PENCARIAN RUTE TERPENDEK PADA CITRA LABIRIN MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA SEBAGAI PEMANDU GERAK MICROMOUSE ROBOT DWIJAYA SANTOSO 08.41020.0051.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 8 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST., M.Eng
Advertisements

Konversi citra Satriyo.
Daniel Richard Andriessen S1 Sistem Komputer
Mahmud Yunus, S.Kom., M.Pd., M.T.
Oleh: Hanny Kristianto
Flowchart (Diagram Alur)
Pengolahan Citra 4 – Peningkatan Kualitas Citra Disusun oleh: Teady Matius – Dari berbagai sumber.
CITRA BINER Kuliah ke 11 4/7/2017.
Segmentasi Citra.
Graf Berarah PART 5 DOSEN : AHMAD APANDI, ST.
MIKROKONTROLER AT89S51 SIMULASI SISTEM KENDALI JEMBATAN OTOMATIS BERBASIS for further detail, please visit
Pengolahan Citra 2-Akuisisi Citra Dari berbagai sumber
Representasi RGB pada Citra Digital
PI, Fakultas Ilmu Komputer, 2007 Robot Pembersih Lantai Otomatis Berbasis Mikrokontroler AT89S52 for further detail, please visit
Operasi-operasi dasar Pengolahan Citra Digital~3
GRAF PLANAR DAN PEWARNAAN GRAF
Anna Hendrawati STMIK CILEGON
Pertemuan 24 BRANCH AND BOUND (2)
ALAT PENGHITUNG DENGAN SENSOR INFRA RED. Andy Martanto
Pokok Bahasan 4 Topologi Paralel Prosesor
TEORI GRAF.
IMAGE ENHANCEMENT (PERBAIKAN CITRA)
Bahan Kuliah IF2091 Struktur Diskrit
1. Pendahuluan Image Processing 1. Content: 1.Aplikasi Citra 2.Pengertian Citra Digital 3.Pengertian Piksel 4.Sampling 5.Kuantisasi 6.Jenis Citra 7.RGB.
CITRA BINER.
Bahan Kuliah IF2091 Struktur Diskrit
Perbandingan Algoritma Brute Force dan Depth First Search (DFS) dalam Kasus Travelling Salesman Problem (TSP) Ervin Yohannes ( )
Pert 4 METODE PENCARIAN.
Graf Berarah / DIGRAPH PART 5 DOSEN : AHMAD APANDI, ST.
Bahan Kuliah IF2151 Matematika Diskrit
TEORI GRAPH (LANJUTAN)
Pendekatan Inferensi dalam Sistem Pakar
Graf Berlabel Graf Euler Graf Hamilton
Image Processing 1. Pendahuluan.
Bahan Kuliah IF2151 Matematika Diskrit
EDY WINARNO fti-unisbank-smg 31 maret 2009
Studi kasus Graph Ali Ridho Barakbah.
Pendekatan Inferensi dalam Sistem Pakar
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
STRATEGI PELACAKAN PERTEMUAN MINGGU KE-3.
Teori Warna Grafik Komputer 2.
Operasi Dasar Pengolahan Citra
Matematika Diskrit Semester Ganjil TA Short Path.
Dasar Pemrosesan Citra Digital
BAB 10: Short Path Matematika Diskrit DU1023 Heru Nugroho, S.Si., M.T.
STRUKTUR DATA Struktur Data Graf.
Trees Directed Graph Algoritma Dijkstra
Analisa Jaringan Teori Optimasi Teori Optimasi.
EDY WINARNO fti-unisbank-smg 14 April 2009
PERTEMUAN KE-1 Sumber :Prof. Sinisa Todorovic
03.7 Latihan Membaca Flowchart.
Pengolahan Citra Digital
PENINGKATAN KUALITAS CITRA (Image Enhancement)
Pengolahan Citra Digital
Model Jaringan.
Graf (bagian 2) Oleh: Taufik Hidayat Struktur Diskrit.
POHON DAN APLIKASI GRAF
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Konsep Dasar Pengolahan Citra
L A B I R I N MAIN KELUAR Agnes Adventia/
Bahan Kuliah IF2091 Struktur Diskrit
Pengolahan Citra Digital. Pembentukan Citra Citra dibagi menjadi 2 macam : 1.Citra kontinyu : adalah citra yang dihasilkan dari sistem optik yang menerima.
Algoritma dan Struktur Data
KONSEP DASAR CITRA DIGITAL (2) dan SISTEM PEREKAMAN CITRA
Negasi Pengolahan Citra Danar Putra Pamungkas, M.Kom
Bahan Kuliah IF2091 Struktur Diskrit
Bahan Kuliah Matematika Diskrit
Program Linier - Daerah Fisibel Tak Terbatas
Logika Matematika/DPH1A3
Graf dan Analisa Algoritma
Transcript presentasi:

PENCARIAN RUTE TERPENDEK PADA CITRA LABIRIN MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA SEBAGAI PEMANDU GERAK MICROMOUSE ROBOT DWIJAYA SANTOSO 08.41020.0051

LATAR BELAKANG Kompetisi Micromouse Robot

LATAR BELAKANG Penelitian terhadap Micromouse Robot untuk mencari jalur terpendek pada lintasan labirin telah dilakukan Rusmini Setiawardhana dan M.Iqbal Nugrah dengan menggunakan algoritma backtracking. Pada penelitian Anita Nur Syafidtri, Micromouse Robot untuk mencari jalur terpendek dari titik start ke finish pada lintasan labirin menggunakan algoritma Depth-First Search.

LANDASAN TEORI ALGORITMA DIJKSTRA Algoritma Dijkstra ditemukan oleh Edsger W. Dijkstra. Merupakan salah satu varian bentuk algoritma popular dalam pemecahan persoalan yang terkait dengan masalah optimisasi dan bersifat sederhana. Algoritma ini menyelesaikan masalah mencari sebuah lintasan terpendek (sebuah lintasan yang mempunyai panjang minimum) dari vertex a ke vertex z dalam graph berbobot, bobot tersebut adalah bilangan positif jadi tidak dapat dilalui oleh node negatif, namun jika terjadi demikian, maka penyelesaian yang diberikan adalah infinity. (Lubis, 2009).

Konversi Citra True Color ke Grayscale LANDASAN TEORI Konversi Citra True Color ke Grayscale Ko = wr. R + wg. G + wb. B Bobot-bobot wr, wg, dan wb merupakan bobot untuk elemen warna merah, hijau, dan biru. National Television System Committee (NTSC) mendefinisikan bobot untuk konversi citra true color ke grayscale ini adalah sebagai berikut: wr = 0.299, wg = 0.587, dan wb = 0.144. (Basuki, 2005)

LANDASAN TEORI Thresholding Jika α₁ = 0 dan α₂ = 1, maka operasi pengambangan mentransformasikan citra hitam-putih ke citra biner. Dengan kata lain, nilai intensitas pixel semula dipetakan ke dua nilai saja: hitam dan putih. (Munir, 2004).

LANDASAN TEORI Mobile Robot Micromouse Robot menggunakan mobile robot komersil Pololu 3π. Micromouse Robot yang digunakan dilengkapi dengan sensor dinding IR (Infra Red) dan Mikrokontroler ATMega644P sebagai pengendali utama yang terhubung dengan mikrokontroler pada Pololu 3π robot yaitu ATMega328P sebagai pengendali motor. (Pololu).

METODE PENELITIAN Blok Diagram

STRUKTUR DATA

FLOWCHART APLIKASI PENGOLAHAN PADA KOMPUTER

FLOWCHART PENCARIAN NODE

FLOWCHART PADA MICROMOUSE ROBOT (ATMEGA644P)

DEMO PROGRAM