RIZKA MUNTASHOFILLAIL, 2102407092 Pola Bunyi dan Tipografi Geguritan R. Bambang Nursinggih Dalam Antologi Geguritan Aja Kok Ijoli Warisanku.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DEVI DWI ASTITI, Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata.
Advertisements

SUWARSIH, Kriminalitas dalam Novel Kembang Kantil Karya Senggono.
RATIH BUDI NURANI, Cerita Jaka Setya Lan Jaka Sedya Karangan Mas Arjasuwita Dalam Kajian Greimas.
IMA ISTIANI, Tokoh Panji Dalam Serat Panji Balitar.
HERI ROHMADANI, Heroisme Dalam Serat Menak Dewi Soja.
SITI ROKHANA, Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud pada Cerpen HANA Karya Akutagawa Ryunosuke.
SUWASTI RATRI ENI LESTARI, Semiotik Syair Lagu Karya Sujiwo Tejo Album Pada Suatu Ketika.
MOLAS WARSI NUGRAHENI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMAHAMI PUISI DENGAN PENDEKATAN ANALISIS TEKNIK STRATTA PADA SISWA KELAS X-1 SMA ISLAM SUDIRMAN.
ZULNITA MUSFIANI, Intertekstual Wayang Gombal dalam Majalah Jaya Baya.
WAHYU HANDAYANI, Serat Warawurcita dalam Kajian Struktural.
YUNITA TRI LESTARI, Cerita Rakyat Raden Surya Kusuma Di Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan.
PUJIANIK, Novel Panglipur Wuyung Asmara Ing Bandjir Lusi Karya JA. Setia Kajian Stilistika.
LAILY HAYUNING TYAS, Analisis Kelayakan Penyajian Materi Kompetensi Berbicara Pada Buku Teks Basaku Basamu Basa Jawa dan Marsudi Basa lan Sastra.
MUHAMMAD HERU WIBAWA, WATAK DAN PERILAKU TOKOH UTAMA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA.
ANDIKA RAKA DIANJAYA, Skizofrenia sebagai Fenomena Psikologis dalam Cerpen Le Horla Karya Guy de Maupassant.
HENDI ANGGORO, Stuktur Mantra Primbon Ajimantrawara.
NOR HIDAYAH, CITRA DIRI WANITA CINA DALAM NOVEL PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA.
ROMADHASARI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 3 REMBANG DENGAN MEDIA KARTU GAMBAR MELALUI.
DIANA EKA JAYANTI, Parikan Dalam Gendhing Tayub Blora.
TRIMIATI, Puitika Widodo Basuki Dalam Kumpulan Geguritan Layang Saka Paran.
YENNY NOOR AFIFA, KONFLIK BUDAYA TOKOH LELAKI DALAM NOVEL TIBA-TIBA MALAM KARYA PUTU WIJAYA.
JOKO WURYANTO, Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa.
TAWAR INDARWANTO, Tinjauan Tema, Amanat, Fungsi Ekspresif Referensial dan Puitik dalam Kumpulan Puisi Le feu de joie Karya Louis Aragon.
YULIANTI, Struktur Geguritan St. Iesmaniasita dalam Lintang-lintang Abyor dan Antologi Puisi Jawa Modern ( )
TRI WAHYUNI, Syeh Siti Jenar Dalam Kacamata Pembaca
CHARISAH MILATILLAH, Watak Tokoh-tokoh dalam Kumpulan Crita Cekak Ajur Karya Akhir Lusono.
ENIK MURDIESTI, PENYIMPANGAN PERILAKU ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KUMPULAN CERPEN CERITA PENDEK TENTANG CERITA CINTA PENDEK KARYA DJENAR MAESA.
FRANSISCUS XAVERIUS HARDANTO, Penokohan dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya N.H. Dini dan Kemungkinannya sebagai Bahn Ajar di SMA/ MA.
B.WIDIA HAYU SAMAPTA, Novel Ombak Sandyakalaning dalam Kajian A.J. Greimas.
DIDIK KUSUMA SAPUTRA, Fakta Cerita dan Tema Novel Purasani Karya Yasawidagda.
SUDIHARTI, Nilai Religius dalam Kumpulan Cerpen Derai-Derai Kamboja Karya Kusmawanti sebagai Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
FINNA DWI ESTIANINGRUM, Cerita Rakyat Ki Sondong Majeruk dan Ki Sondong Makerti Dalam Perspektif Greimas.
HENI PURWATI, Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono.
EKO WAHYU HIDAYAT, MAKNA SEMIOTIK BABAD DJALASUTRA.
NILA ERMA WIDYAWATI, Struktur Geguritan Wong Agung Gurit Punjul Rong Puluh Karya Budi Palopo.
SULIYATI, Ajaran Serat Nitiprana Dalam Kajian Struktural Semiotik Todorov.
AULIA AHMAD RITAUDDINZ, SUDUT PANDANG DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA.
HERU PRASETYO, PENCARIAN HAKIKAT KETUHANAN DALAM KUMPULAN PUISI O AMUK KAPAK KARYA SUTARDJI CALZOUM BAHCRI.
PUJI MARYATI, Ekspresi Esmiet dalam Sembilan Crita Cekak di Majalah Panjebar Semangat.
WIWIT UJI SHARASWATI, Struktur Cerita Novel Kembang saka Persi Karya Soebagijo I.N.
PARAMITA MUTAQIENAH, Cerita Rakyat Ki Ageng Giring di Desa Gumelem Kabupaten Banjarnegara.
UMIANA NUR ROFIQOH, Diksi Dalam Dongeng Wacan Bocah Glanggang Remaja Pada Majalah Jawa Panjebar Semangat Tahun 2008.
EKA OKTA HARMIA, Pemanfaatan Teknik Imajinasi Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Geguritan Pada Siswa Kelas X 2 MA Nahdlatul Muslimin.
NAUFAL ALIN, Perempuan Dalam Novel Dawet Aju Karya Widi Widajat.
EMA KURNIANINGRUM SUNI, Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Strategi ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Melalui Media.
NOVITA LAELLY, Sinden Dalam Cerbung Tembang Katresnan Karya Atas S. Danusubroto.
BAGUS PRASETYO ADILUHUNG, Sirwenda Danurwenda Dalam Kajian Strukturalisme Greimas.
RIZKI MAISAROH, Gaya Bahasa Dalam Cerbung Kenya Kebak Wewadi Karya Pakne Puri Di Majalah Panjebar Semangat.
DEWI MAFTUCHAH, Alur Novel Emprit Ambuntut Bedhug Karya Suparto Brata.
DEFIANA LUTFITASARI, Mitos Cerita Candi Gamelan Di Kabupaten Pekalongan.
DIAN MUSTIKASARI, Serat Dharma Sasana Dalam Kajian Semiotik.
LITA DWI ARIYANTI, Penerapan Langkah-langkah Perencanaan Kegiatan Remedial Bahasa Jawa di SMP Negeri 1 Gringsing Kabupaten Batang.
DEDDY DWI WIJAYA, Struktur Cerita Misteri Alaming Lelembut pada Majalah Jawa Panjebar Semangat Tahun 2010.
ENDANG MURDININGSIH, NALURI DAN REAKSI TOKOH UTAMA PADA NOVEL MUKJIZAT CINTA KARYA MOHAMMAD MASYKUR A.R.SAID.
ODA SHYANTICA HANINGTYAS, DEIKSIS DALAMROMANVENDREDI OU LAVIE SAUVAGE KARYA MICHEL TOURNIER.
NGASIYATI, Gaya Bahasa dalam Novel Dom Sumurup ing Banyu Karya Suparto Brata.
AMNAH FALESTINA, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Sugesti- Imajinasi Media Lagu Siswa Kelas X MA Salafiyah Karang Tengah.
YUNITA ENDARWATI, Struktur Crita Cekak (Cerkak) Majalah ''Jaya Baya'' pada Tahun 90-an.
AMIN JATI WALUYO, Pembelajaran Bahasa Jawa Ragam Krama Pada Masyarakat Samin Di Dukuh Tambak Desa Sumber Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora.
INDAH FITRIYA DWI SETYANINGSIH, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN TEKNIK EVALUASI LANGSUNG SISWA KELAS V.
NOVIA DWI TRANWATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ANGKA SISWA KELAS X SMA DIAN KARTIKA.
ASTERIA MURBANDARI, Novel Luruh Kuncup sebelum Berbunga Karya Mira W dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
IDHA ROSIANA, Konservasi Alam Dalam Puisi Jawa
ANGGUN FIRDHIANA, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK KATA KUNCI DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 1 PRINGAPUS.
EMI HIDAYAH, Pengembangan Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Menyimak Cerita Rakyat Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar.
Identitas Mahasiswa - NAMA : KUMAISAROH - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa)
ERI ASTUTI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KARYA WISATA TEMPAT PEMBUDIDAYAAN TANAMAN HIAS RINGIN INDAH SISWA.
Identitas Mahasiswa - NAMA : IMA WULANDHARI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra.
WIDOWATI, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK SECARA LANGSUNG PADA SISWA KELAS X MA AL ASROR GUNUNGPATI SEMARANG.
Identitas Mahasiswa - NAMA : DIKA AGUNG MARLIANTO - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan.
Transcript presentasi:

RIZKA MUNTASHOFILLAIL, Pola Bunyi dan Tipografi Geguritan R. Bambang Nursinggih Dalam Antologi Geguritan Aja Kok Ijoli Warisanku

Identitas Mahasiswa - NAMA : RIZKA MUNTASHOFILLAIL - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa) - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - riesca_msl10 pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Yusro Edy Nugroho, S.S., M.Hum - PEMBIMBING 2 : Drs. Hardyanto - TGL UJIAN :

Judul Pola Bunyi dan Tipografi Geguritan R. Bambang Nursinggih Dalam Antologi Geguritan Aja Kok Ijoli Warisanku

Abstrak Puisi bisa dikatakan indah tergantung pada bagaimana pengarang menyusunnya. Bunyi dalam puisi memiliki peranan penting. Dalam skripsi ini keindahan puisi didominasi oleh rima akhir. Dari ke-15 geguritan yang diteliti mengandung rima akhir. Struktur pembangun puisi meliputi struktur fisik dan batin. Skripsi ini hanya mengkaji struktur fisik puisi dari R. Bambang Nursinggih yang meliputi pola bunyi dan tipografi dalam Antologi Geguritan Aja Kok Ijoli Warisanku. Masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah meneliti struktur fisik puisi yang berupa pola bunyi dan tipografi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah objektif dengan metode stuktural dengan tujuan menganalisis puisi ke dalam unsur fisik pembangun puisi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah puisi-puisi R. Bambang Nursinggih didominasi oleh rima akhir. Rima akhir menjadikan puisi lebih indah waktu dibaca. Rima juga mempengaruhi irama. Adanya rima menghasilkan irama yang merdu. Irama dapat dilihat dari asonansi, aliterasi, rima mutlak, rima sempurna, rima tak sempurna, rima awal, rima tengah, rima akhir, rima horisontal, dan rima vertikal. Aliterasi ditandai dengan persamaan konsonan s, n, h, m, dan p. Rima mutlak ditandai dengan kata amping-amping, tidha-tidha, api-api, umbul-umbul, makantar- makantar, suka-suka, lamat-lamat, angger-angger, tikus-tikus, bisa-bisa, bocah- bocah, icip-icip, kuncup-kuncup, wiji-wiji, ameng-ameng, ongkang-ongkang, dhepe- dhepe, bareng-bareng, apa-apa-apa, kaya-kaya, duga-duga, sedherek-sedherek, mugi-mugi, gara-gara, dan crita-crita. Rima sempurna ditandai dengan persamaan suku kata sa, dha, rah, pan, ma, ter, ma, gar, ya, ra, ka, dan wa. Rima tak sempurna ditandai dengan persamaan an, at, a, ir, i, ut, um, e, dan ak. Rima awal ditandai dengan kata apa, mumpung, dan garwa. Rima tengah ditandai dengan kata durung. Rima akhir ditandai dengan persamaan vokal a dan u. Rima horisontal ditandai dengan kata ora, mban, kang, lan, dan saya. Rima vertikal ditandai dengan kata kebak, garwa, ora, kang, rasane ya gek kepriye?, lan, dan ingkang. Penggunaan tipografi yang ditulis dari tengah memperindah bentuk tampilan baris ataupun bait. Tampilan baris yang ditulis dari tengah mempunyai efek menyatu antara bait yang satu dengan yang lain. Kesatuan antara bait-bait tersebut yang menimbulkan keestetisan. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan yaitu penelitian dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian puisi selanjutnya dan sebagai bahan ajar puisi. Penyair bisa ndadekake piye carane geguritan krasa endah. Ing skripsi iki kaendahan bisa didelok saka rima akhir. Swara wigati ing geguritan. Saka 15 geguritan kang diteliti ngandhut rima akhir. Struktur pembangun geguritan antarane struktur fisik lan batin. Skripsi iki ngrembug babagan struktur fisik geguritan yaiku unsur swara lan tipografi saka R. Bambang Nursinggih kanthi irah-irahan Antologi Geguritan Aja Kok Ijoli Warisanku. Perkara kang dirembug ing skripsi iki yaiku panaliten ngenani struktur fisik geguritan kang awujud unsur swara lan tipografi. Panaliten iki migunakake pendhekatan objektif kanthi metodhe stuktural kang nduweni ancas kanggo ngonceki geguritan ing sajroning unsur fisik pembangun geguritan. Asile panaliten iki nuduhake yen geguritan-geguritan R. Bambang Nursinggih nduweni rima akhir paling akeh. Rima akhir ndadekake geguritan luwih endah nalika diwaca. Rima uga ana gandhenge karo irama. Rima ngasilake irama kang penak dirungokake. Irama gandhengane karo asonansi, aliterasi, rima mutlak, rima sempurna, rima tak sempurna, rima awal, rima tengah, rima akhir, rima horisontal, lan rima vertikal. Konsonan kang padha ing aliterasi yaiku s, n, h, m, dan p. Rima mutlak ing tembung amping-amping, tidha-tidha, api-api, umbul-umbul, makantar- makantar, suka-suka, lamat-lamat, angger-angger, tikus-tikus, bisa-bisa, bocah- bocah, icip-icip, kuncup-kuncup, wiji-wiji, ameng-ameng, ongkang-ongkang, dhepe- dhepe, bareng-bareng, apa-apa-apa, kaya-kaya, duga-duga, sedherek-sedherek, mugi-mugi, gara-gara, dan crita-crita. Rima sempurna padhane ing tembung sa, dha, rah, pan, ma, ter, ma, gar, ya, ra, ka, dan wa. Rima tak sempurna padhane ing tembung an, at, a, ir, i, ut, um, e, lan ak. Rima awal ana ing tembung apa, mumpung, dan garwa. Rima tengah ana ing tembung durung. Rima akhir padane ing vokal a lan u. Rima horisontal ana ing tembung ora, mban, kang, lan, lan saya. Rima vertikal ana ing tembung kebak, garwa, ora, kang, rasane ya gek kepriye?, lan, dan ingkang. Tipografi kang ditulis saka tengah ndadekake kaendahan bait utawa baris. Bentuke kang dadi siji ndadekake bait endah. Panaliten iki bisa didadekake pancadan kanggo neliti geguritan liyane lan kanggo nyinaoni babagan geguritan.

Kata Kunci geguritan, struktur pembangun, geguritan, struktur pembangun

Referensi Aminuddin Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Baribin, Raminah Teori dan Apresiasi Puisi. Semarang: IKIP Semarang Press. Endraswara, Suwardi Metodologi Penelitian Sastra Epistemologi Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama. Jabrohim dkk Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Junus, Umar Karya Sebagai Sumber Makna Pengantar Strukturalisme. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka Kementerian Pendidikan Malaysia. Keraf, Gorys Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Luxemburg, Janvan dkk Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Nadeak, Wilson Pengajaran Apresiasi Puisi untuk Sekolah Lanjutan Atas. Bandung: Sinar Baru. Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Nursinggih, Bambang Arak-arakan Geguritan Aja Kok Ijoli Warisanku. Yogyakarta: Arindo Nusa Media. Pradopo, Rachmat Djoko Pengkaian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Ratna, Nyoman Kutha Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. ……………………… Stilistika Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Siswantoro Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Suharianto, S Pengantar Apresiasi Puisi. Surakarta: Widya Duta. …………… Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia. Teeuw, A Sastra dan Ilmu Sasrta. Jakarta: Pustaka Jaya. ………… Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Waluyo, Herman J Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Wellek dan Werren Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia. Zulfahnur dkk Teori Sastra. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Terima Kasih