Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi Pertemuan 13 Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi
Participatory Design & Task Analysis Parcipatory design : perancangan yang melibatkan pemakai Keterlibatan pemakai dalam perancangan akan : Menghasilkan lebih banyak informasi yang akurat tentang tugas Memberi kesempatan untuk berargumen atas keputusan rancangan Memberi rasa keikutsertaan yang membentuk investasi ego dalam implementasi yang sukses Potensi untuk meningkatkan penerimaan pemakai atas sitem final
Karakteristik perancangan menurut Carrol dan Rosson (1985) : Perancangan adalah suatu proses Proses perancangan adalah nonhierarkis Proses perancangan adalah transformasional secara radikal Perancangan secara intrinsik melibatkan penemuan tujuan-tujuan baru
Karakteristik perancangan menurut Carrol dan Rosson (1985) : Proses perancangan adalah nonhierarkis; tidak ketat bottom-up maupun top-down Proses perancangan adalah transformasional secara radikal; melibatkan pengembangan solusi sebagian dan sementara yang akhirnya mungkin tidak berperan dalam rancangan akhir
Tiga pilar perancangan Guidelines document Tata letak layar Piranti masukan dan keluaran Urutan aksi Pelatihan User interface Software Tools (UIMS) and rapid prototyping tools Usability laboratories and iterative testing
User interface Software Tools (UIMS) and rapid prototyping tools Pelanggan dan pemakai belum punya gbrn jelas ttg bentuk dan hasil akhir sistem akan terlihat seperti apa Usability laboratories and iterative testing dilakukan uji dari yg paling kecil ke yg paling besar sebelum diberikan ke pelanggan
Kriteria terukur untuk antarmuka pemakai : Waktu mempelajari fungsi tertentu Kecepatan kinerja tugas Tingkat kesalahan Kepuasan subjektif pemakai Retensi (daya ingat) terhadap perintah
Evaluasi dalam Pemakaian Aktif Survey Wawancara dan diskusi kelompok Konsultasi online atau melalui telepon Kotak saran online atau pelaporan kesulitan Online bulletin board atau newsgroup User newsletter dan konferensi
Survay Wawancara Diskusi kelompok Konsultasi online Kotak saran Pake setuju, sangat setuju, dst Wawancara Produktif krn pewawancara bs menggali lbh dlm ttg hal2 yg spesifik yg hrs diperhatikan Diskusi kelompok u/ mencari tau apakah banyak org yg berkomentar sama Konsultasi online Bantuan bagi pemakai yg kesulitan Kotak saran Menggunakan email u/ kirim pesan ke admin atau perancang Bulletin board Pemasangan pesan2 dan pertanyaan2 terbuka
Daur Hidup Pengembangan Sistem Langkah-langkah : Kumpulkan informasi Definisikan kebutuhan dan semantik Rancang sintaksis dan fasilitas pendukung Sebutkan piranti-piranti fisik Kembangkan software Integrasikan sistem dan sebarkan kepada pemakai Pelihara masyarakat pemakai Persiapkan rencana evolusi