Oleh Munawar Asikin.  Sebagai alat masukan ControlSource  Sebagai alat eksekusi Click()  Sebagai alat informasi/visual/keluaran.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Visual I Pendahuluan Presented by : Herianto.
Advertisements

Putu Darmawan,S.Kom,MM Bahasa Pemrograman 1 1 OBJECT FORM OBJECT FORM MEMILIKI BEBERAPA PROPERTI / ATRIBUT. YANG AKAN DIBAHAS ADALAH ATRIBUT-ATRIBUT PENTING.
BORLAND DELPHI 1. Pengenalan Borland Delphi merupakan program aplikasi database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Delphi juga memberikan fasilitas.
BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL FOXPRO: debugger visual foxpro
Image, Animasi dan Multimedia di Delphi
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Team Pemrograman I AMIK MBP
MENGETIK DOKUMEN SEDERHANA
Penggunaan Struktur Kontrol IF
Pemrograman Visual Basic Rahmad Taufiq W., S.Kom, MM
Pemrograman Visual Basic 6.0
GUI Design Event-Driven Programming Basic Windows Controls
Makro.
PEMROGRAMAN BEORIENTASI OBJEK
Panduan praktis belajar VISUAL BASIC 6.0 Oleh Team AMIK MBP Medan AMIK MBP 2007.
MENGGUNAKAN MASK EDIT, KOMPONEN TIMER
Menu.
PERTEMUAN II CONTROLS DAN SINTAK DASAR
Object Form, Label, Textbox, & Command Button
BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL FOXPRO: INDEX, SEARCHING, OBJECT FORM, MULTITABLE DAN MEMBUAT LAPORAN Oleh Munawar Asikin.
Object Form, Label, Textbox, & Command Button
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
PEMOGRAMAN 1 Pertemuan 2. TOOLBOX Toolbox adalah sebuah “kotak peranti” yang mengandung semua objek atau kontrol yang dibutuhkan untuk membentuk suatu.
Elemen Dasar pada Windows Form Pemrograman Visual I 4 sks Renni Angreni, M.Kom. This Slide from Herianto.
Presented by : Arfansyah, M.Kom
1 Pertemuan 06 Control Object Matakuliah: T0063/Pemrograman Visual Tahun: 2005 Versi: 1/0.
BY : DEWI PEMBUATAN MACRO. Pendahuluan Makro merupakan satu atau kumpulan tindakan yang dapat dipakai untuk melaksanakan tugas-tugas yang sering dilakukan,
LABEL Sesuai dengan namanya, object yang biasanya menampilkan teks tertentu seperti: judul,keterangan, dan Iain-Iain. Label tidak memiliki data source,
1 Pertemuan 03 Form Matakuliah: T0063/Pemrograman Visual Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Kelas SI.  Review Kontrol yang Umum  Pemilihan dan Perulangan  Sub, Function dan Modul  OOP dalam Visual Basic 2008  NameSpace  Array  Menu dan.
Presented by : Herianto
Konsep dasar pemrograman visual
Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur
TOOLBOX VISUAL BASIC 6.0.
PENGENALAN PEMROGRAMAN VISUAL
FORM.
LABEL VB.NET menyebut komponen pada Form seperti tombol, Textbox dan lainnya sebagai control yang ditemukan pada class : System.Windows.Foems.Control Label.
GroupBox Control yang digunakan sebagai container bagi control lainnya Biasanya di peruntukkan untuk mengkelompokkan inputan yang berupa radio button.
MANAJEMEN BASIS DATA PERTEMUAN 9 FORMS.
BAB II KOMPONEN-KOMPONEN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0
KONTROL INTRISIK Pertemuan 7
VISUAL BASIC FOR APLICATION (VBA) EXCEL VBA
Menggunakan Form Pertemuan Ke-3.
PROPERTY, METHOD DAN EVENT
Membuat Macro.
Presented by : Herianto
PEMROGRAMAN VISUAL BASIC
MENGENAL VISUAL BASIC 6.0 Pertemuan 3
Konsep Teknologi Informasi a
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
SORTIR dan TABEL.
Membuat Table Pertemuan 3
Lia afriani Andreas Saputra
Bahasa Pemrograman 1 ACTIVE X DAN MDI Chapter 05 bimocahyo bimocahyo.
LAB PEMOGRAMAN III (VISUAL BASIC)
Visual Studio 2008 Merupakan perangkat lunak yang terintegrasi. Di dalamnya terdapat beberapa perangkat lunak untuk pengembang ( Programmer ), antara lain.
Program, Pemrograman, dan Bahasa Pemrograman
StatictText Control Edit Control
PERTEMUAN 1 Pemrograman VB 6.0
Menu.
control radiobutton control checkbox control frame statement quit
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
Menggunakan Form Pertemuan Ke-3.
KONSEP PEMROGRAMAN DALAM VISUAL BASIC
KONSEP PEMROGRAMAN DALAM VISUAL BASIC
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2B
Pengenalan Visual Basic
PENGENALAN VISUAL BASIC
Transcript presentasi:

Oleh Munawar Asikin

 Sebagai alat masukan ControlSource  Sebagai alat eksekusi Click()  Sebagai alat informasi/visual/keluaran

 Kontrol Masukan Dengan Pilihan Yang Sudah Ditentukan - OptionGroup - ListBox - CheckBox  Kontrol Masukan Dengan Pilihan Yang Tidak Ditentukan - TextBox - EditBox - ComboBox  Kontrol Masukan Dengan Pilihan Dalam Rentang Tertentu - Spinner

 Kontrol Ekseskusi Dengan Tindakan Pemakai Program Sebagai Pemicu - CommandButton - CommandGroup  Kontrol Eksekusi Dengan Waktu Sebagai Pemicu - Timer

 Kontrol Visual Biasa - Label - Line - Shape - Image  Kontrol Visual Ole - OLEBoundControl - OLEContainerControl

 Option Group adalah kontainer yang mengandung sejumlah tombol pilihan (opsi).  Kontrol Option Group dapat di ciptakan dengan mengklik toolbar ● pada kotak dialog Form Control dan kemudian mengklik pada form ke mana kontrol akan ditambahkan  Saat kita menciptakan kontrol OptionGroup, dua tombol opsi dicitakan secara otomatis oleh Visual Foxpro.

 Menset Properti tombol dengan menggunakan properti koleksi – Buttons kontrol OptionGroup dilengkapi dengan nomor indeks tombol.  Container.SetAll(cProperty, Value [,cClass] - cProperty menyatakan nama properti yang diset - Value menyatakan nilai properti baru - cClass menyatakan nama kelas objek yan propertinya diset  Semua kontrol Visual Foxpro yang dapat dipilih, dapat berada dalam dua status: - Berstatus enabled - Berstatus disabled

 Tombol Akselerator adalah tombol papan ketik yang mengizinkan pemakai program untuk memilih tombol dari sembarang tempat dalam form - Sisipkan tansa \< di depan salah satu huruf pada Caption yang kita ingin jadikan tombol akselerator  Teks Tips adalah teks yang ditampilkan saat mouse menset teks tips. - Set properti ToolTipText kontrol dengan teks yang di inginkan. - Set properti ShowTips form dengban nilai.T.

 Menciptakan Kotak List AddObject()  Mengisi Kotak List AddItem()  Menciptakan Kotak List Multikolom Object.AddListItem(cItem, nRow, nCol)

 Menciptakan Kotak Cek AddObject()  Menciptakan Kotak Teks AddObject()  Menciptakan Kotak Edit AddObject()  Menciptakan Kotak Edit AddObject()

 Menciptakan Spinner AddObject()  Menciptakan Objek Grid AddObject()  Menciptakan Kotak Edit AddObject()  Menciptakan Kotak Edit AddObject()

 TERIMA KASIH 