Struktur Kode Aplikasi Java (1)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek (Project)
Try, Catch, Finally Throws
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Variabel di Java Variabel merupakan sebuah tempat untuk menyimpan data. Di Java setiap pembuatan variabel harus ditentukan tipe.
Java Progamming Operasi I/O
Pemrograman Berorientasi Objek
Praktikum Bahasa Pemrograman
Package As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
Pengenalan Bahasa Pemrograman Pascal
Inheritance (Pewarisan) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
Modul 6: Abstract Class, abstract method
Pengenalan Java As’ad Djamalilleil
Dasar Exception Handling
Flow Control & Exception Handling
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Instalasi JME & Uji Coba As’ad Djamalilleil
Praktikum OOP Pengenalan Java Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Pemrograman Berorientasi Objek
Dasar exception handling
Pemrograman Berorientasi Objek 1
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
EXCEPTION TRY-CATCH-FINALLY
Algoritma & Pemrograman 1
Struktur Kontrol Pemilihan
Struktur Program Java Tipe data.
Public class RelasiDemo { public static void main(String[] args) { //beberapa nilai int i = 37; int j = 42; int k = 42; System.out.println("Nilai variabel...");
- PERTEMUAN 8- NETWORK PBO. Pengantar Java mengijinkan anda untuk mempermudah mengembangkan aplikasi yang mengerjakan berbagai pekerjaan melalui jaringan.
Exceptional Pendahuluan Bugs dan error dalam sebuah program sangat sering muncul meskipun program tersebut dibuat oleh programmer berkemampuan tinggi.
Do you remember this?.  Strategy  Concrete Strategy  Context  Client Strategy Pattern consists of..
MATERI IV OOP (Object Oriented Programming) Chapter II.
Dasar exception handling
Try, Catch, Finally Throws
Penanganan Eksepsi.
Command line argument.
Mendapatkan input dari keyboard
Input/output dan Kelas File
Pengenalan Pemrograman Java
Pemrograman berorientasi objek
Pengantar Struktur Data Pertemuan 1 Season 1
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Struktur Program Pascal
Aplikasi berbasis teks
Algoritma & pemrograman 1B
Input/output dan Kelas File
Mendapatkan Input dari Keyboard
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Mendapatkan input dari keyboard
Command line argument.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
As’ad Djamalilleil Array As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Pengenalan Java As’ad Djamalilleil
Tipe Data, Variabel, dan Operator
PEMROGRAMAN JAVA.
Instalasi JME & Uji Coba
Pemrograman Berorientasi Obyek
Review C/C++ & Intro to Java
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Mendapatkan input dari keyboard
Tipe Data, Variabel, dan Operator
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Mendapatkan Input dari Keyboard
Transcript presentasi:

Struktur Kode Aplikasi Java (1) As’ad Djamalilleil http://kampusku.uni.me asad.kom@gmail.com

Tools Yang Diperlukan Java Development Kit (JDK) JSE (Java Standard Edition) sesuai versi yang tersedia Program teks editor  digunakan untuk mengetikkan kode program Java Notepad, Notepad++, EditPlus, dll Netbeans atau Eclipse (opsional)  aplikasi pengembang untuk membuat project Java yang lebih kompleks

Aplikasi Java Java Aplikasi Applet  berbasis web (web-based) berbasis teks (text-based) berbasis window (window-based) Applet  berbasis web (web-based) MIDlet  berbasis mobile Servlet  berbasis client-server

Struktur kode program dari sebuah class class NamaKlas { }

Struktur kode program dari aplikasi berbasis teks maupun window class NamaKlas { public static void main (String args[]){ }

Jadi, sebuah aplikasi adalah juga merupakan sebuah class Jadi, sebuah aplikasi adalah juga merupakan sebuah class. Sedangkan sebuah class belum tentu berupa aplikasi. Hanya class yang memiliki fungsi main() atau fungsi utama saja yang dapat disebut sebagai sebuah aplikasi karena dapat di-run.

Contoh kode aplikasi berbasis teks class Belajar { public static void main(String args[]){ System.out.println("Mari kita belajar bahasa Java"); }

Menggunakan JCreator

Menu yang penting di EditPlus Configure | Options  untuk mengubah macam-macam setting EditPlus Build | Build File  compile kode program Java Run | Run File  menjalankan kode program Java yang telah sukses di-compile sebelumnya

Menampilkan Nomor Baris

Lokasi Instalasi JDK

Compile & Run lewat DOS Prompt Buka Command Prompt atau DOS Prompt pada Windows Setting path agar menunjuk ke lokasi dari folder “bin” pada instalasi JDK Compile kode program Java yang telah diketik dengan perintah “javac NamaKlas.java” Run hasil compile tadi dengan perintah “java NamaKlas”

Contoh kode aplikasi berbasis teks dengan penginputan import java.io.DataInputStream; import java.io.IOException; class CobaSaja{ public static void main(String args[]){ DataInputStream baca = new DataInputStream(System.in); String nama = ""; try{ nama = baca.readLine(); } catch(IOException error){ System.out.println(nama);

Java menyediakan dua objek standard untuk menangani proses input/output System.out System.in Kedua objek ini berada di dalam kelas System yang berada di dalam package java.lang. Java juga menyediakan sebuah kelas dengan nama DataInputStream yang berada dalam package java.io yang dapat digunakan untuk melakukan penginputan.

Struktur package dari function input/output java.lang System out in print() println() read() java.io DataInputStream readLine()

Di dalam objek System.out terdapat dua buah fungsi dengan nama print() dan println() yang digunakan untuk mencetak nilai ke layar. Contoh: System.out.print(“Mari belajar bersama”); int umur = 63; System.out.println(“Saya sekarang berumur “ + umur + “ tahun”);

Di dalam objek System.in terdapat sebuah fungsi dengan nama read( ) yang digunakan untuk menginput satu karakter. Karakter yang diinput menggunakan fungsi read( ) akan diubah ke dalam bentuk nilai bertipe int sehingga perlu untuk melakukan casting ke tipe data char sebelum disimpan ke variabel dengan tipe data char pula. Contoh: char nilai = ‘?’; variabel lokal wajib diinisialisasi dengan diberikan nilai berupa sembarang nilai bertipe karakter. variabel = (char) System.in.read();

Di dalam kelas DataInputStream terdapat sebuah fungsi dengan nama readLine() yang digunakan untuk menginput serangkaian karakter (string berupa kata atau kalimat). Agar dapat menggunakan fungsi readLine(), kita terlebih dahulu harus membuat objek dari kelas DataInputStream. Contoh: DataInputStream baca = new DataInputStream(System.in); String tampung = new String( ); cara inisialisasi tipe data string (selain tipe data dasar) Tampung = baca.readLine( );

Konversi Data

Pada contoh program sebelumnya telah digunakan perintah input dan output Data yang diinput pada dasarnya adalah bertipe string sehingga untuk memproses data selain string (seperti bilangan bulat, desimal, maupun boolean) maka kita perlu melakukan konversi data Konversi data dapat dengan mudah dilakukan dengan memanfaatkan function yang telah disediakan oleh Java

Contoh kode penginputan data karakter class BacaHuruf{ public static void main(String args[]){ char huruf = '?'; try { huruf = (char) System.in.read(); } catch (Exception e) { }

Contoh kode program untuk konversi data ke beberapa tipe import java.io.DataInputStream; class KonversiData{ public static void main(String args[])throws Exception{ DataInputStream baca = new DataInputStream(System.in); int angka; char huruf; float desimal; boolean bool; String teks = ""; System.out.print("Ketik nilai integer : "); teks = baca.readLine(); //konversi ke integer angka = Integer.parseInt(teks);

System.out.print("Ketik nilai boolean : "); teks = baca.readLine(); //konversi ke boolean bool = Boolean.parseBoolean(teks); System.out.print("Ketik huruf : "); huruf = teks.charAt(0); System.out.println("--- Outputnya ---"); System.out.println(angka); System.out.println(desimal); System.out.println(bool); System.out.println(huruf); }

Tersedia berbagai macam function untuk konversi data dari data bertipe string ke tipe lain, dan sebaliknya Konversi data dari string ke double dapat digunakan function Double.parseDouble() Konversi data dari tipe lain ke tipe string dapat menggunakan function String.valueOf() yang secara umum dapat menerima argumen dengan berbagai macam tipe atau dapat menggunakan function toString dari setiap class (jika tersedia)

Konversi berbagai data ke string class KonversiData{ public static void main(String args[]){ int angka = 123; char huruf = 'k'; float desimal = 45.67f; boolean bool = false; String teks; teks = String.valueOf(angka); teks = Integer.toString(angka); teks = String.valueOf(huruf); teks = Character.toString(huruf); teks = String.valueOf(desimal); teks = Float.toString(desimal); teks = String.valueOf(bool); teks = Boolean.toString(bool); }

Penanganan Error di Java (Error Handling)

Amati contoh program berikut yang ditulis dalam bahasa Pascal: Var hasil, A, B : real; Begin Write(‘Input nilai A : ‘); readln(A); Write(‘Input nilai B : ‘); readln(B); hasil := A / B; Writeln(‘Hasil baginya adalah ‘, hasil); End.

Apabila variabel B diinput dengan nilai 0 (nol), maka program tersebut serta-merta berhenti dan menampilkan pesan “Division By Zero”. Java menyediakan fasilitas untuk menangkap dan menangani error yang terjadi pada saat program berjalan (run-time) Berikut adalah struktur dari mekanisme penanganan error di Java

try { ……… ……… } catch(Exception e) Di sini ditempatkan statement program yang menurut kita berpeluang untuk error Di sini ditempatkan statement program untuk menangani error yang terjadi dalam blok try di atas. Class Exception adalah class yang disediakan untuk menangani error

Error yang terjadi dapat juga diabaikan dengan menambahkan pernyataan “throws Exception” setelah penulisan kepala fungsi, sebelum penulisan awal blok. Contoh: void Fungsi()throws Exception { ……… ……… }

Contoh modifikasi program penginputan tanpa blok statement try-catch import java.io.DataInputStream; class CobaSaja{ public static void main(String args[])throws Exception{ DataInputStream baca = new DataInputStream(System.in); String nama = ""; nama = baca.readLine(); System.out.println(nama); }

Contoh modifikasi program dengan memberi tambahan keterangan kepada user sebagai penjelas import java.io.DataInputStream; class CobaSaja{ public static void main(String args[])throws Exception{ DataInputStream baca = new DataInputStream(System.in); String nama = ""; System.out.print("Ketik nama anda: "); nama = baca.readLine(); System.out.println("Nama anda adalah " + nama); }

Tugas 2 Buat aplikasi berbasis teks untuk menginput dan menampilkan kembali data berupa: Nama Alamat Tanggal lahir Email Di-upload paling lambat 2 minggu depan