1 Pendahuluan Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TURUNAN/ DIFERENSIAL.
Advertisements

Bab 1 Pemasaran Mengatur Hubungan Pelanggan yang Menguntungkan
ENTREPRENEURSHIP KEWIRAUSAHAAN BAB 14 Oleh : Zaenal Abidin MK SE 1.
Komponen Dan Model Sistem Informasi
©Ayi Purbasari, S.T., /2008 Materi 3 Kuliah IT-505 PSBO ©Ayi Purbasari, S.T., /2008.
Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
DASAR-DASAR PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
KETENTUAN SOAL - Untuk soal no. 1 s/d 15, pilihlah salah satu
1 Chapter 1 Introduction to Human Computer Interaction Mgs. Afriyan Firdaus Fakultas Ilmu Komputer UNSRI.
1. What and Why Sofware Engineering ?
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
Pertemuan 9 Sistem Informasi Viska Armalina, ST., M.Eng.
Rekayasa Web 04. Kebutuhan Aplikasi Web
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
ENTREPRENEURSHIP KEWIRAUSAHAAN BAB 10 Oleh : Zaenal Abidin MK SE 1.
Luas Daerah ( Integral ).
Software Quality Assurance
PENGAWASAN DAN PEMERIKSAAN PENGELOLAAN KEUANGAN
1 Power Domain Teori Set menyediakan suatu notasi elegan untuk uraian perhitungan. Keluarga bahasa Pascal menyediakan set gabungan dan simpangan dan keanggotaan.
Andrian Noviardy,SE.,M.Si.
Intan Silviana Mustikawati, SKM, MPH
Analisis Kebutuhan dan Spesifikasi Perangkat Lunak
Pengenalan Manajemen Proyek
Pengembangan Sistem Informasi
PERANCANGAN KASUS UJI.
Perancangan Perangkat Lunak
PROYEK PERANGKAT LUNAK DENGAN MODEL PENGEMBANGAN TRANSFORMASI FORMAL
1 Pertemuan 4 Menggunakan Teknologi Informasi untuk Keunggulan Kompetitif.
WISNU HENDRO MARTONO,M.Sc
Manajemen Umum PERTEMUAN 7 Pengorganisasian dan Struktur Organisasi
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Administrasi Data dan Basis data
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Methods for Software Engineering
PENGETAHUAN PERANGKAT LUNAK & REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PROSES Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
What and Why Sofware Engineering ?
Diadopsi dari presentasi Ian Sommeriville, Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak.
Managing Software Requirement 1
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PEMAHAMAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Spesifikasi Perangkat Lunak
Perangkat Lunak 1.
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
1. What and Why Sofware Engineering ?
Pendahuluan Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I..
Oleh : Dewi Sartika, M.Kom
1. What and Why Sofware Engineering ?
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
1. What and Why Sofware Engineering ?
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
11/15/2018 Pertemuan 1 Siti Mukaromah,S.Kom.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK PROGRAM STUDI D3
1. What and Why Sofware Engineering ?
Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak
Transcript presentasi:

1 Pendahuluan Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I.

2 Sasaran  Memperkenalkan perangkat lunak dan menjelaskan kepentingannya  Menjawab pertanyaan-pertanyaan kunci seputar RPL  Memperkenalkan isu-isu etika dan profesional dan menjelaskan mengapa hal-hal tersebut berkenaan dengan RPL

3 Cakupan Topik  Pertanyaan seputar RPL  Tanggung jawab profesional dan etika

4 Rekayasa Perangkat Lunak  Ekonomi dari semua negara maju bergantung pada perangkat lunak  Semakin banyak sistem yang dikendalikan perangkat lunak  RPL berkenaan dengan teori, metode, dan alat bantu untuk pengembangan perangkat lunak profesional  Pengeluaran untuk perangkat lunak menunjukkan bagian yang signifikan dalam GNP dari semua negara maju

5 Biaya Perangkat Lunak  Biaya perangkat lunak seringkali mendominasi biaya sistem komputer. Biaya perangkat lunak pada PC seringkali lebih besar dari biaya perangkat keras.  Lebih besar biaya untuk memelihara perangkat lunak dari pada untuk mengembangkannya.  RPL berkenaan dengan pengembangan perangkat lunak yang efektif biaya.

6 Pertanyaan Seputar RPL  Apa itu perangkat lunak?  Apa itu RPL?  Apa perbedaan antara RPL dengan ilmu komputer?  Apa perbedaan antara RPL dan rekayasa sistem?  Apa itu proses perangkat lunak?  Apa itu model proses perangkat lunak?

7 Pertanyaan Seputar RPL  Apa saja biaya RPL?  Apa saja metode-metode RPL?  Apa yang dimaksud dengan CASE (Computer-Aided Software Engineering)?  Apa atribut-atribut perangkat lunak yang baik?  Apa saja tantangan utama dalam RPL?

8 Apa Itu Perangkat Lunak?  Program komputer dan dokumentasi yang berkenaan seperti kebutuhan, model rancangan, dan panduan pengguna.  Perangkat lunak bisa dikembangkan untuk pelanggan tertentu atau untuk pasar umum. Generik – dikembangkan untuk dijual kepada rentang pelanggan yang berbeda, misalnya Excel atau Word. Bespoke (custom) – dikembangkan untuk pelanggan tunggal berdasarkan spesifikasi mereka.

9 Apa Itu Perangkat Lunak?  Perangkat lunak baru dapat dibuat dengan mengembangkan program baru, mengkonfigurasi perangkat lunak generik, atau menggunaulang perangkat lunak yang ada.

10 Apa Itu RPL?  RPL merupakan disiplin rekayasa yang berkenaan dengan semua aspek produksi perangkat lunak.  Rekayasawan PL harus mengadopsi pendekatan yang sistematis dan teroganisasi pada pekerjaan mereka dan menggunakan alat bantu serta tehnik sesuai dengan masalah yang akan diselesaikan, batasan pengembangan, dan sumberdaya yang tersedia.

11 Perbedaan RPL dan Ilmu Komputer  Ilkom berkenaan dengan teori dan dasar- dasar; RPL berkenaan dengan praktek pengembangan dan penyerahan PL yang berguna.  Teori-teori ilkom tidak cukup untuk berlaku sebagai pondasi yang lengkap bagi RPL.

12 Perbedaan antara RPL dan rekayasa sistem  Rekayasa sistem berkenaan dengan semua aspek pengembangan sistem berbasis komputer termasuk perangkat keras, perangkat lunak, dan rekayasa proses.  RPL merupakan bagian dari proses ini yang berkenaan dengan pengembangan infrastruktur perangkat lunak, kendali, aplikasi, dan basisdata dalam sistem.

13 Perbedaan antara RPL dan rekayasa sistem  Rekayasawan sistem terlibat dalam spesifikasi sistem, perancangan arsitektur, integrasi, dan penyerahan.

14 Apa itu proses perangkat lunak?  Serangkaian aktivitas yang tujuannya adalah pengembangan atau evolusi perangkat lunak.  Aktivitas generik dalam semua proses perangkat lunak adalah: Spesifikasi – apa yang harus dilakukan sistem dan batasan-batasan pengembangannya.

15 Apa itu proses perangkat lunak? Pengembangan – produksi sistem perangkat lunak Validasi – memeriksa bahwa perangkat lunak tersebut merupakan apa yang dibutuhkan pelanggan Evolusi – mengubah perangkat lunak sebagai tanggapan permintaan perubahan.

16 Model proses perangkat lunak  Gambaran sederhana dari proses perangkat lunak yang disajikan dari perspektif tertentu.  Contoh persfektif proses: Perfektif aliran kerja – urutan aktivitas; Persfektif aliran data – aliran informasi; Perspektif peran/aksi – siapa melakukan apa.

17 Model proses perangkat lunak  Model proses generik: Waterfall; Pengembangan iteratif; RPL berbasis komponen.

18 Apa saja biaya RPL?  Kira-kira 60% biaya adalah biaya pengembangan, 40% biaya pengujian. Untuk perangkat lunak custom, biaya evolusi seringkali melebihi biaya pengembangan.  Biaya bervariasi tergantung dari jenis sistem yang dikembangkan dan kebutuhan dari atribut-atribut sistem seperti kinerja dan kehandalan sistem.

19 Apa saja biaya RPL?  Distribusi biaya tergantung pada model pengembangan yang digunakan.

20 Distribusi biaya aktivitas

21 Biaya pengembangan produk

22 Metode RPL  Pendekatan terstruktur terhadap pengembangan perangkat lunak yang mencakup model sistem, notasi, aturan, saran perancangan, dan panduan proses.  Deskripsi model Deskripsi dari model grafis yang harus dibuat;  Aturan Batasan-batasan yang berlaku pada model sistem;

23 Metode RPL  Rekomendasi Saran dalam praktek perancangan yang baik;  Panduan proses Aktivitas apa saja yang akan diikuti.

24 CASE  Perangkat lunak yang ditujukan untuk menyediakan dukungan otomatis bagi aktivitas-aktivitas proses.  Sistem CASE sering digunakan untuk dukungan metode.  Upper-CASE Alat bantu untuk mendukung aktivitas-aktivitas awal seperti kebutuhan dan rancangan;  Lower-CASE Alat bantu untuk mendukung aktivitas-aktivitas akhir seperti pemrograman, debugging, dan pengujian.

25 Atribut Perangkat Lunak yang Baik  Perangkat lunak harus menyediakan fungsionalitas dan kinerja yang dibutuhkan kepada pengguna dan harus dapat dipelihara, diandalkan, dan diterima.  Dapat dipelihara Perangkat lunak harus berevolusi untuk memenuhi keperluan perubahan;

26 Atribut Perangkat Lunak yang Baik  Andal Perangkat lunak harus bisa dipercaya;  Efisien Perangkat lunak tidak boleh memboroskan penggunaan sumberdaya sistem;  Dapat diterima Perangkat lunak harus bisa diterima oleh pengguna rancangan. Artinya bisa dimengerti, berguna, dan cocok dengan sistem yang lain.

27 Tantangan Utama dalam RPL  Heterogenitas Mengembangkan tehnik untuk membangun perangkat lunak yang dapat mengatasi heterogenitas platform dan lingkungan eksekusi;  Penyerahan Mengembangkan tehnik yang mengarah pada penyerahan perangkat lunak yang cepat;  Kepercayaan Mengembangkan tehnik yang menunjukkan bahwa perangkat lunak bisa dipercaya oleh penggunanya.

28 Tanggung Jawab Profesional dan Etis  RPL melibatkan tanggung jawab yang lebih besar dari sekedar penerapan keahlian teknis.  Rekayasawan perangkat lunak harus berlaku secara jujur dan etis jika ingin dihargai sebagai profesional.  Perilaku etis lebih dari sekedar menjunjung tinggi hukum.

29 Tanggung Jawab Profesional  Kerahasiaan Rekayasawan harus menghargai kerahasiaan pegawai atau kliennya.  Kompeten Rekayasawan tidak boleh memberi gambaran yang salah tentang tingkat kompetensinya. Mereka tidak boleh secara sadar menerima pekerjaan yang diluar kompetensinya.

30 Selesai