Review Materi Java Fundamental As’ad Djamalilleil

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Tipe Tipe Data di Java Java merupakan strongly typed language, maksudnya setiap membuat variabel, harus dideklarasikan tipe datanya.
Advertisements

Pertemuan 2 DASAR PEMROGRAMAN.
Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN
Package As’ad Djamalilleil
Ekspresi As’ad Djamalilleil
PERTEMUAN IV Oleh : Fajar Y. Zebua
Pemrograman JAVA TIB09 Data dan Variabel. Variabel Harus dideklarasikan terlebih dahulu Deklarasi variabel TypeData namaVariabel; Dapat dideklarasikan.
Algoritma dan Bahasa Program
Elemen Dasar Java As’ad Djamalilleil
Elemen Dasar Java (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Identifier, Tipe Data dan Variabel Yusuf Nurrachman.
Elemen-elemen dlm source code
Algoritma & Pemrograman 1
Tipe Data, Variabel, dan Operator
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN JAVA
Dasar pemrograman.
TIPE DATA Erizal, S.Si, M.Kom Sistem Informasi STTI Respati
Kostanta,Variabel,dan Tipe Data
Elemen Dasar Dalam C++.
DASAR PEMROGRAMAN C Oleh : sgo.
Struktur Organisasi Data 2
PBO Daniel Riano Kaparang, S.Kom., M.Cs
Tipe, Nama, dan Nilai Anifuddin azis.
PERTEMUAN 3 KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
DASAR DASAR JAVA Dengan Netbans PBO Java.
Dasar pemrograman java
Algoritma & pemrograman 1B
KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
Tipe Data, Operator Dalam Delphi
Pengenalan dan Struktur Java (Deklarasi dan Inisialisasi Variabel)
FKIP Pend. Matematika Universitas Muhammadiyah Gresik
VARIABEL, OPERATOR, PROMOTION, CASTING
JAVA FUNDAMENTAL Dhea Raniasti.
Struktur Dasar Pemrograman Java
NILAI DAN EKSPRESI (TRANSFORMASI NILAI), TIPE DATA DAN TIPE OPERATOR
Tipe Data, Variabel, & Konstanta
Identifier, Keyword, dan Tipe data
Pertemuan 1 DATA & STRUKTUR DATA.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
DASAR PEMROGRAMAN JAVA
As’ad Djamalilleil Ekspresi As’ad Djamalilleil
Elemen-elemen Dasar Pada Bahasa C++
As’ad Djamalilleil Elemen Dasar Java As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Sintaks Dasar As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Elemen Dasar Java (2) As’ad Djamalilleil
Review Materi Java Fundamental
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Tipe Data, Nama dan Nilai
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pengenalan dan Struktur Java (Tipe Data)
Algoritma & Pemrograman 1
~ PERTEMUAN 4 KONSEP TIPE DATA ~
Pemrograman II Dasar Java (Jcreator)
Dasar Bahasa Java.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
Konsep Tipe Data dan Operator
Biansa Maulana Angga Surya Prayitna Koermalla Syafei Irma Rosdalina Rizki Mulia Bayu Prayogo.
Pertemuan Pertama Data dan Struktur Data.
VARIABEL, TIPE DATA, OPERATOR
Java Keywords Kata yang tidak diperboleh kan sebagai nama variabel atau nama lain dalam program java. Yaitu.
Variabel dan Tipe Data.
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer Bani Saleh
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Struktur Dasar Pemrograman Java
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
10/8/2019 P.Marpaung : Prak. PBO (Tipe data,Variabel, & Operator)1.
Transcript presentasi:

Review Materi Java Fundamental As’ad Djamalilleil

Keyword di Java abstractdoubleintsuper booleanelseinterfaceswitch breakextendslongsynchronized bytefalsenativethis byvaluefinalnewthreadspace casefinallynullthrow catchfloatpackagetransient charforprivatetrue classgotoprotectedtry constifpublicvoid continueimplementsreturnwhile defaultimportsshort doinstanceofstatic

Tipe Data Bilangan bulat (integer) byte (8-bit)  -128 s/d 127 short (16-bit)  s/d char (16-bit)  0 s/d int (32-bit)  s/d long (64-bit)  s/d

Bilangan real float (32-bit)  single-precision double (64-bit)  double-precision Logic boolean  true/false Literal String

Nilai Bilangan bulat (integer) Desimal contoh : Oktal contoh : Heksadesimal contoh : 0xFF0x3F4D Bilangan real Pecahan (untuk tipe float perlu ditambahkan notasi F dan untuk double D, setelah nilainya. contoh : F D-34.67F Eksponen contoh : 10E051.5e123.45e-5 Logic Boolean contoh :truefalse

Karakter  nilai berupa karakter harus diapit dengan tanda petik tunggal (single-quote) Contoh : String  nilai berbentuk string (lebih dari satu karakter) harus diapit dengan tanda petik ganda (double-quote) Contoh : “AB” “Dunia dalam berita” “345”

Aturan pemberian nama : –Nama dapat berupa kombinasi huruf, angka, dan underscore –Nama tidak boleh diawali dengan angka –Tidak boleh sama keyword

Deklarasi & Inisialisasi Variabel tipeData namaVariabel ; tipeData namaVar1, namaVar2, …. ; tipeData namaVariabel = nilai; tipeData namaVar1 = nilai, namaVar2 = nilai, …. ;

byte umur; short tahun; char nilaiHuruf; int tinggi; int jarak; long berat; float ipk; double saldo; String nama; byte umur = 63; short tahun = 2008; char nilaiHuruf = ‘C’; int tinggi = 175, jarak = 0; long berat = 55; float ipk = 3.81F; double saldo = 0.0; String nama = new String(); String nama = “Ursyalim”;

Operator Arithmetic Binary + (penjumlahan) – (pengurangan) * (perkalian) / (pembagian) % (modulus) 5 / 2 menghasilkan nilai 2, sedangkan 5 % 2 menghasilkan nilai 1, yaitu sisa hasil bagi dari 5 / 2.

Operator Assignment (binary) = *= /= %= += -= >= &= ^= |= Contoh: A = 23 A *= 5 sama saja dengan A = A * 5

Operator Equality (binary) == (perbandingan sama dengan) != (perbandingan tidak sama dengan) Contoh: 76 == != 43 “kata” == “KaTa” ekspresi ini tidak memberikan hasil yang benar. Untuk membandingkan dua string dapat menggunakan function compareTo() atau compareToIgnoreCase().

Operator Logical &&logical AND, memberikan nilai true jika kedua operand bernilai true. ||logical OR, memberikan nilai false jika kedua operand bernilai false. !logical negation (unary), memberikan nilai kebalikan (negasi) dari operand.

Operator Relational (binary) > (lebih dari) < (kurang dari) >= (lebih dari atau sama dengan) <= (kurang dari atau sama dengan) Contoh: 67 < 98 ‘a’ >= ‘B’; Nilai selain true akan dikembalikan bila ekspresinya bernilai benar, dan false bila ekspresinya salah

Class dan Object

Membuat Class Class di Java dibuat dengan bentuk umum seperti berikut: class NamaClass { }

Membuat Object Object di Java dapat dibuat dengan menggunakan kata kunci new. NamaClass namaObject = new NamaClass(); atau NamaClass namaObject = new NamaClass([arg1],[arg2], … [argN]);

Contoh 1 /* simpan kode program ini * dengan nama Jendela.java */ package belajar; public class Jendela{ }

/* simpan kode program ini * dengan nama Programku.java */ import belajar.Jendela; class Programku{ Jendela jendelaku = new Jendela(); }

Contoh 2 // Jendela.java package belajar; public class Jendela{ int tinggi; public int lebar; String warna; }

// Programku.java import belajar.Jendela; class Programku{ Jendela jendelaku = new Jendela(); void beriNilai(){ jendelaku.lebar = 15; }

Contoh 3 // Jendela.java package belajar; public class Jendela{ int tinggi; public int lebar; String warna; public void setTinggi(int tinggi){ this.tinggi = tinggi; } public int getTinggi(){ return tinggi; }

// Programku.java import belajar.Jendela; class Programku{ Jendela jendelaku = new Jendela(); void beriNilai(){ jendelaku.lebar = 15; jendelaku.setTinggi(27); int t = jendelaku.getTinggi(); }

Contoh 4 // Jendela.java package belajar; public class Jendela{ int tinggi; public int lebar; String warna; public void setTinggi(int tinggi){ this.tinggi = tinggi; } public int getTinggi(){ return tinggi; } public Jendela(int tinggi, String warna){ this.tinggi = tinggi; this.warna = warna; }

// Programku.java import belajar.Jendela; class Programku{ Jendela jendelaku = new Jendela(20,"Biru"); void beriNilai(){ jendelaku.lebar = 15; jendelaku.setTinggi(27); int t = jendelaku.getTinggi(); }

Contoh 5 // Jendela.java package belajar; public class Jendela{ int tinggi; public int lebar; String warna; public static String teks; public void setTinggi(int tinggi){ this.tinggi = tinggi; } public int getTinggi(){ return tinggi; } public Jendela(int tinggi, String warna){ this.tinggi = tinggi; this.warna = warna; }

// Programku.java import belajar.Jendela; class Programku{ Jendela jendelaku = new Jendela(20,"Biru"); void beriNilai(){ jendelaku.lebar = 15; jendelaku.setTinggi(27); int t = jendelaku.getTinggi(); Jendela.teks = "Aplikasiku"; }