Graphic User Interface GUI Graphic User Interface
PENGERTIAN GUI Interface berfungsi sebagai sarana bantu agar user dapat berinteraksi dengan program GUI (Graphic User Interface ) Interface yang digunakan dalam bentuk grafik
Istilah Penting pada GUI Container Komponen GUI Event Dialog Layout Menu
Istilah Penting pada GUI Container Wadah untuk meletakkan komponen- komponen GUI. Komponen GUI Button, text edit, radio button , dll Menu Bar Frame Content pane
Komponen GUI Komponen GUI mewarisi kelas JComponent, antara lain: Tombol: JButton, JCheckBox, JRadioButton, JMenuItem Combo box: JCombobox List: JList Menu: JMenu, J MenuItem Label: JLabel Text Field:JTextField Tabel : JTabel
lanjutan Event : Sinyal yang dibangkitkan untuk merespon aksi dari user. Contoh: aksi dari klik mouse/ keyboard Aksi tsb akan ditangani oleh Event Handler Dialog Sebuah Window kecil untuk menampilkan info sederhana pad user
lanjutan Layout Sebuah window utama dapat terdiri dari beberapa komponen yang dapat disesuaikan dengan layout Menu Adalah sekumpulan perintah yang dapat dipilih user untuk menjalankan perintah tertentu. Menu dibuat untuk memudahkan user mengetahui fasilitas yang tersedia pada suatu program.
API untuk Swing API pada java untuk membuat GUI: Swing Sintaks: javax.swing.*. Sebelumnya ada juga AWT (Abstract Windows Toolkit) Kelas yang disediakan oleh swing, memiliki penamaan khusu yaitu setiap kelas diawali dengan huruf J, misal: Jbutton (Komponen Tombol), JFrame(Untuk membuat window utama)
Window Utama Contoh pembuatan Window utama: //import java.awt.*; //import java.awt.event.*; import javax.swing.*; public class Mycontainer{ public static void main (String[] args) { /* mengeset dekorasi windows */ //mengeset dekorasi windows (theme) //jika ditutp akan tampil seperti default JFrame.setDefaultLookAndFeelDecorated(true); //Parameter Title utk mengeset label container JFrame container = new JFrame("Window Utama"); //menentukan operasi yang dilakukan saat window utama di-close container.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); container.setSize(300,100);//untuk menentukan ukuran windows container.setLocation(200,200);//menentukan posisi window utama thd layar container.setVisible(true);// Untuk mengeset Visibility window utama }
Eksekusi Program
Contoh program aplikasi Button sederhana dengan handlernya dari kelas Inner import java.awt.*; import java.awt.event.*; import javax.swing.*; public class DemoJButtonInner extends JFrame { private JButton btn; public DemoJButtonInner (){ super("Demo JButton Inner Class"); Container c = getContentPane(); c.setLayout(new FlowLayout()); btn = new JButton("Button"); c.add(btn); // membuat event handler ButtonHandler handler = new ButtonHandler(); btn.addActionListener(handler); setSize(275, 100); show(); }
public static void main(String args[]) { DemoJButtonInner app = new DemoJButtonInner(); app.addWindowListener(new WindowAdapter() { public void windowClosing(WindowEvent we) { System.exit(0); } }); // kelas Inner untuk Event Handling pada button private class ButtonHandler implements ActionListener { public void actionPerformed(ActionEvent ae) { JOptionPane.showMessageDialog(null, "anda telah menekan" +ae.getActionCommand()+"\n" +"Handler button ini pakai kelas Inner");
Output Tampilan awal Tampilan setelah di klik “button”