Membangun Aplikasi GUI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Event Handling di JAVA.
Pemrograman JAVA (TIB09)
BORLAND DELPHI 1. Pengenalan Borland Delphi merupakan program aplikasi database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Delphi juga memberikan fasilitas.
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
GUI in Java.
PROSEDUR 1 Prosedur Adakalanya ketika kita membuat program, ada beberapa kode program yang ditulis berulang-ulang. Hal ini tentu saja menyita waktu dan.
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Java Review Oleh: Idris Winarno.
Modul 9: antarmuka grafis (GUI) dalam window
PBO - PERTEMUAN 9- JAVA GUI.
PEMROGRAMAN BEORIENTASI OBJEK
Abstract windowing toolkit & swing
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
Mendapatkan input dari keyboard
Layout Managers and Event Handling
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Presented by : Ratri Enggar Pawening
KONSEP OOP DAN AWT [ RIO PRIANTAMA ].
Graphical User Interface (GUI)
GUI Event Handling.
GUI event handling.
Java GUI Container Pertemuan 2
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Graphical User Interface
LABEL VB.NET menyebut komponen pada Form seperti tombol, Textbox dan lainnya sebagai control yang ditemukan pada class : System.Windows.Foems.Control Label.
Pemrograman Berorientasi Obyek
JAVA GUI SWING Kelompok 4 : M.Fadli Rozak ( )
KONSEP SWING.
Graphical User Interface (GUI)
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
High Level User Interface
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
KONSEP AWT.
Java GUI PBO.
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Java User Interface (Swing)
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
GUI Event Handling.
Mendapatkan input dari keyboard
GUI AWT & SWING Alpro-2.
GUI Event Handling Alpro-2.
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
Matakuliah : M0864/Programming I
JAVA GUI (Graphical User Interface)
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pertemuan 13 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING (LANJUTAN)
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Graphical User Interface
GUI Event Handling Sussi.
PACKAGE.
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
Pemrograman Berorientasi Obyek
antarmuka grafis (GUI) dalam window
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
Pemrograman Berorientasi Obyek
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Pemrograman GUI dengan Java
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Mendapatkan input dari keyboard
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Pemrograman Berorientasi Objek
Pengenalan Visual Basic
Transcript presentasi:

Membangun Aplikasi GUI Pemrograman Berorientasi Obyek

Komponen AWT Tipe Komponen Deskripsi Button Kotak persegi panjang, digunakan untuk menerima klik mouse Canvas Suatu panel, digunakan untuk menggambar Checkbox Suatu komponen, mengijinkan user untuk memilih sebuah item CheckboxMenuItem Suatu checkbox di dalam menu Choice Pilihan item dengan pull-down Component Parent dari semua komponen AWT, kecuali komponen Menu Container Parent dari semua kontainer AWT Dialog Class dasar dari semua modal dialog-box Frame Class dasar dari semua GUI window dengan kontrol window manager

Tipe Komponen Deskripsi Label Suatu komponen text string List Suatu komponen yang berisi sekumpulan dinamik dari item Menu Suatu elemen dibawah menu bar, yang berisi sekumpulan menu item MenuItem Suatu item didalam Menu Panel Suatu class kontainer dasar, yang sering dipakai untuk membuat complex layout Scrollbar Suatu komponen yang mengijinkan user untuk memilih sekumpulan nilai ScrollPane Suatu class kontainer yang mengimplementasikan scroll horizontal & vertikal secara otomatis TextArea Suatu komponen yang mengijinkan user untuk memasuki suatu blok teks TextField Suatu komponen yang mengijinkan user memasuki 1 baris teks Window Suatu class dasar dari semua GUI window, tanpa kontrol window manager

Component Events Komponen Act Adj Cmp Cnt Foc Itm Key Mou MM Txt Win Button Canvas Checkbox CheckboxMenuItem Choice Component Container Dialog Frame Label List MenuItem Panel Scrollbar ScrollPane TextArea TextField Window Component Events

Component Events Act = ActionListener Adj = AdjusmentListener Cmp = ComponentListener Cnt = ContainerListener Foc = FocusListener Itm = ItemListener Key = KeyListener Mou = MouseListener MM = MouseMotionListener Text = TextListener Win = WindowListener

How to Create Menu Buat sebuah objek MenuBar dan set objek tsb kepada menu container (misal sebuah Frame) Buat satu atau lebih objek Menu dan tambahkan ke pada objek MenuBar Buat satu atau lebih objek MenuItem dan tambahkan ke pada objek Menu

MenuBar tidak mensupport listener Membuat Menu Bar import java.awt.*; public class CreateMenuBar { private Frame f; private MenuBar mb; public CreateMenuBar() { f=new Frame("Creating menu bar..."); mb=new MenuBar(); f.setMenuBar(mb); f.setVisible(true); } public static void main(String args[]) { CreateMenuBar guiApp = new CreateMenuBar(); MenuBar tidak mensupport listener

Membuat Menu import java.awt.*; public class CreateMenu { private Frame f; private MenuBar mb; private Menu mFile, mEdit, mHelp; public CreateMenu() { f=new Frame("Creating menu..."); mb=new MenuBar(); mFile=new Menu("File"); mEdit=new Menu("Edit"); mHelp=new Menu("Help"); } public void launchFrame() { mb.add(mFile); mb.add(mEdit); mb.setHelpMenu(mHelp); f.setMenuBar(mb); f.setVisible(true); public static void main(String args[]) { CreateMenu guiWindow=new CreateMenu(); guiWindow.launchFrame(); Membuat Menu

Membuat Menu Item import java.awt.*; public class CreateMenuItem { private Frame f; private MenuBar mb; private Menu mFile, mEdit, mHelp; private MenuItem miNew, miSave, miQuit; public CreateMenuItem() { f=new Frame("Creating menu item..."); mb=new MenuBar(); mFile=new Menu("File"); mEdit=new Menu("Edit"); mHelp=new Menu("Help"); miNew=new MenuItem("New"); miSave=new MenuItem("Save"); miQuit=new MenuItem("Quit"); } public void launchFrame() { mFile.add(miNew); mFile.add(miSave); mFile.addSeparator(); mFile.add(miQuit); mb.add(mFile); mb.add(mEdit); mb.setHelpMenu(mHelp); f.setMenuBar(mb); f.setVisible(true); } public static void main(String args[]) { CreateMenuItem guiApp=new CreateMenuItem(); guiApp.launchFrame();

Membuat Menu Item Tambahkan ActionListener pada MenuItem untuk menghandle event yang diinginkan

Membuat Checkbox Menu Item import java.awt.*; public class CreateCheckboxMenuItem { private Frame f; private MenuBar mb; private Menu mFile, mEdit, mHelp; private MenuItem miNew, miSave, miQuit; private CheckboxMenuItem miLoad; public CreateCheckboxMenuItem() { f=new Frame("Creating checkbox menu item..."); mb=new MenuBar(); mFile=new Menu("File"); mEdit=new Menu("Edit"); mHelp=new Menu("Help"); miNew=new MenuItem("New"); miSave=new MenuItem("Save"); miQuit=new MenuItem("Quit"); miLoad=new CheckboxMenuItem("Load"); } public void launchFrame() { mFile.add(miNew); mFile.add(miSave); mFile.add(miLoad); mFile.addSeparator(); mFile.add(miQuit); mb.add(mFile); mb.add(mEdit); mb.setHelpMenu(mHelp); f.setMenuBar(mb); f.setVisible(true); } public static void main(String args[]) { CreateCheckboxMenuItem guiApp = new CreateCheckboxMenuItem(); guiApp.launchFrame();

Membuat Checkbox Menu Item Gunakan interface ItemListener untuk memonitor CheckboxMenuItem Panggil method itemStateChanged() ketika terjadi modifikasi state pada checkbox

Mengontrol Aspek Visual Untuk mengeset warna dari komponen AWT digunakan method : - setForeground() - setBackground() Kedua method ini membutuhkan satu argumen yang merupakan instance dari class java.awt.Color, contoh - setForeground(Color.blue) - setBackground(Color.red)

Swing Swing merupakan toolkit GUI generasi kedua Memiliki banyak pengembangan dari AWT Dibangun di atas AWT, namun menyediakan komponen dalam versi “lightweight” Swing menambahkan banyak komponen baru dan lebih kompleks termasuk tabel dan tree