PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TARBIYAH) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Semuanya Indah Jangan Menangis Mama
Advertisements

Permainan dan cara memainkannya
PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKAN KELOMPOK
Pengantar Game untuk membuka dan menutup kelas ini dimaksudkan bukan untuk mempengaruhi guru melainkan memberikan nuansa tambahan dari guru dalam.
Latar Belakang Responden
Panitia AKS BEM FKIP Universitas Wiraraja
Bacalah dengan teliti, ini sangat penting!
Tugas Disain Pelatihan Nama: Siti Rohana NPM:
Pengantar Gambar: David Castillo Dominici / FreeDigitalPhotos.net m Bagian 1 Pedoman WUS: Hal. 57.
Tamansari Persada,Taman Rosalina Bogor
Meningkatkan kekompakan ketrampilan serta kepercayaan anggota kelompok
TUGAS DESAIN PELATIHAN NGATILAH MEMASANGKAN CINCIN Kelompok : terdiri dari 8 sampai 15 orang Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan : a. Satu pensil.
CHAOS Grup size: 15 sampai 30 Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan: kertas dan pena Nurmiyati. NPM :
MENYUSUN HALAMAN KORAN TRI WULANDARI /
MODEL PENDEKATAN BERNUANSA KONSTRUKTIF
PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN
Topik 09 Exam Skill 1 Prepared by Kunaifi © 2010 The Department of Electrical Engineering UIN Suska Riau. All rights reserved.
Nama Permainan : MENYEBUT NAMA TEMAN KENALAN DAN TOKOH
HAMBATAN BELAJAR ORANG DEWASA
Tujuan: Untuk meningkatkan komunikasi kelompok. Langkah-langkah: 1.Meminta peserta untuk berdiri pada dua baris yang berhadapan satu ysng bertanya.
c. Membaca: Membaca Cepat(skimming) Berbagai Teks Nonsastra
Membaca Cepat Permulaan
5 macam permainan dalam pelatihan
PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN
DI SUSUN OLEH: ENI SUSILOWATI ( )
Paket 9 Mata Kuliah Pembelajaran Tematik
Bola basket.
NAMA: FAJARRUDIN NPM: Tugas Desain Pelatihan MID Semester Genap 2012 UMY.
Final Game utk jenjang SMP
TIKUS DAN KUCING TUJUAN: MELATIH KERJASAMA ANTAR PESERTA
Tips Memulai Meditasi Bagi Pemula
PERTEMUAN KE-14 PERKULIAHAN SISTEM OPERASI By : Nanda Prasetia, ST.
Perkembangan Komunikasi Aktif-Pasif
Nama Permainan : ARISAN HEBOH IDOL Oleh : Nama Mahasiswa : HADI NUR SETYAWAN NIM : Semester: VI Reguler 2009 Gunungkidul ijk.
MUSIK UNTUK ANAK BEGERAK DALAM MUSIK.
Tata Tertib Pengawas Ruangan Dan Peserta UN
Tugas desain pelatihan UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
PETUNJUK SELAMAT! Tim Anda terpilih untuk mengikuti THE AMAZING RACE on KEBUN RAYA BOGOR Pastikan Tim Anda menerima 1 bingkisan yang berisikan PETA, ATURAN.
Nama Permainan : Benda Apa Ini ? Dosen : Drs. Mujiyana, M.Si
WARNA Ria Lestari NPM : NEXT. Tujuan Untuk meningkatkan interaksi dalam team Bahan : Tidak ada Waktu : 10 menit Jumlah peserta : 15 s/d 30.
Nama Permainan : petani dan pencuri Dosen : Drs. Mujiyana, M.Si
Nama Permainan : KURSI DAN POHON
Games and ice breakings
Jumlah Peserta Waktu Tujuan Alat dan bahan Langkah - langkah.
DIDALAM YESUS TIDAK ADA PENGHUKUMAN
IV. MERUMUSKAN MASALAH Perlunya merumuskan masalah.
PRESENTASI LISAN.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM
Penjaskes Jilid 2 Penjaskes Permainan
Bola basket.
LOMBA CALISTUNG.
STRATEGI PENINGKATAN DAYA SIMAK
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
IV. MERUMUSKAN MASALAH A. Perlunya merumuskan masalah.
01.1 Hari-1 Sesi-1 Pendahuluan.
STRATEGI PENINGKATAN DAYA SIMAK
Belajar Dengan Melihat (visual)
LOMBA CALISTUNG.
MEMELIHARA JEMAAT AGAR SETIA
TALKING STIK buka.
DISKUSI Oleh: A. Maneke.
MACAM-MACAM MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF
MEMBACA NYARING Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Tangerang 2015.
PERMAINAN TRADISIONAL ULAR NAGA KELOMPOK 3 1. FRANSISKA WENY NDRAHA( ) 2. PUTRI WIDYA SARI( ) 3. SRI DEVIANI NAINGGOLAN( ) 4. TURIA.
R E N U N G K A N !! Orang yang bertanya , bodoh dalam lima menit, dan orang yang tak bertanya akan bodoh selamanya ( pepatah China ) Sukses dalam.
PERSIAPAN MATRIKULASI MTSN 5 TULUNGAGUNG MUHAMAD DOPIR.
IV. MERUMUSKAN MASALAH A. Perlunya merumuskan masalah.
Permainan Kartu Pecahan Senilai
MINDSET adalah POLA BERFIKIR Mindset akan mengarahkan anda kemana anda akan pergi dari tujuan hidup yang anda arahkan, baik yang anda inginkan ataupun.
Transcript presentasi:

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TARBIYAH) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DESAIN PELATIHAN Dosen Pengampu : Drs. Mujiyana M.Si Untuk Memenuhi Tugas : MID Semester 6 Disusun Oleh : Endar wulandari NPM 20090720183 FAKULTAS AGAMA ISLAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TARBIYAH) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA 2012/2013

1. PERCAYA PADAKU Jumlah Anggota: 12-36 Waktu : 30 menit Materi: Menutup Mata Tujuan : Untuk membangun tim kelompok, dalam membangun kepercayaan antara yang satu dengan yang lain. PERCAYA PADAKU PERGI JALAN-JALAN BALON TEPUNG PERMAINAN KATA BOLA MUSIC HOME

Langkah-Langkah : Fasilitator akan membagi kelompok menjadi 3-4 kelompok. Peserta harus dengan sukarela.

Kelompok harus memilih satu orang untuk ditutup matanya.

Yang satu menjadi pemimpin yang akan memerintahkan orang ditutup matanya.

Kelompok harus memilih satu orang untuk ditutup matanya dan yang satu menjadi pemimpin yang akan memerintahkan orang ditutup matanya untuk berjalan dari ujung A ke ujung B. Instruksi boleh menggunakan perintah secara lisan.

Anggota kelompok yang lain boleh membantu seseorang yang ditutup matanya, untuk membuat dia yakin atau jangan sampai dia menabrak sesuatu. Ketika berjalan (dua atau tiga menit) menyelesaikan, orang-orang harus merubah peran dan melakukan ulang menggunakan rute yang tidak sama.

2. PERGI JALAN-JALAN Jumlah Anggota : 15-20 Waktu : 15-20 menit PERCAYA PADAKU Jumlah Anggota : 15-20 Waktu : 15-20 menit Tujuan : Untuk meningkatkan konsentrasi dan ketrampilan daya ingatan. PERGI JALAN-JALAN BALON TEPUNG PERMAINAN KATA BOLA MUSIC HOME

Langkah-Langkah : Meminta kepada kelompok untuk membentuk lingkaran dan bertepuk tangan dengan bersama-sama.

Meminta kepada seseorang untuk memulai dengan berkata : “aku akan pergi jalan-jalan.... dan dalam perjalanan aku membawa.... (misalnya tas, makanan dll).

Orang selanjutnya akan mengulangi pernyataan yang pertama dan menambah artikel yang lain.

Permainan berlanjut sampai semua peserta mampu menambah artikel ke dalam daftar dan dapat mengulang seluruh daftar.

3. BALON TEPUNG Jumlah Anggota : 10-20 Waktu: 10-20 menit PERCAYA PADAKU Jumlah Anggota : 10-20 Waktu: 10-20 menit Alat-alat : Balon, Stik,Tepung,Kertas Tujuan : Untuk meningkatkan konsentrasi dan melakukan sesuatu. PERGI JALAN-JALAN BALON TEPUNG PERMAINAN KATA BOLA MUSIC HOME

Langkah-Langkah : Setiap kelompok mengajukan 3-4 orang untuk melakukan permainan memukul balon yang digantung. Setiap satu orang masing-masing kelompok berdiri disamping peserta yang memukul balon, dengan tangan menengadah keatas untuk memegang kertas yang jatuh kebawah. Apabila kertas itu tidak dapat dipegang maka peserta itu tidak mendapatkan hadiah.

Balon yang digantung berisi tepung, dan kertas yang ditulisi dengan kata-kata misal kata “buku” maka yang memukul balon itu akan mendapatkan buku dan apabila ada kata “coba lagi” maka peserta tidak mendapatkan apa-apa.

Setelah semua peserta melakukan semuannya, kata-kata yang didapatkan dari dalam balon bisa ditukarkan dengan barang.

4. PERMAINAN KATA Jumlah Anggota: 30-40 Waktu :Fleksibel Alat-Alat : Kertas dan Pensil Tujuan : Meningkatkan konsentrasi berfikir dan menghafal kalimat dalam waktu yang telah ditentukan. Meningkatkan kerja sama dalam kelompok. PERCAYA PADAKU PERGI JALAN-JALAN BALON TEPUNG PERMAINAN KATA BOLA MUSIC HOME

Langkah-Langkah : Membagi peserta menjadi 3 sampai 4 kelompok. Meminta salah satu diantara masing-masing kelompok untuk menjadi pemimpin yang akan menjadi pemimpin kelompoknya.

Setelah masing-masing kelompok sudah siap, pemimpinnya didepan dan anggota yang yang lain berjajar kebelakang.

Masing-masing pemimpin kelompok maju kedepan untuk membaca kalimat yang telah ditulis dalam kertas dalam waktu yang terbatas. Apabila waktu membacanya sudah habis, para pemimpin kelompok kembali ke kelompoknya.

Para pemimpin kelompok mengestafetkan kalimat itu ke orang pertama, kemudian orang pertama mengestafetkan ke orang kedua, dan seterusnya sampai kepada anggota yang terakhir.

Apabila semua telah selesai, orang terakhir masing-masing kelompok yang menerima kalimat itu disuruh maju mengatakan kalimat yang dia peroleh. Kalimat yang di ucapkan orang yang terakhir apakah sama yang telah dikatakan pemimpin mereka atau tidak. Apabila kalimatnya sama yang diucapkan pemimpinya maka proses penyampaian pesan yang berhasil dan bila kalimatnya tidak sama mungkin pemimpinya kurang berkonsentrasi dalam menyimpan kalimat, dan kalimat yang salah telah beredar ke anggota yang lain.

5. BOLA MUSIK PERCAYA PADAKU PERGI JALAN-JALAN BALON TEPUNG Jumlah Anggota : 40-50 Waktu : Feksibel Alat : Bola Tendang, Gawang, Kain Sarung, Tape Recorder dan Kaset Music Tujuan : Meningkatkan saling kerja sama, membentuk team yang solid Membuat fun dan menghilangkan beban pikiran (refreshing) PERGI JALAN-JALAN BALON TEPUNG PERMAINAN KATA BOLA MUSIC HOME

Langkah-Langkah : Membagi kelompok menjadi 3 sampai 4 kelompok. Masing-masing kelompok membentuk ketua dalam team sepakbola.

Setelah team terbentuk, masing-masing team yang akan bermain sepak bola memakai sarung dalam permainannya. Peraturannya apabila ada suara musik masing-masing team yang bermain harus bergoyang dan tidak boleh menendang bola, sampai suara music berhenti baru permainan bisa dilanjutkan.Permainannya diselang selingi suara music sampai ditemukan yang mana pemenangnya.

Apabila sessi permainan pertama telah selesai, maka berlanjut dengan team kelompok yang lain, dan permainan diselang selingi dengan suara music pula. Apabila setiap team sudah bermain, pemenangnya yang kompak dalam bermain dan bisa menghibur oarng-orang yang menonton.