Waktu Respons dan Kecepatan Tampil

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ragam Dialog.
Advertisements

DISPLAY.
MANUAL HANDLING Manual Handling :
MEMPERBAIKI PRESTASI KERJA DENGAN UMPAN BALIK & PENGHARGAAN
MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Presented by: Nur Hasanah, SE, MSc
MEMPERBAIKI PRESTASI KERJA
MEMPERBAIKI PRESTASI KERJA DENGAN UMPAN BALIK & PENGHARGAAN
Waktu Respons dan Kecepatan Tampil
Waktu Respons dan Kecepatan Tampil
EMA402 - Manajemen Rantai Pasokan EMA402 – Manajemen Rantai Pasokan
Persyaratan Sistem Embedded
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Dosen : Tata Sumitra M
Pengajaran Berbantuan Komputer COMPUTER ASISSTED INSTRUCTION Chapter 1
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
ETIKA PROGRAMMER Jurusan Teknik Informatika STMIK EL-RAHMA YOGYAKARTA
SISTEM PAGING STMIK MDP Palembang
Teori, Prinsip, dan Pedoman
TEKNIK UNTUK MENURUNKAN PERILAKU
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 2 SKS Dosen : Yulistia,S. Kom. ,M
Teori , Prinsip, dan Pedoman
LANGKAH-LANGKAH DALAM MENGANALISIS KEBIJAKAN
OUTSOURCING ( HUBUNGAN INDUSTRIAL). ISTILAH OUTSOURCING SEMARAK DIBICARAKAN DI SEKTOR BISNIS PADA TAHUN 1990-AN. HAL INI TERJADI KRN ADANYA TUNTUTAN PASAR.
Memori Virtual.
Interaksi Manusia dan Komputer
EVALUASI DAN PENGENDALIAN STRATEGI
PENGUKURAN KINERJA (PERFORMANCE MEASUREMENT) DAN BALANCE SCORECARD    Pengukuran Kinerja (Performance Measurement) ·   Sistem Penilaian Kinerja ·   Keterbatasan.
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Sistem Operasi Terdistribusi
Pembuatan Keputusan.
ADAPTATION SKILLS.
Esensi Pekerjaan Manajer
IMK Modul 7.
PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)
Interaksi Manusia dan Komputer
Teori, Prinsip, dan Pedoman
KONSEP INTERFACE
Desain Sistem Akuntansi
Waktu Respons dan Kecepatan Tampil
PROTOTIPE (Berkerja dengan Model Pertama)
Teori, Prinsip dan Pedoman
KEBERGUNAAN Anna Dara Andriana., M.Kom
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Mobile Device User Interface
Interaksi Manusia - Komputer Rani Susanto, M. Kom
Interaksi Manusia dan Komputer
Ragam dialog Pertemuan 3.
TEKNIK PEMROGRAMAN.
Ragam Dialog.
TEKNIK MENULIS PROPOSAL
Tujuan instruksional umum:
Tahapan Hubungan Terapeutik Perawat – Klien
Materi 2 - Komputer Multimedia
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
PENGEMBANGAN SISTEM.
KEYBOARD.
Hilya Millati Era Anida R Risha Dwi
PERENCANAAN (Planning)
KET. INTER-INTRA PERSONAL
KET. INTER-INTRA PERSONAL
Ragam Dialog.
Pengembangan Sistem Informasi Erliyan Redy Susanto.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 3 SKS
Transcript presentasi:

Waktu Respons dan Kecepatan Tampil Pertemuan 7 Waktu Respons dan Kecepatan Tampil

Pendahuluan Waktu sangat berharga Sistem yang lambat atau waktu respons yang tidak diharapkan akan menghasilkan: frustasi; kekesalan; kemarahan.

Pekerjaan yang terlalu cepat mengakibatkan : kurangnya belajar membaca dengan pemahaman rendah keputusan kurang dipertimbangkan masak-masak kesalahan pemasukkan data yg lebih besar

Waktu Respons Definisi : waktu respons (respons time) waktu pemakai berpikir (user think time)

Waktu Respons Definisi : waktu respons (respons time) : jumlah detik dari saat pemakai memulai aktivitas (misalnya dengan menekan tombol enter atau tombol mouse) sampai komputer menampilkan hasilnya di display atau printer waktu pemakai berpikir (user think time) : jumlah detik yang diperlukan pemakai untuk berpikir sebelum memasukkan perintah berikutnya

Pertimbangan bagi Para Desainer Hal-hal yg berhubungan dgn waktu respon dan kecepatan tampil : Complex interaction of technical feasibility cost Task complexity User expectation Speed of task performance Error rates Error-handling procedures

Faktor-faktor lain : perbedaan kepribadian waktu pemakaian (siang,malam) kelelahan tingkat pengenalan komputer pengalaman melaksanakan tugas motivasi

Waktu respon > 15 detik - merusak produktivitas sistem - meningkatkan tingkat error - mengurangi kepuasan Waktu respon < 1 dtk Lebih disukai Meningkatkan produktivitas Meningkatkan tingkat eror u/ tgs yg kompleks

Landasan Teori 1. Keterbatasan memory jangka pendek dan memori kerja the magical number seven – plus or minus two”(George Miller, 1956): kebanyakan orang hanya dapat mengenali tujuh “bongkah” informasi pada satu waktu informasi dapat dipertahankan di memori jangka pendek selama 14-30 detik ukuran “bongkah” berbeda tergantung tingkat pengenalan orang terhadap bahan

memori jangka pendek dan memori kerja memori jangka pendek mengolah masukkan perseptual memori kerja menghasilkan dan mengimplementasikan solusi orang belajar untuk mengatasi masalah yang rumit dengan mengembangkan konsep higher-level menggunakan beberapa konsep lower-level yang digabungkan bersama manjadi satu bongkah

memori jangka pendek dan memori kerja sangat mudah berubah gangguan dapat menghilangkan yang ada di memori penundaan menyebabkan memori harus disegarkan kembali (refresh)

solusi masalah harus direkam di memori atau diimplementasikan 2. Sumber kesalahan solusi masalah harus direkam di memori atau diimplementasikan Waktu respon lambat, pemakai dpt melupakan sebagian rencana/perlu mengulangi rencana terus-menerus Waktu respon terlalu cepat, waktu memformulasikan rencana solusi berkurang, kesalahan bertambah

3. Kondisi bagi pemecahan masalah yang optimal waktu respons yang lebih lambat menyebabkan pemakai merasa tegang karena akibat kesalahan lebih berat waktu respons yang lebih cepat dapat mengakibatkan pemakai gagal memahami bahan yang ditampilkan indikator proses memperlambat waktu yang terlihat dan meningkatkan kepuasan

kecepatan kinerja tugas yang tinggi, tingkat kesalahan yang rendah, dan kepuasan yang tinggi dapat dihasilkan jika: pemakai mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai objek dan aksi yang diperlukan untuk tugas pemecahan masalah rencana solusi dapat dilaksanakan tanpa penundaan pengalih perhatian dihapuskan tingkat ketegangan pemakai rendah ada umpan balik tentang kemajuan ke arah solusi kesalahan dapat dihindari, atau jika terjadi, dapat diatasi dengan mudah

Kecepatan Tampil (Display Rate) Kecepatan komputer menampilkan informasi di layar Dinyatakan dalam cps Display rate yg tinggi membuat pemakai lebih rileks serta bkrj dgn cepat & produktif

Ekspektasi dan Kelakuan Tiga faktor yang mempengaruhi waktu respons : Pengalaman sebelumnya mengenai waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tertentu Jika waktu lebih cepat, pemakai akan senang Jika waktu lebih lambat, pemakai akan berpikir ”ada yang salah”

ekspektasi waktu respons diantara individu dan tugas Pemakai pemula lebih beredia menunggu daripada pemakai berpengalaman Variasi dipengaruhi sifat tugas, pengenalan tugas, kepribadian, biaya, usia, mood, budaya, waktu pada hari, kebisingan, dan tekanan Orang sangat adaptif, dapat beradaptasi dan mengubah gaya kerja untuk menampung perbedaan waktu respons Orang bisa mampu menerima penundaan yang lama, tapi berakibat kinerja dan kepuasannya menurun

Produktivitas Pemakai Tugas kendali yang berulang-ulang (repetitive control tasks): pengaruh yang kuat pada apakah perubahan waktu respons mengubah produktivitas pemakai melibatkan pemantauan tampilan dan melakukan perintah yang menanggapi perubahan pada tampilan

Tugas pemecahan masalah (problem-solving tasks): Lanjutan… Tugas pemecahan masalah (problem-solving tasks): ketika pemecahan masalah yang kompleks diperlukan dan banyak pendekatan dimungkinkan, pemakai akan mengadaptasikan cara kerja mereka dengan waktu respons pemakai akan mengubah cara kerja mereka jika waktu respons berubah

Tugas pemrograman (Programming tasks) Lanjutan… Tugas pemrograman (Programming tasks) programmer mahir membuat rencana dan berusaha melaksanakannya secepat mungkin.mereka tidak takut salah karena tahu dapat memperbaikinya dengan cepat Profesional yang bekerja (professionals at work) bekerja lebih cepat pada waktu respons yang lebih sedikit kecepatan kerja yang tinggi menuntut perhatian yang lebih untuk meminimalkan biaya penundaan karena perbaikan kesalahan

Pedoman Waktu Respons pemakai lebih menyukai waktu respons yang lebih pendek waktu respons yang lebih panjang (lebih dari 15 detik) mengganggu pemakai mengubah cara penggunaan sesuai dengan waktu respons waktu respons yang lebih pendek menyebabkan waktu pemakai berpikir yang lebih pendek

Lanjutan… langkah yang lebih cepat meningkatkan produktivitas, tetapi juga meningkatkan tingkat kesalahan kemudahan perbaikan kesalahan dan waktu perbaikan kesalahan mempengaruhi waktu respons optimal

waktu respons harus sesuai dengan tugasnya: Lanjutan… waktu respons harus sesuai dengan tugasnya: mengetik, menggerakkan kusor, memilih dengan mouse : 50-150 milidetik tugas sederhana yang sering: < 1 detik tugas biasa : 2-4 detik tugas kompleks : 8-12 detik

pemakai harus diberitahu mengenai penundaan yang panjang Lanjutan… pemakai harus diberitahu mengenai penundaan yang panjang perbedaan waktu respons yang tidak banyak dapat diterima penundaan yang tidak diharapkan dapat mengganggu tes empiris dapat membantu dalam menentukan waktu respons yang sesuai