Jumlah Peserta Waktu Tujuan Alat dan bahan Langkah - langkah.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Renungan Awal Tahun (click the mouse button to view) •"Bayangkan hidup sebagai suatu permainan ketangkasan dimana kita harus memainkan keseimbangan 5 buah.
Advertisements

Permainan dan cara memainkannya
PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKAN KELOMPOK
Pengantar Game untuk membuka dan menutup kelas ini dimaksudkan bukan untuk mempengaruhi guru melainkan memberikan nuansa tambahan dari guru dalam.
Pidato Bahasa Sunda Kelas X Semester 1 oleh E. Kusnadi Khidhir, S.Pd.
UNIT 4 Kunjungan Sekolah.
Teknik Presentasi Sambas Miharja, SST.
Tugas Disain Pelatihan Nama: Siti Rohana NPM:
MODEL-MODEL PAKEM BAHAN DISKUSI GURU-GURU SMP FRANSISKUS
TUGAS DESAIN PELATIHAN NGATILAH MEMASANGKAN CINCIN Kelompok : terdiri dari 8 sampai 15 orang Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan : a. Satu pensil.
CHAOS Grup size: 15 sampai 30 Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan: kertas dan pena Nurmiyati. NPM :
MENYUSUN HALAMAN KORAN TRI WULANDARI /
Tugas Tim No. 1 Garis besar  Latihan ini memberikan suatu masalah bagi tim untuk dipecahkan. Tujuan  Meminta anggota kelompok bekerja sama dalam tim.
MATERI IPS KELAS XI SEMESTER GANJIL
MODEL PENDEKATAN BERNUANSA KONSTRUKTIF
PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN
Nama Permainan : MENYEBUT NAMA TEMAN KENALAN DAN TOKOH
Tujuan: Untuk meningkatkan komunikasi kelompok. Langkah-langkah: 1.Meminta peserta untuk berdiri pada dua baris yang berhadapan satu ysng bertanya.
ALUR KEGIATAN PANDUAN TETAPKAN TUJUAN
Paket 5 Matakuliah Pembelajaran BI MI
DILARANG TERTAWA.
DI SUSUN OLEH: ENI SUSILOWATI ( )
Paket 9 Mata Kuliah Pembelajaran Tematik
Ftk UIN Sunan Ampel Surabaya
NAMA: FAJARRUDIN NPM: Tugas Desain Pelatihan MID Semester Genap 2012 UMY.
Oleh : Valentin Quanti s
TIKUS DAN KUCING TUJUAN: MELATIH KERJASAMA ANTAR PESERTA
BOLA TENIS Bola Tenis  Garis besar Ini merupakan latihan singkat untuk membuat peserta berpikir.  Tujuan Membangkitkan semangat peserta. Membuat peserta.
MELIPAT KERTAS.
Tugas desain pelatihan UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
PETUNJUK SELAMAT! Tim Anda terpilih untuk mengikuti THE AMAZING RACE on KEBUN RAYA BOGOR Pastikan Tim Anda menerima 1 bingkisan yang berisikan PETA, ATURAN.
Nama Permainan : Benda Apa Ini ? Dosen : Drs. Mujiyana, M.Si
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TARBIYAH) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Games and ice breakings
PRESENTASI LISAN.
ATLETIK : LARI SAMBUNG, LEMPAR CAKRAM
KOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR (KDM)
FM-UII-AA-FKA-07/R3 MATERI/BAHAN MATA KULIAH Pertemuan ke Modul ke Jumlah Halaman Mulai Berlaku : KEDUA : II : 12 : 2009 Fakultas Jurusan/Program Studi.
Teknik Presentasi.
Jenis Jenis Pidato Pidato informatif Pidato persuasif Pidato menghibur
LANGKAH-LANGKAH UTAMA DALAM WAWANCARA PERILAKU
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
WAWANCARA MENDALAM Dr. HARIS BUDI WIDODO.
Penjaskes Jilid 2 Penjaskes Permainan
SENI BERBICARA DI DEPAN UMUM
Universitas Bina Nusantara 12 Maret 2001
PENGELOLAAN KELAS Ghina Anzalina
SKENARIO PEMBELAJARAN Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (KPPG-2017)
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Menjawab Pertanyaan Saat Presentasi.
TUGAS PRAKTEK I BAGAIMANA CARA PEMBELAJARAN DASAR-DASARA GERAKAN ATLETIK UNTUK SD Dasar-dasar gerakan lari sambung Dasar-dasar gerakan lompat Dasar-dasar.
PENERAPAN KONSEP PERUBAHAN ENERGI GERAK
MICROTEACHING TIM Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan (P3)
“AKU TAHU, AKU MAU, AKU BISA”
Jenis Jenis Pidato Pidato informatif Pidato persuasif Pidato menghibur
ASESMEN PSIKOSOSIAL.
PRESENTASI DAN PRESENTASI ILMIAH
BAHAN AJAR 3 (Kebahasaan)
PIDATO adalah salah satu komunikasi massa yang sangat efektif.
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
3 Keterampilan Dasar Bertanya
Kurikulum Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan.
MACAM-MACAM MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF
PERMAINAN BOLA BASKET.
PENGORGANISASIAN KELAS DAN UNGKAPAN HARAPAN PESERTA
BERBICARA DALAM PRESENTASI ILMIAH
PERTEMUAN 6 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN IPS
PIDATO Bentuk, Tujuan,dan Metode TOTO HARYADI, M.Ds.
MATERI IPS KELAS XI SMK KYAI AGENG GIRI SEMESTER GANJIL.
Transcript presentasi:

Jumlah Peserta Waktu Tujuan Alat dan bahan Langkah - langkah

Jumlah Peserta Tiap kelompok 5 – 8 orang

Waktu Berdurasi sekitar 15 – 20 menit

Tujuan Menghangatkan suasana dan membentuk kerja sama dalam tim.

Alat dan bahan

Langkah - langkah Jelaskan kepada peserta aturan permainan ini Bagilah peserta ke dalam 5 – 6 kelompok, yang penting satu kelompok terdiri dari 6 orang. Mintalah masing – masing kelompok untuk membuat lingkaran dan satu orang anggota dari masing-masing kelompok untuk berdiri di tengah – tengah kelompoknya. Katakan bahwa permainan ini untuk mnguji kita, apakah di antara teman-teman dalam kelompok itu saling percaya kepada TIM KERJA KITA. Yang berdiri di tengah harus menutup matanya, dengan ditutup kain, kemudian menjatuhkan diri secara bebas kearah mana saja. Sementara itu teman-teman dalam kelompoknya melingkar dan harus bertanggungjawab atas keselamatan teman yang di tengah tadi, karena permainan ini bisa – bisa akan memakan korban, maka jika yang di tenagh menjatuhkan diri kepadanya dia harus siap dan bertanggungjawab untuk menahan dan melemparkannya kepada teman yang lain. Begitu seterusnya, dan minta siapa yang di tengah bisa bicara dengan cara bergiliran.

Jumlah Peserta Waktu Tujuan Alat dan bahan Langkah - langkah

Jumlah Peserta Tiap kelompok orang

Waktu Berdurasi sekitar 10 – 15 menit

Tujuan Menghangatkan suasana dan menghilangkan kekakuan antar peserta dan pemandu dan antar peserta sendiri.

Alat dan bahan

Langkah - langkah Mintalah semua peserta berdiri bebas di depan tempat duduk masing- masing. Minta peserta bertepuk tangan ketika Anda melemparkan spidol ke udara, dan pada saat spidol Anda tangkap lagi dengan tangan, semua peserta serta merta diminta berhenti bertepuk tangan. Ulangi sampai beberapa kali. Ulangi proses ke-2 dengan tambahan selain bertepuk tangan juga bersenandung. ( bergumam ) : “Mmmmm….!”. Ulangi proses ke–3 ini beberapa kali, dan setiap kali semakin cepat gerakannya, kemudian akhiri dengan satu anti klimaks: spidol Anda tidak dilambungkan, tapi hanya melambungkan tangan seperti akan melambungkannya ke atas (gerak tipu yang cepat !). amati : apakah peserta masih bertepuk tangan dan bergumam atau tidak ? Mintalah tanggapan dan kesan, lalu diskusikan dan analisa bersama kemudian simpulkan.

CARA BERMAIN

Jumlah Peserta Waktu Tujuan Alat dan bahan Langkah - langkah

Jumlah Peserta Tiap kelompok orang

Waktu Berdurasi sekitar 5 – 10 menit

Tujuan Mendorong proses kerjasama dalam tim

Alat dan bahan

Langkah - langkah Bagilah peserta ke dalam kelompok – kelompok kecil ( 5 – 6 orang ), 1 orang akan menjadi pembicara kelompok.. Mintalah setiap kelompok untuk mendiskusikan tentang sepatu lapangan apa yang cocok untuk bekerja di ‘lapangan’ dan peralatan apa lagi yang dibutuhkan (waktunya sekitar 5 menit) Mintalah pembicara kelompok untuk mengingat pendapat yang berbeda dan pendapat yang sama dari setiap orang di kelompoknya masing-masing. Mintalah pembicara kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi ini seklaigus memperkenalkan nama anggota kelompoknya dan apa pendapat orang – orang tersebut mengenai topik diskusi di atas. Setelah semua kelompok selesai, kemudian diskusikan : Apakah pembicara telah menyampaikan pendapat semua anggota kelompoknya secara tepat ? Apa yang dikurangi? Apa yang ditambah ? Apa yang tidak tepat.

Jumlah Peserta Waktu Tujuan Alat dan bahan Langkah - langkah

Jumlah Peserta Tiap kelompok orang

Waktu Berdurasi sekitar 15 – 20 menit

Tujuan Membantu orang memahami maksud kita

Alat dan bahan

Langkah - langkah Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok berjumlah masing-masing 5-7 orang Salah satu anggota peserta ditutup matanya, dia bertugas mengikuti instruksi peserta lainnya untuk mengambil target/sasaran Siapkan target/ sasaran yang harus diambil di ujung lain dari ruangan/ arena Siapkan ranjau dari botol dalam perjalanan menuju target/ sasaran Bila peserta menendang botol hingga jatuh maka harus mengulangi dari awal Lakukan dalam bentuk kompetisi antar kelompok Biarkan masing-masing kelompok ber-kreatifitas untuk mencapai sasaran asal tidak saling mengganggu Setelah berakhir/ semua mencapai sasaran berikan penjelasan yang berhubungan dengan materi pelatihan

Terima Kasih Semoga Bermanfaat