Flowchart Bag. 2 Dalam suatu program perulangan dan percabangan begitu penting utk menyusun program yg ingin dbuat.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TUGAS Buatlah program menghitung luas persegi panjang!
Advertisements

Bab 2 Struktur Dasar.
Pengertian Algoritma dan Flowchart
CONDITION I (Tunggal – Ganda) IF - Then
ALGORITMA ERIK HADI SAPUTRA.
- PERTEMUAN 5 & 6 – PERULANGAN
STATEMENT KONDISI Adalah perintah yang memungkinkan
Flowchart (Diagram Alur)
Pemrograman Berorientasi Objek (3)
II Kendali percabangan (branching)
2.4. Struktur Branching Branching atau percabangan adalah diagram yang alurnya ada/banyak terjadi alih kontrol berupa percabangan dan terjadi apabila kita.
Sumber Kepustakaan : yohananugraheni.files.wordpress.com/.../7_struktu... 1 Struktur Perulangan.
Algoritma dan Flowchart
Pemrograman Bahasa Komputer (CS-2700 / 3 SKS ) Oleh:
Pengertian Algoritma Sumber Kepustakaan : gerlan1986.files.wordpress.com/.../materi-ii-penge... 1 Algoritma adalah kumpulan instruksi-instruksi/ perintah–perintah/langkah-langkah.
Algoritma dan Flowchart
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Flowchart.
Struktur Kendali Perulangan pada C
Analisa & Perancangan Sistem Informasi
Struktur kontrol ∞ kondisi. ∞ if-else ,
HIPO Hierarchy plus Input-Proses-Output.
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
BAB II Diagram alur atau Flowchart
Chapter 3 PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
{Pertemuan 4 Struktur Kondisi IF}
Bahasa Pemrograman Dasar Pertemuan 6
Analisis dan desain Algoritma (PG157)
Algoritma dan Pemrograman 1 A Sindy Nova
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
{Pertemuan 4 Struktur Kondisi IF}
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Pertemuan 4 PROGRAMMING LANGUAGE.
PERULANGAN WHILE.
Metode Perancangan Program
Bahasa Pemprograman Dasar Pertemuan 7
Pengertian Algoritma dan Flowchart
{Pertemuan 4 Struktur Kondisi IF}
Operator Operator adalah perintah yang memanipulasi nilai atau variabel dan memberikan suatu hasil. Macam – macam operator yang terdapat pada PowerBuilder.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (PERTEMUAN 2)
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Algoritma dan Pemrograman 1A Sindy Nova
Pertemuan 11 ANALISA PERANCANGAN PROGRAM Bagian 2.
PERCABANGAN.
OPERATOR RELASI & LOGIKA
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Pertemuan 2-3 Bandung Create by Hery Dwi Y
Bab 2 Struktur Dasar.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
UJIAN TERDIRI ATAS 50 SOAL
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Percabangan dan Perulangan
PROG. STUDI FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Pertemuan 11 ANALISA PERANCANGAN PROGRAM Bagian 2.
Pemrograman & Dasar Komputer
Struktur dan Arsitektur Pemrograman
Fungsi Logika Ms Excel PKTI 2A pertemuan 3 Dwi Setyasih.
UJIAN TERDIRI ATAS 50 SOAL
Pengujian White Box Kustanto 11/16/2018 Pengujian white box.
Dasar-Dasar Pemrograman
LOGIKA & ALGORITMA A LGORITMA & P ENGENALAN F LOW C HART 1.
Flowchart (Diagram Alur)
Pertemuan 2 Flowchart. Jenis-jenis flowchart Simbol-simbol Flowchart.
CONDITION I (Tunggal – Ganda) IF - Then. Seleksi kondisi adalah proses penentuan langkah berikutnya berdasarkan proses yang terjadi sebelumnya. Bila kondisi.
ALGORITMA PEMROGRAMAN DOSEN : KARTIKA DWI PUTRI, S.KOM.
Transcript presentasi:

Flowchart Bag. 2 Dalam suatu program perulangan dan percabangan begitu penting utk menyusun program yg ingin dbuat.

Flowchart dibagi Menjadi 3 struktur Struktur Sederhana/ Squence Diagram yang alurnya mengalir secara berurutan dari atas ke bawah atau dengan kata lain tidak adanya percabangan atau pengulangan. Simbol terminal, input, proses, document (melalui printer), terminal.

2. Struktur Branching / Percabangan Diagram yg alurnya terjadi/ terdapat alih kontrol berupa percabangan. Flowchart dengan stuktur percabangan  digunakan untuk meyeleksi kondisi dan menentukan pilihan proses selanjutnya. Simbol terminal (awal), proses, kondisi, jika Ya (simbol dokumen) cetak, jika Tidak proses, simbol terminal akhir.

3. Struktur Looping / Perulangan Flowchart dengan Struktur perulangan digunakan untuk mengulangi langkah-langkah sebelumnya sampai suatu kondisi terpenuhi.

Percabangan (lanjt...) Percabangan dalam pembuatan sebuah program adalah cara untuk memutuskan untuk melakukan perintah primitif tertentu dengan kondisi tertentu. Kondisi yang bisa digunakan adalah apakah suatu variabel berisi nilai tertentu dan variabel yang digunakan untuk membuat suatu kondisi dari program. Tidak mengenal perintah atau nilai yg ada di luar simbol ataupun bagan

Logika Percabangan

Percabangan Dengan Kondidi Lebih dari Satu Dalam perancangan program maupun pada saat implementasi pada bahasa pemrograman, suatu kondisi (true/ false) dapat dimanipulasi dengan menggunakan dua oerator logika (and dan or) dan kombinasinya untuk dapat membuat beberapa kondisi pada suatu percabangan. And (salah satunya salah maka salah) Or (salah satunya bener maka benar)

Operator Logika Operator AND ( ^ ) 1 Operator OR ( V ) 1

Perulangan Perulangan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan suatu nilai yang berurutan dan memproses data yang beurutan tersebut masing-masing. Perulangan sangat bergunakan dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang harus memproses beberapa data yang berurutan.

Logika Percabangan

Latihan Soal

SOAL Jika Diketahui Jari jarinya 8 6 9 Maka berapakah hasil outputnya? Flowchart Squence Jika Diketahui Jari jarinya 8 6 9 Maka berapakah hasil outputnya?

2. Flowchart Branching/ Percabangan Diketahui jika nilai x & y adalah sebagai berikut: X=4 Y=6 X=2 Y=7 X=10 Y=9 Berpakah hasil output yang dihasilkan? 2. Flowchart Branching/ Percabangan

3. Flowchart Looping/Perulangan Bagaimanakah hasil keluaran/outputnya dari gambar disamping ?