SEJARAH KESUSASTRAAN JEPANG

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kelas : XI IPA 4 Jajar Martono
Advertisements

PERIODESASI SASTRA INDONESIA
PEMERINTAH KOTA PONTIANAK
Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV semester I
TEORI DRAMA oleh: Nina Kartini Rahdiana.
Rela Berbagi – Ikhlas Memberi
TRADISI MASA PRA AKSARA MASYARAKAT INDONESIA
Nama : Hj. Ilas Sulasiah, S.Pd. NIM : NIP :
AWAL MULA.
Dosen Pembimbing: Siti Nadroh, M.Ag 1 Agama Shinto   Nama Mahasiswa: Ahmad Chaidoni/TH/III   Mata Kuliah: Agama-Agama Dunia   Dosen Pembimbing:Siti.
UNSUR EKSTRINSIK, NILAI MORAl & penulisan makalah sastra
Kebudayaan Jepang ; Suatu Pengantar
Pendekatan dalam sastra
Mitologi Jepang.
Standar Kompetensi: Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan Kompetensi Dasar: Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat.
Fungsi Sastra & Produksi-Reproduksi Karya Sastra
Sejarah Peradaban Lembah Sungai Kuning (Hoang Ho)
Maulfi Syaiful Rizal FIB UB
HIKAYAT.
Pusat Sumber Belajar
Bentuk-bentuk Karya Sastra Melayu Klasik
Apa yang kalian ketahui tentang gambar berikut?
GENRE FOLKLOR, TRADISI LISAN, dan SASTRA LISAN
Sejarah Kesusastraaan Jepang
Pengantar Kesusastraan Umum
TRADISI MASYARAKAT MASA PRA AKSARA.
Nihonshi, 8 Maret 2012 Nara Jidai
Pertemuan ketiga Shodou/shuuji(書道・習字)
Three Major Traditions of Japanese Thought
TRADISI MASYARAKAT INDONESIA MASA PRA AKSARA DAN MASA AKSARA
Sastra Korea dapat dibagi menjadi :
Korea juga memiliki keberagaman dalam karya prosanya
FILOLOGI SEBAGAI ILMU BANTU
PENGAJARAN APRESIASI PUISI ANAK
PENGERTIAN KURIKULUM Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman.
Membaca Pemahaman Interpretatif
Kebudayaan Jepang.
Peninggalan Sejarah Hindu
Pengantar Ilmu Komunikasi
MENGIDENTIFIKASI KARAKTERISTIK DAN STRUKTUR UNSUR INSTRINSIK SASTRA MELAYU KLASIK kita akan membahas karakteristik dan struktur unsur instrinsik sastra.
Perayaan Yuanxiao Jie (元宵節) Pertemuan 9
BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS VI SEMESTER GENAP
TUGAS TEKKOM “SENI TARI SALAH SATU BAGIAN DARI KEBUDAYAAN INDONESIA”
MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS
TRADISI LISAN.
TAO (TAOISME).
BAB III TRADISI MASA PRA-AKSARA DAN AKSARA MASYARAKAT INDONESIA
TRADISI SEJARAH DALAM MASYARAKAT INDONESIA
SURAT UNDANGAN KELAS V SEMESTER 1 SK KD TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI.
Latar Belakang Masalah
STANDAR KOMPETENSI Mengungkapkan pikiran, Perasaan,dan informasi dengan berbalas pantun dan bertelpon. KOMPETENSI DASAR Berbalas pantun dengan lafal dan.
Kesusastraan Zaman Heian
Pertemuan ketiga Shodou/shuuji(書道・習字)
Kesusastraan Jepang Jaman Joodai (Joodai Bungaku)
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Kebangkitan Shinto dan Agama baru
ZEN BUDHISME OLEH : MUHAMMAD LUTHFI DAMANHURI ( )
APRESIASI PROSA FIKSI ANAK
Kelompok Delina Kartina Nuryani Dewi Yosep Sendi Daniel
TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU-BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA
AGAMA SHINTO OLEH KHAIRUL UMAM TAFSIR HADITS USHULUDDIN dan FILSAFAT
TINJAUAN DESKOMVIS TOPIK 5 MODEL TINJAUAN ESTETIKA FILOSOFI DARI RENAISANCE, PENCERAHAN, MODERN DAN POST MODERN TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN.
BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS VI SEMESTER II.
LOADING……….
PUISI Risa Argiyanti A
EED 3200 SEJARAH BAHASA, KESUSASTERAAN, KEBUDAYAANDAN MELAYU (History of Malay Language, Literature and Culture) Pensyarah: Shamsudin Othman Jabatan Pendidikan.
KELOMPOK 2 ANGGOTA: 1.Antares Alvian Dinosa Agaki (08) 2.Arif Fahmi Rizal (09) 3.Arya Mahendra Asmara (10) 4.Kristo Roy Martahan Pasaribu (22) 5.Vira Nur.
Nihonshi Oleh : Kelompok 3.
TEKS KRITIK DAN ESAI BAHASA INDONESIA Dra. Ni Wayan Suadi
NASKAH KORAN BUKU PRASASTI SUMBER TULISAN Sumber tulisan adalah sumber tertulis yang didalamnya terdapat informasi sejarah, antara lain prasasti, naskah,
Transcript presentasi:

SEJARAH KESUSASTRAAN JEPANG Fitriana Puspita Dewi

RPKPS Kesusastraan Zaman Joodai (上代)-ancient (Zaman Nara-Heian) Kesusastraan Klasik 中古文学 (Zaman Heian-Kamakura) Kesusastraan Zaman Pertengahan 中世文学 (Zaman Kamakura-Edo) Kesusastraan Pra Modern 近世文学 (Zaman Edo-Meiji) Kesusastraan Modern 近代文学 (Zaman Meiji-Pasca WWII)

Buku Referensi Sejarah Kesusastraan Jepang, Isoji Asoo, UI Press Pengantar Kesusastraan Jepang, Darsimah Mandah dkk, UI Press Early Modern Japanese Literature, an anthology 1600-1900, Haruo Shirane, Columbia University Press The Concept of “Literature” in Japan, Suzuki Sadami, Nichibunken-Kyoto

KEEP CALM AND STUDY WELL

CIKAL BAKAL KESUSASTRAAN JEPANG Upacara ritual magis sebagai perwujudan keinginan utama manusia dan untuk menaklukan rasa takut akan kematian Struktur upacara : tindakan dan bahasa Bahasa yang dipakai di upacara  nyanyian, pemujaan kepada dewa bahasa yang berbeda dari bahasa sehari-hari  SASTRA

Kesusastraan Zaman Joodai Garis besar Joodai Bungaku (Yamato Bungaku)tidak diketahui secara pasti kapan mulainya tapi berakhir ketika ibukota pemerintah pindah ke Heian tahun 794 Penerimaan Kebudayaan China ; Pembuatan istana, Undang-undang, buku-buku, agama Budha, Huruf Kanji, dll Sastra berupa sastra lisan (Kooshoo Bungaku)

Karya Sastra di zaman Jodai Kojiki ; Nihonshoki Manyooshu Kaifushoo Fudoki (sebenarnya buku catatan ilmu bumi seperti luas suatu daerah, batas-batas dan hasil bumi dsbnya)

Kojiki 古事記 Karya sastra tertua di Jepang, ditulis tahun 711-712, oleh O no yasumaro, atas perintah kaisar Genmei. Kojiki merupakan kumpulan mitos tentang dewa-dewa dan 4 pulau utama di Jepang. Mitos ttg dewa mengisnpirasi praktek Shinto Kojiki mengandung puisi/lagu, ditulis dengan Manyogana (huruf China dibaca ala Jepang) Kojiki terbagi 3 bagian , Kamitsumaki (上巻 ), the Nakatsumaki (中巻)and the Shimotsumaki(上巻)

Nihonshoki 日本書紀 Nihonshoki adalah catatan tertua kedua di Jepang, ditulis tahun 720 oleh Ono Yasumaro atas perintah Pangeran Toneri Seperti Kojiki, Nihonshoki berisi tentang mitos para dewa dan kisah para kaisar Tulisan yang dipakai adalah kanji China klasik Cerita Urashima Taro pernah disinggung dalam Nihonshoki, dengan judul Hoderi dan Hoori (keberuntungan di laut dan di gunung)  dalam Nihonshoki juga terdapat dongeng

Manyooshuu 万葉集 Adalah kumpulan pantun lama. Di dalam manyooshu ini terdapat Kayoo, Waka dan Kanbunshi (Syair China) Manyooshuu terdiri dari 3 bagian yakni Zooka (pantun biasa), Soomon (pantun cinta), Banka (pantun sedih) Jumlah pantun dalam Manyooshuu ada 4500 buah Penyusun dari Manyooshu diduga Ootomo Yakamochi.

Kaifusoo (懐風藻) Kumpulan koleksi puisi China tertua yang ditulis oleh orang Jepang atas perintah kaisar Kobun Pada masa Kaifusoo ditulis, puisi China merupakan karya paling berkelas dibanding Waka (pantun Jepang) Penulis Kaifusoo ada 64 orang terdiri dari kaisar, pangeran, kepala suku, pejabat kekaisaran, pendeta dan lain-lain, terbatas pada golongan yang berpendidikan.

BENTUK-BENTUK KESUSASTRAAN ZAMAN JOODAI

Shinwa (Mitologi)神話 Cerita yang berintikan para dewata, mengenai asal mula terjadinya alam semesta, manusia, negara dan kebudayaan. Shinwa terdapat di bagian pendahuluan Kojiki Mitologi yang sangat terkenal ; Kunjungan Dewa Izanaki no Mikoto ke negara neraka, Upacara menyucikan diri, Doa permohonan Dewi Amaterasu Omikami dan Susa no Omikoto, Menaklukan raja ular berkepala 8, Kunjungan pangeran Nushi dari negara Okuni ke negara Ne no Katasu.

Densetsu(Legenda)伝説 Dibanding mitologi lebih memiliki sifat kenyataan yang kuat, berhubungan dengan tempat & periode tertentu, tokohnya orang terkenal dalam sejarah/pahlawan tapi tetap fiksi. Contoh yang terkenal adalah legenda tentang Jinmu Tenno dan keluarganya, Yamato Takeru no Mikoto yang melukiskan kejayaan Dinasti yamato.

Setsuwa (Dongeng)説話 Tokoh dalam Setsuwa tidak terbatas pada dewa-dewa saja, tapi juga tokoh yang namanya tidak dikenal atau binatang dan tumbuhan. Isinya lebih kepada perasaan, harapan dan cara berpikir rakyat jelata Setsuwa sering disebut juga Joji Bungaku (Sastra Epik) Cth Setsuwa ; Urashima Taro, hagoromo dll

Norito -Mantera(祝詞 ) Norito adalah 27 pasal yang tertera dalam Engishiki jilid 8 Norito merupakan mantra-mantra sederhana sehingga penggunaannya untuk berhubungan dengan dewa-dewa Norito diucapkan dengan bahasa penuh rasa, berbeda dari bahasa sehari-hari, terdapat pengulangan, perumpamaan dll

Senmyoo (宣命) Senmyoo adalah 62 perintah Tenno dalam buku Shoku Nihongi Senmyoo dipakai untuk menyampaikan perintah dan dekrit Tennoo kepada masyarakat; seperti penobatan & penggantian Tenno, pemilihan permaisuri, penetapan Zaman Senmyoo dipakai sebagai alat komunikasi rakyat dan kaisar Senmyoo ditulis dengan kanji dan disampingnya diberi keterangan dengan huruf kecil Manyogana

Kayoo -Nyanyian(歌謡) Asal mula Kayoo tercetus dari gerak hati yang diungkapkan dengan kata yang sangat sederhana, dari teriakan ketika sedang bekerja atau memuja dewa. Pantun pada zaman primitif diperkirakan berasal dari pertukaran kata-kata yang diucapkan Dewa Izanaki dan Dewi Izanami seperti “Anani Yashie Otoko o” dan “Anani Yashie Otome o” Tempat menyanyikan Kayoo terutama di istana saat pesta minum sake, sementara bagi rakyat di sebut Utagaki atau Kagai. Saat pria dan wanita ketika musim semi dan musim gugur berkumpul dan saling menyanyikan kayoo dengan maksud meminang. Biasanya di pantai atau di gunung

Pengarang & Pembuatan Kayoo Pengarang Kayoo tertulis di Kojiki dan Nihonshoki tapi tidak bisa dipercaya karena Kayoo merupakan cerita dari mulut ke mulut. Materi Kayoo; binatang, tumbuhan, alam, hasil laut, usaha manusia Menggunakan Kasane Kotoba (pengulangan kata), Tsuika (Penggambaran kontras), Zensoho(Penggambaran puncak suatu keadaan). Terdapat juga pengulangan kata yang sama bunyi (doon), pengulangan kata-kata yang sama (doogo), kalimat yang sama (doku)

Kanshibun 漢詩文 Kanshibun adalah syair berbentuk bahasa Cina yang dibaca secara bahasa Jepang. Namun karena banyak kerusuhan akhirnya Kanshibun banyak yang hancur misalnya Umakaishuu karya Fujiwara no Umakai pada awal zaman Nara. Yang tersisa adalah Kaifusoo yang ditulis Yamanoueno Okura Kaifusoo berisikan syair tentang pesta, penyair berpesiar naik perahu dan syair jawaban terhadap permintaan kaisar.

Contoh Kanshibun

Kojiki Nihonshoki

Manyooshu