WAYANG KULIT maulfisr.lecture.ub.ac.id.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DASAR-DASAR SENI BUDAYA. Adaptif Pengertian Kebudayaan dan Seni.
Advertisements

Ka Dinas Dikpora DIY DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA
TEATER RAKYAT INDONESIA
KARAKTERISTIK PROSA ANGKATAN bP
Berbagai Bentuk Seni Bangunan dan Seni Ukir Zaman Islam
WAYANG DALAM PENDIDIKAN FORMAL
Apresiasi Wayang Orang
Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis musik
KARAKTERISTIK BIK.
B. MAKNA DAN PERANAN TEATER DALAM KONTEKS BUDAYA DAERAH.
OKTI ROSIANA, Struktur Dramatik Wayang Dalam Lakon Gathotkaca Wisuda oleh Ki Mantep Soedarsono.
maulfisr.lecture.ub.ac.id Apresiasi Budaya Jawa maulfisr.lecture.ub.ac.id.
Wayang Golek Kebudayaan Asli Indonesia
Akulturasi kebudayaan Nusantara dengan kebudayaan Hindu Budha
JOKO WURYANTO, Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa.
DIAN PURBARINI, Keanekaragaman Bentuk Panakawan Wayang Kulit Purwa.
NOVIA FITRIANI, Kepahlawan Dalam Serat Pedhalangan Arjuna Wiwaha.
Menjelaskan Kronologi dan Sinkronik
Seni Musik Daerah Jawa Barat.
APRESIASI KARYA SENI TEATER
IKA KUSUMA WARDANI, Makna Simbol Semar dan Gareng pada Dawet Ayu Banjarnegara.
Menanggapi Informasi dari Rubrik
SENI RUPA TIMUR SENI – SENI ASIA TENGGARA Pertemuan 13
AKULTURASI BUDAYA LOKAL,HINDU-BUDDHA DAN ISLAM
Islamisasi dan silang budaya di Nusantara
PERKEMBANGAN ISLAM TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA.
UNSUR-UNSUR PROSA FIKSI
Jangan Sepelekan Rasa Haus
sejarah masuknya islam di nusantara
Ragam Kesenian Tradisional JOGJA
Kalimat Efektif.
Periode Pra Modern Bagian I Oleh rudi irawanto SLIDE 4.
Cerita & Figur Panji Cerita Panji adalah harta karun terpendam yang dimiliki Jawa Timur. Lahir di Kediri, berkembang sejak zaman Majapahit, kemudian menyebar.
KOMPETENSI DASAR Tinjauan Seni Tradisi dan Seni Modern
Kerajaan hindu Budha di Indonesia
YUNANI KLASIK Kelompok 1.
Desain Komunikasi Visual UDINUS
Angklung Adalah Warisan Dunia
PINTU MASUK DAN SALURAN PENYEBARAN AGAMA ISLAM
Peradaban Yunani Klasik
KEBUDAYAAN DAN AGAMA Clifford Gerrtz SLIDE 4.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
SEJARAH PERADABAN ISLAM 2
MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA REGINA PACIS SURAKARTA
MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS
Analisis Eksistensi Wayang Sebagai Identitas Nasional
Menanggapi pementasan drama
BAB III TRADISI MASA PRA-AKSARA DAN AKSARA MASYARAKAT INDONESIA
Tari Golek Manak Warisan Seni dan Budaya Yogyakarta
KERAJAAN HINDU-BUDHA DAN ISLAM
SIMBOL – SIMBOL.
Nama : Luqman Tri N No : 15 Kelas :XII.Ips6
Proses Masuknya Pengaruh Hindu-Budha ke Indonesia.
Saya dan kelompok saya akan menceritakan tentang sunan ampel.
MEDIA 3 DIMENSI #.
Pemerintahan dan Budaya Masa Dinasti Abbasiyah
LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA
Pendidikan bukan memasung kreatifitas, tetapi pemacu kreatifitas.
TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU-BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA
Summative Assessment Unit 3
TINJAUAN DESKOMVIS TOPIK 5 MODEL TINJAUAN ESTETIKA FILOSOFI DARI RENAISANCE, PENCERAHAN, MODERN DAN POST MODERN TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN.
Form Follow Meaning.
Dasar Perlengkapan Pementasan
Interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Budha
Sejarah Peminatan Kelas 11 Sejarah Peminatan Kelas 11 Kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa Hindu dan Buddha dalam sistem pemerintahan, sosial,
Matakuliah : U0072|Sejarah Seni Rupa Barat Tahun : 2005 Versi : 1
Peradaban Awal terbentuknya Manusia. Kompetensi Inti K1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya K.2 Menghayati dan mengamalkan perilaku.
SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA SK/ KD Materi.
Seni Tari Seni Budaya Afdian Wijaya, S.Pd
Seni Rupa Seni Budaya Imam Agus Saputra
Transcript presentasi:

WAYANG KULIT maulfisr.lecture.ub.ac.id

Sejarah Wayang Kulit Ada dua pendapat tentang asal-usul wayang: Wayang lahir dan berasal dari Jawa Pendapat ini dikeluarkan oleh beberapa peneliti Barat dan peneliti Indonesia, antara lain Hazeau, Brandes, Kats, Rentse, dan Kruyt Wayang berasal dari India Mereka antara lain adalah Pischel, Hidding, Krom, Poensen, Goslings, dan Rassers.

Sejak tahun 1950-an, menurut penelitian para ahli sejarah kebudayaan, budaya wayang merupakan budaya asli Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Keberadaan wayang sudah berabad-abad sebelum agama Hindu masuk ke Pulau Jawa. Budaya wayang diperkirakan sudah lahir di Indo­ nesia setidaknya pada zaman pemerintahan Prabu Airlangga, raja Kahuripan (976 -1012).

Jenis-Jenis Wayang Wayang Kulit Wayang kulit purwa terbuat dari bahan kulit kerbau yang ditatah dan diberi warna sesuai dengan kaidah pulasan wayang pedalangan. Wayang Golek Wayang terbuat dari kayu terutama kayu mahoni dan diberikan baju sesuai dengan karakter pewayangan. Wayang Beber Wayang Beber adalah seni wayang yang muncul dan berkembang di Jawa pada masa pra Islam dan masih berkembang di daerah daerah tertentu di Pulau Jawa. Dinamakan wayang beber karena berupa lembaran lembaran (beberan) yang dibentuk menjadi tokoh tokoh dalam cerita wayang

Wayang Wong atau Wayang Orang Wayang orang disebut juga dengan istilah wayang wong (bahasa Jawa) adalah wayang yang dimainkan dengan menggunakan orang sebagai tokoh dalam cerita wayang tersebut Wayang Suluh Wayang Suluh adalah wayang yang terbuat dari kulit dan berbentuk manusia biasa, dengan tokoh wayang keseharian, misalnya P Lurah, P Haji, Ibu Guru, Bapak Guru, petani, saudagar, anak sekolah, mahasiswa dan lainya. Wayang Suket Wayang suket merupakan bentuk tiruan dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput (bahasa Jawa: suket). Wayang suket biasanya dibuat sebagai alat permainan atau penyampaian cerita perwayangan pada anak-anak di desa-desa Jawa.

Nilai Filosofi dalam Wayang Gunungan Blumbangan Di balik  gunungan Blumbangan ini dapat kita lihat sunggingan yang menggambarkan api sedang menyala. Ini merupakan candrasengkalan yang berbunyi “geni dadi sucining jagad” yang mempunyai arti 3441 dan apabila dibalik menjadi 1443 tahun Saka. Gunungan Gapuran Gunugnan Gapuran (Gerbang) sendiri digunakan pada masa pemerintahan Suushunan Pakubuwono 2, dengan sengkalan ” Gapura lima retuning bumi” 1659 J=1734 M.

Filosofi dalam Punakawan Ki Lurah Semar Ki Lurah Semar juga dijuluki manusia setengah dewa. Dalam perspektif spiritual, Ki Lurah Semar mewakili watak yang sederhana, tenang, rendah hati, tulus, tidak munafik, tidak pernah terlalu sedih dan tidak pernah tertawa terlalu riang Ki Lurah Semar juga dijuluki Badranaya, artinya badra adalah rembulan, naya wajah. Atau Nayantaka, naya adalah wajah, taka : pucat. Keduanya berarti menyimbolkan bahwa Semar memiliki watak rembulan Nala Gareng Nala adalah hati, Gareng (garing) berarti kering, atau gering, yang berarti menderita. Keadaan fisik Nala Gareng yang tidak sempurna ini mengingatkan bahwa manusia harus bersikap awas dan hati-hati dalam menjalani kehidupan ini karena sadar akan sifat dasar manusia yang penuh dengan kelemahan dan kekurangan.

Petruk Petruk memiliki nama alias, yakni Dawala. Dawa artinya panjang, la, artinya ala atau jelek. Karena Lurah Petruk adalah jalma tan kena kinira, biar jelek secara fisik tetapi ia sosok yang tidak bisa diduga-kira Prinsip “laku” hidup Ki Lurah Petruk adalah kebenaran, kejujuran dan kepolosan dalam menjalani kehidupan. Bagong Bagong adalah anak ketiga Ki Lurah Semar. Secara filosofi Bagong adalah bayangan Semar Istilahnya bagong diposisikan sebagai bala tengen, atau pasukan kanan, yakni berada dalam jalur kebenaran dan selalu disayang majikan dan Tuhan. 

Wayang salah satu puncak seni budaya bangsa Indonesia yang paling menonjol di antara banyak karya budaya lainnya. Budaya wayang meliputi seni peran, seni suara, seni musik, seni tutur, seni sastra, seni lukis, seni pahat, dan juga seni perlambang. Budaya wayang, yang terus berkembang dari zaman ke zaman, juga merupakan media penerangan, dakwah, pendidikan, hiburan, pemahaman filsafat, serta hiburan.