Pemrograman Bahasa Komputer (CS-2700 / 3 SKS ) Oleh:

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Flowchart (Diagram Alur)
Advertisements

DASAR PEMROGRAMAN (VTI 301)
Pengertian Algoritma dan Flowchart
ALGORITMA.
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Algoritma dan Struktur Data
Pengertian Algoritma Sumber Kepustakaan : gerlan1986.files.wordpress.com/.../materi-ii-penge... 1 Algoritma adalah kumpulan instruksi-instruksi/ perintah–perintah/langkah-langkah.
Algoritma dan Pemograman 1A
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Flowchart (Diagram Alur)
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
Analisa & Perancangan Sistem Informasi
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Flowchart.
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Diagram Alur (Flowhart)
Analisis dan desain Algoritma (PG157)
BAB 2 BAHASA PEMROGRAMAN
ALGORITMA & PEMROGRAMAN I-A
Struktur Keputusan pada Structure English dan Pseudocode
Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart (Diagram Alir)
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIKPEMROGRAMAN
APSI.
Start.
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
FLOWCHARTING Pertemuan 3 & 4 Muhamad Haikal, S.Kom., MT.
Wahyu Cahyani Faradilah Artian Ningsih Siti khodijah FLOWCHART
Pengertian Algoritma dan Flowchart
penyusunan algoritma (flowchart)
Dasar Pemrograman dan Komputer
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
SYSTEM FLOWCHART.
Menuliskan Algoritma Algoritma dapat dituliskan dengan berbagai cara:
Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart (Diagram Alur)
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Flowchart (Diagram Alur)
ALGORITMA Anifuddin Azis.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Flowchart.
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
SIM LOGISTIK PERTEMUAN 4.
BAB FLOWCHART.
Simbol - Alur Pemograman Terstruktur
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
ANALISA PERANCANGAN PROGRAM.
Flowchart Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom.
Keterampilan komputer 1AB
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIK PEMROGRAMAN
ALGORITMA DAN FLOWCHART
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
DASAR-DASAR ALGORITMA dan FLOW CHART
Pertemuan ke-2 KONSEP ALGORITMA
BAB II METODOLOGI PENGEMBANGAN SIA
Flowchart (Diagram Alur)
1 Flowchart (Diagram Alur). 2 Flowchart Bagan-bagan yang mempunyai arus Menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah Merupakan salah satu.
Flowchart (Diagram Alur)
LOGIKA & ALGORITMA A LGORITMA & P ENGENALAN F LOW C HART 1.
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
Flowchart (Diagram Alur)
Dasar Konstruksi Pemrograman
ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
Diagram Alur (Flowhart)
Teknik Pemrograman, Mikroprosessor dan Mikrokontroler Rahayu Maksum SMK N 1 Wonosegoro.
Transcript presentasi:

Pemrograman Bahasa Komputer (CS-2700 / 3 SKS ) Oleh: Titik Lusiani, M.Kom. OCP FB: Titik Lusiani Lusiani.titik@gmail.com Email: lusiani@stikom.edu Titiklusiani@yahoo.com

Pertemuan 2. FlowChart TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS : Mahasiswa dapat membuat flowchart sebagai bentuk penyajian algoritma dalam menyelesaikan masalah

FlowChart Algoritma ? Teknik Penyajian Algoritma ? Dua teknik penyajian algoritma ?

Algoritma merupakan pola pikir yang terstruktur yang berisi tahap-tahap penyelesaikan masalah. Algoritma disajikan dengan menggunakan dua teknik, yaitu tulisan dan gambar

Penyajian algoritma Dalam bentuk tulisan, dengan menggunakan metode english structure dan pseudocode Dalam bentuk gambar, antara lain: Structure chart Hierarchy plus Input/Output Flowchart

Flowchart Untuk memudahkan algoritma, secara umum digambarkan suatu diagram alir / flowchart.

Flowchart Definisi : suatu bagan terurut untuk menggambarkan alur yang terjadi pada suatu proses. Kegunaan : Memudahkan penelusuran alur proses. Mempercepat proses pencarian lokasi kesalahan dalam pemrograman. Dokumentasi.

SIMBOL-SIMBOL PADA FLOW CHART 1. TERMINAL SYMBOL Digunakan untuk mengawali atau mengakhiri instruksi yang akan dilaksanakan. Contoh : START END 2. INPUT/OUTPUT SYMBOL Digunakan untuk membaca dan menulis data/informasi oleh komputer. Contoh : CETAK JUMLAH MASUK- KAN NO.

3. PROCESSING SYMBOL / OPERATION SYMBOL Digunakan untuk melakukan proses, baik yang berupa perhitungan maupun berupa perubahan harga suatu variabel. LUAS PJ . LB Contoh : 4. DECISION SYMBOL Digunakan untuk menentukan proses mana yang akan diambil dari dua proses yang berbeda berdasarkan suatu kondisi / persyaratan yang diajukan. Contoh : HARGA > 100 T Y

Digunakan untuk menunjukan harga awal. 5. PREPARATION SYMBOL Digunakan untuk menunjukan harga awal. NO. 1 H Jml./3 Contoh : 6. CONNECTOR SYMBOL Digunakan untuk menghubungkan urutan proses yang terputus dalam satu halaman yang sama.

Digunakan untuk menghubungkan urutan proses yang 7. OFF-PAGE SYMBOL Digunakan untuk menghubungkan urutan proses yang terputus pada halaman yang berbeda. 8. PREDEFINED PROCESS SYMBOL Contoh : PROSES HITUNG 9. FLOW LINE SYMBOL

10. ANNOTATION FLAG SYMBOL FOR A 1 to 5 CETAK A A Contoh : 11. LOOPING / REPEATING SYMBOL Digunakan untuk menggambarkan adanya proses yang dilakukan secara berulang-ulang selama kondisi / syarat yang diajukan masih terpenuhi.

OPERATOR & OPERAND Operator & Operand adalah 2 elemen dasar pada proses operasi. Operator adalah tanda untuk melakukan operasi terhadap data atau variabel, sedang operand adalah data atau variabel yang dikenai operasi tersebut. Berdasarkan jenisnya, operator dibagi : 1. Operator Assignment ( ) Operator untuk perintah penugasan. Contoh : A 3

1 2 3 4 1 2 > 2. Operator Aritmatika Tanda operator untuk perhitungan matematika. Operator matematika yang ada, sesuai dengan hirarki urutannya adalah : Tanda kurung 3 4 1 2 ( ) Pangkat Kali, Bagi Jumlah, Selisih ** atau atau > * , / + , - 3. Operator String 1 2 Jumlah Selisih + -

1 2 3 4 1 4. Operator Relasi Perbandingan 5. Operator Logika Sama dengan Lebih besar, Lebih kecil Lebih besar sama dgn, Lebih kecil sama dgn Tidak sama dengan = > atau < >= , <= = atau <> 5. Operator Logika NOT 1 X NOT X

2 AND X 1 Y X AND Y 3 OR X 1 Y X OR Y

COUNTER, ACCUMULATOR & SWITCHING Merupakan istilah-istilah umum yang digunakan dalam pemrograman. 1. COUNTER Variabel yang digunakan untuk menghitung berapa kali suatu loop blok akan diulang atau berapa kali blok telah diulang. 2. ACCUMULATOR Variabel yang isinya adalah jumlah atau hasil proses total pada suatu loop.

3. SWITCHING Variabel yang hanya berisi dua kondisi. Variabel tersebut dapat berupa variabel boolean, dimana isinya adalah benar (True) atau salah (False), ataupun variabel numerik, dimana isinya ditentukan 0 atau 1. Variabel switching biasanya digunakan untuk mengatur alur instruksi pada suatu program, misal : Setiap 20 baris pencetakan, pencetakan akan pindah halaman dan akan dicetak header.

Contoh Kasus (1) Buatlah algoritma dan flowchart untuk menghitung dan menampilkan luas lingkaran! Solusi: Input : jari-jari lingkaran (r) Proses : L = Pi * r * r Output : tampilkan L

Algoritma : Mulai [Memasukkan data jari-jari lingkaran] Input R 2. [Menghitung luas lingkaran] L = Pi * R * R 3. [Menampilkan luas lingkaran] Print L 4. [Proses selesai]

Flowchart : Mulai Input : Jari-Jari (r) Hitung : L = Pi * r * r Cetak : "Luas = ", L Selesai