ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENDAHULUAN KONSEP ALGORITMA DAN DIAGRAM ALIR (FLOWCHART)
Advertisements

Algoritma dan Pemrograman
Pengertian Algoritma dan Flowchart
ALGORITMA & PEMROGRAMAN Abdul Kudus, SSi., MSi., PhD. 1) 2) blog: abdulkudus.staff.unisba.ac.id.
TEORI ALGORITMA.
ALGORITMA.
Algoritma dan Flowchart
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Pengertian Algoritma Sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses, dimana algoritma disusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis.
ALGORITMA DEFINISI & FLOWCHART
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Algoritma dan Struktur Data
Flowchart dan Pseudocode
Notasi Algoritma.
ALGORITMA PSEUDOCODE Pertemuan Ke-2 Meilia Nur Indah Susanti, ST.,MKom
Pengantar Algoritma dan pemograman
Bab 2 – b PERINTAH 2 B Percabangan. PERCABANGAN Tidak setiap baris program akan dikerjakan Hanya yang memenuhi syarat (kondisi) Syarat terdiri dari operand-operand,
Algoritma dan Flowchart
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
PERTEMUAN 2 PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA.
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Mahasiswa diharapkan dapat:
Analisis dan desain Algoritma (PG157)
ALGORITMA & PEMROGRAMAN I-A
PERTEMUAN 1 Algoritma & Pemrograman
Flowchart (Diagram Alur)
Dasar-dasar Algoritma Dan Representasi Algoritma
BAHASA PEMROGRAMAN / PEMROGRAMAN KOMPUTER Bab 1 PENDAHULUAN
Algoritma.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Pengantar
Algoritma merupakan pondasi yang harus dikuasai mahasiswa yang ingin menyelesaikan masalah secara terstruktur, efektif, dan efisien, khususnya untuk.
MODUL 3 PSEUDOCODE.
Start.
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Ucu Nugraha, ST. Algoritma.
Pengertian Algoritma dan Flowchart
penyusunan algoritma (flowchart)
Flowchart.
Menuliskan Algoritma Algoritma dapat dituliskan dengan berbagai cara:
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
ALGORITMA Anifuddin Azis.
Struktur Algoritma Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria.
Algoritma.
Pseudo-code.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Pengantar
Algoritma Percabangan
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti.
OLEH : Vianney.mtb SMA SANTO PAULUS PONTIANAK
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
DASAR-DASAR ALGORITMA dan FLOW CHART
Pertemuan ke-2 KONSEP ALGORITMA
Algoritma dan Struktur Data
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
TEORI ALGORITMA.
LOGIKA & ALGORITMA KONSEP ALGORITMA & FLOWCHART M. Febriansyah, ST., MT.
Algoritma dan Pemrograman Kuliah ke 2
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Flowchart (Diagram Alur)
YULI ASTUTI, S.KOM.  Algoritma yaitu urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan sebuah masalah yang disusun dengan sistematis.  Program yaitu.
PEMROGRAMAN DASAR 3.1 & 4.1 KONSEP, STRUKTUR, PENULISAN ALGORITMA DHARU WIHARTASIH, S.PD SMK PALAPA SEMARANG.
ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN YULI ASTUTI, M.KOM

Definisi Algoritma yaitu urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan sebuah masalah yang disusun dengan sistematis. Program yaitu kumpulan instruksi/perintah komputer dengan bahasa tertentu yang berfungsi menghubungan user dengan komputer. Atau bisa juga disebut implementasi dari bahasa pemrograman

Kriteria Setiap langkah/step harus jelas dan pasti Boleh tidak ada inputan tetapi harus memiliki output minimal 1 output, output ini merupakan solusi akhir dari penyelesaian masalah Efektif/tepat guna dan efisien/membutuhkan waktu singkat dan memori sedikit Jumlah langkah/step harus ada batasannya, baik ada solusi ataupun tidak Terstruktur/runtun, jelas (ipo)

Langkah-langkah dalam membuat program Mendefinisaikan masalah Menentukan solusi Memilih algoritma Menulis program Menguji program Menulis dokumentasi Merawat program

Penulisan algoritma Kalimat Deskriptif Flow Chart (bagan alir) Pseudo Code (kode semu)

Kalimat deskriptif Menggunakan untaian kalimat untuk menjelaskan langkah – langkah Contoh PROGRAM GanjilGenap Diberikan sebuah bilangan bulat positif X untuk dicek apakah termasuk ganjil atau genap ALGORITMA Jika X habis dibagi 2 maka tulis “Genap”, jika tidak maka tulis “Ganjil”

Flowchart Menggunakan simbol – simbol untuk menggambarkan aliran atau langkah – langkah Contoh mulai baca X X mod 2 = 0 selesai Tulis “Genap Tulis “Ganjil” tidak ya

Pseudocode Menggunakan kode – kode untuk menyatakan langkah – langkah Mirip bahasa pemrograman Contoh DEKLARASI X : integer ALGORITMA read(X) if X mod 2 = 0 then {apakah X habis dibagi 2} write(“Genap”) {jika ya} else write(“Ganjil) {jika tidak}

Lambang-lambang flowchart KETERANGAN SIMBOL Mulai / Selesai (Terminator) Aliran Data Input / Output Proses Percabangan (Decision) Pemberian nilai awal suatu variabel (Preparation) Memangggil prosedur / fungsi (Call)

Connector (di halaman yang sama) Connector (di halaman lain) Sequence process Perulangan

CONTOH : - Kasus : menghitung luas segitiga - Algoritma : § Masukkan alas (a) § Masukkan tinggi (t) § Hitung luas (L), yaitu 0.5 * alas * tinggi § Cetak luas (L)

Beda antara algoritma dan pseudo-code untuk kasus mencari luas persegi panjang : Masukkan panjang Input panjang Masukkan lebar Input lebar Nilai luas adalah panjang x lebar Luas  panjang x lebar Tampilkan luas Print luas

Contoh lain: Algoritma Pseudo-code Jika sudah selesai, cetak invoice IF KONDISI_SELESAI = “DONE” THEN PRINT INVOICE Nilai A dibagi dengan 2 A ← A / 2 Jika nilai A lebih besar dari 2 maka nilai A dikalikan 3 IF A > 2 THEN A ← A x 3 Dari dua bilangan A dan B, cari bilangan yang terbesar IF A > B THEN PRINT A ELSE PRINT B Masukkan semua mata kuliah yang ingin diambil pada semester ini DARI MATKUL = 0 SAMPAI MATKUL <= MATKUL_DIINGINKAN, MASUKAN DATA MATKUL

Sebenarnya tidak ada aturan mengikat tentang penulisan algoritma dan pseudo-code, karena fungsi kedua hal ini adalah untuk memudahkan seseorang untuk menggambarkan urutan suatu kejadian. Sedangkan untuk para programmer, kedua hal ini berfungsi sebagai dasar alur pembuatan program. Di mana dapat merepresentasikan alur cerita dari client tentang kebutuhan dasar dari sebuah program, sehingga lebih mudah untuk dipahami. Jadi pseudo-code bisa dikatakan juga sebagai algortima yang sudah sedikit digabungkan dengan bahasa pemrograman yang akan digunakan.

Contoh Terdapat 2 buah ember A dan B masing – masing memiliki isi yang berbeda. Tuliskan algoritma untuk menukarkan isi masing – masing ember tersebut.

Jawaban ALGORITMA untuk menukar air dari ember A ke ember B,dibutuhkan satu ember kosong yaitu C. air yang ada di ember A kita pindah dahulu ke ember C. sekarang ember A kosong, kemudian isi yang ada di ember B kita pindah ke ember A. sekarang ember A terisi dan ember B kosong. kemudian isi yang ada di ember C kita pindah ke ember B. sehingga ember A dan B sudah terisi dan tertukar sedang ember C menjadi kosong.

FLOWCHART mulai baca A,B,C C = A A = B B = C Tampilkan A,B selesai

Pseudo code DEKLARASI A,B,C : integer ALGORITMA A = 2 B = 5 C A isi di variabel A sudah pindah ke variabel C A B isi yang ada di variabel B sudah pindah ke variabel A B C isi yang ada di variabel C sudah pindah ke variabel B sehingga A 5 B 2