BAHASA RAKITAN BAGIAN 3.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
JWASM Input Keyboard.
Advertisements

Program Bahasa Rakitan Tanpa DEBUG.COM
Flags.
Pemograman DEBUG.
PERTEMUAN KE 5 OPERASI LOMPAT/JUMP.
OPERASI ARITMATIKA OPERASI PENAMBAHAN 1. ADD
ASSEMBLER PERTEMUAN KE-1
Turbo Assembly Operasi Aritmatika.
Bahasa Assembley & Program COM
POINTER A. PENDAHULUAN Tanpa pointer untuk memindahkan data dari suatu variabel ke register 8 bit, maka variabel tersebut haruslah 8 bit juga yang dapat.
Procedure. Procedure???? Procedure merupakan suatu alat bantu yang sangat berguna. Dengan procedure, suatu program yang besar dapat disusun secara terstruktur.
JWASM Macro.
Macro. Macro ???? Macro hampir sama dengan procedure, yang dapat membantu anda dalam membuat program yang besar. Dengan Macro anda tidak perlu menggunakan.
Turbo Assembly Stack.
Turbo Assembly Membuat Program .EXE.
Turbo Assembly Mencetak Kalimat.
Turbo Assembly Compare and Jump.
Turbo Assembly Masukan dari Keyboard.
DEBUG.
Pemrograman Mikroprosesor
Turbo Assembler TASM.
Procedure. Procedure???? Procedure merupakan suatu alat bantu yang sangat berguna. Dengan procedure suatu program yang besar bisa diselesaikan dengan.
PERTEMUAN KE-2 PERKULIAHAN SISTEM OPERASI
JWASM Mencetak angka.
Johannes Simatupang, MKom, Cobit5-F NIDN :
SANDI BINER.
POINTER & MANIPULASI BIT DAN LOGIKA
Operasi Layar.
Bahasa RakitanABM 1 Kuliah 3: 3.1. Debugging dan TASM 3.2. Interrupt Kuliah 3: 3.1. Debugging dan TASM 3.2. Interrupt.
Pertemuan 1 Mengapa Belajar Bahasa Rakitan ??
Mode Pengalamatan Memori
SISTEM BILANGAN DAN REGISTER
Pointer. Karakteristik Operasi Assembly  Lebar data tujuan dan asal harus sama! Lebar data tidak sama => invalid opcode  Operasi 8bit disimpan pada.
EE-2623 Mikroprosesor & Antarmuka
OPERASI ARITMATIKA.
Program Bahasa Rakitan dengan DEBUG.COM
Pertemuan 5 Struktur program bahasa rakitan
Instruksi Perpindahan Data
Arsitektur Perangkat Lunak 8086
Procedure merupakan suatu alat bantu yang sangat berguna. Dengan procedure suatu program yang besar dapat diselesaikan dengan lebih mudah. Proses pencarian.
BAHASA RAKITAN BAGIAN 1.
BAHASA RAKITAN BAGIAN 2.
PRAKTIKUM BAHASA RAKITAN 05
Praktikum 6.
INPUT DARI KEYBOARD.
1 Pertemuan 4 Menggambar titik Matakuliah: T0074 / Grafika Komputer Tahun: 2005 Versi: Versi 1 / Revisi 0.
1 Pertemuan 3 Komponen Sistem Komputer dan Register pada prosesor 8088 Matakuliah: T0483 / Bahasa Rakitan Tahun: 2005 Versi: versi 1.0 / revisi 1.0.
Pengenalan Assembler.
Program Bahasa Rakitan dengan DEBUG.COM
BIOS, DOS, dan String.
Pengantar Bahasa Rakitan
Stack dan Procedure.
Matakuliah : T0483 / Bahasa Rakitan Tahun : 2005 Versi : 1.0
Struktur Register dan Metode Pengalamatan
Mata Kuliah : Bahasa Rakitan
Pertemuan 13 Pengendalian File
Pengantar Bahasa Rakitan
Pengenalan Assembler.
Instruksi-instruksi pada 8086
Instruksi-instruksi pada 8086
FLOW CONTROL INSTRUTIONS
OPERASI ARITMATIKA.
OPERASI PADA LAYAR.
Pertemuan 6 Instruksi Bahasa Rakitan 8088
OPERASI PADA STRING.
Mode Pengalamatan.
Matakuliah : T0483 / Bahasa Rakitan Tahun : 2005 Versi : 1.0
BAHASA RAKITAN BAGIAN 1.
Struktur Register dan Metode Pengalamatan Memori
CHAP 6 SET INSTRUKSI MEMORI
Transcript presentasi:

BAHASA RAKITAN BAGIAN 3

KEYBOARD I/O Service INT 16H Interupt 10H disebut juga sebagai BIOS Video Service (pelayanan penggunaan papan ketik). Nomor fungsi INT 16H yang sering digunakan Nomor Fungsi Kegunaan 00H Menunggu masukkan keyboard 01H Mengecek isi keyboard buffer 10H Menunggu masukan keyboard 11H

Tabel Kode ASCII

Contoh Program

1. Mencetak angka ;===================================================; ; PROGRAM : TIGA1.ASM ; ; FUNGSI : MENCETAK ANGKA DESIMAL ; .MODEL SMALL .CODE ORG 100H DATA: JMP MULAI ANGKA DW 65535 MULAI: MOV AX,ANGKA MOV BX,10 XOR CX,CX ULANG: XOR DX,DX DIV BX PUSH DX INC CX CMP AX,0 JNE ULANG CETAK: POP DX ADD DL,'0' MOV AH,2H INT 21H LOOP CETAK INT 20H END DATA

2. Menginput satu karakter dari keyboard ;============================================================; ; PROGRAM : TIGA2.ASM ; ; FUNGSI : INPUT SATU KARAKTER DARI KEYBOARD ; .MODEL SMALL .CODE ORG 100h Data : JMP Proses T_ASCII DB 13,10,'Ini adalah tombol ASCII : $' T_Extended DB 13,10,'Ini adalah tombol Extended $' Proses : MOV AH,0 ; Servis Input satu karakter INT 16h ; Laksanakan PUSH AX ; Simpan hasil pembacaan pada stack CMP AL,00 ; Apakah ini karakter extended ? JE Extended ; Ya !, Lompat ke Extended ASCII: LEA DX,T_ASCII ; Ambil alamat efektif T_ASCII MOV AH,09 ; Servis cetak kalimat INT 21h ; Cetak kalimat ! POP AX ; Ambil kembali nilai AX pada stack MOV DL,AL ; Ambil kode ASCII yang ditekan MOV AH,2 ; Servis cetak karakter INT 21h ; Cetak karakter ! CMP AL,'Q' ; Apakah yang ditekan huruf 'Q' ? JE exit ; Ya !, lompat ke Exit CMP AL,'q' ; Apakah yang ditekan huruf 'q' ? JMP Proses ; Lompat ke Proses ;bersambung di halaman selanjutnya

;lanjutan dari sebelumnya Extended: LEA DX,T_Extended ; Ambil alamat efektif T_Extended MOV AH,09 ; Servis cetak kalimat INT 21h ; Cetak kalimat ! JMP Proses ; Lompat ke Proses Exit: INT 20h ; Kembali ke DOS ! END Data