PERANCANGAN SISTEM.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 2 Pengantar Pengembangan Sistem
Advertisements

Pengembangan Sistem Informasi
Metoda perancangan dan konstruksi sistem
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
Pengembangan Sistem Informasi - 4
Candra Irawan Dimas Bhirawa Fahrizky Syahrial Andri Daisy Rahmad
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Siklus, Metode dan Teknik Pengembangan Sistem Informasi
Bab 6 PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 7 DSS Development
ANALISIS DAN DESAIN SISTEM Mohamad Sidiq Magister Komputer Universitas Dian Nuswantoro 2a2a SYSTEM ANALYSIS P E R T E M U A N.
PEMODELAN ANALISIS Kuliah - 5
PEMODELAN PROSES.
SIKLUS HIDUP SISTEM Pertemuan Ke-7.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
REKAYASA SISTEM.
Konsep Sistem Informasi
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGEMBANGAN SISTEM.
KOMPONEN SISTEM INFORMASI Materi Pertemuan ke-4.
BAB 2 TINJAUAN UMUM PENGEMBANGAN SISTEM
Tahapan Proyek Pembuatan Situs Web
Pengembangan perangkat lunak
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI (PSSI).
Pengembangan Sistem Informasi
ANALISIS SISTEM 1.
Aktifitas Pengembangan & Pemeliharaan Sistem
Rekayasa Perangkat Lunak
Analisis Sistem By: Mr. Haloho.
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
KONSEP PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Perancangan dengan Pendekatan Terstruktur
SIKLUS HIDUP SISTEM Proses Pengembangan sistem berasal dari system life cycle/siklus hidup sistem. Siklus hidup sistem terjadi begitu saja System.
MODEL PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Metode rpl BY: Y. PALOPAK S.Si., MT..
PERANCANGAN SISTEM TERSTRUKTUR DAN OBJECT ORIENTED
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
Pengembangan Siklus Hidup Sistem
Analisis Perancangan Berbasis Objek
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
ENTOT SUHARTONO, SKOM, MKOM
PERANCANGAN SISTEM.
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Desain Sistem Pertemuan Ke-3.
SISTEM INFORMASI PEMASARAN
PENGEMBANGAN SISTEM Alasan & Tujuan Pengembangan Sistem
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
BAB 2 KONSTRUKSI & BISINS PROSES
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Analisa Sistem Definisi Analisis Sistem Definisi Design Sistem
Analisa Sistem Definisi Analisis Sistem Definisi Design Sistem
KELOMPOK FARHATULLAILA ( )
Siklus, Metode dan Teknik Pengembangan Sistem Informasi
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Proses Pengembangan Database
SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM (System Development Life Cycle/SDLC)
Pendekatan-Pendekatan Pengembangan Sistem
Pengembangan Sistem Informasi
PENGEMBANGAN SISTEM.
Analisis Sistem By: Mr. Haloho.
Pengembangan Sistem Informasi
Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom
PERANCANGAN SISTEM.
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
Transcript presentasi:

PERANCANGAN SISTEM

SECARA FORMAL, DESAIN SISTEM INFORMASI DIDEFINISIKAN SEBAGAI BEBERAPA TUGAS YANG FOKUS PADA SPESIFIKASI DETAIL SOLUSI BERBASIS KOMPUTER. ANALISIS SISTEM MENEKANKAN PADA MASALAH BISNIS, SEDANGKAN DESAIN SISTEM FOKUS PADA MASALAH TEKNIS ATAU IMPLEMENTASI.

TERDAPAT BEBERAPA STRATEGI ATAU TEKNIK UNTUK MELAKUKAN DESAIN SISTEM TERDAPAT BEBERAPA STRATEGI ATAU TEKNIK UNTUK MELAKUKAN DESAIN SISTEM. STRATEGI DAN TEKNIK TERSEBUT MELIPUTI: 1. PENDEKATAN MODEL DRIVEN - DESAIN TERSTRUKTUR - TEKNIK INFORMASI - PROTOTIPING - DESAIN BERORIENTASI OBJEK 2. RAD 3. JAD

MODEL DRIVEN APPROACHES: SEBUAH PENDEKATAN DESAIN SISTEM YANG MENEKANKAN PENGGAMBARAN MODEL SISTEM UNTUK MENDOKUMENTASIKAN ASPEK TEKNIS DAN IMPLEMENTASI DARI SEBUAH SISTEM. DESAIN TERSTRUKTUR MODERN: TEKNIK DESAIN SISTEM YANG MENGURAIKAN PROSES-PROSES SISTEM MENJADI KOMPONEN-KOMPONEN YANG DAPAT DIKELOLA.

DESAIN TERSTRUKTUR BERUSAHA MEMFAKTORKAN SEBUAH PROGRAM KE DALAM HIERARKI MODUL TOP-DOWN YANG MEMILIKI PROPERTI BERIKUT INI: MODUL HARUS SANGAT COHESIVE: MASING-MASING MODUL HANYA MELAKUKAN SATU FUNGSI. MODUL HARUS LOOSELY COUPLED; MODUL HARUS MEMILIKI KETERGANTUNGAN YANG SANGAT MINIMAL SATU SAMA LAIN

Model-driven development menekankan pembuatan gambar model-model sistem untuk membantu visualisasi dan analisis masalah, mendefinisikan persyaratan bisnis, dan mendesain sistem informasi. Model sistem adalah gambar sebuah sistem yang mewakili realitas atau realitas yang diharapkan.

MODUL PERANGKAT LUNAK YANG BERASAL DARI DESAIN TERSTRUKTUR DISEBUT STRUCTUR CHART (GRAFIK TERSTRUKTUR). DESAIN TERSTRUKTUR TIDAK MENGACU KE SELURUH ASPEK DESAIN, MISALNYA DESAIN INPUT, OUTPUT ATAU DATABASE. CONTOH:

Keunggulan Model Driven Spesifikasi persyaratan lebih menyeluruh dan didokumentasikan dengan baik Persyaratan bisnis dan desain sistem lebih mudah divalidasi dengan gambar daripada dengan kata-kata Lebih mudah mengidentifikasi, mengkonseptualkan, dan menganalisis solusi-solusi teknis alternatif Spesifikasi desain cenderung solid, stabil, dapat beradaptasi, dan fleksibel karena berbasis model dan dianalisis lebih menyeluruh sebelum dibangun Sistem dapat dikonstruksikan dengan lebih tepat pertama kali saat dibangun dari spesifikasi berbasis model yang menyeluruh dan jelas.

Kelemahan Model Driven Banyak memakan waktu Model tersebut dapat sebagus pemahaman para pengguna akan persyaratan tersebut Model bukanlah perangkat lunak Tidak fleksibel.

INFORMATION ENGINEERING MERUPAKAN TEKNK MODEL DRIVEN DAN DATA CENTERED, TETAPI PROCESS-SENSITIVE, YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MERENCANAKAN, MENGANALISIS, DAN MENDESAIN SISTEM INFORMASI. CONTOH :

CONTOH DIAGRAM HUBUNGAN ENTITAS FISIK DAN IE

PROTOTIPING Sebuah model skala kecil , representatif atau model bekerja dari persyaratan pengguna atau desain yang diusulkan untuk sebuah sistem informasi CONTOH:

SCREEN PROTOTIPE DIALOG ANTARMUKA

SCREEN PROTOTIPE OUTPUT

OBJECT ORIENTED DESIGN MERUPAKAN STRATEGI DESAIN YANG BARU OBJECT ORIENTED DESIGN MERUPAKAN STRATEGI DESAIN YANG BARU. DESAIN DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK MENGGUNAKAN UML, MERUPAKAN PERLUASAN DARI STRATEGI ANALISIS BERORIENTASI OBJEK. CONTOH:

RAPID APPLICATION DEVELOPMENT ADALAH SEBUAH PENDEKATAN DESAIN SISTEM YANG MENGGUNAKAN TEKNIK TERSTRUKTUR, PROTOTIPING, DAN JAD. RAD merupakan seperangkat strategi, metodologi dan peralatan yang terintegrasi dalam satu kerangka kerja menyeluruh (information engineering – IE). JOINT APPLICATION DEVELOPMENT ADALAH SEBUAH TEKNIK YANG MELENGKAPI ANALISIS SISTEM DAN TEKNIK DESAIN LAIN DENGAN CARA MENGAMBIL PERAN SEBAGAI FASILITATOR DIANTARA SYSTEM OWNERS (PEMILIK), USERS, DESIGNERS, DAN BUILDER.

KETIKA SISTEM BARU DIBUTUHKAN, PEMILIHAN PRODUK YANG TEPAT KADANG MENJADI SANGAT SULIT. KEPUTUSAN TERSEBUT MENJADI SANGAT RUMIT KARENA ADANYA PERTIMBANGAN DALAM SEGI TEKNIK, EKONOMI, DAN POLITIK. TUJUAN ANALISIS KEPUTUSAN UNTUK: MENGENALI DAN MENELITI PRODUK SPESIFIK YANG DAPAT MENDUKUNG SOLUSI YANG DIREKOMENDASIKAN UNTUK SISTEM INFORMASI TARGET. MENGUMPULKAN, MENGEVALUASI, DAN MERANGKING PROPOSAL VENDOR

3. MEMILIH DAN MEREKOMENDASIKAN PROPOSAL VENDOR YANG PALING BAIK. 4. MELAKUKAN KONTRAK DENGAN VENDOR YANG TELAH DIPILIH UNTUK MENDAPATKAN PRODUK.

TIDAK CUKUP HANYA DENGAN MEMBELI ATAU MEMBANGUN SISTEM YANG MEMENUHI PERSYARATAN SISTEM TARGET, ANALIS HARUS MENGINTEGRASIKAN ATAU MENGANTARMUKA SISTEM BARU TERSEBUT KE BERIBU-RIBU SISTEM LAIN YANG SUDAH ADA DAN SANGAT BERGUNA BAGI KEPENTINGAN BISNIS. BEBERAPA SISTEM TERSEBUT DAPAT MENGGUNAKAN TEKNOLOGI, TEKNIK, DAN STRUKTUR FILE YANG BENAR-BENAR BERBEDA.

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI JUGA HARUS MEMPERHATIKAN TEKANAN-TEKANAN DESAIN (DESIGN FORCES) YG MEMPENGARUHI KERJANYA, YAITU: 1. TEKANAN-TEKANAN PERSAINGAN. 2. KUALITAS DAN KEGUNAAN INFORMASI. 3. FAKTOR-FAKTOR ORGANISASI 4. FAKTOR-FAKTOR MANUSIA

ADA PERTANYAAN ?