MULTIMEDIA MENCIPTAKAN INFORMASI INTERAKTIF

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Memahami etimologi multimedia
Advertisements

Kategori Desain Grafis
MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN
Bab 6 Multimedia.
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
Pertemuan 8 Interaksi Manusia dan Komputer Viska Armalina, ST., M.Eng
P ENGANTAR M ULTIMEDIA ASEP DEDEN RAHMAT S., ST..
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
TEKNIK MULTIMEDIA.
MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN REPRODUKSI VIRUS
Manual Tercetak, Petunjuk Online dan Tutorial
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.
Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika
PRESENTASI BISNIS PERTEMUAN 12.
Pemahaman Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran
Konsep dasar Pengolahan citra digital
FAKTOR MANUSIA.
PRESENTASI BISNIS PERTEMUAN 12.
Memahami etimologi multimedia
MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA
Pertemuan 1 Pengenalan Multimedia
Lecture Note: Trisnadi Wijaya, S.E, S.Kom
Perangkat Keras Multimedia
Output Devices.
Pengantar Multimedia Nurochman.
APLIKASI RASI BINTANG DENGAN MACROMEDIA FLASH 5. 0 Aries Andriansyah
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
APLIKASI MULTIMEDIA VIDEO EDITING
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF
komponen antarmuka pengguna
MENGENAL GRAFIS DAN PROGRAM APLIKASINYA
ANIMASI 3D PADA ARCHICAD
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
Produksi Konten Multimedia
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
Memahami etimologi multimedia
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
M2. Produksi konten Multimedia 1
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Pengertian grafis Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan pada sang desainer (perancang) untuk memilih,
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
PENGENALAN APLIKASI for further detail, please visit
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK UKM BERBASIS MULTIMEDIA
KOMPUTER ANIMASI & PRODUKSI MULTIMEDIA
Sri Anardani, S.Kom STT Dharma Iswara
1.
SISTEM INFORMASI GEOGRAFI (SIG)
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
TUGAS PENGANTAR TEGNOLOGI INFORMASI tentang PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
GDSS.
Memahami etimologi multimedia
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
desain multimedia dasar
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
PERANGKAT OUTPUT KOMPUTER KELOMPOK 1: MUSTIKA ( ) TAHRIM WARA WARIN ( MUH.IRSAN ( )
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Pengantar Multimedia Tujuan Khusus Pelatihan :
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Memahami etimologi multimedia
Komponen input dan output komputer
Penyajian Informasi Pembalap Motor Grand Prix Valentino Rossi Dengan Menggunakan Yuniar Liek Sambudi ( ) for further detail, please visit
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Transcript presentasi:

MULTIMEDIA MENCIPTAKAN INFORMASI INTERAKTIF SYAIFUL HUDA, S.Kom

MULTIMEDIA Secara umum diartikan sebagai kombinasi teks, gambar, seni grafik, animasi, suara dan video yang digabungkan menjadi satu kesatuan kerja yang menghasilka suatu informasi yang memiliki nilai komunikasi yang interaktif sangat tinggi Konsep diatas menuntut spesifikasi hardware yang tinggi dan peralatan-peralatan pendukung lainya seperti speaker, souncard, dll Informasi yang dihasilkan memiliki nilai interaktif yang tinggi yang dapat dilihat cetakannya, dapat didengar, simulasi dan animasi yang dapat membangkitkan selera dan memiliki seni grafis.

PERALATAN HARDWARE DAN STANDART MULTIMEDIA

INTEGRASI TEKS, GAMBAR, SUARA, ANIMASI DAN VIDEO Media teks memciptakan tulisan-tulisan Media gambar dan grafik meciptakan citra yang dapat menerangkan dan berbicara lebih banyak dari tulisan yang ada Media sound menciptakan suana interaktif bagi pemakainya Media Animasi menyajikan informasi menjadi lebih hidup dan menarik

PERALATAN MULTIMEDIA ALTERNATIF Mercedes-Benz Info Service TeleAid Virtual Keyboard : Pertama kali diperkenalkan oleh Samsung dari Korea dan disebut samsung scurry. Perangkat ini memungkinkan penggunanya untuk mengetik di berbagai permukaan dan hasilnya akan muncul di layar monitor Alat Pemindai Barcode Reader

PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI SI Pariwisata : Menyajikan informasi dalam bentuk gambar tempat pariwisata unggulan, lagu-lagu atau tetabuhan tradisional dan film tentang lingkungan tempat pariwisata tsb SI Perhotelan : Menyajikan shooting ruang kamar hotel yang disajikan melalui media internet, sehingga calon wisatawan dapat melihat suasan ruang kamar atau lobi serta fasilitas yang ada di hotel

PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI SI Kepolisian : Pembuatan SIM ( Surat Ijin Mengemudi ), selain data pribadi, foto dan sidik jari dapat disimpan di database multimedia SI Pemasaran Produk : Pemodelan produk yang ditayangkan, sehingga pembeli dapat memasukkan data produk yang akan dibeli dan memastikan tampilan animasi produk yang dipilihnya

SOFTWARE PENDUKUNG Untuk membangun SI yang melibatkan teknologi Multimedia diperlukan software yang mampu mengolah data dalam berbagai type

KENDALA IMPLEMENTASI MULTIMEDIA Banyaknya standart peralatan seperti kabel, konektor dan standart signal sehingga membutuhkan instalasi yang lama Membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi dengan harga yang cukup mahal Besarnya data digital untuk menyimpan image video fullmotion Kurangnya SDM yang memahami faktor-faktor yang terkait dengan pemodelan grafis, tata warna, tata garis, penciptaan atensi atau daya tarik dan kemampuan ingatan manusia

PENCIPTAAN TATA WARNA ( Restyandito, 2000 ) Segmentasi : Penggunaan warna yang berbeda sangat efektif untuk membagi suatu tampilan menjadi beberapa bagian Jumlah Warna : Penggunaan warna yang berlebihan akan meningkatkan waktu pencarian, sehingga dianjurkan jangan menggunakan terlalu banyak warna

PENCIPTAAN TATA WARNA ( Restyandito, 2000 ) Kebutuhan tugas : warna paling baik digunakan untuk tugas-tugas pencarian, namun kurang membantu untuk tugas-tugas yang berhubungan dengan menghafal suatu obyek Tingkat pengalaman pengguna : Dibandingkan dengan pemberian kode hitam dan putih ( achromatic), penggunaan warna lebih banyak akan membantu pengguna yang kurang berpengalaman

PENCIPTAAN ATENSI ( Restyandito, 2000 ) Informasi penting yang memerlukan perhatian dengan segera harus selalu diletakkan ditempat yang menonjol agar dapat terlihat oleh pemakai ( misalnya alarm, pesan peringatan dan sebagainya ) Informasi yang kurang penting sebaiknya diletakkan ditempat yang kurang menonjol, tetapi spesifik sehingga pemakai tahu dimana harus mencari informasi tersebut dibutuhkan ( misalnya fasilitas spelling checker bagi orang indonesia )

PENCIPTAAN ATENSI ( Restyandito, 2000 ) Informasi yang jarang diperlukan ( misalnya fasilitas help) tidak perlu ditampilkan tetapi dapat ditampilkan sewaktu-waktu diperlukan.

SOLUTION !!! Kendal-kendala tersebut membutuhkan perhatian yang cukup besar. Tampaknya kendala-kendala tersebut dapat dengan mudah diatasi. Caranya adalah dengan meningkatkan wawasan dan pengetahua SDM yang bertindak sebagai analis sistem dan pemogram

CONTOH Sample iKLAN\Iklan-SamsungS4.FLV Sample iKLAN\Iklan-Win8.FLV Sample iKLAN\suzukiswift-300x250.swf Sample iKLAN\Sample-Produk.gif

Sample iKLAN\Iklan-intel.FLV S E L E S A I