TIPOLOGI GEOMETRI Pengantar pengindonesiaan “Space” dan “ Form “

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ASPEK-ASPEK ARSITEKTUR (bagian-2)
Advertisements

MENGENAL ARSITEK.
MINGGU XI PERANCANGAN DENAH LAYOUT KAMAR TIDUR UTAMA APARTEMEN .
MINGGU KE- 4 PENJABARAN ISI SATUAN ACARA PENGAJARAN
Pranata manajemen pembangunan ke-pranataan Minggu ke – 2 Beta S.S genap.
( Minggu II ) TIPOLOGI BANGUNAN
Kualitas khas, Masalah, Konteks Memberikan resolusi sendiri
Selamat Datang Presentasi Makalah Bahasa Indonesia.
METODOLOGI PENCIPTAAN SENI RUPA
MEDIA STUDIES AN INTRODUCTION.
RUANG LINGKUP ESTETIKA
Kata desain digunakan dg cara yg berbeda dg makna yg berbeda dg bidang yg berbeda kepentingan. Dlm percakapan sehari2 dpt digunakan sbg istilah umum yg.
GRAFIK PRESENTASI DR. AGUNG MURTI NUGROHO JOHANNES P.
PENGERTIAN DAN UNSUR-UNSUR SENI RUPA
PROSES DALAM ARSITEKTUR
A. SILABI Pengembangan kreatifitas pengolahan komponen dasar arsitektur melalui ekplorasi dan penggalian kemampuan dengan cara pelatihan komposisi bidang,
Komunikasi Visual (Sebuah Kajian Semiotika)
Semiotika Halomoan Harahap.
SEJARAH MUNCULNYA TIPOLOGI KE-TIGA
PENGERTIAN SENI RUPA CABANG-CABANG SENI RUPA
TUJUAN MATA KULIAH PENGANTAR ARSITEKTUR
PRINSIP-PRINSIP Datum
Pengantar Rumah tinggal 3 Kamar Tidur Pertemuan 1,2 & 3
FUNGSI DALAM ARSITEKTUR
Estetika Bangunan Pertemuan 33
Matakuliah : R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun : 2006
UNSUR DAN PRINSIP PERANCANGAN TAMAN
Definisi Desain BERASAL DARI KATA (ITALIA): DISEGNO INTERNO (KONSEP UNTUK KARYA YANG AKAN DILAKSANAKAN) DAN DISEGNO ESTERNO (KARYA YANG SUDAH TERLAKSANA)
KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KONSELING ( KIP/K )
TATA RUANG DALAM MODUL PRAKTIKUM.
Daniar Wikan Setyanto, M.Sn
APRESIASI SENI Seni & Keindahan.
YENI WIDYASTUTI, S.Sos., M.Si PERTEMUAN I
DESAIN dan PERKEMBANGANNYA
Interaksi Manusia & Komputer
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
TOPIK DESAIN FISIK BANGUNAN Pertemuan 9
ELEMEN KOTA MATERI MK PLANOLOGI.
Persepsi, Sikap, dan Nilai
METODE PERANCANGAN ARSITEKTUR 1
MK. TINJAUAN DESAIN Tujuan Instruksional Umum:
Desain Komunikasi Visual UDINUS
Bahasa visual Untuk Media internal.
BUDAYA POLITIK DI I N D O N E S I A
belajar Bentuk dan Ruang
SENI SEBAGAI PENGALAMAN
FUNGSI DALAM ARSITEKTUR
TEORI FIGURE/GROUND Teori2 figure/ground dipahami dr tata kota sbg hubungan tekstural antara bentuk yg dibangun (building mass) dan ruang terbuka (open.
Makna Desain Oleh rudi irawanto Slide 2.
Perkuliahan Minggu 7 Sosiologi Komunikasi
TIPE PERUMAHAN DALAM PENGEMBANGAN KOTA Pertemuan 04
KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Seni rupa 2 dimensi.
Pertemuan 11 Interkasi Fungsi dan Bentuk
O r g a n i s a s i R u a n g  F u n g s i o n a l & S p a t i a l 
Welcome to the gate of Sociology
Semiotika FILM Dalam definisi Saussure (Sobur: 2003), semiologi merupakan “sebuah yang mengkaji kehidupan tanda-tanda di tengah masyarakat” dan dengan.
SENI BUDAYA SENI RUPA.
Kaitan Antara Komunikasi dan Kebudayaan
TRIKONOMI ESTETIKA 3: PENGGUNA KARYA
PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MELALUI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS
TAMAN KOTA: KRITERIA DAN MANFAAT
MINGGU 7 KOMUNIKASI BISNIS Pokok Bahasan:
Bahasa visual Untuk Media internal.
Daniar Wikan Setyanto, M.Sn
MK ESTETIKA-13 Oleh: Dr. Sutiyono.
Desain Grafis. Disiplin Ilmu Desain Grafis Pengertian : 1. Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. 2. Bagian dari komunikasi visual.
KRITIK SENI. PENGERTIAN – Kegiatan menanggapi karya seni untuk menunjukkan kelebihan dan kekurangan suatu karya seni – Tujuannya: menilai kualitas dari.
PENGERTIAN DAN UNSUR-UNSUR SENI RUPA
Materi 1 dan 2 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D) dan Tiga Dimensi (3D) Rohani A., S.AN SMK PUSTEK Serpong Kelas X Ada yang pernah mengunjungi pameran?
Transcript presentasi:

TIPOLOGI GEOMETRI Pengantar pengindonesiaan “Space” dan “ Form “ SPACE : sela, celah, rongga, ruang, ruangan, kamar Space dengan pembatas nampak (merupakan unsur yang kasat mata dan tak teraba oleh sentuhan ) disebut ruangan. Space tanpa pembatas yang nampak ( unsura yg. Tidak kasat mata & tak teraba oleh sentuhan) disebut : rongga, volume, ruang. FORM : bangun, bentuk, wujud, wajah, penampilan - Form dapat dilihat (kasat mata)dan dapat diraba disebut sungkup. Ruangan  tempat yang lega, kamar, bilik. Rongga  lubang, ruang (sela-sela) – volume. Ruang  sela-sela antara dua tiang / empat tiang.  rongga berbatas/terlingkup oleh bidang  rongga yang tak terbatas tempat segala yang ada Sungkup, selungkup  barang/material apa yang dipakai untuk menutup

Arsitektur Sebagai Rongga A. Sigfried Giedon : architecture and the phenomena of transition :Architecture as space-radiating volumes, architecture as interior space, architecture as both volume and interior space  membuat perbedaan antara rongga sebagai volume dengan rongga sebagai ruangan ( interior space ) B. Christian Norberg-Schulz Pragmatic Sace Mengkaitkan manusia – alam buatan secara fisik Manusia bergerak dalam ruang (wadah – volume ) Perceptual Space Memeberikan identitas pada manusia Manusia mencerap/merasakan ruangan melalui visual Existensial Space Memberikan rasa kesatuan total dengan masyarakat & kebudayaan Manusia sadar berada/hadir dalam space Congnitive Space Manusia berfikir ttg. space Manusia berfikir/berteori ttg. Rg. fisik Architectural Space Ciptaan manusia sbg. Ekspresi artistik Manusia menciptakan ruang Abstract Space Yg. Digunakan untuk menerangkan hal-hal yang bersifat matematis-geometris Manusia bercerita ttg. Ruang

C. Mitsue Inoue : space in Japanes Architecture ; - Shared Space - geometric space-plastic composition, dan pictorial composition - movement space  Architecture space exists by virtue of what can be seen and touched – it comess into being only through the mediation of material objects. ( space ars. Timbul oleh adanya sifat apa yang dilihat dan dirasa/sentuh, itu semua muncul/datang berupa media / material obyek ) D. Niels Luning Park : The language of Architecture ( Physical space, conceptual space, behavioral space )  kelaziman dalam memperlakukan rongga sebagai objek/barang/material

Arsitektur Sebagai Sungkup A. F.D.K. Ching ; architecture : form, Space and Order. - substractive form ( penggurangan ) - additive form ( penambahan ) - repetitive form ; centralized-form, linier-form, radial-form, clustered-form. B. Robert Venturi : Complexity and Contrdition in Architecture - Simplified ( penyederhanaan ) - picturesque ( pengambaran ) - contradictory, double-function dan both-and ( penolakan ) Arsitektur dalai Bentuk yang Signifikan rongga sungkup konteks ARSITEKTUR Signified Ter-signifikasi tampilan Signifier pen-signifikasi Cita/’konsep’ Konteks : sosial - artsitik/estetika seni budaya - stolistika ekologi - perilaku politik/ideologi - nalar-ilmiah

Apa artinya Arsitektur adalah Bentukan yang Signifikan Tampilan adalah representasi memancarkan/mengkomunikasikan adalah realisasi adalah pemenuhan Konteks Konsep & cita Sudut tinjau arsitek Sudut tinjau penikmat, pengamat Sudut tinjau arsitek + penikmat Gedung yang nyaman Gedung yang nikmat Gedung yang memikat Bangunan Arsitektur

Rogga + muka-sungkup = ruang Sungkup + muka-sungkup = massa Penegasan keberadaan rongga dan sungkup Arena dialog antara rongga dan sungkup Pengemban cita (dan konsep ) Medan kritis arsitektur, baik dlm proses arsitektur, dlm menilai arsitektur Pemancar konteks; peng-komunikasi konteks; baris terdepan dr. tersignifikasi Wahana cita-cita arsitektur Sarana penyampai dialog arsitek-pengamat/penikmat