KAJIAN SINEMA SUARASOUNDSONOR. cinematic sound …cinematic sound is that which does not simply add to but multiplies, two or three times, the effect of.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGKAJIAN KESUSASTRAAN PRANCIS : PUISI
Advertisements

ALIH WAHANA.
Media Dalam Katekese L. Atrik Wibawa.
IKLAN TELEVISI Ramakertamukti.wordpress.com.
PEREKAMAN DAN EDITING PROGRAM VIDEO INSTRUKSIONAL
PENULISAN NASKAH.
Stereotip gender wanita dalam lagu Ta Meuf (La Caille) Eka Prastica Jeanett Verica.
CAMERA SET-UP.
Presentasi Bahasa Prancis
Morphologie du Français
Script Writing MOVIE.
Kondisi Wanita di Akhir Abad Ke-19
Dialog, Musik dan Sound Effect
PRONOMS RELATIFS
Mutu Pertunjukan - Awalnya film seringkali menampilkan akting aktor secara full body. - Demi kepentingan penyajian cerita yang lebih menarik sudut pandang.
Continuity Arie Nugraha, M.Si.
F ENOMENA A LAM YANG J ARANG T ERJADI RARE PHÉNOMÈNE NATUREL Created By:Dita and Qatrin 5D.
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Bahasa Indonesia SMA Kelas X Semester 2 Andri Yogastari
MODUL II SEJARAH EDITING
Kebijakan Ekonomi & Berbagai Masalah yang Dihadapi
PERTEMUAN XI (SEBELAS)
OLEH SUMA RIELLA RUSDIARTI
PROSEDUR PENULISAN NASKAH TELEVISI.
KARAKTERISASI TOKOH DALAM FILM 8 FEMMES KARYA F. OZON
Adverbe & construction en+participe présent
MONGIN-FERDINAND DE SAUSSURE (Pelopor Strukturalisme)
L’Histoire et le principe
Isu Ras pada Teks Banlieue Noire Eka Prastica Jeanett Verica.
Pengembangan Media Ajar Presentasi. Pengembangan Media Ajar Presentasi.
Tya Maharani Udaya Sastra Prancis Universitas Indonesia
Pengantar Teknik Animasi II Zaharuddin G.Djalle, 3D animation movie
Morphologie du Français
Lipsych Pertemuan 12 Matakuliah: U0636/DKV II Animasi Tahun: 2008.
RESERVATION Pertemuan 3 Matakuliah: V Bahasa Perancis IV Tahun:
RESERVATION Pertemuan 2 Matakuliah: V Bahasa Perancis IV Tahun: 2010.
RESERVATION: Refuser, Modifier, Annuler Pertemuan 4 Matakuliah: V Bahasa Perancis IV Tahun:
Soal Pertemuan 10 Matakuliah: V Bahasa Perancis 3 Tahun:
À LA CAISSE Pertemuan 13 Matakuliah: V Bahasa Perancis 3 Tahun:
REGIM GENDER KAUM SUFI: Konstruksi Ideologi Perempuan dalam Tarekat Naqsyabandiyah-Khalidiyah Babussalam (TNKB) Ziaulhaq Hidayat Sumatera Sufi Institute.
Storyboard.
PROSEDUR PENULISAN NASKAH TELEVISI.
Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Cerita Pendek
NARASI.
SET & PROPS DESIGN Analysis.
2.Memilih Cerita dan Sesuaikan dengan usia anak
CERITA SUMBER2 CERITA : Kisah Nyata, Novel, Khayalan, Kitab Suci, Lirik Lagu... FUNGSI CERITA : Sebagai bungkus pesan, pengikat unsur2 filmis lainnya,
MEDIA VISUAL PERTEMUAN 8 KHAOLA RACHMA ADZIMA PGSD FKIP.
[deskripsi] Elemen Naskah AUDIO VISUAL.
WELCOME TO OUR PRESENTATION
Alphonse Daudet Bambang Tetuko
Menanggapi pementasan drama
SINEMATOGRAFI.
AU RESTAURANT Pertemuan 7
Soal Pertemuan 9 Matakuliah : V Bahasa Perancis 3
Penampilan Diri Pertemuan 14
Skenario.
RISET – OBSERVASI Pertemuan 5
Dagelan yang membuat Anda beruntung!!!
Nom : Riki Zikrillah Rosi Anidya Fitria Eikasari Pilanti Transkripsi Fonetik.
Our Team… Virgiana S.M M. Akhid Yunanto
L’Histoire et le principe Oleh Ari Anggari Harapan Bernadetta S. Utami
Adverbe & construction en+participe présent
Dua Pendekatan dalam Editing: Kontinuitas dan Diskontinuitas
STRUKTUR FILM Oleh Siti Khusnul K., M.A..
Narrative Strategies.
Dua Pendekatan dalam Editing: Kontinuitas dan Diskontinuitas
Beberapa Trik Menyajikan Slide
État-providence Perlindungan sosial untuk warga negara Oleh
PENGARUH FILSAFAT ANALITIK TERHADAP PEMBELAJARAN BHS PRANCIS SEBAGAI BAHASA ASING: PENDEKATAN PRAGMATIK Rohali.
Transcript presentasi:

KAJIAN SINEMA SUARASOUNDSONOR

cinematic sound …cinematic sound is that which does not simply add to but multiplies, two or three times, the effect of the image. -- Akira Kurosawa …cinematic sound is that which does not simply add to but multiplies, two or three times, the effect of the image. -- Akira Kurosawa

Sudut Dengar Sudut dengar menyajikan pertanyaan yang kurang lebih sama dengan sudut pandang. Sudut dengar menyajikan pertanyaan yang kurang lebih sama dengan sudut pandang. - D'où entend-on ce qu'on entend ? Le point d'écoute est-il cohérent avec le point de vue visuel ? Y'a t-il dissociation des deux points de "capture" ? - Qui écoute ? Qui entend ? Le spectateur et les personnages entendent-ils la même chose ? - D'où entend-on ce qu'on entend ? Le point d'écoute est-il cohérent avec le point de vue visuel ? Y'a t-il dissociation des deux points de "capture" ? - Qui écoute ? Qui entend ? Le spectateur et les personnages entendent-ils la même chose ?

Suara dalam Film Parole / Vokal/Suara Manusia Parole / Vokal/Suara Manusia Efek Suara Efek Suara Musik Musik Keheningan Keheningan

Vokal Dialog Dialog Monolog Monolog Voix Off/ Voice Over Voix Off/ Voice Over

Voix Off Suara yang dihasilkan oleh seseorang yang tidak tampak di layar. Suara yang dihasilkan oleh seseorang yang tidak tampak di layar. 1. Pemilik suara tidak tampak, tapi ia adalah salah satu tokoh dalam film 2. Pemilik suara tampak tapi diam (bibirnya tidak bergerak ) 3.Pemilik suara bukan merupakan bagian dari cerita 1. Pemilik suara tidak tampak, tapi ia adalah salah satu tokoh dalam film 2. Pemilik suara tampak tapi diam (bibirnya tidak bergerak ) 3.Pemilik suara bukan merupakan bagian dari cerita

Tiga Fungsi Voix Off 1. Menampilkan suara dari salah satu tokoh dalam film yang sedang menceritakan suatu kisah…. 2. Jika pemilik suara tampak di layar tapi tidak berbicara, hanya suaranya yang terdengar, maka voix off di sini dipakai untuk menampilkan pemikiran tokoh atau suara batin. 3. Pemilik suara hanyalah narator dari film. Untuk film dokumenter atau film bertema dongeng. 1. Menampilkan suara dari salah satu tokoh dalam film yang sedang menceritakan suatu kisah…. 2. Jika pemilik suara tampak di layar tapi tidak berbicara, hanya suaranya yang terdengar, maka voix off di sini dipakai untuk menampilkan pemikiran tokoh atau suara batin. 3. Pemilik suara hanyalah narator dari film. Untuk film dokumenter atau film bertema dongeng.

Efek Suara Efek suara sinkronis Efek suara sinkronis Suara yang sinkroni atau sesuai dengan gambar Suara yang sinkroni atau sesuai dengan gambar Efek suara asinkronis Efek suara asinkronis Suara yang tidak sinkroni atau tidak sesuai dengan gambar Suara yang tidak sinkroni atau tidak sesuai dengan gambar

Musik Musik adegan (diegesis): musik berasal dari dalam film. Biasanya menjadi latar sekaligus memberikan karakter pada adegan: musik di saloon pada film western, personnages écoutant une musique en rapport avec leur situation, évoquant un souvenir, etc. - Musique de fosse (source sonore extra- diégétique): elle colle à l'image : soit elle la renforce (effet de redondance), soit elle fournit des informations (ex : musique inquiétante quand apparaissent des personnages négatifs, tristesse pour certains personnages... ) Musik adegan (diegesis): musik berasal dari dalam film. Biasanya menjadi latar sekaligus memberikan karakter pada adegan: musik di saloon pada film western, personnages écoutant une musique en rapport avec leur situation, évoquant un souvenir, etc. - Musique de fosse (source sonore extra- diégétique): elle colle à l'image : soit elle la renforce (effet de redondance), soit elle fournit des informations (ex : musique inquiétante quand apparaissent des personnages négatifs, tristesse pour certains personnages... )

Le rôle de la musique adéquation entre musique et image : la musique suit, renforce (dans quelques cas pallie même) l'action : scènes rythmées, etc. - information : la musique par son pouvoir connotatif nous informe sur un personnage (" un méchant", par exemple) - le leitmotiv : il s'agit d'un air, d'un thème musical qui revient périodiquement au cours d'un film : il sert soit à illustrer un ou des sentiments d'un ou de plusieurs personnages (courant chez Hitchcock qui rappelle ainsi fréquemment les névroses de ses personnages), soit à illustrer un thème fondamental du film. Le leitmotiv, thème musical récurrent peut, bien que répété souvent, ne prendre son sens que lors d'une scène clé. Il peut donc avoir le rôle, comme en littérature de prolepse (annonce d'un événement qui prendra place plus loin dans la narration) ou d'analepse (retour à un événement déja passé, souvenir marquant, obsédant ) - Le contrepoint : il peut y avoir une rupture entre l'image et le son. Il se crée une distance ironique entre ce qui est montré et le commentaire que la musique superpose à l'image. Ainsi dans Orange Mécanique (Kubrick), les scènes violentes sont narrées sur fond de musique classique. De même, dans 2001, l'Odyssée de l'espace, la musique classique (Ainsi parlait Zarazoustra de Strauss) illustre-t-elle une pure scène de science-fiction (voyage en navette spatiale...) Il y a là un effet d'ironie, de distance vis à vis de l'image qu'il est toujours fructueux d'étudier. adéquation entre musique et image : la musique suit, renforce (dans quelques cas pallie même) l'action : scènes rythmées, etc. - information : la musique par son pouvoir connotatif nous informe sur un personnage (" un méchant", par exemple) - le leitmotiv : il s'agit d'un air, d'un thème musical qui revient périodiquement au cours d'un film : il sert soit à illustrer un ou des sentiments d'un ou de plusieurs personnages (courant chez Hitchcock qui rappelle ainsi fréquemment les névroses de ses personnages), soit à illustrer un thème fondamental du film. Le leitmotiv, thème musical récurrent peut, bien que répété souvent, ne prendre son sens que lors d'une scène clé. Il peut donc avoir le rôle, comme en littérature de prolepse (annonce d'un événement qui prendra place plus loin dans la narration) ou d'analepse (retour à un événement déja passé, souvenir marquant, obsédant ) - Le contrepoint : il peut y avoir une rupture entre l'image et le son. Il se crée une distance ironique entre ce qui est montré et le commentaire que la musique superpose à l'image. Ainsi dans Orange Mécanique (Kubrick), les scènes violentes sont narrées sur fond de musique classique. De même, dans 2001, l'Odyssée de l'espace, la musique classique (Ainsi parlait Zarazoustra de Strauss) illustre-t-elle une pure scène de science-fiction (voyage en navette spatiale...) Il y a là un effet d'ironie, de distance vis à vis de l'image qu'il est toujours fructueux d'étudier. On utilise là le fort pouvoir connotatif de la musique : musique parfois sirupeuse pour les scènes sentimentales, plus inquiétante pour faire naître l'angoisse, etc. On utilise là le fort pouvoir connotatif de la musique : musique parfois sirupeuse pour les scènes sentimentales, plus inquiétante pour faire naître l'angoisse, etc.

Silence/ Keheningan

Sumber Suara Diegesis vs Nondiegesis Diegesis vs Nondiegesis Onscreen vs Offscreen Onscreen vs Offscreen

Diegesis vs Nondiegesis Diegesis : sumber suara dapat ditemukan di dalam film atau merupakan bagian dari cerita Diegesis : sumber suara dapat ditemukan di dalam film atau merupakan bagian dari cerita Nondiegesis: sumber suara tidak terdapat di dalam film Nondiegesis: sumber suara tidak terdapat di dalam film

Onscreen vs Offscreen Onscreen : sumber suara tampak di dalam gambar Onscreen : sumber suara tampak di dalam gambar Offscreen : sumber suara tidak tampak dalam gambar tapi penonton tetap tahu siapa atau apa yang bersuara Offscreen : sumber suara tidak tampak dalam gambar tapi penonton tetap tahu siapa atau apa yang bersuara

Kualitas Suara

Editing Suara classes.yale.edu/film-analysis classes.yale.edu/film-analysis

Hubungan Suara dan Gambar Tiga hubungan suara dan gambar yang dapat terjadi dalam film : Tiga hubungan suara dan gambar yang dapat terjadi dalam film : - suara in : sumber suara (vokal, suara latar, efek suara, musik) tampak di layar. - suara hors champ : sumber suara tidak tampak di layar tapi ada di dalam film atau adegan. - suara off : la source est située dans un autre espace-temps que celui qui est représenté à l'écran. (C'est la cas, très souvent par exemple, de la musique de film qui "accompagne" et qu'on appelle dans ce cas, musique de fosse) - suara in : sumber suara (vokal, suara latar, efek suara, musik) tampak di layar. - suara hors champ : sumber suara tidak tampak di layar tapi ada di dalam film atau adegan. - suara off : la source est située dans un autre espace-temps que celui qui est représenté à l'écran. (C'est la cas, très souvent par exemple, de la musique de film qui "accompagne" et qu'on appelle dans ce cas, musique de fosse) Ce qui est important à déterminer : savoir s'il y a adéquation entre l'image et le son (le plus courant) ou si au contraire, il y a rupture. Ce qui est important à déterminer : savoir s'il y a adéquation entre l'image et le son (le plus courant) ou si au contraire, il y a rupture.

Fungsi Suara dalam Film Menarik perhatian penonton Menarik perhatian penonton Menjaga harapan, mood penonton Menjaga harapan, mood penonton Ekspresi/Sudut dengar Ekspresi/Sudut dengar Menjaga irama film Menjaga irama film Karakterisasi Karakterisasi Kontinuitas Kontinuitas Penekanan Penekanan