Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 4 SKS

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh : Padeli, M.Kom Pembuatan Bahan ajar Interaktif
Advertisements

GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Oleh: Dian C. Rusliadi, S.Si KLS XI SEM I
Pemrograman Visual Isa Rosita, S.Kom Hp :
Stefani Priska Tangkuman TEKNIK INFORMATIKA STMIK PARNA RAYA MANADO
PERTEMUAN – 2 KULIAH SISTEM OPERASI PENGANTAR SISTEM OPERASI
Mata Kuliah: System Operasi SKS : 3 SKS Website :
SISTEM OPERASI OLEH : SAATUL IHSAN.
Sistem Operasi Pendahuluan
SISTEM OPERASI.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Unsur-unsur Komputer Aplikasi Komputer 1.
Perbandingan dan Pemilihan Sistem Operasi
SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)
Standar Kompetensi : Menggunakan Operating System (OS) Kompetensi Dasar : Melakukan operasi dasar pada Operating System (OS) Komputer Materi : Pengertian.
Pendahuluan Tentang .Net
SISTEM OPERASI C2.15 KKM 78 TEGUH PRIYANTO,S.Pd.T DWI NURYANI, S.KOM.
BGI (Borland Grafik Interface)
SOFTWARE KOMPUTER Pertemuan ke-4.
Aplikasi Komputer.
LOGO Pengenalan dan Pemeliharaan Hardware dan Software serta Install Program DIKLAT KEWIDYAISWARAAN PEMANFAATAN DAN PEMBUATAN MEDIA BELAJAR BERBASIS TIK.
Sistem Operasi Merupakan software yang berfungsi melakukan operasi yang mengurusi tantang segala aktifitas komputer / suatu program yag bertindak sebagai.
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Pengantar Teknologi Informasi
Pengantar Aplikasi Komputer 1B** - Psikologi
EMMILIA NORHAFIFAH NAFISYATUT THOYYIBAH NURINA HIDAYATI DWI INDAH PUSPITASARI LILIK ZAINIYAH SUPARNO NAMA KELOMPOK.
1 Pertemuan 7 Sistem Pengguna Tunggal Disiapkan oleh : Indra Tjahjani, Ir, SS, MLA, MMSI, Dr D 2422 Matakuliah: R0352 / Pengantar Teknologi Informasi Tahun:
Pengantar Grafika Komputer
PENGENALAN PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
PEMROSESAN DOKUMEN FILE DOKUMEN
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Pengenalan Sistem Operasi
APA ITU SISTEM OPERASI ??? Sistem Operasi adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat.
LINUX Berikut merupakan daftar distribusi linux yang popular
KONSEP & SEJARAH SISTEM OPERASI
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Part 1 PENGENALAN GRAFIKA.
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
PERANGKAT LUNAK APLIKASI
Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar
Aplikasi Teknologi Informasi 1
4 SOFTWARE KOMPUTER CHAPTER
VB.NET Berbasis pada Visual-basic
Presentasi system operasi Nama:ahmad zia&ahmad faisal
Aplikasi Komputer.
Install Sistem Operasi Linux - UBuntu
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
KOMPUTER DALAM KEGIATAN PENGEMBANGAN AUD
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
SOFTWARE DAN BRAINWARE
PENGENALAN KONSEP DASAR KOMPUTER BERUPA HARDWARE (PERANGKAT KERAS ) DAN SOFTWARE ( PERANGKAT LUNAK ) NABILLA AGUSHINTA.
Pertemuan 1 PENDAHULUAN.
KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR
Perangkat Lunak (Software)
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Apakah sebenarnya komputer itu?
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Perkembangan Sistem Operasi Closed Source
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
OS (Operating System).
SOFTWARE ( PERANGKAT LUNAK)
SISTEM OPERASI Jimmi H.P. Sitorus, S.Kom.
MACAM – MACAM SISTEM OPERASI
Aplikasi Komputer.
Aplikasi Komputer Dr. Mesterjon, S.Kom, M.Kom.
SISTEM OPERASI & MANAGEMENT FILE
INSTALASI DRIVER DAN APLIKASI
Transcript presentasi:

Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 4 SKS Dosen : Ibnu Sani Wijaya, S.Kom Yayasan Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Dinamika Bangsa JAMBI

MATERI KULIAH Part.5 OpenGL, API ( Aplication Program Interface ), DirectX, GUI ( Graphic User Interface )

OpenGL OpenGL adalah API yang dikenalkan oleh SGI (Silicon Graphics Inc) kali pertama pada tahun 1980-an. Awalnya OpenGL diciptakan untuk mendukung proses rendering pada hanya digunakan untuk mendukung proses redering yang dilakukan oleh komputer graphic produksi SGI. Namun akhirnya, OpenGL dijadikan standar oleh berbagai perusahaan software dan hardware Selain itu, satu lagi yang menjadi kelebihan OpenGL adalah fleksibilitas. OpenGL dapat digunakan hampir pada semua operating system, mulai dari Windows, Linux, sampai Mac OS X. Salah satu contoh Game 3D yang menggunakan OpenGL sebagai API adalah Quake.

API (Aplication Program Interface) API singkatan dari Application Program Interface. API adalah interface yang digunakan oleh aplikasi-aplikasi 3D (tiga dimensi). Seperti contohnya game 3D atau aplikasi lain yang memberikan tampilan 3D. Untuk saat ini, ada dua macam API yang sangat umum digunakan yaitu OpenGL dan DirectX . Selain keduanya masih ada dua API lagi, yaitu Glide dari Voodoo dan Redline. Namun kedua yang terakhir ini sudah sangat jarang muncul

DirectX Berbeda dengan OpenGL yang hanya digunakan sebagai interface graphics saja. DirectX merupakan sebuah paket terdiri dari Direct3D, Direct-Sound dan DirectPlay. Direct3D adalah API untuk graphic, Direct-Sound untuk suara dan DirectPlay untuk jaringan. DirectX dikembangkan oleh Microsoft. Saat ini keberadaan DirectX sudah sangat luas. Namun saat ini DirectX lebih diperuntukkan pada aplikasi Windows saja. hal inilah yang sampai saat ini banyak disayangkan oleh para programer graphic. Selain itu, yang menjadi kelemahan bagi DirectX adalah Anda tidak selalu mendapatkan versi terbaru dari DirectX setiap Anda menginstal driver terbaru video card Anda. Untuk meng-update DirectX terbaru Anda harus menginstalnya secara tersendiri. Untungnya DirectX ini disediakan secara cuma-cuma oleh Microsoft pada situsnya, yaitu di http://www.microsoft.com/directx .

Contoh Direct X

GUI (Graphic User Interface ) GUI merupakan tampilan grafis yang memudahkan user berinteraksi dengan perintah teks.