Algoritma dan Struktur Data

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Algoritma dan Pemrograman
Advertisements

BAB II PENGERTIAN ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Pengertian Algoritma dan Flowchart
- PERTEMUAN 1 - DASAR-DASAR ALGORITMA, PROGRAM, DAN PEMROGRAMAN
ALGORITMA & PEMROGRAMAN I-A
PEMROGRAMAN PASCAL Sejarah Pascal Pascal merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL 60, bahasa pemrograman untuk sains komputasi. Tahun 1960, beberapa ahli.
Algoritma Pemrograman
Teks Algorithma Ery Setiyawan Jullev A.
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
PENGANTAR ALGORITMA PUTRA PRIMA NAUFAL, S.ST masputra.net.
Chapter 3.2 : Tipe, Nama dan Nilai
ALGORITMA DEFINISI & FLOWCHART
Notasi Algoritma.
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Algoritma dan Struktur Data
Logika & Algoritma -- Pertemuan II: Variabel dan Operator Logika & Algoritma --
Algoritma (Struktur, Tipe Data, Input/Output)
Notasi Algoritma.
Pemrograman Visual (Borland Delphi 7.0)
Dasar Pemrograman Pendahuluan.
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
KOMENTAR Komentar dipakai untuk memberikan penjelasan atau keterangan di dalam baris program. Teks yang ditulis sebagai komentar tidak akan dikompilasi.
Algoritma dan Pemrograman
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Algoritma Dan Pemrograman
Pengenalan Type Data Type data dapat dikelompokkan menjadi 2
ALGORITMA & PEMROGRAMAN I-A
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA
Flowchart (Diagram Alur)
Pengantar Pemrograman Basis Data (PPBD)
Notasi Algoritma & Tipe Data
PERTEMUAN 2 Bambang Irawan.
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
Struktur Program Pascal
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
Dasar-Dasar Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman 2A
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Tipe Data, Operator Dalam Delphi
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Pengertian Algoritma dan Flowchart
Algoritma dan Pemrograman
FKIP Pend. Matematika Universitas Muhammadiyah Gresik
PROG.STUDI PEND.FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (PERTEMUAN 2)
Pseudocode – Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pengenalan Type Data Type data dapat dikelompokkan menjadi 2
Tipe Data, Operator dan Ekspresi
YOHANA NUGRAHENI Pengantar Algoritma YOHANA NUGRAHENI
Tipe data & Variabel 1. Bahasa Pascal 2. Tipe data & Variabel
Tipe Data, Nama dan Nilai
TIPE DATA.
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
Keterampilan komputer 1AB
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Pengantar Algoritma dan pemograman
Bahasa Pemrograman Pascal
Algoritma dan Flowchart
Pemrogram 1 Agus Darmawan, S.kom.
Tipe data & Variabel 1. Bahasa Pascal 2. Tipe data & Variabel.
Chapter 3.2 : Tipe, Nama dan Nilai
KOMENTAR Komentar dipakai untuk memberikan penjelasan atau keterangan di dalam baris program. Teks yang ditulis sebagai komentar tidak akan dikompilasi.
Ilustrasi Proses Kompilasi
Algoritma 1 Temu 2.
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
Algoritma dan struktur data
KOMENTAR Komentar dipakai untuk memberikan penjelasan atau keterangan di dalam baris program. Teks yang ditulis sebagai komentar tidak akan dikompilasi.
Logika dan Algoritma Agung BP Chapter 5.
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

Algoritma dan Struktur Data Pengenalan Algoritma

Daftar Isi Algoritma  Langkah Algoritma, Contoh Flowchart  Aturan, Simbol Pseudocode  Konvensi Program  Contoh, Algoritma vs Program Pascal  Struktur Dasar, Tipe Data, Variabel, Konstanta, Operator Struktur dasar Algoritma, Flowchart dan Pemrograman

Algoritma Suatu metode khusus yang terdiri dari serangkaian langkah terstruktur dan ditulis secara sistematis di dalam menyelesaikan suatu masalah Prosedur komputasi yang terdefinisi yang mengambil nilai atau sekumpulan nilai sebagai input, dan menghasilkan nilai atau sekumpulan nilai sebagai output.

Algoritma Lima ciri penting algoritma Selesai dalam jumlah langkah terbatas Tidak memiliki arti ganda Memiliki nol atau lebih input Memiliki nol atau lebih output Efektif Implementasi Algoritma Langkah-langkah proses atau prosedur → Kalimat Skema proses atau prosedur → Pseudocode

Langkah Penyelesaian Masalah Pendefinisian masalah Analisis Algoritma menentukan variabel-variabel yang digunakan menentukan teknik penyelesaiannya misalnya : dengan rumus Penulisan algoritma dan/atau flowchart Ubah algoritma/ flowchart ke bahasa pemrograman Pengujian kebenaran (test & debugging) Dokumentasi

Contoh Algoritma Contoh : - Algorithma ketika seseorang menelpon : 1. Mengangkat gagang telepon, dan mendengarkan nada panggil 2. Memutar nomor telepon yang dituju 3. Apakah ada jawaban ? a. Jika ada jawaban, tanyakan apakah yang dituju ada ? a1. Jika ada, lakukan pembicaraan a2. Jika tidak ada, titip pesan dan tutup pembicaraan b. Jika tidak ada jawaban, kerjakan langkah 4 4. Letakkan gagang telepon

Tahapan Pemecahan Masalah Algoritma Translasi Program dalam Bahasa Tingkat Tinggi Kompilasi Program dalam Bahasa Mesin Interpretasi oleh CPU Operasi (Baca, tulis, hitung, perbandingan, dll)

Flowchart Diagram alir yang menunjukkan aliran proses suatu algoritma Contoh program yg biasanya digunakan oleh analis/developer: Power Designer Contoh program yg biasanya digunakan oleh end user: Visio

Aturan di dalam membuat Flowchart Jalannya proses dibuat sesingkat-singkatnya. Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit-belit (dihilangkan) Rangkaian proses yang sama digambarkan sekali saja Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah, dan dari kiri ke kanan, dan diberi arah panah Sebuah flowchart diawali dengan “Mulai” (Start) dan diakhiri dengan “Selesai” (Stop)

Simbol dalam Flowchart

Simbol dalam Flowchart (1) Proses - Menunjukkan suatu proses/pengolahan - Digunakan untuk melambangkan : - perhitungan - perubahan nilai variabel Operasi I/O - Menunjukkan operasi input/ouput - Digunakan untuk melambangkan : - menunggu input/masukan - mengeluarkan output/keluaran

Simbol dalam Flowchart (2) Persiapan (Preparation) - Menunjukkan suatu persiapan - Digunakan untuk melambangkan : - memberikan nilai awal pada var - permulaan dari suatu perulangan Keputusan (Decision) - Menunjukkan proses pembuatan kepu- tusan - Digunakan untuk melambangkan : - suatu pilihan/percabangan (ya/tidak)

Simbol dalam Flowchart (3) Terminal (Terminator) - Digunakan untuk menunjukkan awal dan akhir suatu program/flowchart Penghubung (Connector) - Digunakan sebagai penghubung antar simbol yang terpisah (dalam 1 hal) Penghubung Antar Halaman (Offpage Connector) - Digunakan sebagai penghubung antar simbol yang terpisah (antar hal)

Simbol dalam Flowchart (4) Modul (Module) - Menunjukkan suatu proses yang telah ditentukan - Dapat berupa suatu : - Prosedur (Procedure) - fungsi (Function) Panah (Arrow) - Menunjukkan arah dari suatu proses

Pseudocode Kode semu yang digunakan untuk menuliskan algoritma agar lebih jelas (mudah dipahami) Berbeda dengan kode real (program) tapi hampir menyerupai bahasa program

Konvensi Pseudocode Indentasi digunakan untuk menandai struktur blok. Komentar ditulis untuk memperjelas baris pseudocode Pseudocode dinomori untuk setiap instruksinya Mengabaikan detail teknis penulisan sintaks kode.

Konvensi Pseudocode Kepala algoritma Deklarasi Deskripsi Terdiri atas nama algoritma dan penjelasan (spesifikasi) tentang algoritma tersebut Deklarasi Mendefinisikan semua nama (konstanta, peubah, tipe, prosedur atau fungsi) yang dipakai dalam algoritma Deskripsi Berisi uraian langkah-langkah penyelesaian Komentar ditulis diantara tanda kurung “{“ dan “}” atauy “//”

Contoh Pseudocode

Program Instruksi/perintah yang dimasukkan ke komputer dan diterjemahkan oleh compiler agar bisa dieksekusi oleh komputer. Instruksi/perintah mempunyai syntax tertentu tergantung dr bhs pemrograman (walau hampir sama)

Algoritma vs Program Algoritma menekankan pada logika penyelesaian masalah dan mengabaikan aturan (sintaks) baku penulisan kode program. Program merupakan instruksi dengan aturan (sintaks) penulisan yang baku agar dapat dieksekusi oleh komputer.

Bahasa Pemrograman Bahasa pemrograman dibagi atas 2 (dua) golongan yaitu: Bahasa tingkat rendah ( low level languages ) sedikit/tanpa abstraksi, “dekat dgn hardware” tanpa interpreter atau compiler contoh: bahasa mesin (machine code), Assembly Bahasa tingkat tinggi ( high level languages ) bahasa yang berorientasi pada bahasa manusia (natural language) abstraksi kuat, lebih mudah digunakan, bisa portable lintas OS & hardware perlu interpreter atau compiler contoh: Pascal, C++,dsb

Contoh Bahasa Pemrograman Banyak macam bahasa pemrograman/scripting: Contoh Pemrograman Desktop: C++,Pascal/Delphi,C#,Java,VB Contoh Pemrograman Web: Server: ASP, ASP.NET (VB.NET/C#), PHP, Java Servlet, Client: Javascript Contoh Scripting: Perl, Python, RoR (Ruby on Rail), Shell Scripting

Pascal Bahasa pemrograman Pascal diciptakan oleh Niklaus Wirth. Bahasa Pascal adalah salah satu dari bahasa tingkat tinggi. Komputer hanya mengenal kode 0 dan 1 (kode binary), sehingga diperlukan sebuah alat untuk melakukan penerjemahan. Penerjemah sebuah bahasa pemrograman ke dalam bentuk kode binary disebut dengan istilah interpreter atau kompiler. Kompiler yang biasanya digunakan untuk bahasa Pascal yaitu Turbo Pascal, Borland Pascal, Free Pascal.  

Struktur Dasar Pascal Statement program Statement uses Menyatakan nama program, misal program exec; Statement uses menyertakan file tertentu (crt.pas, math.pas) yang mengandung fungsi-fungsi dasar Pascal, misal uses crt, math; Deklarasi global Terdiri dari deklarasi konstanta (const), variabel (var), prosedur (procedure), fungsi (function). Bersifat global shg bisa diakses oleh semua bagian program Bagian utama program bagian pokok dari struktur program/kendali utama program

Tipe data dasar/primitif: Integer (bilangan bulat) Integer, Byte, ShortInt, LongInt, Word Float (bilangan desimal) Real, Single, Double, Extended Char (karakter) Boolean True,False String (rangkaian karakter)

Variabel Variabel (Variable) adalah penampung data di memori, nilai yg bisa ditampung tergantung dari Tipe Data. Di Pascal, deklarasi variabel: [nama variabel]: [tipe data] Contoh: var isValid: boolean; Sentence: string; Number: int;

Konstanta Variabel yang mempunyai nilai yang selalu tetap / tidak dapat diubah setelah dideklarasikan selama pengeksekusian program Di Pascal, deklarasi konstanta: const [nama_konstanta] = [nilai_konstanta]; Contoh const pi = 3.14; Const kata = 'ini konstanta';

Operator Simbol yg menentukan operasi (misal pada variabel) yg dilakukan dlm suatu expression (perintah) Contoh operator: Aritmatika : + - * div Logika (boolean): true false or and not Relasi : == <> < > <= >= Assignment : := Akses member : . dsb

Struktur dasar Algoritma, Flowchart dan Pemrograman Runtunan (Sequence) Pemilihan atau Keputusan (Selection or Decision) Pengulangan atau Iterasi (Looping or Iteration) Pencacah (Counter)