menggunakan GroupSystems 28

Tatap Muka (Lanj.) Tampilan GroupSystems dari Ventana Corp. 29

Tatap Muka (Lanj.) Tampilan GroupSystems dari Ventana Corp. 30

2010 Pearson Addison-Wesley. All rights reserved.

Tatap Muka (Lanj.) File sharing. Penggunaan komputer dalam jaringan untuk memakai file secara bersama. Shared workspace. Ruang kerja yang sama yang dapat diakses oleh semua pemakai. Group activities. Para pemakai dapat mengerjakan soal, dan yang butuh bantuan dapat “mengangkat tangan” untuk menampilkan tampilannya pada shared display atau pada tampilan pemimpin. 32

Face-to-face interfaces: Same place, same time (cont.) 9-33 Students in an online classroom. Activity is monitored by color: speech in yellow, hand motion in red, body motion in green. Under each student is a timeline of their individual activity and at the bottom is an activity picture (using the colors) of the class (Chen) 2010 Pearson Addison-Wesley. All rights reserved.

Penerapan CSCW pada Pendidikan Koordinasi siswa dalam kelas virtual adalah proses yang rumit namun dapat memungkinkan pengalaman pendidikan yang mendorong bagi orang-orang yang tak dapat bepergian ke kelas biasa. 34

Penerapan CSCW pada Pendidikan (Lanj.) Pengalaman belajar oleh individu yang lebih aktif termasuk menggunakan software di jam pelajaran, misalnya untuk: – Menulis esai atau puisi. – Mencari peristiwa-peristiwa penting dalam kelas sejarah. – Menjalankan simulasi bisnis untuk meningkatkan kualitas produk. – Melakukan analisis statistik. – Melakukan landscaping dengan CAD dan paket grafik. – Menulis program komputer. – Mencari di Internet. 35

36

Questions for consideration Pearson Addison-Wesley. All rights reserved.