cybercommunity - joice c.siagian

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Company LOGO Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi.
Advertisements

ulangan harian KELAS iX SMP NEGERI 1 PUNUNG
TURUNAN/ DIFERENSIAL.
Pertemuan 8 Kualitas dan Efisiensi Produksi
Bab 1 Pemasaran Mengatur Hubungan Pelanggan yang Menguntungkan
Internet dan Pemanfaatannya Untuk Bisnis
Pengenalan Internet Surfing – Browsing – Searching - – Chatting – SMS – E-card – Download – Servise - Advertising Nanik Triana, M.Kom.
Hosting dan Domain Website
EIH/Pengantar Sistem Informasi 1 Aplikasi Web Eka Ismantohadi.
PEMANFAATAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN INTERNET - Interconnected Network Definisi Secara umum Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan.
Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Pendidikan
MATERI (10) STRATIFIKASI SOSIAL
MANAJEMEN KELOMPOK •Disampaikan Oleh : •JAKES SITO.SP •Sebagai Media Penyuluhan • •
Sosialisasi KTSP PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 NOMOR 23 TAHUN 2006Tentang STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN (SKL) DEPARTEMEN PENDIDIKAN.
SOAL ESSAY KELAS XI IPS.
Bimtek KTSP 2009 PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 NOMOR 23 TAHUN 2006Tentang STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN (SKL)
Materi Sosialisasi & Pelatihan PADAMU NEGRI PTK Jakarta, 2013 Divisi Enterprise Service v
TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK
BAB 7 INTERNET Pendahuluan Definisi internet Pemanfaatan Internet
INTERNET.
MAKNA E-BUSSINES ► Semua dan segala bentuk komunikasi yang meliputi seluruh aspek kehidupan melalui atau dengan perantara teknologi yang digerakkan secara.
Cyber Crime Nur Cahyo Wibowo.
ILMU EKONOMII Oleh FEBRIANI, SE, M.SI.
LUAS DAERAH LINGKARAN LANGKAH-LANGKAH :
Created by : Peningkatan kualitas Pendidikan Guru Produktif SMK di Kabupaten Indramayu Indramayu, 22 September 2007.
Bab 10 Penetapan Harga Produk Memahami dan Menangkap Nilai Pelanggan
SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN
Internet sebagai sumber informasi
ENTREPRENEURSHIP KEWIRAUSAHAAN Oleh : Zaenal Abidin MK SE 1.
Bab 9 Pengembangan Produk Baru dan Strategi Siklus Hidup Produk
PEMANFAATAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN. INTERNET - Interconnected Network Definisi Secara umum Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan.
dan SIKS - LAYANAN B. Mustafa Kantor Arsip IPB dan
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 Tentang
MATERI 9 Definisi masyarakat
SEPULUH PRINSIP EKONOMI dan ALIRAN MELINGKAR EKONOMI
Sosialisasi KTSP PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 NOMOR 23 TAHUN 2006Tentang STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN (SKL) DEPARTEMEN PENDIDIKAN.
VISASIA POIN SYSTEM CONCEPT
Pendidikan Kewarganegaraan
Jejaring Sosial Dalam Perspektif Budaya Komunikasi
Sosial, Budaya dan Perilaku Kesehatan
Diferensiasi Pengertian:
Ridwan Maksud, S.Kom Keamanan dan Hosting Serta Domain Web.
Konsep Dasar Entitas PERTEMUAN: 1 bab 1
Menyusun rencana pemasaran Hal : 50-52
PEMASARAN PRODUK UKM MELALUI INTERNET
Komunikasi Suatu Proses
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF
Pendidikan Karakter di SMP oleh Eko Widodo
IT untuk Keunggulan Kompetitif
Arus Akbar Silondae, SH., LL.M
Internet ? Bukan merupakan suatu singkatan
CV. ARENA SONGKET.
POLA KEGIATAN EKONOMI.
ITK-121 KALKULUS I 3 SKS Dicky Dermawan
CIRCULAR FLOW.
Jelaskan yang anda ketahui tentang energi
Marketing Management E - Commerce M-12 1 Tony Soebijono Copyright 2009 Pearson Education Inc.
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
PERTEMUAN 2 Manajemen, Manajer, dan Kegiatannya
WISNU HENDRO MARTONO,M.Sc
1 28 FEBRUARI 2011 SENSASI DAN TEORI GESTALT. SENSASI “ sense” artinya alat pengindraan, yang menghubungkan organisme dengan lingkungannya. Menurut Dennis.
Kehidupan Online Onno W. Purbo YM onnowpurbo.
Dasar-Dasar Periklanan
Sosiologi Antropologi Pendidikan
Internet sebagai Media Pembelajaran.
Internet sebagai Media Pembelajaran.
07 SOSIOLOGI KOMUNIKASI Teknologi Komunikasi dan Masyarakat Cyber
PENGENALAN INTERNET.
Komunikasi Lintas Budaya
Muhamad Husni Mubarok, S.Pd., M.IKom
Transcript presentasi:

cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian Community: masyarakat, adalah kelompok–kelompok orang yang menempati sebuah wilayah (teritorial) tertentu, yang hidup secara relatif lama, saling berkomunikasi, memiliki simbol-simbol dan aturan tertentu serta sistem hukum yang mengontrol tindakan anggota masyarakat, memiliki sistem stratifikasi, sadar sebagai bagian dari anggota masyarakat tersebut, serta relatif dapat menghidupi dirinya sendiri. cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian Perkembangan teknologi informasi, mengubah bentuk masyarakat manusia, dari masyarakat dunia lokal menjadi masyarakat dunia global. Perkembangan informasi, transportasi, dan teknologi, mempengaruhi peradaban manusia. Big Village, sebuah desa besar, di mana masyarakatnya saling kenal dan saling menyapa satu dengan lainnya. cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian Masyarakat global, merupakan sebuah kehidupan yang memungkinkan komunitas manusia menghasilkan budaya-budaya bersama, produk-produk industri bersama, menciptakan pasar bersama, melakukan pertahanan militer bersama, menciptakan mata uang bersama, dan bahkan menciptakan peperangan dalam skala global di semua lini. cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian Perkembangan teknologi informasi, secara materi juga mampu mengembangkan ruang gerak kehidupan baru bagi masyarakat, sehingga tanpa disadari, komunitas manusia telah hidup dalam dua dunia kehidupan, yaitu kehidupan masyarakat nyata dan kehidupan masyarakat maya (cyber community). cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian Masyarakat Nyata, adalah sebuah kehidupan masyarakat yang secara inderawi dapat dirasakan sebagai sebuah kehidupan nyata, di mana hubungan-hubungan sosial sesama anggota masyarakat dibangun melalui penginderaan. Secara nyata kehidupan masyarakat manusia dapat disaksikan sebagaimana apa adanya. cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian Masyarakat Maya, adalah sebuah kehidupan masyarakat manusia yang tidak dapat secara langsung diindera melalui penginderaan manusia, namun dapat dirasakan dan disaksikan sebagai sebuah realitas. Merupakan sisi lain dari kehidupan materi manusia di bumi dan alam jagat raya. cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian PROSES SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL Membangun dirinya dengan sepenuhnya mengandalkan interkasi sosial dan proses sosial dalam kehidupan kelompok (jaringan) intra dan antarsesama anggota masyarakat maya. Berkembang menggunakan sistem sarang laba-laba, sehingga membentuk jaringan masyarakat yang besar. cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian PROSES SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL Ada yang bersifat sementara, ada juga yang bersifat menetap dalam waktu yang relatif lama atau menetap untuk selama-lamanya. Sifat ini ditentukan oleh kepentingan mereka dalam dunia maya. Interaksi sosial sementara, terjadi pada anggota yang browsing dan chatting, atau search, kemudian meninggalkannya. cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian PROSES SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL Interaksi sosial yang berlangsung cukup lama, dilakukan netter yang setiap saat berada dalam masyarakat maya. Mereka bergaul, menyapa, bercinta, berbisnis, balajar, dan bahkan mencuri dsb, dalam masyarakat maya, namun tidak menetap di sana, karena tidak memiliki rumah. Menetap dengan alamat dengan status penyewa atau pemilik. Memiliki e-mail, website, atau provider, untuk berinteraksi. cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian PROSES SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL Dari cara berinterkasi, lahir dua proses interaksi sosial. Proses sosial disosiatif. Proses sosial asosiatif. cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian KELOMPOK SOSIAL Umumnya dibangun berdasarkan hubungan-hubungan sekunder, berdasarkan kegemaran dan kebutuhan anggota masyarakat terhadap kelompok tersebut. Pada dasarnya, ada dua model keanggotaan: Kelompok intra. Kelompok inter. cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian KELOMPOK SOSIAL Kelompok terbesar, adalah kelompok website (tuan rumah), dengan dua status keanggotaan: Free (bebas biaya): seperti keanggotaan e-mail, cahtting, dan beberapa website tertentu. Members pada provider atau website tertentu. Selain itu, ada juga sifat crowd, berkerumun dalam jaringan tertentu. cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian KEBUDAYAAN Kebudayaan yang dikembangkan adalah budaya-budaya pencitraan dan makna yang setiap saat dipertukarkan dalam ruang interaksi simbolis. Budaya ini sangat subjektif, bahkan intersubjektif, yang sangat didominasi oleh kreator dan imajinater. cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian KEBUDAYAAN Ada tiga hal terpisah yang dilakukan para imajenater: Kelompok yang senantiasa bekerja untuk menciptakan mesin-mesin teknologi informasi yang lebih canggih dan realistis. Kelompok yang setiap saat menggunakan mesin-mesin itu untuk menciptakan karya-karya imajinasi yang menakjubkan dalam dunia hiper-realitas. Masyarakat pada umumnya yang setiap hari menggunakan mesin-mesin dan karya-karya imajinasi itu sebagai bagian dari kehidupannya. cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian KEBUDAYAAN Culture Universal yang dimiliki: Peralatan dan perlengkapan hidup adalah teknologi informasi. Mata pencaharian dan sistem-sistem ekonomi, menonjol dan spesifik dalam bentuk menjual jasa. Sistem kemasyarakatan yang dikembangkan alah dalm bentuk sistem kelompok jaringan. Bahasa pada umumnya bahasa Inggris. Karya komunitas maya adalah bagian dari karya seni pada umumnya. Sistem pengetahuan yang dikembangkan menggunakan proses pemberitahuan dan pembelajaran langsung, secara trial and error. Sistem religi (kepercayaan) adalah waktu dn keyakinan bahwa setiap misteri dalam dunia maya dapat dipecahkan. cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian PRANATA DAN KONTROL SOSIAL Sistem pranata dan kontrol sosial dibangun bersama sebagai sistem proteksi diri. Beberapa yang lazim, dikenal seperti: login, password, atau PIN yang disediakan untuk masuk ke dalam website tertentu. cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian STRATIFIKASI SOSIAL, KEKUASAAN DAN KEPEMIMPINAN Stratifikasi sosial berdasarkan pada besaran jaringan yang dimiliki. Beberapa yang lazim sperti: .com., .net., .or., .gov., .go., .id., dsb. Kekuasaan tertinggi dipegang oleh kelompok, seperti: http:// dan www. Kepemimpinan dibangun berdasarkan kekuasaan dan kepemilikan terhadap jaringan tertentu. cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian PERUBAHAN SOSIAL Perubahan dalam masyarakat maya deknal dengan dua konsep: Perubahan fisikal, yang adal dalam mesin-mesin komputer (upgrade). Perubahan sosial, yang merupakan refleksi dan realitas masyarakat nyata, termasuk berbagai masalah sosial, seperti pelanggaran norma susila, penyebaran virus, sampai kriminalitas dan peperangan (cyber-crime). cybercommunity - joice c.siagian

cybercommunity - joice c.siagian APLIKASI CYBER DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Varian “e” dalam berbagai kehidupan masyarakat. Cyberlaw sebagai konsekuensi cyber-crime. Cyber dalam DKV? cybercommunity - joice c.siagian