BAB I Al-Baqarah; 30, al-Mu’minun; 12-14, az-Zariyat; 56, an-nahl; 78

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Siapakah sebenarnya diri kita?
Advertisements

Semester Ganjil KELAS X KHUSNUL IBAD AL MUDZAKKIR LANJUT.
Penciptaan Manusia Menurut Al Quran Dan Hadis
Pendidikan AGAMA ISLAM untuk SMA kelas X
MU’JIZAT AL-QURAN.
KELAHIRAN ALAM SEMESTA
Materi Al Qur’an Hadits
PERANAN MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH QS AL BAQARAH AYAT 30
Al-Qur'an & Iptek Tugas agama XII IPS.
BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR
Bab IV Tanggung Jawab Manusia Sebagai Khalifah dan Hamba Alloh SWT
OLEH: Rusnia Junita.H Nandyati Utami.B. KESIMPULAN DAN PENJELASAN 1 1 Penegasan Allah SWT bahwa manusia makhluk ciptaan-Nya yang asalnya dari saripati.
Manusia dan Agama.
BAB 2 MANUSIA DAN PERANANNYA DALAM PANDANGAN ISLAM
Pendidikan AGAMA ISLAM untuk SMA kelas X
Kejadian Manusia Menurut Al-Quran
Pertemuan Kedua Manusia dan Agama
AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN
HADITS KEempat.
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
PENCIPTAAN MANUSIA MAMAN S.Ag M.M.Pd.
Manusia dan Agama.
Ma’rifatul Insan Kompetensi Dasar : Mengetahui asal usul manusia
PENCIPTAAN MANUSIA.
Pertemuan Ke 3 dan 4 Hakikat Manusia dalam Pandangan Islam
Manusia a. Asal Usul Manusia b. Manusia Makhluk Berakal.
BAB I IBADAH DALAM ISLAM.
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Tugasnya sebagai khalifah di bumi
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
A. Manusia dan Alam Semesta
BAB 1 AL-QUR’AN Standar Kompetensi
    
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BAB 1 AL-QUR’AN Standar Kompetensi
BAB 2 MANUSIA DAN PERANANNYA DALAM PANDANGAN ISLAM
Materi I AQIDAH Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
ZAT DAN SIFAT TUHAN SERTA TAUHID RUBUBIYAH DAN TAUHID ULUHIYAH
MANUSIA DAN STATUS KEBERADAANNYA
TAFSIR SURAT AL-DZARIYAT 56
DNJ / dasar-dasar pendidikan
KELOMPOK 8 NELLA SORAJAGUSTI NILA KHOIRUL NAIM NURINDAH BUDIYANI
MANUSIA DAN TUGASNYA SEBAGAI KHALIFAH
EKSISTENSI MANUSIA.
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
3. Ketaatan dalam perbuatan 1. Pujian lisan
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
UNSUR DAN PROSES PENCIPTAAN MANUSIA
KONSEP DASAR MANUSIA/INSAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
TITIS OCTARY SATRIO D4 TEKNIK INFORMATIKA A
HAKIKAT IBADAH.
Cahya Indah Purnamasari
QS Al-Mu’minun :
PERKEMBANGAN PRANATAL
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR BAB 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR.
UQDATUL KUBRO Dari mana saya? Mau apa saya? Mau kemana saya?
Pengertian manusia; Proses terjadinya manusia;
Manusia & Nilai-nilai Kemanusiaan Oleh: Arianto Achmad
Assalamualaikum wr. Wb. Alik Murih Prabowo A
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
(BEBERAPA ASPEK TENTANG IBADAH DAN AKHLAK)
Disediakan oleh: Nur Amirah Najla Saidin & Syaza bt. Saifuzzaman
BAB 1 : IBADAT DALAM ISLAM
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM KAJIAN MENURUT SUDUT PANDANG AL-QUR’AN.
Standar Kompetensi Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah Kompetensi Dasar 1.Membaca Q.S. Al-Baqarah: 30, Al-Mu’minun:
IMAN KEPADA MALAIKAT. 1. Pengertian malaikat Allah Kata ‘malaikat’ berasal dari kata malak, bentuk jamaknya adalah malaikah. Kata malak memiliki arti.
Transcript presentasi:

BAB I Al-Baqarah; 30, al-Mu’minun; 12-14, az-Zariyat; 56, an-nahl; 78 Manusia Sebagai Khalifah di Muka Bumi: al-Baqarah; 36 Makna Ijmali Ayat 30 surat al-Baqarah dimulai dengan penyampaian keputusan Allah kepada para Malaikat tentang rencana-Nya menciptakan manusia di Bumi. Penyampaian kepada Malaikat penting karena merekalah yang akan dibebani tugas-tugas yang berhubungan dengan manusia, seperti memelihara, membimbing, dan lain sebagainya. Penyampaian itu juga, kelak ketika diketahui manusia, akan mengantarnya bersyukur kepada Allah atas segala anugerah-Nya .

Tafsir Makna خَلِيْفَة : “Berarti yang menggantikan” atau “yang datang sesudah siapa yang datang sebelumnya”. artinya: yang menggantikan Allah dalam menegakan kehendak-Nya serta menerapkan ketetapan-ketetapan-Nya. Allah bermaksud dengan pengangkatan itu untuk menguji manusia dan memberinya penghormatan. Asal kata مَلَئِكَة adalah jamak dari kata مَلَكُ, kata tersebut mempunyai 2 makna: Kataمَألَكَة yang berarti “Penutup Risalah” , jadi Malaikat adalah “Utusan-utusan Tuhan untuk berbagai tugas” Kata لأَكَ yang berarti “menyampaikan sesuatu”, jadi, malak/malaikat adalah makhluk yang menyampaikan sesuatu dari Allah SWT.

Proses Penciptaan Manusia (al-Mu’minun; 12-14) Tafsir Kata سُلَلَةٍ مِنْ طِيْنِ : سُلَلَةٍdiambil dari kata salla yang artinya mengambil, mencabut . Makna dalam kata ini sedikit sehingga sulalah berarti mengambil sedikit dari tanah dan yang diambil dari tanah adalah sari patinya Unsur-Unsur tanah : Kalium (K) Air (H2O) Oksigen (O) Natrium (Na) Hidrogen (H) Dll Yodium (J) Zat Belerang (S) Asam Arang CO2) Zat Arang (C)

نُطْفَة : Setetes yang dapat membasahi (sperma/air mani) عَلَقَة : Dalam kamus bahasa Indonesia kata tersebut diartikan Segumpal darah yang membeku Sesuatu yang seperti cacing, berwarna hitam terdapat dalam air , yang apabila air itu diminum, cacing tersebut menyangkut dikerongkongan Sesuatu yang bergabung atau berdempet Dahulu kita memahaminya sebagai segumpal darah, tetapi setelah kejadian ilmu pengetahuan serta maraknya penelitian, para ahli embriolog mengartikannya sebagai “sesuatu yang bergantung atau berdempet di dinding rahim”. Menurut mereka, setelah terjadi pembuahan (nutfah yang berada dalam rahim) maka terjadi proses dimana hasil pembuahan itu menghasilkan zat baru. Zat baru kemudian terbelah menjadi dua, empat, delapan, demikian seterusnya berkelipatan dua. Dalam proses itu, ia menuju dinding rahim dan akhirnya tergantung atau berdempet di sana.

Saksikan video Berikut ini!!!! مُضْغَة: Segumpal daging (daging hancur yang sudah dikunyah-kunyah) عِظَامً : Tulang belulang atau rangka Lalu tulang belulang itu dibungkus oleh daging dan dijadikan makhluk yang sempurna. Saksikan video Berikut ini!!!!

Tugas Manusia di Bumi Surah az-Zariyat; 56 Makna Ijmali Menurut ayat di atas Allah tidak menciptakan Jin dan manusia kecuali untuk menyembah dan beribadah kepada Allah SWT Tafsir Kata Didahulukannya penyebutan kata al-Jin/Jin dari kata al-Ins/manusia karena memang Jin diciptakan lebih dahulu dari pada manusia. Ibadah bukan hanya ketaatan dan ketundukan tetapi ibadah adalah dampak dari keyakinan bahwa keyakinan itu tertuju kepada yang memiliki kekuasaan yang tidak terjangkau arti hakikatnya. Ibadah terbagi 2 (dua): a. Mahdah (murni; shalat, puasa, zakat, haji) b. Ghairu Mahdhah (muammalah)

Tafsir an-Nahl ; 78 Makna Ijmali Pemberitahuan dari Allah SWT, bahwa Allah SWT telah mengeluarkan setiap manusia dari perut ibunya dalam keadaan tidak berilmu pengetahuan kemudian Allah SWT memberi manusia pendengaran, penglihatan, akal, dan hati (kalbu), sebagai akal dan alat untuk meraih ilmu pengetahuan. Itu semua dimaksudkan agar manusia bersyukur kepada Allah SWT. Penjelasan Diidahulukan kata pendengaran dan penglihatan merupakan urutan yang sungguh tepat. Ilmu kedokteran membuktikan bahwa indera pendengaran berfungsi lebih dahulu dari pada indera penglihatan. Indera pendengaran berfungsi di minggu-minggu awal setelah kelahiran sedangkan penglihatan berfungsi pada bulan ketiga semenjak kelahiran. sedangkan akal/kalbu dikaruniakan jauh setelah berfungsinya kedua indera tersebut.