DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ALGORITMA 3 April Pseudocode Flowchart #3 STIKOM.
Advertisements

STATEMEN READ-DATA 10 READ A10 READ A,B,C 20 DATA 2,3,420 PRINT A,B,C 30 READ B,C30 END 35 PRINT A,B,C40 DATA 2,3,4 40 ENDOk Ok STATEMEN RESTORE 10 READ.
Bab 2 Struktur Dasar.
Pemograman berorientasi prosedur merupakan bahasa pemrograman yang melibatkan fungsi-fungsi atau prosedur-prosedur sebagai sub program untuk membentuk.
CONDITION I (Tunggal – Ganda) IF - Then
STATEMENT KONDISI Adalah perintah yang memungkinkan
Dasar Komputer & Pemrog 2 A minggu 4
Algoritma : CONTROL STRUCTURES
Pengambilan Keputusan
ALGORITMA 7 April 2017 Flowchart #3 STIKOM.
< > <= >= = <> lebih kecil dari lebih besar dari
ALGORITMA.
2.4. Struktur Branching Branching atau percabangan adalah diagram yang alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan dan terjadi apabila kita.
Computer Science, University of Brawijaya Putra Pandu Adikara, S.Kom Algoritma dan Struktur Data Seleksi Kondisi.
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
LOGIKA ALGORITMA Pertemuan 6.
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Pemrograman Bahasa Komputer (CS-2700 / 3 SKS ) Oleh:
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
Flowchart Bag. 2 Dalam suatu program perulangan dan percabangan begitu penting utk menyusun program yg ingin dbuat.
Flowchart.
Operasi Perulangan pada FORTRAN Pertemuan 6
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
Struktur kontrol ∞ kondisi. ∞ if-else ,
Struktur kontrol.
DEWI SULISTIYARINI, S.KOM
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Struktur Kontrol Keputusan
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
BAB II Diagram alur atau Flowchart
Chapter 3 PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Struktur Kontrol #1 Keputusan
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #2
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
Flowchart (Diagram Alur)
Statement Control (if dan switch)
Buatlah flowchart untuk pembagian 3 buah bilangan
Algoritma.
Struktur Seleksi (Percabangan)
Struktur Kontrol Keputusan
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
penyusunan algoritma (flowchart)
Dasar Pemrograman dan Komputer
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
STRUKTUR LOOPING Castaka Agus Suginto, M.Kom., M.CS.
STRUKTUR DASAR PROGRAM
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
ALGORITMA Diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi, seorang ilmuwan Persia yang menulis kitab al jabr w’al muqabala.
Penyeleksian Kondisi.
1. Bentuk If- else STRUKTUR SELEKSI KONDISI SELEKSI KONDISI
Simbol - Alur Pemograman Terstruktur
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Latihan menggunakan if majemuk
Castaka Agus Sugianto, M.Kom., M.CS
Fahrobby adnan Fakultas ilmu komputer – universitas jember
~ PERTEMUAN _7 STRUKTUR LOOPING.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
UJIAN TERDIRI ATAS 50 SOAL
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
KONDISI PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR S1 PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA
Penulisan Teks Algoritma
UJIAN TERDIRI ATAS 50 SOAL
Flowchart (Diagram Alur)
Pertemuan 2 Flowchart. Jenis-jenis flowchart Simbol-simbol Flowchart.
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #2 - 3
Transcript presentasi:

DIAGRAM ALUR (FLOWCHART) PERTEMUAN 6 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART) ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id DIAGRAM ALUR (FLOWCHART) Flowchart adalah suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program. Simbol simbol yang digunakan adalah sebagai berikut : Proses/prosessing, satu atau beberapa himpunan penugasan yang akan dilaksanakan secara berurutan. Input / Output data yg akan dibaca & dimasukan ke dalam memori komputer dari suatu alat input Terminal, berfungsi sebagai awal (berisi ‘Start’) & sebagai akhir (berisi ‘End’) dari suatu proses alur. ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id Decision (kotak keputusan) berfungsi utk memutuskan arah/percabangan yg diambil sesuai dgn kondisi yg dipenuhi, yaitu Benar/Salah. (dibahas dalam struktur branching). Subroutine digunakan untuk menjalankan proses suatu bagian (sub program) atau prosedur. Preparation digunakan untuk pemberian harga awal. ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id Connector/penghubung, digunakan untuk menghubungkan diagram alur yang terputus dimana bagian tersebut masih berada pada halaman yang sama. On page Connector, Untuk menghubungkan sambungan dari bagian flowchart yang terputus dimana sambungannya berada pada halaman lain. Flowline, menunjukkan bagian arah instruksi dijalankan ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id Diagram Alur untuk Program Komputer. Pada dasarnya suatu program komputer umumnya terdiri atas : Pembacaan / pemasukan data ke dalam komputer Melakukan komputasi/perhitungan terhadap data tersebut Mengeluarkan / mencetak/ menampilkan hasilnya. ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id Flowchart terdiri dari tiga struktur : 1. Stuktur squence / Struktur sederhana Contoh : ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id 2. Struktur Branching Contoh : y t ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id 3. Stuktur Looping Contoh : ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id Catatan : Ketiga struktur diatas dapat digunakan secara bersamaan pada satu diagram alur. Memberi harga kepada suatu Variabel (Cara I) Suatu variabel dapat diartikan sebagai suatu nilai yg dapat berubah harganya. Contoh menggambarkan pemberian harga suatu variabel : X = 5 variabel X diberi harga sebesar 5 ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

Kotak proses/penugasan dpt berfungsi antara lain untuk : Variabel C diberi harga sebesar harga var. P dikurangi harga var. Q (dlm hal ini, harga variabel P & Q harus sudah ada) Harga yg terbaru dari variabel N adalah harga lama dari variabel N ditambah 1 (atau dengan kata lain, harga variabel N bertambah 1) Harga yg baru dari var. S adalah harga lama S ditambah dengan harga variabel T. Jenis variabel terbagi atas 2 macam, yaitu : Variabel Numerik/bil., Variabel untai kata/string, C= P - Q N = N + 1 S =S + T ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id Memberi harga kepada suatu variabel (Cara II) Dgn menggunakan kotak masukan/baca/input/read, STRUKTUR SQUENCE / STRUKTUR SEDERHANA Diagram yang alurnya mengalir secara berurutan dari atas ke bawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau pengulangan . A=A*2 Input A END START Keterangan : 1. Masukan Nilai Variable A mis : 3 2. Proses A dengan A*2 3. Cetak hasil proses diatas A=A*2 yg menghasilkan A=6 Cetak A ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id STRUKTUR BRANCHING (Percabangan) Bersyarat 1. IF 2. IF......ELSE 3. NESTED IF atau IF ELSE Majemuk 4. SWITCH.....CASE Tidak Bersyarat Goto ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id A. Bersyarat 1. IF Diagram yg alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan & terjadi apabila kita dihadapkan pada suatu Kondisi dengan dua pilihan BENAR/ SALAH. Bentuk Umum : if (kondisi) pernyataan ; Struktur Branching/percabangan: y t ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id 2. IF ...... ELSE Bentuk umum : if (kondisi) perintah1; else perintah 2; Diagram alur dr pemakaian IF......ELSE sbb: y t kondisi Perintah 2 Perintah 1 ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id Nested IF Pernyataan if yang berada dalam pernyataan if yang lain Bentuk umum : if (syarat) if (syarat) y ....perintah; t else ....perintah; y if (syarat) t ....perintah; y ....perintah; t kondisi1 perintah kondisi2 kondisi3 ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id IF.....ELSE Majemuk (bertingkat) If-else majemuk mirip dengan nested if. Keuntungan penggunaan if-else majemuk adalah bentuk penulisan yang lebih sederhana. Bentuk umum : if (syarat) { ... Perintah; } else if (syarat) else ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id 4. Switch Case untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan sejumlah atau banyak alternatif. Bentuk Umum :   switch (ekspresi integer atau karakter) { case konstanta1: ...perintah; break; case konstanta2: default : } ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id B. Tidak Bersyarat Go To Bentuk umum : goto label; Contoh : Hitung : statement; statement; Goto hitung; ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id

~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id SELESAI ~ Asliyani_unm10@yahoo.co.id