PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

GUI MENGGUNAKAN HANDPHONE BERFASILITAS J2ME
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
IT603 Ramos Somya.  Mahasiswa mampu memahami konsep dan penerapan komputasi mobile dan aplikasinya.
Dosen: Zakki Falani, S.Kom Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama
MIDP, MIDLet & Antar Muka J2ME
Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
MIDlet User Interface (3) As’ad Djamalilleil
Package As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
Web Teknologi 3 (MKB721C) Minggu 2 Page 1 MINGGU 2 Web Teknologi 3 (MKB721C) Pokok Bahasan: –Midlet –User Interface Tujuan Instruksional Khusus: Agar.
Komponen Class Item (3) As’ad Djamalilleil
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Instalasi JME & Uji Coba As’ad Djamalilleil
Java2 Micro Editon (J2ME)
Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
Mendapatkan input dari keyboard
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 3.
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Pemrograman Aplikasi Bergerak
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
Komponen-Komponen dalam J2ME
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) “Skill to do comes of doing. “ (Ralph Waldo Emerson)
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MIDP (MIDlet) dan Tools
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 5 (18 APRIL 2011)
GUI event handling.
H. Risdiandri Iskandar, SKom, MM
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 4 (12 APRIL 2011)
Graphical User Interface
C. GAMBAR Picture pada dasarnya Ms-Word bukan aplikasi pengolah gambar. Namun Ms-Word menyediakan fasilitas untuk menampilkan gambar dari file lain. Untuk.
MEET 3 PADA MINGGU KEMAREN KITA SUDAH MEMPELAJARI TENTANG LIST, YANG MANA LIST ITU TERBAGI MENJADI TIGA YAITU IMPLICIT,EXLUSIVE, DAN MULTIPLE Sekarang.
Pemrograman Aplikasi Bergerak
PERTEMUAN 5 TextField merupakan turunan Item yang bisa menampung teks dan mengedit teks tersebut. TextField mempunyai ukuran maksimum, label dan format.
JAVA ARRAY.
High Level User Interface
Pemprograman Berorientasi Objek
MIDP High-Level User Interface
MODIFIER JAVA.
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
KELAS DAN OBJEK BAGIAN I Pertemuan 6.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Form & Item Oleh : Oman Somantri S.Kom
PEMROGRAMAN DASAR DI JAVA
MIDlet User Interface (2)
Struktur Kode Program MIDlet
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Membangun User Interface
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (3) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Class List As’ad Djamalilleil
Tipe Data, Variabel, dan Operator
MIDlet User Interface (3)
Mobile Teknologi Pertemuan 3
Pilar Object Oriented Programming
Instalasi JME & Uji Coba
Mobile Teknologi Pertemuan 2
Method Java Fundamental Syahrul Mauluddin S.Kom, M.Kom.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Pemrograman Berorientasi Objek
Transcript presentasi:

PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)

TICKER

TICKER Apabila sedang menyaksikan tayangan pada televisi akan sering terlihat berita pada bagian bawah layar yang berupa tulisan berjalan. Atau pada acara yang berhubungan dengan bursa efek akan bisa dilihat juga berupa tulisan berjalan yang memberikan informasi mengenai keadaan saham pada saat itu. Untuk membuat “tayangan” seperti itu pada layar ponsel dapat digunakan class Ticker. http://www.andisun.com/tag/form

TICKER Class Ticker tampak seperti animasi teks berjalan terus menerus dari kanan ke kiri. Untuk menampilkan obyek Ticker yang telah dibuat, kita perlu memanggil method setTicker() yang didefinisikan pada class Displayable. Ini artinya, method tersebut dapat kita panggil dari obyek turunan dari kelas Screen maupun Canvas. http://www.andisun.com/tag/form

Kode Form frmTampil; Ticker tic; tic = new Ticker(“Hi there!"); frmTampil = new Form(“Contoh Ticker"); frmTampil.setTicker(tic);

Keterangan Kode Ticker Untuk membuat objek ticker digunakan baris berikut : tic = new Ticker("Ini text berjalan yang akan ditampilan pada layar”); Sedangkan untuk menambahkan objek ticker pada form digunakan method setTicker(objekTicker) seperti berikut ini : frmTampil.setTicker(tic);

Setting Teks pada Ticker Pada class Ticker terdapat dua method yaitu getString() dan setString(String str). String tulisan = tic.getString(); tic.setString(“Hallo”); tic.setString(textField.getString());

Contoh Program (FirstTicker) import javax.microedition.midlet.*; import javax.microedition.lcdui.*; public class FirstTicker extends MIDlet implements CommandListener{ Display display; List list; Command cmExit; Ticker tic; public FirstTicker() { display = Display.getDisplay(this); cmExit = new Command("Keluar", Command.EXIT, 1); tic = new Ticker("Ini adalah ticker pertamaku"); list = new List("First Ticker", List.IMPLICIT); list.setTicker(tic); display.setCurrent(list); } public void startApp() { public void pauseApp() { public void destroyApp(boolean unconditional) { public void commandAction(Command c, Displayable s){ if(c == cmExit){ exitMIDlet(); public void exitMIDlet() { destroyApp(false); notifyDestroyed(); }; Pemrograman J2ME – M. Shalahuddin

Latihan Buatlah aplikasi yang memberikan fasilitas bagi user untuk mengubah teks yang ditampilkan oleh objek ticker seperti berikut ini: