GADGET Januar Kholik ( ) Umi Naziroh ( )

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Teknologi Komunikasi Bergerak
Advertisements

Tri Widodo Referensi.  Tele (jauh), comunication (komunikasi)  Telekomunikasi, bentuk komunikasi jarak jauh untuk mengirim pesan dari suatu tempat.
Tugas Presentasi PTIK Kelas 13
Tugas PTI Judul : Telepon Genggam Dosen Pengampu : Hari Agung B, M.Kom Di Susun Oleh : Nama : Nudia Trizefa Marindira NIM : Kelas : 1P51 Kelompok.
Pertemuan Pertama Mobile Network
MODEM DAN JARINGAN.
Gadget.
TREND GADGET.
Teknologi Wireless.
Evolusi Teknologi Selular
GSM PENDAHULUAN.
Enhanced Data Rates for GSM Evolution
Titik Akses Nirkabel.
MENGIDENTIFIKASI PERALATAN
Komputasi bergerak, Nirkabel, dan Pervasif
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
Kartika Imam Santoso, SE, S.Kom
RADIO SELULER Oleh: Daniela Ria J2F Hesty Wulandari J2F008037
1.Ashma Hanifah S M. Fahmi Zamroni Ikhwan Aziz Delina Rahayu Effendi Pramita Lucianna P. S
Persaingan Smartphone Dunia
Code Division Multiple Access
JARINGAN Komputer. Pengertian JJJJaringan Komputer Komputer dan perangkat alat lain yang saling terhubung.(minimal 2)
MATERI 4 PENGENALAN MODEM
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11.
TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN
Telekomunikasi & Jaringan
Bab 1 : Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
KONEKSI INTERNET SERVER 3 SERVER 4 SERVER 1 SERVER 2 Client SERVER 5.
Fungsi dan Cara Kerja Jaringan Telekomunikasi (Wireline, Wireless, Modem dan Satelit) Kelas/ Semester : X / 1.
Jaringan telekomunikasi
TENIK & MODEL KOMUNIKASI DATA
Alfin Noorhassan S.R Deni Fajar Ramdhani Suryadi Syamsul Marif
Telekomunikasi & Jaringan
Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi
Teknologi Wireless.
Pengantarmukaan Periferal Komputer
Jaringan Komunikasi Data
MATERI 11 PENGENALAN MODEM
Mobile Computing PERTEMUAN 1.
PENGENALAN INTERNET NUR CAHYO WIOBOWO, SKOM, MKOM
PENGENALAN INTERNET.
Mobile Computing PERTEMUAN 16.
MOBILE INTERNET KELOMPOK 8 : Angga Septa S ( )
INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI KOMUNIKASI
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11 & 12.
SM Pengantar Sistem Telekomunikasi
PERTEMUAN KETIGABELAS
Sejarah Teknologi Seluler
“PT Global Apple Teleshop Tbk ”
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Mobile Teknologi Pertemuan 3 Agung Brastama Putra.
MOBILE COMMERCE AND PERVASIVE COMPUTING
Telekomunikasi & Jaringan
PENGENALAN INTERNET.
TREND TIK.
Telekomunikasi & Jaringan
About Kelebihan & Kelemahan Arsitektur Aplikasi Parameter.
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI HANDPHONE TERKINI
KELOMPOK 2.
INFRASTUKTUR MOBILE Mengerti infrastruktur mobile membuat anda akan mengembangkan aplikasi yang lengkap dan untuk membuat keputusan yang lebih tentang.
Kelompok 2 GPRS Oleh : Made Artana /
Rekayasa Perangkat Lunak
GSM ISTIKOMAH M
Presentation 2G Peng. SisTel (X Class) By: Ginanjar Theonata
Artikel Ilmiah Perkembangan Teknologi Jaringan
Sejarah Android Kerjasama dengan Android Inc.
Gadget.
Dalam Seminar BEM FTI - Universitas Teknologi Sumbawa
MOBILE COMMERCE Materi Pertemuan 11 & 12.
Teknologi Wireless.
Transcript presentasi:

GADGET Januar Kholik (1413100024) Umi Naziroh (1413100069) Binsar EZS (1413100084) Moch. ‘Alimul Akbar (1413100104) Nabil Ahmad R (1413100109)

DEFINISI GADGET

kata gadget sudah tak asing lagi di masyarakat kata gadget sudah tak asing lagi di masyarakat.dan apa itu gadget yaitu suatu perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus pada setiap perangkatnya  Contohnya seperti yg kita tau handphone atau biasa disebut Telepon Genggam atau sering kita kenal dengan nama ponsel yang merupakan perengkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai  kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat di bawa ke mana - mana (portabel,mobile) dan tidak perlu di sambung dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel;wireless). 

Telepon genggam pertama ditunjukkan oleh Dr Martin Cooper dari Motorola pada tahun 1973, menggunakan handset berat 2 kg (4.4 lb). Motorola merilis ponsel komersial pertama tersedia, DynaTAC 8000x pada tahun 1983.Dan telepon genggam pertama ini hanya bisa menelpon saja dan tidak bisa menggirim pesan dan harga sebuah telepon genggam ini se harga $3995 atau sekitar 36 juta rupiah.

SEJARAH GADGET

HANDPHONE

Telefon seluler atau yang seringkali juga disebut sebagai ponsel sudah sejak lama menemani hari-hari para penggunanya untuk memenuhi kebutuhan berkomunikasi. Namun, tahukah Anda bagaimana asal usul dan siapa penemu ponsel tersebut? Adalah Martin Cooper , seorang karyawan Motorola yang berhasil mengembangkan perangkat ponsel pada 3 April 1973. Bersamaan dengan mimpinya yang ingin menghadirkan sebuah alat komunikasi berukuran kecil dan mudah dibawa ke mana saja, Cooper bersama timnya menghadapi tantangan bagaimana dapat memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut.

Sebuah cerita beredar luas menyatakan bahwa gadget kata “diciptakan” ketika Gaget, Gauthier & Cie, perusahaan di balik repousse pembangunan Patung Liberty (1886), membuat versi kecil dari monumen dan menamakannya setelah perusahaan mereka , namun ini bertentangan dengan bukti bahwa kata itu sudah digunakan sebelumnya di kalangan bahari, dan fakta bahwa hal itu tidak menjadi populer, setidaknya di Amerika Serikat, sampai setelah Perang Dunia I. Sumber lain mengutip derivasi dari Perancis gâchette yang telah diterapkan pada berbagai potongan mekanisme menembak, atau gagée Perancis, alat kecil atau aksesori.

Generasi kedua atau 2-G muncul pada sekitar tahun 1990-an Generasi kedua atau 2-G muncul pada sekitar tahun 1990-an. 2G di Amerika sudah menggunakan teknologi CDMA, sedangkan di Eropa menggunakan teknologi GSM. GSM menggunakan frekuensi standar 900 Mhz dan frekuensi 1800 Mhz. Dengan frekuensi tersebut, GSM memiliki kapasitas pelanggan yang lebih besar. Pada generasi 2G sinyal analog sudah diganti dengan sinyal digital. Penggunaan sinyal digital memperlengkapi telepon genggam dengan pesan suara, panggilan tunggu,dan SMS. Telepon seluler pada generasi ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan karena penggunaan teknologi chip digital. Ukuran yang lebih kecil juga dikarenakan kebutuhan tenaga baterai yang lebih kecil. Keunggulan dari generasi 2G adalah ukuran dan berat yang lebih kecil serta sinyal radio yang lebih rendah, sehingga mengurangi efek radiasi yang membahayakan pengguna.

Generasi ini disebut juga 3G yang memungkinkan operator jaringan untuk memberi pengguna mereka jangkauan yang lebih luas, termasuk internet sebaik video call berteknologi tinggi. Dalam 3G terdapat 3 standar untuk dunia telekomunikasi yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA, dan CDMA 2000. Kelemahan dari generasi 3G ini adalah biaya yang relatif lebih tinggi, dan kurangnya cakupan jaringan karena masih barunya teknologi ini. Tapi yang menarik pada generasi ini adalah mulai dimasukkannya sistem operasi pada ponsel sehingga membuat fitur ponsel semakin lengkap bahkan mendekati fungsi PC. Sistem Operasi yang digunakan antara lain Symbian, Android dan Windows Mobile

Generasi ini disebut juga Fourth Generation (4G) Generasi ini disebut juga Fourth Generation (4G). 4G merupakan sistem ponsel yang menawarkan pendekatan baru dan solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi nirkabel yang telah ada termasuk wireless broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dan lain-lain. Sistem 4G berdasarkan heterogenitas jaringan IP yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam sistem kapan saja dan di mana saja. 4G juga memberikan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas untuk menjelajahi berbagai teknologi berbeda. Terakhir, 4G memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti, video conferencing,online game, dan lain-lain.

KOMPUTER TABLET

Sejarah Komputer Tablet Awal ide pembuatan komputer tablet Sejarah Komputer Tablet Awal ide pembuatan komputer tablet. Komputer tablet secara umum menggunakan layar LCD sentuh, dapat digunakan untuk menulis dengan tangan menggunakan sejenis pulpen khusus yang disebut stylus. Di tahun 1888, seorang ilmuan bernama Elisha Gray telah mampu menciptakan sebuah perangkat stylus listrik untuk menangkap tulisan tangan yang pada akhirnya hak paten ini ia dapatkan pada tahun tersebut.

Perkembangan komputer tablet Berlanjut dari situ, ide Elisha Gray terus dikembangkan para developer dunia sampai masa kini. Awalnya komputer tablet untuk membantu menangani hal - hal yang pelik dan di tahun 1989 komputer tablet diluncurkan pertama kali dalam pasaran umum sebagai komputer pribadi. Komputer tablet yang diberi nama GRiDPad tersebut di cipta oleh Jeff Hawkins. Namun sangat disayangkan pemasarannya tidak mendapat respon yang baik dari masyarakat luas sebab komputer tablet ini sangat berat mencapai 2,26 kg.

Pada akhirnya sejarah perkembangan komputer tablet mulai dikenal secara luas dan menjadi booming ketika Steve Jobs sukses melemparkan produk Apple iPad pertama ke pasar dunia pada tahun 2010 lalu. Steve Jobs mampu meyakinkan pasar bahwa komputer tablet dapat menjadi produk bermanfaat untuk era teknologi ini. Dari kesuksesan Steve Jobs lahir pula berbagai komputer tablet baru buatan perusahaan lainnya seperti Kindle Fire dari Amazon. Sehingga ini memberi warna tersendiri bagi perkembangan dunia gadget.

VIDEO