Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CSG3F3/ Desain dan Analisis Algoritma

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CSG3F3/ Desain dan Analisis Algoritma"— Transcript presentasi:

1 CSG3F3/ Desain dan Analisis Algoritma
Branch and Bound Intelligence, Computing, Multimedia (ICM)

2 Branch and bound Basic idea and particularities
It is a method to solve combinatorial optimization problems It is based on the same idea as backtracking: it constructs a state space tree and stop developing a branch in this tree as soon as we can decide that it cannot lead to a solution Backtracking: - search for configurations which satisfy some constraints Branch and Bound: - search for configurations which satisfy some constraints and optimize a criterion (objective function) CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

3 What is Branch and Bound ?
Branch and Bound (B&B):explore all solutions using constraints (bounds) Lower Bound: min. possible value of solution Upper Bound: max. possible value of solution The problem is split into sub-problems Each sub-problems is expanded until a solution is obtained as long as its cost doesn’t exceed the bounds Its cost must be greater than the lower bound CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

4 Application: Knapsack Problem
Diberikan n items yang diketahui weights wi dan profit vi, i=1,2,…,n, dan kapasitas knapsack W. Langkah pertama mengurutkan density vi / wi secara descending: v1/w1≥v2/w2≥…≥vn/wn Langkah kedua, menghitung upper bound (ub): ub = v + (W-w)(vi+1/wi+1) CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

5 Application: Knapsack Problem
Perhatikan tabel knapsack berikut ini. Kapasitas knapsack W adalah 10. CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

6 Application: Knapsack Problem
Setiap level dari pohon ruang status menyatakan subsets dari n items. Path dari root memiliki dua cabang, masing-masing menyatakan: Cabang kiri  inclusion item Cabang kanan exclusion item Hitung ub root  = 100 CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

7 Application: Knapsack Problem
CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

8 Application: TSP Problem
Tentukan lb dengan panjang l dari setiap tour dengan formula: Untuk setiap kota i, 1≤i≤n, hitung hasil penjumlahan jarak si dari kota i ke dua kota terdekatnya. Lakukan penjumlahan tersebut sebanyak n, kemudian hasilnya bagi dengan 2. Lb = s/2 CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

9 Application: TSP Problem
Perhatikan graf berbobot berikut ini CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

10 Application: TSP Problem
Sebagai contoh, lb awal menghasilkan Lb = [(1+3)+(3+6)+(1+2)+(3+4)+(2+3)]/2 = 14 Persamaan lb tersebut dimodifikasi untuk edge(a,d) dan (d,a) atau tour lainnya: [(1+5)+(3+6)+(1+2)+(3+5)+(2+3)]/2 = 16 CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

11 Application: TSP Problem
CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

12 Exercises Terapkan algoritma branch and bound untuk persoalan knapsack berikut ini. CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

13 Exercises Terapkan algoritma branch and bound untuk persoalan TSP dari graph berikut ini. CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

14 BFS with Branch and Bound Pruning
pi wi pi /wi 1 $40 2 $20 $30 5 $6 3 $50 10 $5 4 $10 $2 W=16, n=4 CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

15 BFS with Branch and Bound Pruning
CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

16 BFS with Branch and Bound Pruning Algorithm
CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

17 CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

18 CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

19 Best-first search with Branch and Bound Pruning
CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

20 Best first search algorithm
CSG523/ Desain dan Analisis Algoritma

21


Download ppt "CSG3F3/ Desain dan Analisis Algoritma"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google