PERTEMUAN KESEPULUH PERKEMBANGAN HISTORIOGRAFI ASIA TENGGARA
PENULISAN SEJARAH (HISTORIOGRAFI) ASIA TENGGARA HISTORIOGRAFI TRADISIONAL. CIRI-CIRI HISTORIOGRAFI TRADISIONAL. HISTORIOGRAFI MODERN. CIRI-CIRI HISTORIOGRAFI MODERN.
HISTORIOGRAFI TRADISIONAL PENGARUH AGAMA BUDHA DI MUANGTHAI DAN KAMBOJA. PENGARUH ISLAM DI MALAYSIA, INDONESIA DAN FILIPINA SELATAN. PENGARUH AGAMA DAN BUDAYA CINA DI VIETNAM. PENGARUH AGAMA KRISTEN DI FILIPINA.
PENGARUH AGAMA BUDHA YAZAWIN (KRONIK BIRMA) : TULISAN ASLI BIRMA DISUSUN OLEH BIARAWAN DAN BRAHMANA TERPELAJAR. MENGANDUNG BAHAN BERHARGA UNTUK BAHAN TULISAN AWAL ORANG EROPA. * MUANGTHAI, KRONIK MUSNAH KETIKA AYUTHIA DISERBU BIRMA 1767. YANG MASIH ADA PONGSAWADAN.
PENGARUH ISLAM INDONESIA : BABAD DIPONEGORO, SEJARAH BANTEN, DI SULAWESI SELATAN. MALAYSIA : KITAP SEJARAH MELAYU, SHAIR PERANG MENGKASAR, MISA MELAYU, HIKAYAT ABDULLAN DSB.
PENGARUH CINA CINA MENGUASAI INDOCHINA. KARYA MASIH DITULIS SEPANJANG ABAD 19 DAN AWAL 20. INDHOCINA TERPENGARUH AGAMA BUDHA THERAVADA.
PENGARUH KRISTEN HISTORIOGRAFI TRADISIONAL KATOLIK ROMA. BERKEMBANG SAMPAI ABAD 19 DAN SISANYA MASIH ADA SAMPAI SEKARANG.
CIRI-CIRI HISTORIOGRAFI TRADISIONAL. PERSAMAAN : KUAT DALAM GENEOLOGI, LEMAH DALAM KRONOLOGIS DAN DETIL BIOGRAFIS. TEKANAN PADA GAYA BERCERITA, ANEKDOT DAN SEJARAH UNTUK PENGAJARAN AGAMA. SEKULER, LEBIH PADA KINGSHIP (RAJA) MENGESAMPINGKAN SEBAB AKIBAT.
CIRI-CIRI HISTORIOGRAFI TRADISIONAL. PERBEDAAN : AGAMA. KEPENTINGAN NASIONAL. BAHASA. KEBIJAKAN RAJA YANG BERAGAM.
HISTORIOGRAFI MODERN SEBELUM PD II : ABAD 16-19 : HIST EROPA. ABAD 19 AWAL 20 : SEJARAH KUNO, SEJ KOLONIAL DAN PERIODE TENGAH. MUANGTHAI DAN PILIPINA : ADA UNIVERSITAS.
HISTORIOGRAFI MODERN SESUDAH PD II : - DGE HALL : ASIA TENGGARA SEBAGAI SATU UNIT SEJARAH. VAN LEUR : PENULISAN SEJARAH ASIA TENGGARA. WADAH SEJARAWAN ASIA. ANTHONY REID : SEJARAH TOTAL.
CIRI HISTORIOGRAFI MODERN. MENERAPKAN METODE ILMIAH. KONFRONTASI : NASIONALISME.