2 JAM TEORI dan 1 jam praktek

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengendalian Proses : Seleksi (Conditional)
Advertisements

TUGAS Buatlah program menghitung luas persegi panjang!
Bab 2 Struktur Dasar.
Dasar Pemrograman Komputer
Minggu V Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 1.
STATEMENT KONDISI Adalah perintah yang memungkinkan
Algoritma : CONTROL STRUCTURES
Pengambilan Keputusan
MATERI 8 CHOICE / PILIHAN.
WEEK 6 Teknik Elektro – UIN SGD Bandung PERULANGAN - LOOPING.
PERTEMUAN 6 Algoritma Presented by : Sity Aisyah, M.Kom
Flow Control & Exception Handling
PENYELEKSIAN KONDISI (PEMILIHAN)
Struktur Kontrol.
ALGORITMA Lecture Pengulangan.
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
Flow Control & Exception Handling
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Pemrogramman Terstruktur
Struktur Dasar Java Percabangan & Perulangan
III. STRUKTUR KONTROL.
Pemprograman Terstruktur 1
Struktur Kendali dan Repetisi
Struktur Kontrol Pemilihan
Struktur kontrol ∞ kondisi. ∞ if-else ,
1 Dasar Pemrograman Komputer [TKL-4002] Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu :  Memahami struktur kendali pengulangan (looping)
Operator Fungsi Logika Perulangan
Pengulangan.
Object-oriented Programming (OOP) with JAVA 2011/2012
Chapter 3 PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Algoritme dan Pemrograman
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #2
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Buatlah flowchart untuk pembagian 3 buah bilangan
Algoritma & Pemrograman
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
Struktur Kontrol Pemilihan
Struktur Seleksi (Percabangan)
PERULANGAN WHILE.
PERCABANGAN & PERULANGAN DALAM JAVA
PERCABANGAN.
Materi 10 LOGIKA & ALGORITMA.
Aliran Kendali (Flow Control)
Algoritme dan Pemrograman
Perulangan / Looping / Repetisi PEMROGRAMAN DASAR
PERCABANGAN Siti Mukaromah, S.Kom.
Pemrograman Web Lanjut “Pertemuan ke-3”
Algoritma & Pemrograman 3
Pengulangan.
Struktur Perulangan Yohana Nugraheni.
Percabangan/Seleksi.
Pengendalian Proses : Perulangan /Looping
Seleksi Kondisi merupakan perintah yang memungkinkan pemilihan atas perintah yang akan dijalankan sesuai dengan kondisi tertentu. Operator yang digunakan.
KOMPUTER APLIKASI TIK II
STRUKTUR CONTROL program
Seleksi Kondisi/Pencabangan
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Flow Control & Exception Handling
Castaka Agus Sugianto, M.Kom., M.CS
Aliran Kendali Pengulangan
PEMrograman web database
Algoritma dan Struktur Data
Konsep Bahasa Pemrograman I Operator
Struktur Kontrol Pemilihan
PERCABANGAN.
Logika dan Algoritma Agung BP Chapter 5.
Dasar Pemrograman Percabangan Nurul Anisa Sri Winarsih, M. CS
Struktur Kontrol Pemilihan Struktur kontrol pemilihan adalah pernyataan dari Java yang mengijinkan user untukmemilih dan mengeksekusi blok kode spesifik.
Transcript presentasi:

2 JAM TEORI dan 1 jam praktek

SELEKSI KONDISI ~PERCABANGAN~ Teknik Elektro – UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Setelah ini, mahasiswa : Menjelaskan tentang operator kondisi (operator relasi dan logika) Menjelaskan penggunaan pernyataan if Menjelaskan penggunaan pernyataan if-else Menjelaskan penggunaan pernyataan if dalam if Menjelaskan penggunaan pernyataan switch

Topik Percabangan if Percabangan if-else Percabangan if-else if-else Percabangan switch

PERCABANGAN/SELEKSI KONDISI Percabangan (branch) di dalam pemrograman digunakan oleh komputer untuk menentukan langkah kerja Percabangan menggunakan operator kondisional yang akan menghasilkan nilai benar/true/1 atau salah/false/0. Jika nilai yang dihasilkan benar, maka perintah akan dilaksanakan, sedangkan jika salah, maka perintah tidak akan dilaksanakan.

Seleksi Kondisi/percabangan Pernyataan-pernyataan yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan/percabangan: Pernyataan if Pernyataan if-else Pernyataan switch Pernyataan-pernyataan diatas memerlukan suatu kondisi -> dibentuk dengan operator relasi dan/atau operator logika.

Contoh Kondisional 5 > 3 6 < 2 bernilai benar (TRUE) 45 != 34 (5 + 4) <= (3x3) 6/7 >= 12/17 1 == 2 1 bernilai benar (TRUE) bernilai salah (FALSE) bernilai (FALSE)

Operator Relasional Operator relasi menghasilkan kondisi BENAR atau SALAH

Contoh operator relasional

Operator Logika

Operator Logika

Prioritas Operator Relasional

Perintah If Perintah if dibedakan menjadi 3 bentuk : If sederhana If-else Nested-if

If Sederhana if (kondisi) statement if sederhana adalah bentuk if dengan 1 cabang. Pola : Aturan: Jika kondisi bernilai 1 maka statement akan dikerjakan. if (kondisi) statement

Flowchart If Sederhana

if sederhana : contoh 1 Program untuk menentukan kelulusan. Dinyatakan lulus apabila nilai >= 60.

if sederhana : contoh 2 Program menentukan cuaca. Apabila suhu > 27 maka cuaca panas.

if sederhana : contoh 3 Program untuk memeriksa jawaban. Jika jawab = 0 berarti benar.

if sederhana : contoh 4

If-else if (kondisi) statement-1 else statement-2 If-else adalah Bentuk if dengan 2 cabang. Pola : ATURAN : Jika kondisi bernilai 1, maka Statement-1 yang dikerjakan. Jika kondisi bernilai 0, maka Statement-2 yang akan dikerjakan. if (kondisi) statement-1 else statement-2

Flowchart If-else

If-else: contoh 1 Program menentukan lulus/gagal.

If-else: contoh 2 Program menentukan jawaban.

If-else: contoh 3 Program menentukan vokal/konsonan

Percabangan if-else if-else adalah bentuk if dengan banyak cabang. Pola : if (kondisi-1) statement-1 else if (kondisi-2) statement-2 ........ else if (kondisi-n) statement-n else statement

Percabangan if-else if-else Aturan Jika kondisi-1 bernilai 1, maka statement-1 akan dikerjakan Jika kondisi-1 bernilai 0, maka akan mengecek kondisi-2 Jika kondisi-2 bernilai 1, maka akan mengerjakan statement-2 Jika kondisi-2 bernilai 0, maka akan mengerjakan kondisi yang ada dbawahnya (begitu seterusnya sampai percabangan ke-n) Dan jika pada kondisi-n bernilai 0 maka statement didalam else yang akan dikerjakan

Flowchart Percabangan if-else if-else Logical expression Logical expression N N Statements 3 Y Y Statements 1 Statements 2 .....

Percabangan if-else if-else: contoh 1 Program menentukan cuaca.

Percabangan dengan switch Perintah ini digunakan sebagai alternatif pengganti dari sintaks if … else secara sederhana dimana alternatif pilihan bisa lebih dari satu. Namun switch tidak bisa digunakan untuk pilihan yang mengandung suatu kondisi tertentu. Dengan perintah ini program percabangan akan semakin mudah dibuat dan dipelajari

Statement switch switch (ekspresi) { case item-1 : statement-1; break; statement-n; default : statement;

Evaluasi switch Ekspresi akan dievaluasi, kemudian akan dicari item yang nilainya sama dengan nilai ekspresi. Jika ditemukan item yang cocok, maka statement item tsb dieksekusi. Jika tidak ada item yang cocok, maka statement default yang dieksekusi. Item hanya boleh berupa konstanta.

Flowchart Switch

Contoh switch

Contoh switch 2

Nested IF Pernyataan if di dalam if Di dalam suatu pernyataan if (atau if-else) bisa saja terdapat pernyataan if (atau if else) yang lain. Bentuk seperti ini dinamakan sebagai nested if.

Nested If (IF bersarang)

Jangan hanya membayangkan kodingnya....... Lets Practice.... Jangan hanya membayangkan kodingnya....... Latihan.... Mencoba

Latihan 1. Buatlah program yang akan menerima 2 buah angka integer dan menentukan bilangan terbesar dari kedua angka tsb. 2. Buatlah program yang akan menentukan posisi saklar lampu (ON/OFF). Apabila user memasukkan nol berarti kondisi OFF, sedangkan jika memasukkan satu berarti ON.

3. Buatlah program yang akan meminta user memasukkan 3 harga barang 3. Buatlah program yang akan meminta user memasukkan 3 harga barang. Apabila jumlah ketiga barang tersebut > 100000, maka akan diberikan potongan 10% dari total harga. Setelah itu, tuliskan ke layar total harga yang harus dibayar user. 4. Buatlah program untuk memeriksa sebuah angka masukan user (tidak nol), termasuk negatif/positif dan genap/ganjil

PERULANGAN

Tujuan Instruksional Mahasiswa memahami mekanisme perulangan dengan benar. Mahasiswa memahami penggunaan perintah perulangan : while, do-while, for Mahasiswa dapat membuat program sederhana dengan perintah perulangan

Topik While Do-while For Nested-Loop (Perulangan bersarang) (next week)

PERULANGAN - LOOPING Salah satu kelebihan komputer dibandingkan dengan manusia adalah kemampuannya untuk melaksanakan suatu perintah berulangkali tanpa lelah dan bosan Perulangan adalah instruksi yang dapat mengulang sederetan Instruksi secara berulang-ulang sesuai persyaratan yang ditetapkan. Dalam algoritma, pengulangan/loop/repetition dapat dilakukan sejumlah kali atau sampai kondisi berhenti Looping dalam surat al-kafirun, walaa antum abiduuna ma ‘abud

Latar Belakang Misalkan ada kasus yang mengharuskan program untuk melakukan sebuah proses berulang-ulang, sejumlah tertentu atau sampai dengan kondisi tertentu, seperti : Menuliskan kalimat “saya tidak akan mencontek lagi” sebanyak 100 kali Menuliskan pertanyaan “Apakah anda cakep?” secara terus menerus sampai ditekan karakter N atau n Dll.

Penyelesaian Menggunakan perintah perulangan(looping) Terdapat 3 perintah perulangan dalam C, yaitu : while do-while for

while Pola : while (kondisi){ statement } Proses : kondisi akan selalu dievaluasi, selama nilainya : Satu : statement dieksekusi terus Nol : perulangan berhenti (statement tidak dieksekusi)

Flowchart while

while : Contoh 1 Program untuk menulis kalimat “Saya tidak akan mencontek” sebanyak 100 kali prak5-/contoh-while.c Apa yang terjadi jika dihilangkan?

while : Contoh 2 Program untuk menulis kalimat “Saya tidak akan mencontek” sebanyak n kali

while : Contoh 3 Menjumlahkan angka-angka yang dimasukkan user sampai user memasukkan angka 0

do-while Pola : do { statement } while (kondisi); Proses : program menjalankan statement, baru mengecek kondisi. Jika kondisi nilainya : 1  maka statement dieksekusi lagi 0  maka perulangan berhenti

Flowchart do-while

do while : contoh 1 Program untuk menulis kalimat “Saya tidak akan mencontek” sebanyak 10 kali Prak5/do-while.c

do while : contoh 2 Program untuk menulis kalimat “Saya tidak akan mencontek” sebanyak 10 kali

do while : contoh 3 Program yang hanya sekali dieksekusi

for

Flowchart for Condition Statements N Y initialization value Increment

Contoh for 1 Apa output program berikut:

for : contoh 2

for : contoh 3 Menampilkan angka kelipatan 5 diantara angka 5 sampai 100

for : contoh 4 Menampilkan angka 10 sampai 1

for : contoh 4 Program menuliskan angka 10 sampai 1

Latihan 1. Tuliskan “Teknik Elektro YES” sebanyak 100 kali. 2. Buat flowchart dan program untuk menampilkan deret dengan while 1 4 7 10 13 16

Perulangan Bersarang Mekanisme perulangan di dalam perulangan

Perulangan Bersarang flowchart i = initialization value Y Condition i Y J = initialization value N Condition j Y Statements N j++/j-- i++/i-- …

Perulangan Bersarang Perulangan bersarang (nested loop) adalah perulangan di dalam perulangan. Dapat berupa perulangan yang sejenis, atau kombinasi dari beberapa jenis yang berbeda. Misal : for didalam for (sejenis), for didalam while (kombinasi), dll.

Nested Loop : contoh 1

Nested Loop : contoh 2 Program mencetak bintang.

Latihan Buat flowchart dan program untuk menampilkan bintang menggunakan nested loop : * * * * * * * * * *

Latihan Buatlah flowchart dan program yang akan membaca angka dari user secara terus-menerus. Program akan berhenti jika angka yang dimasukkan oleh user adalah nol. Hitunglah jumlah seluruh angka masukan user.

Program mencetak bintang.

Latihan 5,10,15,20,…,50 3,9,27,81,…, 531441 Bilangan kelipatan 4 antara 1 s/d 50 Tulisan STUDY HARD sebanyak 100x 99,97,95,93,…15 Buatlah program yang akan menulis “Good Morning” sebanyak N (N adalah inputan user)

7) Buatlah program yang akan menuliskan angka 1 s/d N (N adalah inputan user) 8) Buatlah program yang akan menerima 5 angka dari user dan menjumlahkannya 9) Buatlah program yang akan menjumlahkan seluruh angka dari user dan berhenti ketika jumlah > 100

Apa output program berikut? Program menjumlahan 10 angka masukan user.

Program menghitung total belanja, berhenti jika user memasukkan < 1.