PENDIDIKAN PANCASILA PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT Kelompok 3 :

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PANCASILA SEBAGAI TATA NILAI HIDUP BANGSA INDONESIA
Advertisements

Assalamu’alaikum Wr Wb
PANCASILA 3 PANCASILA YURIDIS KENEGARAAN
PANCASILA 4 HAKIKAT PANCASILA
PANCASILA DITINJAU ASAL MULANYA
PENTINGNYA PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi
strategi pembelajaran pkN
Anggota kelompok : Heri Fatkhurrokhim Sri Mila Lestari Danik Lestari
Oleh Gugum Gumilar PPKn Reguler 2011
Pendidikan kewarganegaraan kelas xii semester ganjil
Pendidikan Pancasila.
PANCASILA SEBAGAI SISTEM NILAI
FILSAFAT PANCASILA ( PANCASILA NILAI DASAR FUNDAMENTAL )
PANCASILA Kelompok 16 Panji Haryo B I
FILSAFAT PANCASILA.
PEMBUKAAN UUD 1945.
MAKNA LIMA SILA DALAM PANCASILA
Pendidikan Pancasila | Ketuhanan Yang Maha Esa
bagi suatu bangsa dan negara
Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara
BAB 3 Berkomitmen Terhadap Kaedah Pokok Fundamental
Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. Tujuan Pembelajaran Siswa mampu mendeskripsikan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan.
Pengertian Filsafat Dalam wacana ilmu pengetahuan filsafat adalah merupakan bidang ilmu yang rumit, kompleks dan sulit dipahami secara definitif. Pengetahuan.
Asal Usul Istilah Pancasila
FILSAFAT PANCASILA DAN PENDIDIKAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
“HAKIKAT PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT NEGARA INDONESIA”
KEPALA KANTOR KESBANGPOL
Ketuhanan Yang Maha Esa Kemanusiaan yang adil dan....
PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN
NILAI DAN PRINSIP Nilai-nilai 1945
NILAI DAN PRINSIP Nilai-nilai 1945
AKTUALISASI PANCASILA DALAM BIDANG POLITIK
SIKAP POSITIF TERHADAP PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA
PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
Ideologi dan Nilai-nilai Pancasila
Pertemuan 3 Filsafat Pancasila Mahendra P. Utama.
4.3.Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 NKRI
Tugas Media & Tekhnologi Pembelajaran PKn
BAB 2 POKOK-POKOK PIKIRAN DALAM PEMBUKAAN UUD 1945
Pancasila Sebagai Ideologi Nasional
UUD 1945 Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia ialah Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) sebelum diamandemen yang terdiri dari : Pembukaan UUD.
Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
C.Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan
PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
Anang Zubaidy Universitas Islam Indonesia 2013
Etika Pancasila.
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
BAB 1 Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
Nama Kelompok : Imamul mutaqin Tri Ismawardani Nurul isnaeni putri
NILAI-NILAI SILA PANCASILA.
HUKUM DASAR TERTULIS DAN HUKUM DASAR TIDAK TERTULIS
Kelompok 3 : FIRMANSYAH FAJAR SASI SAMUDRA ANGGITA AYU
Oleh: Airi Safrijal, S.H., M.H.
PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
Indonesia, 225 Juta penduduk, > 500 grup etnik, 17
REVITALISASI DAN AKTUALISASI PANCASILA
Workshop Pengawasan Novotel Hotel Jakarta, Mei 2017 Oleh : H. MAMAN SAEPULLOH, S.Sos., M.Si Inspektur Wilayah II, Inspektorat Jenderal Kementerian Agama.
4.3.Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 NKRI Materi pembelajaran: –P–P–P–Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia –P–P–P–Pokok pikiran.
Pendidikan Kewarganegaraan
PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA
PEMBUKAAN UUD 1945 Disampaikan Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila
PANCASILA SEBAGAI SISTEM NILAI. PENGERTIAN NILAI Nilai adalah kualitas yang melekat pada sesuatu atau keberhargaan dari sesuatu. Nilai adalah kualitas.
Undang-undang Dasar Pengertian, Kedudukan, Sifat dan Fungsi UUD 1945 Pengertian, Kedudukan, Sifat dan Fungsi UUD 1945 Pengertian Hukum Dasar  UUD.
KRITIK TERHADAP “KEMANUSIAAN” VERSI PANCASILA
OLEH : ARIE SULISTYOKO, S.Sos, M.H. Nilai, norma, dan moral adalah konsep- konsep yang saling berkaitan. Dalam hubungannya dengan Pancasila maka ketiganya.
Kasus penyimpangan pancasila sila pertama Disusun oleh: Adi Prasetyo (K ) Agung Nugroho (K ) Alvian Novitasari (K ) Andysty Andryaningrum.
Transcript presentasi:

PENDIDIKAN PANCASILA PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT Kelompok 3 : Elna Hermiati 1201100084 Nurul Nasikhah 1201100090 Latifah Utami 1201100091

PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT : BAB III PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT : Unsur-unsur pancasila sebagai suatu sistem filsafat. Inti sila Pertama. Inti sila kedua.

D.Unsur-unsur Pancasila sebagai suatu sistem filsafat Rasional(alasan) bahwa pancasila sistem filsafat adalah : Secara material-substansial dan intrinsik nilai pancasila adalah filosofis. Secara Praktis-Fungsional. Secara Formal-Konstitusional. Secara Psikologis dan Kultural. Secara potensial.

Kedudukan dan fungsi nilai dasar pancasila : Warisan sosial-budaya bangsa Pandangan hidup bangsa(weltans chauung) Jiwa dan kepribadian bangsa, jati diri nasional indonesia Dasar negara (proklamasi, pembukaan UUD 1945, asas kerohanian bangsa , jiwa UUD 1945, sumber dari segala sumber ) Ideologi negara, ideologi nasional. Sistem filsafat pancasila, filsafat dan budaya Indonesia, asas dan moral politik NKRI. Sistem nasional

Inti Sila Pertama Menurut Notonagoro (1983:60) bahwa diantara lima sila,sila Ketuhanan Yang Maha Esa yang paling banyak menjadi persoalan. Inti sila Ketuhanan Yang Maha Esa adalah kesesuaian sifat-sifat dan hakikat negara dengan hakikat tuhan.

Ketuhanan yang maha esa mengandung makna adanya keyakinan terhadap tuhan yang maha tunggal yang menciptakan alam semesta beserta isinya. Negara indonesia didirikan berdasarkan moral luhur yaitu berdasarkan ketuhanan yang maha esa yang sebagai konsekuensinya maka negara menjamin kepada warga negara dan penduduknya untuk memeluk dan untuk beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaanya. Seperti pengertianya yang terkandung dalam : Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga yang berbunyi “atas berkat rahmat allah yang maha kuasa…” Pasal 29 UUD 1945 Negara berdasarkan atas ketuhanan yang maha esa Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamaya masing-masing dan untuk beribadah menurut agama dan kepercayaan itu .

Inti sila kedua Dengan sila kemanusian yang adil dan beradab manusia diakui dan diperlakukan sesuai hakikat dan martabatnya sebagai makhluk tuhan yang maha esa, yang sama derajatnya, yang sama hak dan kewajiban – kewajiban asasinya tanpa membedakan suku, keturunan , agama dan kepercayaan, jenis kelamin , kedudukan sosial warna kulit dan sebagainya .

Negara wajib menciptakan suasana kehidupan masyarakat yang berbudi luhur sesuai dengan harkat dan martabat manusia (Effendi,1995 :39). Kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung pengertian adanya kesadaran sikap dan perbuatan manusia yang didasarkan kepada potensi budi nurani manusia dalam hubungannya dengan norma- norma dan kebudayaan umumnya, baik pada diri pribadi, sesama manusia maupun pada alam sekitar lingkunagan hidup.

Terima kasih.