NOR HIDAYAH, 2150405012 CITRA DIRI WANITA CINA DALAM NOVEL PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DEVI DWI ASTITI, Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata.
Advertisements

SUWARSIH, Kriminalitas dalam Novel Kembang Kantil Karya Senggono.
DIDIK AGUNAWAN, Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat dengan Teknik Skimming dan Scanning pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Rembang Tahun.
HERI ROHMADANI, Heroisme Dalam Serat Menak Dewi Soja.
GALIH WICAKSONO, Tindak Tutur Ekspresif pada Rubrik Gambang Suling di Majalah Jaya Baya.
SITI ROKHANA, Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud pada Cerpen HANA Karya Akutagawa Ryunosuke.
SUWASTI RATRI ENI LESTARI, Semiotik Syair Lagu Karya Sujiwo Tejo Album Pada Suatu Ketika.
ZULNITA MUSFIANI, Intertekstual Wayang Gombal dalam Majalah Jaya Baya.
BEKTI LIYA SARI, NOVEL 5 CM KARYA DONNY DHIRAGANTORO SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA.
WAHYU HANDAYANI, Serat Warawurcita dalam Kajian Struktural.
DHENY PURWINARTI, Citra Perempuan Jawa dalam Novel Sanja Sangu Trebela Karya Peni.
Identitas Mahasiswa - NAMA : DESI ARIYANTI - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa.
FARIHATUL AROFAH, KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI BERDASARKAN PENGALAMAN DENGAN PERLAKUAN TEKNIK CLUSTERING (PENGELOMPOKAN.
PUJIANIK, Novel Panglipur Wuyung Asmara Ing Bandjir Lusi Karya JA. Setia Kajian Stilistika.
M U K S A N, Efektifitas Pengelolaan Arsip Di Kantor Kecamatan Gunungpati, Semarang.
MUHAMMAD HERU WIBAWA, WATAK DAN PERILAKU TOKOH UTAMA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA.
ANDIKA RAKA DIANJAYA, Skizofrenia sebagai Fenomena Psikologis dalam Cerpen Le Horla Karya Guy de Maupassant.
HENDI ANGGORO, Stuktur Mantra Primbon Ajimantrawara.
WAHIDAH NURHIDAYAH AMALATUN, Citra Perempuan Dalam Novel Anteping Tekad Karya AG Suharti.
TRIMIATI, Puitika Widodo Basuki Dalam Kumpulan Geguritan Layang Saka Paran.
YENNY NOOR AFIFA, KONFLIK BUDAYA TOKOH LELAKI DALAM NOVEL TIBA-TIBA MALAM KARYA PUTU WIJAYA.
SAINAH, Tokoh dan Fungsi Punakawan dalam Pertunjukan Wayang Orang Ngesti Pandawa di Semarang.
JOKO WURYANTO, Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa.
DWI TARYANTO, Genetika Gurit Banyumasan Nonton Ronggeng Karya Warto Tirta.
WAHYU HASTHO SUSILO, PILIHAN BAHASA DALAM IKLAN TELEVISI.
SHOFIYATUN, KONFLIK PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL TUHAN, IZINKAN AKU MENJADI PELACUR KARYA MUHIDIN M. DAHLAN.
FITRIA KUSUMA ASTUTI, Hegemoni Bendoro Jawa terhadap Perempuan dalam Novel Gadis Pantai Karya Pramoedya Ananta Toer.
CHARISAH MILATILLAH, Watak Tokoh-tokoh dalam Kumpulan Crita Cekak Ajur Karya Akhir Lusono.
NOVIA FITRIANI, Kepahlawan Dalam Serat Pedhalangan Arjuna Wiwaha.
ENIK MURDIESTI, PENYIMPANGAN PERILAKU ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KUMPULAN CERPEN CERITA PENDEK TENTANG CERITA CINTA PENDEK KARYA DJENAR MAESA.
FRANSISCUS XAVERIUS HARDANTO, Penokohan dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya N.H. Dini dan Kemungkinannya sebagai Bahn Ajar di SMA/ MA.
B.WIDIA HAYU SAMAPTA, Novel Ombak Sandyakalaning dalam Kajian A.J. Greimas.
DIDIK KUSUMA SAPUTRA, Fakta Cerita dan Tema Novel Purasani Karya Yasawidagda.
SUDIHARTI, Nilai Religius dalam Kumpulan Cerpen Derai-Derai Kamboja Karya Kusmawanti sebagai Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
FINNA DWI ESTIANINGRUM, Cerita Rakyat Ki Sondong Majeruk dan Ki Sondong Makerti Dalam Perspektif Greimas.
HENI PURWATI, Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono.
AULIA AHMAD RITAUDDINZ, SUDUT PANDANG DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA.
UMI UZLIFAH, Interpretasi Wacana Iklan Berbahasa Jawa Pada Radio Di Kota Purbalingga.
INTI ARI, Distribusi Ranah Kognitif dalam Langkah-langkah Pembelajaran pada RPP Bahasa Jawa VII di SMP Islam Ngadirejo Kabupaten Temanggung.
ASTUTIK, Kesesuaian Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Indikator (RPP) Pada Aspek Membaca Huruf Jawa Kelas VIII SMP Negeri Se- Kecamatan Batang.
NAUFAL ALIN, Perempuan Dalam Novel Dawet Aju Karya Widi Widajat.
NOVITA LAELLY, Sinden Dalam Cerbung Tembang Katresnan Karya Atas S. Danusubroto.
BEJO SETYO SLAMET, Jenis-Jenis Repetisi Pada Novel Kunarpa Tan Bisa Kandha Karya Suparto Brata.
HARUM MEINA WIDIYARINI, PENGARUH BAHASA IBU DALAM PEMAHAMAN CERPEN BERBAHASA JAWA DAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP 40 SEMARANG.
URIP PRIYATUN, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PENGUMUMAN DENGAN METODE THINK PAIR AND SHARE MELALUI PEMANFAATAN MEDIA MASSA CETAK PADA.
BAGUS PRASETYO ADILUHUNG, Sirwenda Danurwenda Dalam Kajian Strukturalisme Greimas.
INDRI JATININGTYAS, Kesesuaian Evaluasi Dengan Indikator dalam RPP pada Aspek Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMK N 1 Sale Tahun Ajaran.
SRI WAHYUNI, Motif Perubahan Perilaku Tokoh Utama dalam Novel Sumi (Jejak Cinta Perempuan Gila) Karya Maria Bo Niok.
DEWI MAFTUCHAH, Alur Novel Emprit Ambuntut Bedhug Karya Suparto Brata.
DEDDY DWI WIJAYA, Struktur Cerita Misteri Alaming Lelembut pada Majalah Jawa Panjebar Semangat Tahun 2010.
ENDANG MURDININGSIH, NALURI DAN REAKSI TOKOH UTAMA PADA NOVEL MUKJIZAT CINTA KARYA MOHAMMAD MASYKUR A.R.SAID.
ODA SHYANTICA HANINGTYAS, DEIKSIS DALAMROMANVENDREDI OU LAVIE SAUVAGE KARYA MICHEL TOURNIER.
DINA NURMALISA, Citra Wanita dalam Novel Jala Karya Titis Basino
MUNPAKIROH, FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL DAN NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA.
VITA IKA SARI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT 200 KPM DENGAN STRATEGI MEMBACA FLEKSIBEL DAN TEKNIK KECEPATAN MEMBACA MINIMUM PADA SISWA.
KRISTINA TITIS PUJI WHIRANTI, Perbedaan Penggunaan Partikel WA dan GA dalam Buku Cerita Monstaa Hoteru de Natsuyasumi.
TITAH FURI HADIYANTI, Analisis Tindak Kekerasan dalam Dongeng Le Petit Poucet Karya Charles Perault.
Identitas Mahasiswa - NAMA : RANIN AGUNG KURNIAWAN - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS :
AMNAH FALESTINA, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Sugesti- Imajinasi Media Lagu Siswa Kelas X MA Salafiyah Karang Tengah.
YUNITA ENDARWATI, Struktur Crita Cekak (Cerkak) Majalah ''Jaya Baya'' pada Tahun 90-an.
DIAN WARSITANINGRUM, Pembelajaran Menggambar di TK
NOVIA DWI TRANWATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ANGKA SISWA KELAS X SMA DIAN KARTIKA.
INSAN PERAN ARINTANG, Manajemen Produksi Kelompok Musik Radikal Corps di Semarang: Kajian Karya Musiknya.
ASTERIA MURBANDARI, Novel Luruh Kuncup sebelum Berbunga Karya Mira W dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
Identitas Mahasiswa - NAMA : ANTON SETYO WIBOWO - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa.
ZULFAH MUYASSAROH, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI.
RATNA HIDAYAH, PENERAPAN MODEL SINEKTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X.4 SMA NEGERI 1 PORWONEGORO KABUPATEN BANJARNEGARA.
DENGAN METODE PAKEM PADA SISWA SD SUWADUK 01 TAHUN AJARAN 2006/2007
WIDOWATI, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK SECARA LANGSUNG PADA SISWA KELAS X MA AL ASROR GUNUNGPATI SEMARANG.
SITI FATIMAH, RELASI GAMBAR ILUSTRASI DENGAN TEKS PUISI DALAM KUMPULAN PUISI AIR KATA KATA KARYA SINDHUNATA.
Transcript presentasi:

NOR HIDAYAH, CITRA DIRI WANITA CINA DALAM NOVEL PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA

Identitas Mahasiswa - NAMA : NOR HIDAYAH - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - newnunk pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dr. Teguh Supriyanto,M.Hum - PEMBIMBING 2 : Drs.S.Suharianto - TGL UJIAN :

Judul CITRA DIRI WANITA CINA DALAM NOVEL PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA

Abstrak Wanita Cina di Indonesia adalah bagian dari masyarakat Indonesia yang heterogen. Wanita Cina mempunyai citra atau gambaran yang dapat dilihat dari fisik, perilaku, kejiwaan, dan tanggapan masyarakat. Dalam bermasyarakat, wanita Cina juga memiliki peran penting dalam proses pembauran, karena bagaimanapun juga dalam bermasyarakat harus bisa saling melengkapi satu dengan yang lain. Novel Putri Cina karya Sindhunata menceritakan perjuangan wanita Cina dalam mencari jati dirinya, karena dalam lingkungannya, mereka selalu diremehkan dan dianggap tidak mempunyai tanah air. Permasalahan yang akan dikaji adalah bagaimana citra wanita Cina dalam novel Putri Cina dan bagaimana peran wanita Cina dalam proses pembauran etnis yang terdapat dalam novel Putri Cina karya Sindhunata. Untuk memperoleh jawaban berupa deskripsi citra wanita Cina dalam novel Putri Cina karya Sindhunata, maka dilakukan analisis tokoh dan penokohan. Analisis tersebut dilanjutkan dengan mengklasifikasikannya berdasarkan teori citra wanita, kemudian dianalisis peran wanita Cina dalam proses pembauran etnis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, yaitu dengan membaca dan mencatat bagian-bagian teks novel Putri Cina yang memperlihatkan citra wanita Cina. Novel ini dikaji dengan menggunakan analisis struktural untuk mendeskripsikan tokoh wanita dan mengetahui citra yang dimiliki tokoh wanita dalam novel Putri Cina serta perannya dalam proses pembauran etnis. Hasil yang diperoleh adalah tokoh-tokoh wanita Cina dalam novel Putri Cina karya Sindhunata yaitu tokoh Putri Cina dan Giok Tien. Jenis-jenis citra wanita adalah citra fisik, citra perilaku, citra psikis, dan citra sosial. Citra fisik Putri Cina adalah seorang wanita Cina yang sangat cantik jelita, berperilaku baik dan lemah lembut, taat kepada ajaran agama, dan di lingkungan sosialnya Putri Cina sangat disenangi oleh para abdi dan orang terdekatnya. Sedangkan tokoh Giok Tien digambarkan sebagai seorang wanita Cina yang cantik, berperilaku baik, setia terhadap suami, dan mudah bersosialisasi dengan orang-orang pribumi. Peran Putri Cina dalam proses pembauran etnis adalah ikut menyumbangkan perubahan di tanah air, sedangkan peran Giok Tien dalam proses pembauran etnis adalah ikut mengharumkan nama kesenian Jawa, yaitu ketoprak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis memberi saran, (1) agar hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam usaha meningkatkan dan menambah pengetahuan tentang citra wanita dan karya sastra. (2) Sebagai peneliti sastra, diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan, dengan objek dan sumber data lainnya, untuk mengupas lebih detail citra wanita dalam novel-novel Indonesia.

Kata Kunci citra, wanita Cina, novel Putri Cina.

Referensi Aminuddin Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Jakarta: Sinar Baru Al Gensindo. Hariyono, P Kultur Cina dan Jawa (Pemahaman Menuju Asimilasi Kultural). Jakarta: Karya Unipress. Hastuti, Sugi Rona Bahasa dan Sastra Indonesia, Tanggapan Penutur dan Pembacanya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Jabrohim Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia Katrin, Bandel Sastra, Peerempuan dan Seks. Yogyakarta: Jalasutra. Markhamah Kajian Linguistik dan Etnik Cina. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Press. Notopuro, Hardjito Peran Wanita dalam Masa Pembangunan Indonesia. Jakarta: Ghallia Indonesia. Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Nurmalisa, Dina Citra Wanita dalam Novel Jala Karya Titis Basino. Skripsi. FBS Universitas Negeri Semarang. Peck, Jane Cary Wanita dan Keluarga. Yogyakarta: Kanisius. Ratna, Nyoman Kutha Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sindhunata Putri Cina. Jakarta: Gramedia. Soedjiman, Panuti Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya. Suharianto, S Dasar-Dasar Teori Sastra. Surakarta. Widya Duta. 67 Thang, Michael Kisah-Kisah Kebijaksanaan Cina Klasik. Jakarta: Gramedia Teew, A Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya. Wibowo,I Belajar Dari Cina. Jakarta : Kompas. Wibowo, I Harga yang Harus Dibayar Cina, Sketsa Pergaulan Etnis di Indonesia. Jakarta. Gramedia. Wibowo, I Retropeksi dan Rekontekstualisasi Masalah Cina. Jakar ta: Gramedia. Zulfahnur Pengantar Teori dan Apresiasi Sastra. Jakarta: Depdikbud.

Terima Kasih