HERU PRASETYO, 2104981318 PENCARIAN HAKIKAT KETUHANAN DALAM KUMPULAN PUISI O AMUK KAPAK KARYA SUTARDJI CALZOUM BAHCRI.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DEVI DWI ASTITI, Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata.
Advertisements

RATIH BUDI NURANI, Cerita Jaka Setya Lan Jaka Sedya Karangan Mas Arjasuwita Dalam Kajian Greimas.
HERI ROHMADANI, Heroisme Dalam Serat Menak Dewi Soja.
NURUL HIDAYATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA ANAK YANG DIBACA MELALUI MODEL STRATTA DENGAN TEKNIK CERITA BERANGKAI SISWA.
ZULNITA MUSFIANI, Intertekstual Wayang Gombal dalam Majalah Jaya Baya.
BEKTI LIYA SARI, NOVEL 5 CM KARYA DONNY DHIRAGANTORO SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA.
Identitas Mahasiswa - NAMA : DESI ARIYANTI - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa.
PUJIANIK, Novel Panglipur Wuyung Asmara Ing Bandjir Lusi Karya JA. Setia Kajian Stilistika.
M U K S A N, Efektifitas Pengelolaan Arsip Di Kantor Kecamatan Gunungpati, Semarang.
MUHAMMAD HERU WIBAWA, WATAK DAN PERILAKU TOKOH UTAMA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA.
ANDIKA RAKA DIANJAYA, Skizofrenia sebagai Fenomena Psikologis dalam Cerpen Le Horla Karya Guy de Maupassant.
NOR HIDAYAH, CITRA DIRI WANITA CINA DALAM NOVEL PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA.
TRIMIATI, Puitika Widodo Basuki Dalam Kumpulan Geguritan Layang Saka Paran.
JOKO WURYANTO, Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa.
TAWAR INDARWANTO, Tinjauan Tema, Amanat, Fungsi Ekspresif Referensial dan Puitik dalam Kumpulan Puisi Le feu de joie Karya Louis Aragon.
FENTY HASWIYANTI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAPRESIASI PUISI MELALUI PENDEKATAN SOSIOPRAGMATIK DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STRATTA.
TRI WAHYUNI, Syeh Siti Jenar Dalam Kacamata Pembaca
CHARISAH MILATILLAH, Watak Tokoh-tokoh dalam Kumpulan Crita Cekak Ajur Karya Akhir Lusono.
ENIK MURDIESTI, PENYIMPANGAN PERILAKU ORANG TUA TERHADAP ANAK DALAM KUMPULAN CERPEN CERITA PENDEK TENTANG CERITA CINTA PENDEK KARYA DJENAR MAESA.
FRANSISCUS XAVERIUS HARDANTO, Penokohan dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya N.H. Dini dan Kemungkinannya sebagai Bahn Ajar di SMA/ MA.
SUDIHARTI, Nilai Religius dalam Kumpulan Cerpen Derai-Derai Kamboja Karya Kusmawanti sebagai Alternatif Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
HENI PURWATI, Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono.
ASRI WINAHYU, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI TEKNIK DESKRIPSI BENDA KONKRIT SISWA KELAS V SD NEGERI BANJARSARI 2 KECAMATAN.
SULIYATI, Ajaran Serat Nitiprana Dalam Kajian Struktural Semiotik Todorov.
AULIA AHMAD RITAUDDINZ, SUDUT PANDANG DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA.
INTI ARI, Distribusi Ranah Kognitif dalam Langkah-langkah Pembelajaran pada RPP Bahasa Jawa VII di SMP Islam Ngadirejo Kabupaten Temanggung.
MOH NUR AKHLIS, Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Ungkap Perasaan pada Siswa Kelas VII MTs Al Burhan Semarang Tahun Pelajaran.
SANTI RAHAYU, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI MEDIA PHOTOSTORY DENGAN TEKNIK PENGANDAIAN DIRI SEBAGAI PENGARANG SERBA HADIR.
EKA OKTA HARMIA, Pemanfaatan Teknik Imajinasi Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Geguritan Pada Siswa Kelas X 2 MA Nahdlatul Muslimin.
RIZQIYA AFIFATUN NISRINA, Struktur Frasa Pengisi Fungsi Predikat Pada Kumpulan Romansa Jawa Tembange Wong Kangen.
RIBUT ACHWANDI, KONFLIK SOSIAL DAN POLITIK DALAM KUMPULAN CERPEN RAZIA AGUSTUS KARYA SOBRON AIDIT.
NAUFAL ALIN, Perempuan Dalam Novel Dawet Aju Karya Widi Widajat.
MUHAMMAD ZAENUDIN, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI STRATEGI ATM DENGAN MEDIA CONTOH CERPEN SISWA KELAS X-8 SMAN 2 BAE KUDUS.
ENGGAR DHIAN PRATAMANTI, PENGARUH BAHAN BACAAN TERHADAP GAYA PENULISAN PUISI PADA REMAJA KELAS XI BAHASA SMA N 1 SUKOREJO.
Identitas Mahasiswa - NAMA : IWAN SUSANTI - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan.
M. ABDUL AZIZ MUSLIM, Pemakaian Media OHP dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas VIIG MTs Taqwal Ilah Semarang.
HENDRA SUGIARTO, ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SEMANGAT KERJA KARYAWAN CV. NIKI HARUM SEMARANG.
WASIS HARDIYANING PAMUNGKAS, KONFLIK PSIKOLOGIS TOKOH PELACUR DALAM NOVEL MAAF, AKU TERPAKSA JADI PELACUR KARYA SUTIRMAN EKA ARDHANA.
BAGUS PRASETYO ADILUHUNG, Sirwenda Danurwenda Dalam Kajian Strukturalisme Greimas.
GANJAR TRIADI, Simbol dan Makna Pepali Adipati Wirasaba dan Relevansinya pada Masyarakat di Eks-karesidenan Banyumas.
ZUHROTUN AFIYAH, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM DENGAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAYUNG.
SRI WAHYUNI, Motif Perubahan Perilaku Tokoh Utama dalam Novel Sumi (Jejak Cinta Perempuan Gila) Karya Maria Bo Niok.
DEWI MAFTUCHAH, Alur Novel Emprit Ambuntut Bedhug Karya Suparto Brata.
DEFIANA LUTFITASARI, Mitos Cerita Candi Gamelan Di Kabupaten Pekalongan.
AGUSTINA TRI LESTARI, Cerita Dewi Rayungwulan dalam Serat Babad Pati.
DEDDY DWI WIJAYA, Struktur Cerita Misteri Alaming Lelembut pada Majalah Jawa Panjebar Semangat Tahun 2010.
ENDANG MURDININGSIH, NALURI DAN REAKSI TOKOH UTAMA PADA NOVEL MUKJIZAT CINTA KARYA MOHAMMAD MASYKUR A.R.SAID.
ODA SHYANTICA HANINGTYAS, DEIKSIS DALAMROMANVENDREDI OU LAVIE SAUVAGE KARYA MICHEL TOURNIER.
DINA NURMALISA, Citra Wanita dalam Novel Jala Karya Titis Basino
KHORIDATUL MAULA, KESANTUNAN BERBAHASA DALAM WACANA SMS PEMBACA PADA KOLOM SUARA WARGA DI HARIAN KOMPAS.
KRISTINA TITIS PUJI WHIRANTI, Perbedaan Penggunaan Partikel WA dan GA dalam Buku Cerita Monstaa Hoteru de Natsuyasumi.
DESIANA DWI PRAMESTI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PESAN SINGKAT (MEMO) MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN BERBASIS MULTIMEDIA.
Identitas Mahasiswa - NAMA : RANIN AGUNG KURNIAWAN - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS :
AMNAH FALESTINA, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Sugesti- Imajinasi Media Lagu Siswa Kelas X MA Salafiyah Karang Tengah.
FIA NURUL HIDAYATI, UNSUR INTRINSIK DALAM SERIAL NOVEL CAFE GAUL 1 LA TANSA MALE CAFE KARYA NURUL F HUDA SERTA KEMUNGKINANNYA SEBAGAI BAHAN.
YUNITA ENDARWATI, Struktur Crita Cekak (Cerkak) Majalah ''Jaya Baya'' pada Tahun 90-an.
KURNIAWAN WISNU GROHO, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) PADA SISWA KELAS VIIIA SMP.
INDAH FITRIYA DWI SETYANINGSIH, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN TEKNIK EVALUASI LANGSUNG SISWA KELAS V.
DIAN WARSITANINGRUM, Pembelajaran Menggambar di TK
NOVIA DWI TRANWATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ANGKA SISWA KELAS X SMA DIAN KARTIKA.
INSAN PERAN ARINTANG, Manajemen Produksi Kelompok Musik Radikal Corps di Semarang: Kajian Karya Musiknya.
Identitas Mahasiswa - NAMA : AZIS ARIANTO - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan.
ASTERIA MURBANDARI, Novel Luruh Kuncup sebelum Berbunga Karya Mira W dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMP.
YULIYANTO, Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Media Gambar Karikatur melalui Teknik Pancingan Kata Kunci Siswa Kelas VIII F SMP Negeri.
ERI ASTUTI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KARYA WISATA TEMPAT PEMBUDIDAYAAN TANAMAN HIAS RINGIN INDAH SISWA.
Identitas Mahasiswa - NAMA : IMA WULANDHARI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra.
WIDOWATI, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK SECARA LANGSUNG PADA SISWA KELAS X MA AL ASROR GUNUNGPATI SEMARANG.
ABDUL ROKHIM, Menelusuri Makna Semantik dan Aspek Verbal Pada Kidung Sesingir Karya Pakubuwana IX Surakarta Hadiningrat.
SITI FATIMAH, RELASI GAMBAR ILUSTRASI DENGAN TEKS PUISI DALAM KUMPULAN PUISI AIR KATA KATA KARYA SINDHUNATA.
Identitas Mahasiswa - NAMA : INDAH DUHRIYAH IKA SAEPUTRI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa.
Transcript presentasi:

HERU PRASETYO, PENCARIAN HAKIKAT KETUHANAN DALAM KUMPULAN PUISI O AMUK KAPAK KARYA SUTARDJI CALZOUM BAHCRI

Identitas Mahasiswa - NAMA : HERU PRASETYO - NIM : PRODI : Sastra Indonesia - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - terasastra pada domain Yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs.Mukh. Doyin, M.Si - PEMBIMBING 2 : Drs Agus Nuryatin, M. Hum. - TGL UJIAN :

Judul PENCARIAN HAKIKAT KETUHANAN DALAM KUMPULAN PUISI O AMUK KAPAK KARYA SUTARDJI CALZOUM BAHCRI

Abstrak Puisi merupakan bentuk karya sastra yang paling tua. Sejak kelahirannya puisi memang sudah menunjukkan ciri-ciri yang khas, seperti yang kita kenal sekarang, meskipun puisi telah mengalami perkembangan dan perubahan tahun demi tahun (Waluyo, 1991: 3). Kehidupan puisi terus berkembang sejalan dengan perkembangan bahasa dan kebudayaan masyarakat, sehingga dewasa ini puisi mampu mendominasi dunia sastra. Berbicara tentang puisi modern kita tak bisa lepas untuk tidak membicarakan puisi dan kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri dalam kancah perpuisian Indonesia yang merupakan fenomena yang menarik. Sosoknya sebagai penyair dan pembaca puisi “mencengangkan“ orang karena demonstratif dan eksentrik. Puisi-puisinya mengejawantah menjadi bunyi-bunyi sugestif dan magis yang keluar dari mulutnya. Dalam penelitian ini tidak seluruh puisi dalam kumpulan puisi O, Amuk, Kapak dianalisis. Bahkan, Puisi Amuk dan Kapak tidak masuk dalam analisis. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan efektif dan penerapan model sampel. Namun demikian, puisi-puisi yang dihadirkan diharapkan mampu mewakili yang bermakna pencarian ketuhanan. Penelitian ini akan membahas makna pencarian hakikat ketuhanan yang muncul pada sajak-sajak Sutardji Colzoum Bachri dalam kumpulan puisinya O Amuk Kapak. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah hermeneutik fenomenologi dapat digunakan dalam upaya mengetahui makna pencarian hakikat ketuhanan yang muncul pada sajak-sajak Sutardji Colzoum Bachri dalam kumpulan puisinya O Amuk Kapak. Secara teoritis, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ilmu sastra di Indonesia khususnya dalam bidang genre puisi serta mengembangkan teori-teori secara ilmiah. Pada intinya penelitian ini bertujuan untuk menerapkan kajian hermeneutik yang menitikberatkan pada makna sajak-sajak yang terdapat dalam kumpulan puisi O Amuk Kapak karya Sutardji Colzoum Bachri. Secara praktis, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan minat masyarakat dalam memahami puisi, khususnya sajak-sajak karya sutardji Colzoum Bachri, serta menguatkan pemikiran dan keyakinan akan keberadaan dan kekuasaan Tuhan melalui karya sastra. Pendekatan dalam penelitian ini terdiri atas pendekatan teoretis fenomenologi dan metodologis yaitu kualitatif. Kajian hermeneutik dengan pendekatan fenomenologi bermakna membiarkan sesuatu menjadi apa adanya, tanpa pemaksaan kategori yang diberikan penafsir kepada sebuah karya. Interpretasi karya sastra bukan sesuatu yang ditunjuk, sebab interpretasi merupakan sesuatu yang akan memperlihatkan diri pada sebuah penafsiran. Pendekatan ini berupaya mengkaji makna hermeneutik dari interpretasi linguistik sampai pada interpretasi filsafat. Fenomenologi dianggap aspek penting bagi hermeneutik, karena pendekatan ini tidak semata-mata didasarkan pada kesadaran, historis, dan kategori lainnya, namun ditekankan pada muncul dan adanya suatu realitas yang ditemukan. Dari hasil analisis pada 10 puisi Sutardji di atas dapat diketahui bahwa puisi-puisi tersebut mengandung makna religi dan mengarah pada makna pencarian hakikat ketuhanan. Pencarian hakikat ketuhanan yang dimaksud berupa simbol pencarian kekuatan, daya pikir, dan keyakinan dalam memahami ajaran religi. Dengan demikian puisi- puisi tersebut telah mewakili bahwa puisi-puisi Sutradji dalam kumpulan O Amuk Kapak terdapat makna yang menyiratkan proses pengalaman penyair (Sutardji) dalam dunia religi dan ketuhanan. Puisi-puisi Sutardji Ah, Dapatkau, Jadi, Pot, O, Daun, Q, Tapi, Kalian, dan Perjalanan Kubur merupakan contoh karya sastra yang memiliki kontribusi pada aspek batin dan spiritual manusia. Dengan analisis ini dapat diketahuai pula bahwa dunia seni khususnya seni sastra mampu memberikan kontribusi spiritual bagi pembaca maupun penciptanya. Melalui sarana sastra terutama puisi atau sajak, penyair dapat mengungkapkan suasana batin dan segala persoalannya untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan sebagai sutradara dan pemilik alam semesta

Kata Kunci hakikat ketuhanan, makna puisi, O Amuk Kapak karya Sutardji Calzoum Bahcri

Referensi Aminuddin Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Atmosuwito, Subijantoro Perihal Sastra dan Religiusitas dalam Sastra. Bandung: Sinar Baru. Baribin, Raminah Teori dan Apresiasi Puisi. Semarang: IKIP Semarang Press. Calzoum Bachri, Sutardji O Amuk Kapak. Jakarta: Sinar Harapan. Hadi, Abdul, WM Hermeneutika, Estetika, dan Religiusitas: Esai-esai Sastra Sufistik dan Seni Rupa. Yogyakarta: Matahari. Hardiman, F. “Budi. Hermeneutik Apa Itu?” dalam Basis, Majalah Kebudayaan Umum. Edisi: XL No.1 tahun Kridalaksana, Hari Murti Kamus Sinonim Bahasa Indonesia. Ende Flores: Nusa Indah. Magunwijaya, Y.B Sastra dan Religiusitas. Yogyakarta: Kanisius. Nugroho, Yusro Edy “Hermeneutika sebuah Tawaran Model Pemahaman bagi Manuskrip Indonesia”. Seminar Sehari; Teori Sastra dan Penerapannya. Makalah. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNNES. 28 Oktober Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada Uiversity Press. Palmer, Richard E Hermeneutika Teori Baru Mengenai Interpretasi. Diterjemahkan oleh Masnur Hery dan Damanhuri Muhammed dari judul asli Hermeneutics Interpretation Theory In Schleirmacher, Dilthey, Heidegger, and Gadamer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Poerwadarminta, WJS Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Pradopo, Rachmat Djoko Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. _____________________ Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ratna, Nyoman Kutha Teori Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Suharianto, S Pengantar Apresiasi Puisi. Surakarta: Widya Duta. ___________ Dasar-dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia. Sumaryono, E Hermeneutik sebuah Metode Filsafat. Yogyakarta: Kanisius. Sumiyadi Pengkajian Puisi: Analisis Romantik, Fenomenologis, Stilistik, dan Semiotik. Bandung: Pusat Studi Literasi. Sweeney, Amin A Full Hearing, Orality and Literacy in The Malay World. London: University of California Press. Triyanto Kesia-siaan Hidup dalam Sajak-sajak Goenawan Mohamad. Skripsi. Semarang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. FBS UNNES Waluyo, Herman J Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Terima Kasih