Sesi 2: Primitive Drawing

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan 03: Grafika Komputer: Windows dan Viewport
Advertisements

Moh.Guntur Nangi,SKM.,M.Kes
PERBEDAAN PIXEL DAN VEKTOR
MELUKIS SEGITIGA.
Grafik 3D.
TEKNOLOGI INFORMASI DANKOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
BAB VIII PEMROGRAMAN GRAFIK
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Polygon Grafika Komputer.
Grafika Komputer PS Teknik Informatika
Grafika Komputer (TIZ10) Grafik 3D Disusun oleh Teady Matius Prodi Teknik Informatika – Universitas Bunda Mulia.
BANGUN RUANG SISI DATAR
Praktikum Grafika Komputer
Grafika Komputer (TIZ10)
PRINSIP dan UNSUR DESAIN GRAFIS
Objek Oriented Mengenal konsep Obyek di Processing
Eriq Muhammad Adams J | 03 |Primitives Eriq Muhammad Adams J |
Grafika Komputer PS Teknik Informatika
SEGI EMPAT.
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
ANTENA DAN PROPAGASI.
Macam-Macam Bangun Ruang
1 Obyek – Obyek Dasar 2 Dimensi Gabungan Pertemuan 8 Matakuliah: R0364/Komputasi Desain Arsitektur I Tahun: 2006.
RENDERING (Shading & Shadow)
Pertemuan 11 Interaksi User Diadaptasi dari paint.c E. Angel.
Pengantar Grafika Komputer
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 3D (KONSEP 3 DIMENSI)
1 Membuat Obyek Gambar Gabungan Pertemuan 6 Matakuliah: R0364/Komputasi Desain Arsitektur I Tahun: 2006.
UJI ACHMAD FAUZI Sekarang kita kerjakan dengan geogebra. Persmaan lingkaran yang berpusat dititik ( 1,4 ) dan menyinggung garis 3x.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Konstruksi geometri Pertemuan ke-3
PERTEMUAN I ILMU UKUR TANAH II Survei dan Pemetaan
Bangun datar sederhana
Drawing tools Dan aplikasinya
KOMPUTER GRAFIS VIDEO TOPIK 4 MENGGAMBAR BENTUK DUA DIMENSI
Membuat Obyek Garis Command : LINE
Dasar teori dan algoritma grafika komputer
I. PENDAHULUAN Berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri :  Desain Industri adalah suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi,
PENGGUNAAN PERINTAH DASAR MENU “DRAW”
3D Elisabeth, S.kom.
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Animasi 3D dengan Blender
Pertemuan II – Grafika Komputer
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
RENDERING (Shading & Shadow)
Sejarah Grafika Komputer dan Komunikasi 2 D & 3 D
Sistem Koordinat dan Bentuk Dasar Geometri (Output Primitif)
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG
Menerapkan dasar-dasar gambar teknik
Nama : RATNA KUSUMANING P NIM : A
RUMUS LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR
Membuat Obyek Gambar Sederhana Pertemuan 5
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
SEGITIGA DAN SEGIEMPAT
PROCESSING OUTPUT PRIMITIVE.
TUGAS REVIEW JURNAL GRAFIKA KOMPUTER
Firda ( ) Yuliana Dwi Wijayanti ( )
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
SUSY FEBRIYA DAN LINDA PURNAMASARI
BANGUN SEGI BANYAK KELAS IV SD/MI. BANGUN DATAR Segi banyak juga disebut bangun datar karena bangun datar karena bangun datar merupakan sebuah bangun.
AGRIBISNIS POLIWANGI.
By : Elisabeth Margareth Gultom. Prisma adalah bangun ruang yang memiliki alas dan atap yang sama bentuk dan ukurannya serta memiliki sisi tegak (sisi.
Ihr Logo Dasar teori dan algoritma grafika komputer.
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
 Memahami macam-macam sudut Menerapkan Prosedur Gambar Bentuk – Bentuk Bidang A. Menggambar Sudut 1. Buat garis lurus AB sembarang AB.
MENGGAMBAR 2 DIMENSI DENGAN SISTEM CAD LOG OO
Transcript presentasi:

Sesi 2: Primitive Drawing Achmad Basuki Nana Ramadijanti Fadilah Fahrul

Struktur Dasar Perintah Contents Struktur Dasar Perintah 1 Menggambar Titik 2 Menggambar Garis 3 Menggambar Polyline 4 Menggambar Polygon 5 Mengubah Warna 6

1 STRUKTUR DASAR PEMROGRAMAN GRAFIS www.themegallery.com

Struktur Dasar Perintah OpenGL glBegin(GL_POLA); glVertex2f(koordinat titik 1); glVertex2f(koordinat titik 2); ......... glVertex2f(koordinat titik n); glEnd(); GL_POLA menentukan gambar yang dihasilkan.

Macam-macam GL_POLA GL_POINTS  Menggambar titik GL_LINES  Menggambar garis GL_LINE_STRIP  Menggambar polyline GL_LINE_LOOP  Menggambar rangka Polygon GL_POLYGON  Menggambar polygon GL_QUADSMenggambar segi 4 GL_QUAD_STRIPMenggambar N segi 4 GL_TRIANGLES Menggambar segi 3 GL_TRIANGLE_STRIP Menggambar N segi 3 GL_TRIANGLE_FAN  Menggambar N segi 3 dengan 1 pusat

Macam-macam GL_POLA

Menggambar Titik Perintah untuk menggambar titik: glBegin(GL_POINTS); glVertex(pos_x,pos_y); glEnd(); Perintah untuk menggambar banyak titik: glVertex(pos_x_1,pos_y_1); glVertex(pos_x_2,pos_y_2); ......... glVertex(pos_x_n,pos_y_n);

Contoh Menggambar Titik Menggambar titik di koordinat (30,20) glBegin(GL_POINTS); glVertex2f(30,20); glEnd(); 20 30 www.themegallery.com

Contoh Menggambar Titik Menggambar 3 titik di koordinat (30,20), (60,20) dan (60,40) glBegin(GL_POINTS); glVertex2f(30,20); glVertex2f(60,20); glVertex2f(60,40); glEnd(); 40 20 30 60 www.themegallery.com

Menggambar Garis Perintah untuk menggambar garis: glBegin(GL_LINES); glVertex(pos_x_awal,pos_y_awal); glVertex(pos_x_akhir,pos_y_akhir); glEnd(); Perintah ini bisa digunakan untuk menggambar banyak garis, dengan catatan titiknya harus berpasangan dan berurutan.

Contoh Menggambar Garis Menggambar garis dari koordinat (30,20) ke (60,40) glBegin(GL_POINTS); glVertex2f(30,20); glVertex2f(60,40); glEnd(); (60,40) (30,20) www.themegallery.com

Contoh Menggambar Garis (30,20)  (60,40) (60,0)  (60,40) glBegin(GL_POINTS); glVertex2f(30,20); glVertex2f(60,40); glVertex2f(60,0); glEnd(); (60,40) (30,20) (60,40)

Contoh Menggambar Garis (30,20)  (60,40) (60,0)  (60,40) glBegin(GL_LINES); glVertex2f(30,20); glVertex2f(60,40); glVertex2f(60,0); glEnd(); Garis pertama Garis kedua

Contoh Menggambar Garis glBegin(GL_LINES); glVertex2f(30,20); glVertex2f(60,40); glVertex2f(60,0); glVertex2f(30,70); glEnd(); Garis pertama Garis kedua Tidak digambar www.themegallery.com

Menggambar Polyline Polyline adalah gabungan garis-garis yang terbuka. Perintah untuk menggambar garis: glBegin(GL_LINE_STRIP); glVertex2f(pos_x_1,pos_y_1); glVertex2f(pos_x_2,pos_y_2); .......... glVertex2f(pos_x_n, pos_y_n); glEnd();

Menggambar Polyline Tertutup Polyline tertutup adalah gabungan garis-garis yang tertutup. Perintah untuk menggambar garis: glBegin(GL_LINE_LOOP); glVertex2f(pos_x_1,pos_y_1); glVertex2f(pos_x_2,pos_y_2); .......... glVertex2f(pos_x_n, pos_y_n); glEnd();

Menggambar Polygon Polygon adalah gabungan garis-garis yang tertutup yang membentuk satu obyek dan bisa diblok dengan warna. Perintah untuk menggambar garis: glBegin(GL_POLYGON); glVertex2f(pos_x_1,pos_y_1); glVertex2f(pos_x_2,pos_y_2); .......... glVertex2f(pos_x_n, pos_y_n); glEnd();

Menggambar Segiempat Perintah untuk menggambar Quad: Quad adalah mirip dengan polygon, tetapi membatasi jumlah titik sampai dengan 4. Perintah ini bisa digunakan untuk menggambar banyak Quad, dengan catatan setiap 4 titik harus berpasangan dan berurutan. Bisa diblok dengan warna. Perintah untuk menggambar Quad: glBegin(GL_QUADS); glVertex2f(pos_x_1,pos_y_1); glVertex2f(pos_x_2,pos_y_2); glVertex2f(pos_x_3, pos_y_3); glVertex2f(pos_x_4, pos_y_4); … glVertex2f(pos_x_n, pos_y_n); glEnd(); Quad pertama Quad N

Menggambar N Segiempat Quad Strip menghasilkan N buah bentuk Quad, dimana setiap Quad mempunyai 2 titik yang sama dengan Quad sebelum dan atau sesudahnya. Perintah untuk menggambar Quad Strip: glBegin(GL_QUAD_STRIP); glVertex2f(pos_x_1,pos_y_1); glVertex2f(pos_x_2,pos_y_2); glVertex2f(pos_x_3,pos_y_3); glVertex2f(pos_x_4,pos_y_4); glVertex2f(pos_x_5,pos_y_5); glVertex2f(pos_x_6,pos_y_6); .......... glEnd(); Quad pertama glVertex2f(pos_x_3,pos_y_3); glVertex2f(pos_x_4,pos_y_4); Quad kedua

Menggambar Segitiga GL_Triangles mengambil 3 titik menggambar segitiga dan bisa diblok dengan warna. Perintah untuk menggambar segitiga: glBegin(GL_TRIANGLES); glVertex2f(pos_x_1,pos_y_1); glVertex2f(pos_x_2,pos_y_2); glVertex2f(pos_x_3,pos_y_3); .......... glVertex2f(pos_x_n, pos_y_n); glEnd(); Triangles pertama Triangles N

Menggambar N Segitiga Perintah untuk menggambar N segitiga: GL_TRIANGLE_STRIP mirip dengan GL_LINE_STRIP dan GL_QUAD_STRIP dimana 2 dari 3 titik dipakai bersama dengan segitiga sebelum dan sesudahnya. Perintah untuk menggambar N segitiga: glBegin(GL_TRIANGLE_STRIP); glVertex2f(pos_x_1,pos_y_1); glVertex2f(pos_x_2,pos_y_2); glVertex2f(pos_x_3,pos_y_3); .......... glVertex2f(pos_x_n, pos_y_n); glEnd(); Triangles pertama Triangles N

Menggambar Segitiga (1Ttk Pusat) Menggambar kipas segitiga memiliki 1 titik pusat. Sangat berguna untuk menggambar lingkaran penuh. Perintah untuk menggambar garis: glBegin(GL_TRIANGLE_FAN); glVertex2f(pos_x_1,pos_y_1); glVertex2f(pos_x_2,pos_y_2); glVertex2f(pos_x_3,pos_y_3); .......... glVertex2f(pos_x_n, pos_y_n); glEnd(); Titik Pusat

gambar 1.1. rumah 2D tampak depan Tugas Membuat rumah tampak depan dengan menggunakan 10 pola pada glBegin(GL_POLA); seperti contoh pada gambar 1.1. gambar 1.1. rumah 2D tampak depan

Grafika lebih banyak berurusan dengan bagaimana menghasilkan gambar yang menawan dengan komputer TERIMA KASIH