TOKOH DAN ALIRAN TEOLOGI KONTEMPOR

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Lesson 11 for June 14, 2014 PARA RASUL DAN HUKUM.
Advertisements

Bagaimana Berkhotbah dengan Jelas
Copyright © 2008 Tommy's Window. All Rights Reserved ♫ Turn on your speakers ♫ Turn on your speakers CLICK TO ADVANCE SLIDES.
Sabda Kehidupan Sabda Kehidupan Maret 2012 Maret 2012.
SabdaKehidupan Desember 2008 “Bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi.” (Lc 22:42)
Restorasi dan Pembaharuan
Acrostic Bible – 2 John Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College 2 YOHANES Ayat 1 – 3 Cinta pada wanita 4 – 6 Peringatan untuk mengasihi sesama 7 – 11.
KESEMPURNAAN ALKITAB 2 Tim. 3:16; 2 Pet. 1:20-21
MARILAH MEMENANGKAN PERTANDINGAN FILIPI 3: 12-16
PERKEMBANGAN EPISTEMOLOGI
MENGENAL KITAB-KITAB DEUTEROKANONIKA
Memberi tempat bersama Dia di sorga Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan- Nya kepada kita,. (Efesus.
PERTEMUAN KE 3 AGAMA ISLAM
Serial Tokoh Alkitab GAMALIEL KELAS ALKITAB MALAM - 10 OKTOBER PDT.ALEX LETLORA.
ANTISIPASI MUNCULNYA PAHAM SEKULARISME DALAM PRAKTEK KETATANEGARAAN DI INDONESIA WIDAYANTI DAMELIA
BEBAS DARI BELENGGU LEGALISME Kolose 2:16-23
KISAH PARA RASUL Pasal 1:1-11.
Devine Revelation menurut Fazlur Rahman Oleh : zainul adzvar Al-Qur ’ an  Verbal (tidak hanya makna dan ide saja)
Pandangan Agama Terhadap Politik
Teologi Pembebasan ( Hasan Hanafi )
HIDUP DALAM MASYARAKAT DENGAN PRINSIP KRISTIANI
LIBERALISME (MATA KULIAH : TEOLOGIA & MISI KONTEMPORER
JADILAH PEMENANG HIDUP YANG BENAR
ALIRAN-ALIRAN & TOKOH-TOKOH FILSAFAT ILMU
Metode memahami islam Oleh: Sayan Suryana, S.Sos.M.M. FH. Unsika.
Mengenal Filsafat Manusia
ALIRAN FILSAFAT NATURALISME
Bibliologi disiplin ilmu yang mempelajari akan Alkitab
Pancasila Sebagai Ideologi nasional (2)
Pancasila Sebagai Ideologi nasional (2)
INJIL DAN GEREJA Lesson 13 for September 23, 2017.
ETIKA PROFESI ISLAM DALAM PANDANGAN FILSAFAT
Pemahaman Agama : Etimologis & Teologis
E- LEARNING MATA KULIAH : FILSAFAT ILMU DAN LOGIKA
YANG MENINGGAL DALAM KRISTUS
Pernyataan Iman Akan Perlindungan Tuhan
GEREJA YANG KONTEKSTUAL
Konsep Dasar Sejarah.
MEMPERJUANGKAN KEBENARAN
BERBAGAI ALIRAN SEKITAR GEREJA
KEKRISTENAN DAN KEBUDAYAAN
E- LEARNING MATA KULIAH : FILSAFAT ILMU DAN LOGIKA
Pancasila sebagai sistem filsafat, perbandingan filsafat pancasila dengan sistem filsafat lainnya didunia.
am/2017/sejarahwajib/x/sem1
KEBAHAGIAAN DI BALIK KEMATIAN
SIAPAKAH MANUSIA DALAM ROMA 7?
MENGALAHKAN DOSA Lesson 7 for November 18, 2017.
FILSAFAT PENDIDIKAN EKSISTENSIALISME
Sejarah Perkembangan Pemikiran Sebagai Dasar Teori Kriminologi
Pancasila Sebagai Ideologi
Pemahaman Agama : Etimologis & Teologis
Filsafat eksistensialisme
Berasal dari bahasa Arab Dari 2 kata AL Dan Kitab AL : kata sandang atau tambahan Kitab : Buku/Kitab Jadi Alkitab : Buku itu / Buku / Kitab Bahasa.
IMPLIKASI PERUBAHAN LINGKUNGAN BAGI POLITIK LOKAL
KEHIDUPAN KRISTEN Lesson 13 for December 30, 2017.
PROPOSAL NATAL BERSAMA KELUARGA BESAR LNG BONTANG 2008
BAB 1 Hakikat Ruang Lingkup Ilmu Sejarah
Outline Apa yang di maksud dengan Belajar dari pengalaman?
KEBIASAAN SEORANG PENATALAYAN
Pelajaran 12 untuk 24 Maret 2018 Oleh : Hendry Dasmasela Oleh : Hendry Dasmasela Oleh : Hendry Dasmasela Oleh : Hendry Dasmasela Mazmur 119:9,11 “Dengan.
PENTAKOSTA Lesson 2 for July 14, 2018.
PLURALISME DALAM ISLAM
PENGALAMAN PERSATUAN DI GEREJA MULA-MULA Lesson 5 for November 3, 2018.
Injil Dari Patmos Lesson 1 for January 5, 2019.
DIANTARA KAKI DIAN Lesson 2 for January 12, 2019.
Filsafat eksistensialisme. Sejarah munculnya eksistensialisme Istilah eksistensialisme dikemukakan oleh ahli filsafat Jerman Martin Heidegger ( )
KELUARGA - KELUARGA BERIMAN
PLURALITAS KEAGAMAAN DI INDONESIA Jurnal Teologi “Gema” No 47/1994, UKDW.
5 Nilai-Nilai HAM Menurut Iman Kristen Yang Sangat Penting Kelas XII.
MENGHIDUPKAN PENGHARAPAN ADVENT
Transcript presentasi:

TOKOH DAN ALIRAN TEOLOGI KONTEMPOR

KARL BARTH (1886-1968) Pelopor teologi kontemporer. Ketika ia di Swiss, pada usia 25 tahun melalui buku tafsiran surat Roma-nya yang terus direvisi seiring dengan pandangan teologinya. Barth memiliki latar belakang pendidikan liberal. Ia belajar di bawah asuhan teolog-teolog liberal yang ternama, seperti Harnack dan Herrmann. Barth sudah sangat dipengaruhi pemikiran liberalisme.

Teologia Barth disebut juga sebagai teologi neo-ortodok, karena usahanya melawan teologia liberal. Namun demikian, sesungguhya Barth sama saja dengan liberalisme, karena menolak Alkitab sebagai Firman Allah. Teologia Barth berlawanan dengan teologia liberal, tetapi Barth melakukan kesalahan yang sama dengan liberalisme. Van Til menamakan pandangan Barth sebagai “modernisme baru”.

Pemikiran teologia Barth: Allah adalah “Yang mutlak berbeda” dari kita (“the Wholly Other”). Allah tidak dapat dipahami oleh manusia dengan cara apapun juga, “Biarlah Allah tetap menjadi sebagai Allah dan bukan manusia”. Manusia membutuhkan penyataan/wahyu Allah. Namun demikian, menurut Barth Alkitab bukanlah Firman Allah. Alkitab merupakan symbol yang melaluinya Firman datang kepada manusia. Alkitab adalah Firman Allah sejauh Allah berbicara melaluinya.

Barth menggunakan metoda dialektika dalam berteologia Barth menggunakan metoda dialektika dalam berteologia. Tanpak bahwa Barth telah dipengaruhi oleh pemikiran Kierkegaard, seorang filsuf eksistensialis yang pernah menyatakan bahwa semua teologia berciri paradoks dan tidak dapat dipadukan. Dalam berteologia Barth menggunakan metode “pernyataan dan lawan pernyataan”. Sehingga tidak ada kebenaran yang berdiri sendiri, selalu ada lawannya. Sebagai contoh Yesus adalah ya dan sekaligus tidaknya Allah. Dengan demikian Allah tidak dapat dijelaskan dengan pemikiran yang langsung atau sempit.

Barth mengembangkan pengertian sejarah yang berbeda dengan liberalisme Barth mengembangkan pengertian sejarah yang berbeda dengan liberalisme. Bagi Barth, sejarah tidak penting, sebab penyataan Allah tidak memasuki sejarah. Barth membagi sejarah dalam dua bagian (dalam bahasa Jerman), yaitu historie; fakta masa lampau dan secara obyektif dapat dibuktikan benar; dan geschichte, yaitu berhubungan dengan hal-hal yang menyentuh saya secara eksistensial. Menurut Barth, kebangkitan Yesus termasuk dalam lingkup geschichte, bukan historie. Historie tidak penting bagi kekristenan.