Pengantar Strategi Algoritmik

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penyelesaian Masalah Dengan AI
Advertisements

Bahan Kuliah Matematika Diskrit
Teori P, NP, dan NP-Complete
Ruang Pencarian Pertemuan II.
Algoritma Branch & Bound (B & B)
Algoritma Greedy.
Pengantar Strategi Algoritma
Algoritma Runut-balik (Backtracking)
Algoritma Runut-balik (Backtracking)
Algoritma Branch and Bound
GRAF TIDAK BERARAH PART 2 Dosen : Ahmad Apandi, ST
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Design and Analysis of Algorithm Dynamic Programming
Algoritma Greedy (lanjutan)
Algoritma Branch and Bound
Algoritma Runut-balik (Backtracking)
Design and Analysis of Algorithm Back Track Algorithm
Hill Climbing Best First Search A*
Bahan Kuliah Matematika Diskrit
Program Dinamis (dynamic programming): metode pemecahan masalah dengan cara menguraikan solusi menjadi sekumpulan langkah (step) atau tahapan (stage)
Design and Analysis Algorithm
Algoritma Brute Force Oleh: Rinaldi Munir
Design and Analysis Algorithm
Ruang Keadaan (state space)
Algoritma Brute Force (lanjutan)
Algoritma Brute Force Oleh: Rinaldi Munir
Algoritma Runut-balik (Backtracking)
Algoritma Divide and Conquer (Bagian 1) Wahyul Wahidah Maulida, ST., M.Eng.
P31035 Algorithms and Complexity 3 SKS
Algoritma Greedy (lanjutan)
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
Bahan Kuliah IF2091 Struktur Diskrit
Perbandingan Algoritma Brute Force dan Depth First Search (DFS) dalam Kasus Travelling Salesman Problem (TSP) Ervin Yohannes ( )
Algoritma Brute Force.
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Algoritma Bruteforce Team Fasilkom.
Bahan Kuliah IF2211 Strategi Algoritma
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Branch and Bound Lecture 12 CS3024.
Design and Analysis Algorithm
Program Dinamis.
Review : Sistem yang menggunakan AI
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Analisa Algoritma (IF1282)
Algoritma Bruteforce (disarikan dari diktat Strategi Algoritma, Rinaldi Munir) Team Fasilkom.
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Exhaustive Search.
Algoritma Runut-balik (Backtracking)
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
LATIHAN 26 Buatlah sebuah algoritma untuk menampilkan jumlah faktor pembagi bilangan X, dengan X adalah 1 hingga N ! Misal Jumlah faktor dari 1 adalah.
Program Dinamis (Dynamic Programming)
CSG3F3/ Desain dan Analisis Algoritma
Analisa Algoritma Konsep Algoritma.
Program Dinamis (Dynamic Programming)
KECERDASAN BUATAN PERTEMUAN 10.
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Problem solving by Searching
Program Dinamis (Dynamic Programming)
KNIGHT’S TOUR PROBLEM DENGAN ALGORITMA BACKSTRACK (RUNUT BALIK)
Analisis dan Perancangan Algoritma
Algoritma Divide and Conquer
Graf (bagian 2) Oleh: Taufik Hidayat Struktur Diskrit.
Algoritma Divide and Conquer
Algoritma Runut-balik (Backtracking)
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Pengantar Strategi Algoritma
MASALAH & RUANG MASALAH
Algoritma Runut-balik (Backtracking)
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Transcript presentasi:

Pengantar Strategi Algoritmik

Apakah Strategi Algoritmik (Algorithm Strategies) Itu? Strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus (KBBI). Algoritma adalah urutan langkah-langkah untuk memecahkan suatu masalah.

Strategi algoritmik adalah kumpulan metode/teknik untuk memecahkan masalah guna mencapai tujuan yang ditentukan, yang dalam hal ini deskripsi metode atau teknik tersebut dinyatakan dalam suatu urutan langkah-langkah penyelesaian.

Klasifikasi Strategi Algoritmik Strategi solusi langsung (direct solution strategies) - Algoritma Brute Force - Algoritma Greedy 2. Strategi berbasis pencarian pada ruang status (state-space base strategies) - Algoritma Backtracking - Algoritma Branch and Bound

Strategi solusi atas-bawah (top-down solution strategies) - Algoritma Divide and Conquer. 4. Strategi solusi bawah-atas (bottom-up solution strategies) - Dynamic Programming.

Beberapa Masalah Klasik Travelling Salesperson Problem (TSP) Persoalan: Diberikan n buah kota serta diketahui jarak antara setiap kota satu sama lain. Temukan perjalanan (tour) terpendek yang dimulai dari sebuah kota dan melalui setiap kota lainnya hanya sekali dan kembali lagi ke kota asal keberangkatan.

2. Integer Knapsack (1/0 Knapsack) Persoalan: Diberikan n buah objek dan sebuah knapsack (karung, tas, buntilan, dsb) dengan kapasitas bobot K. Setiap objek memiliki properti bobot (weigth) wi dan keuntungan (profit) pi. Bagaimana memilih objek-objek yang dimasukkan ke dalam knapsack sehingga tidak melebihi kapasitas knapsack namun memaksimumkan total keuntungan yang diperoleh.

Contoh: n = 5; K = 20 w1 = 5; p1 = 20; w2 = 8; p2 = 30 w3 = 4; p3 = 50; w4 = 6; p4 = 10

3. Persoalan N-Ratu (The N-Queens Problem) Persoalan: Diberikan sebuah papan catur yang berukuran N  N dan delapan buah ratu. Bagaimanakah menempatkan N buah ratu (Q) itu pada petak-petak papan catur sedemikian sehingga tidak ada dua ratu atau lebih yang terletak pada satu baris yang sama, atau pada satu kolom yang sama, atau pada satu diagonal yang sama ?

Mencari Pasangan Titik yang Jaraknya Terdekat (Closest Pair) Persoalan: Diberikan n buah titik, tentukan dua buah titik yang terdekat satu sama lain.

Permainan 15-Puzzle Persoalan: Diberikan sebuah 15-puzzle yang memuat 15 buah ubin (tile) yang diberi nomor 1 sampai 15, dan satu buah slot kosong yang digunakan untuk menggerakkan ubin ke atas, ke bawah, ke kiri, dan ke kanan. Misalkan diberikan keadaan awal dan keadaaan akhir susunan ubin. Kita ingin menransformasikan susunan awal menjadi susunan akhir. (a) Susunan awal (b) Susunan akhir

Menemukan jalan keluar dari labirin (Maze Problem) Persoalan: Diberikan sebuah labirin dengan satu atau lebih pintu masuk dan satu atau lebih pintu keluar. Temukan jalan yang harus dilalui sehingga seseorang dapat keluar dengan selamat dari labirin tersebut (tidak tersesat di dalamnya).

Pewarnaan Graf (Graph Colouring) Persoalan: Diberikan sebuah graf G dengan n buah simpul dan disediakan m buah warna. Warnailah seluruh simpul graf G sedemikian sehin13gga tidak ada dua buah simpul bertetangga yang mempunyai warna sama (Perhatikan juga bahwa tidak seluruh warna harus dipakai)